COACHING

Transformational Leadership: Pengertian, Ciri, Serta Manfaatnya

By greatnusa11 Februari 2023

Bagikan Artikel

Transformational Leadership: Pengertian, Ciri, Serta Manfaatnya

Transformational leadership adalah salah satu gaya kepemimpinan yang diakui efektif dalam membawa perubahan besar bagi perusahaan. Pemimpin yang bertransformasi tidak hanya mengarahkan karyawan untuk mencapai tujuan, tetapi juga memberikan inspirasi, motivasi, serta membimbing agar mereka berkembang menjadi individu yang lebih baik. 

Apakah kamu salah satu pemimpin yang bertransformasi? Coba kenali dahulu definisi, ciri, dan pendekatan yang digunakannya di bawah ini. 

Apa Itu Transformational Leadership?

Transformational leadership adalah salah satu bentuk kepemimpinan yang sangat efektif dalam membawa perusahaan untuk maju dengan visi yang jelas. Pemimpin transformasional akan berusaha merangsang kreativitas dan membimbing setiap orang dalam mengeksplorasi ide-ide baru. 

Bukan sekadar perintah, tetapi pemimpin transformasional juga akan memberikan pengarahan jelas tentang arah yang harus ditempuh oleh setiap orang. Oleh karena itu umumnya pemimpin transformasional dapat berkomunikasi secara efektif dan membangun hubungan yang kuat dengan karyawan. 

Setiap orang yang berada di bawah kepemimpinan transformasional pasti akan merasa bahwa mereka dihargai serta didukung dalam pekerjaannya. Tidak heran kalau akhirnya pemimpin transformasional mampu meningkatkan kinerja dan mempercepat pertumbuhan perusahaan.

Apa Saja Ciri-Ciri Transformational Leadership?

Pemimpin transformasional memiliki ciri yang terlihat secara signifikan. Jika disandingkan dengan pemimpin konvensional lainnya maka mereka akan lebih menonjol dan mampu membuktikan keahliannya secara luar biasa. Coba perhatikan lebih lanjut beberapa cirinya berikut ini. 

1. Visioner

Pemimpin transformasional pasti memiliki visi jangka panjang yang jelas dan meyakinkan. Mereka mampu mengomunikasikan visi tersebut sehingga seluruh orang yang dipimpinnya mampu bergerak ke arah yang sama. 

Pemimpin seperti ini akan memandang masa depan sebagai peluang dan mendorong orang-orang di sekitarnya untuk meraih potensi terbaik dalam diri mereka.

2. Mengembangkan Orang

Kepemimpinan transformasional berfokus juga pada pengembangan individu. Pemimpin seperti ini akan memotivasi karyawan untuk belajar dan bertumbuh dengan memberikan dukungan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

3. Menginspirasi

Pemimpin transformasional mampu menginspirasi orang-orang di bawahnya untuk berpartisipasi aktif dalam mencapai tujuan bersama. Biasanya penggunaan kata dalam berbicara juga sangat persuasif sekaligus menunjukkan sikap optimis untuk menyebarkan semangat positif. 

Selain itu hubungan yang dibangun juga berdasarkan kepercayaan sehingga baik pemimpin maupun karyawan sama-sama berusaha berkembang menjadi lebih baik.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Etos Kerja yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

4. Mempromosikan Kerja Sama

Kepemimpinan transformasional pasti berusaha mendorong kerja sama dalam tim. Mereka menempatkan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi sekaligus memastikan bahwa seluruh karyawan bekerja sama dengan baik. Itu sebabnya kepemimpinan ini mendorong keterbukaan, kejujuran, dan saling pengertian.

5. Memiliki Integritas

Pemimpin transformasional menunjukkan gaya kepemimpinan mereka dengan etika dan integritas yang tinggi. Hal ini terbukti dari tindakan mereka yang selalu jujur serta memegang nilai-nilai yang benar. 

6. Menantang Konvensional

Pemimpin transformasional tidak akan segan-segan menantang konvensional kalau terbukti ada cara yang lebih baik. Mereka tidak takut untuk mencoba hal-hal baru yang berbeda demi suatu perubahan signifikan dalam mencapai tujuan.

7. Menjaga Komunikasi

Pemimpin transformasional tidak hanya berkomunikasi untuk mengkritik karyawan tetapi juga terbuka terhadap masukan dan umpan balik dari mereka. Diskusi atau komunikasi yang sehat biasanya akan terjadi karena hal ini merupakan salah satu prinsip pemimpin transformasional agar perubahan ke arah yang lebih baik dapat terjadi.

Apa Saja Manfaat Transformational Leadership?

Keberadaan mereka jelas memberikan banyak manfaat dalam perusahaan. Meski tidak terjadi dalam 1 malam, tetapi lama-kelamaan perubahan tersebut akan muncul dan menjadikan sistem manajemen lebih baik. 

1. Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas dari masing-masing karyawan pasti akan meningkat seiring dengan keberadaan motivasi serta dukungan dari pemimpin yang transformasional. Setiap orang jadi bisa mengeluarkan potensi terbaik mereka dengan adanya lingkungan positif dan kondusif karena pemimpin transformasional menyediakan ruang untuk berkreasi.

2. Meningkatkan Loyalitas dan Retensi 

Seorang pemimpin transformasional akan mengembangkan hubungan yang kuat dengan karyawan. Mereka mengambil waktu untuk mengenal setiap orang secara pribadi supaya dapat  mencapai tujuan bersama. Hal ini tentunya dapat meningkatkan loyalitas dan retensi karena karyawan merasa dihargai oleh pemimpin mereka.

3. Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas

Transformational leader mendorong inovasi dan kreativitas dalam perusahaan. Mereka mendorong karyawan untuk berpikir kreatif dan mencoba hal-hal baru. Tentunya perusahaan jadi dapat terus berkembang dan mempertahankan daya saing di pasar yang makin kompetitif.

Baca Juga: Leader: Pengertian, Ciri, Serta Tanggung Jawabnya

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pemimpin transformasional memastikan bahwa karyawan mereka memahami pentingnya kepuasan pelanggan. Mereka mendorong karyawan untuk memberikan pelayanan lebih baik sehingga kebutuhan pelanggan terpenuhi. Melalui cara ini para pemimpin transformasional jadi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus memperkuat citra perusahaan.

5. Menghasilkan Pemimpin Masa Depan

Perusahaan yang memiliki pergantian pemimpin biasanya tidak selalu memiliki kondisi stabil. Penyebabnya ialah pemimpin yang lama dan baru memiliki kesenjangan dalam skill serta kemampuan dalam pengelolaan. Hal inilah yang berusaha dihindari oleh para pemimpin transformasional. 

Mereka justru memberikan kesempatan bagi orang lain untuk tumbuh dan berkembang sehingga dapat menciptakan generasi pemimpin masa depan yang memiliki keterampilan untuk mencapai kesuksesan pada masa depan.

Apa Saja Pendekatan Transformational Leadership?

Pendekatan yang digunakan oleh para pemimpin transformasional sebenarnya tidak baru. Hampir semua pendekatan sudah dikenal, tetapi hanya sedikit yang mau mencoba melakukannya. Coba cari tahu seluruh pendekatannya berikut ini. 

1. Membuat Visi yang Jelas

Pemimpin transformasional tidak hanya berhenti saat memiliki visi, tetapi juga berusaha membawa karyawannya untuk membuat visi menjadi kenyataan. Visi tersebut harus dapat memberikan arti penting bagi karyawan sehingga mereka merasa termotivasi dan mampu melihat dampak positif yang dihasilkan.

2. Memberikan Dukungan yang Diperlukan

Pemimpin transformasional memberikan dukungan yang diperlukan kepada karyawan supaya mereka bisa meraih potensi terbaiknya dengan menyediakan sumber daya dan arahan. Pada akhirnya pemimpin transformasional jadi bisa menciptakan lingkungan yang memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan lebih tinggi.

Baca Juga: Apa itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya? Bagaimana Cara Kerjanya?

3. Menyediakan Pelatihan dan Pengembangan

Pemimpin yang transformasional biasanya akan menyediakan pelatihan dan pengembangan. Pelatihan tersebut bertujuan membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. 

4. Memberikan Inspirasi

Pemimpin transformasional akan menginspirasi karyawan dengan menceritakan kisah sukses atau memberikan teladan yang positif. Hal ini dapat memotivasi karyawan untuk terus berusaha mencapai tujuan dan memberikan hasil yang terbaik. 

Dalam dunia bisnis, transformational leadership adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Seorang pemimpin transformasional mampu membawa perubahan positif dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. 

Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin yang bertransformasi, coba pertimbangkan untuk mengambil kursus leadership di GreatNusa. Dalam kursus tersebut kamu akan belajar tentang strategi dan teknik kepemimpinan transformasional yang sukses. 

Segera daftarkan diri kamu di GreatNusa dan jadilah pemimpin yang bisa membawa perubahan positif bagi perusahaan! 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok