COACHING

Apa Arti Leadership dari Sisi Perusahaan dan Karyawan?

By greatnusa12 Februari 2023

Bagikan Artikel

Apa Arti Leadership dari Sisi Perusahaan dan Karyawan?

Apa arti leadership yang sesungguhnya? Leadership atau kepemimpinan bisa disimpulkan sebagai suatu konsep yang sangat penting dipraktikkan pada seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam bisnis. 

Kepemimpinan tidak terbatas pada kemampuan mengelola dan mengarahkan karyawan saja, tetapi juga mencakup kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai sesuai rencana. 

Jika kamu sedang memimpin suatu bisnis atau proyek maka artikel ini cocok dibaca hingga selesai. Kamu akan diajak membahas lebih lanjut mengenai arti leadership dari sisi perusahaan dan karyawan, sekaligus memahami jenis-jenis kepemimpinan yang ada. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Leadership?

Leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk memimpin dan memotivasi orang lain dalam mencapai tujuan bersama. Dalam dunia bisnis, leadership menjadi hal yang sangat penting karena mampu memengaruhi kinerja perusahaan dan karyawan. 

Seorang pemimpin yang baik harus bisa memahami karakteristik setiap anggota timnya agar dapat memfasilitasi kebutuhan mereka. Pada akhirnya kepemimpinan yang tepat akan memberikan hasil akhir yang memuaskan. Mulai dari pendapatan yang meningkat, bisnis yang makin berkembang hingga produktivitas masing-masing karyawan. 

Baca Juga: Transformational Leadership: Pengertian, Ciri, Serta Manfaatnya

Apa Saja Jenis-Jenis Leadership?

Terdapat berbagai jenis leadership yang dapat diimplementasikan dalam bisnis kamu. Beberapa jenis kepemimpinan berikut pasti sudah dipahami, tetapi coba pelajari jenis lainnya untuk menambah wawasan kamu dalam memimpin.

1. Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan transformasional merupakan jenis kepemimpinan yang berfokus pada perubahan positif dan pertumbuhan individu sekaligus perusahaan. Pemimpin yang transformasional mampu memotivasi timnya untuk mencapai tujuan bersama dengan cara memberikan inspirasi, dukungan, dan meningkatkan kesadaran diri.

2. Kepemimpinan Transaksional

Kepemimpinan yang transaksional mengacu kepada pemberian insentif atau penghargaan bagi karyawan yang mencapai target tertentu. Jadi sistem untuk memotivasi karyawannya dilakukan bukan dengan dukungan biasa melainkan penghargaan dan hukuman. 

3. Kepemimpinan yang Melayani

Servant leadership atau kepemimpinan yang melayani menaruh fokus pada pelayanan untuk membantu orang lain sekaligus berusaha mengarahkan setiap orang agar berada di jalur yang benar. Pemimpin seperti ini biasanya memprioritaskan kebutuhan anggota timnya dan membantu mereka dalam mencapai tujuan bersama.

4. Kepemimpinan Otokratis

Kepemimpinan otokratis menekankan kontrol ketat dan hanya mengaplikasikan keputusan yang dibuat oleh pemimpin. Biasanya tidak ada anggota yang dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan karena pemimpin seperti ini hanya menganggap dirinya saja yang paling berpengalaman. 

5. Kepemimpinan Demokratis

Kepemimpinan demokratis termasuk jenis kepemimpinan yang mendorong partisipasi dari seluruh anggota tim dalam proses pengambilan keputusan. Pemimpin yang demokratis berusaha mempertimbangkan seluruh masukan dari anggota supaya keputusan yang diambil adil dan tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja. 

6. Kepemimpinan Laissez-faire

Kepemimpinan laissez-faire memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk mengambil keputusan dan bertindak secara mandiri. Kepemimpinan seperti ini tidak banyak memberikan arahan, tetapi lebih menekankan kepercayaan agar setiap orang dapat bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing. 

7. Kepemimpinan Karismatik

Kepemimpinan karismatik mencoba memimpin dengan berusaha memengaruhi anggotanya dalam apa pun keputusan yang dibuat. Meski demikian, pengaruh yang dibawanya cukup positif untuk membuat perusahaan maju ke depan. 

8. Kepemimpinan Birokrasi

Kepemimpinan birokrasi menekankan banyak aturan dan prosedur agar sistem operasional setiap hari berjalan dengan lancar. Kepemimpinan seperti ini terbilang kaku dan menuntut setiap orang untuk patuh terhadap segala aturan yang telah dibuat.

9. Kepemimpinan Situasional

Kalau kepemimpinan birokrasi disebut kaku maka kepemimpinan situasional merupakan kebalikannya. Jenis kepemimpinan satu ini menyesuaikan cara memimpin dengan situasi yang dihadapi. Jadi cara kepemimpinannya bisa berbeda tergantung karakteristik setiap orang di bawahnya. 

Baca Juga: Mengenal Betapa Pentingnya Digital Marketing Dalam 5 Hal Ini

Apa Arti Leadership dari Sisi Perusahaan dan Karyawan?

Kepemimpinan atau leadership memiliki arti yang berbeda bagi perusahaan dan karyawan. Coba pahami pandangan keduanya berikut ini supaya kamu mendapatkan pemahaman yang menyeluruh.  

Perusahaan

Bagi perusahaan, kepemimpinan menjadi aspek krusial supaya sistem dan operasional berjalan seperti yang seharusnya. Tanpa ada kepemimpinan maka masing-masing divisi akan bergerak ke arah yang berbeda. Itu sebabnya kepemimpinan bisa diartikan sebagai 3 hal berikut. 

1. Orang yang Visioner

Seorang pemimpin perusahaan harus mampu mengelola dan mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tidak berhenti di sana, pemimpin juga harus bisa memberikan teladan yang baik bagi anggota timnya sehingga proses operasional dapat berjalan lancar. 

Pemimpin tidak bingung ke mana dirinya serta perusahaan akan bergerak karena sudah ada visi yang dijadikan dasar untuk mengambil berbagai macam keputusan.

2. Orang yang Menciptakan Lingkungan Kerja Kondusif

Pemimpin yang efektif mampu menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, saling mendukung, dan mendorong inovasi. Budaya organisasi yang positif pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan karyawan, loyalitas, dan retensi.

3. Orang yang Berintegritas dan Bertanggung Jawab

Pemimpin harus memiliki integritas dan rasa tanggung jawab tinggi agar bisa menghadapi berbagai macam rintangan yang datang. Karakteristik inilah yang akan ditiru oleh karyawan hingga akhirnya membuat perusahaan menjadi sangat berkembang.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Interpersonal Skill dalam Organisasi

Karyawan

Kepemimpinan dari sisi karyawan lebih mengarah pada respons yang diberikan. Maksudnya ialah tindakan pemimpin dalam menghadapi berbagai macam kebutuhan dari karyawan. Apakah dirinya akan mendukung atau memerintah karyawan demi tujuan perusahaan. Setidaknya ada 3 hal yang biasanya dilihat oleh karyawan dalam suatu kepemimpinan.

1. Orang yang Bisa Mengayomi 

Seorang pemimpin yang baik harus mampu memahami kebutuhan dan aspirasi karyawannya. Pemimpin juga harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan memotivasi karyawan untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Orang yang Bisa Mendorong Karyawan Mengeluarkan Potensi Terbaiknya

Pemimpin yang baik mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan agar bisa mengeluarkan potensi terbaik dari diri mereka masing-masing. Melalui tindakan ini pemimpin jadi bisa memberikan pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan. 

3. Orang yang Tidak Pelit Apresiasi

Pemimpin yang baik biasanya akan menghargai dan memotivasi karyawan melalui pengakuan atas kinerja mereka. Memberikan pengakuan dapat meningkatkan kepuasan kerja, meningkatkan motivasi, dan membantu mempertahankan karyawan berkualitas dalam jangka panjang.

Sekarang kamu jadi lebih paham apa arti leadership, bukan? Ingat bahwa kepemimpinan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan perusahaan dalam jangka panjang. Meski tugas yang harus ditanggung oleh pemimpin tidak ringan tetapi hasil akhirnya akan membayar semua kerja keras yang telah dilakukan. 

Jika kamu juga ingin menjadi pemimpin berkualitas maka jangan ragu untuk terus belajar dan mengasah keterampilan kepemimpinan dengan mengikuti kursus leadership di GreatNusa

Dalam kursus ini, kamu akan belajar tentang strategi kepemimpinan yang efektif, teknik motivasi, dan cara menciptakan budaya perusahaan yang positif. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan kamu dengan mendaftar di GreatNusa sekarang juga!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok