COACHING

Servant Leadership: Pengertian, Ciri, Kelebihan, dan Tugasnya

By greatnusa12 Februari 2023

Bagikan Artikel

Servant Leadership: Pengertian, Ciri, Kelebihan, dan Tugasnya

Servant leadership adalah suatu konsep kepemimpinan yang menekankan pada pelayanan dan pengabdian kepada karyawan. Jadi bukan hanya berfokus pada tujuan perusahaan semata. Meski ada kata “pelayanan” bukan berarti pemimpin akan melayani seperti pembantu. 

Jika konsep tersebut yang ada dalam benakmu maka sebaiknya baca informasi di artikel ini baik-baik. Pasalnya servant leadership lebih luas daripada konsep melayani atau memimpin itu sendiri. Dapatkan semua informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Servant Leadership?

Kepemimpinan yang melayani alias servant leadership adalah model kepemimpinan yang berfokus untuk memimpin sekaligus melayani orang-orang di bawahnya. 

Seorang pemimpin yang melayani tidak hanya peduli pada bagaimana perusahaan berkembang tetapi juga bertujuan membantu karyawan untuk tumbuh demi menemukan potensi mereka. 

Pemimpin jenis ini akan mengambil peran sebagai mentor dan fasilitator yang berusaha membangun hubungan erat serta saling percaya dengan seluruh karyawannya. Mereka menganggap bahwa seorang pemimpin sudah seharusnya memprioritaskan kebutuhan dan kepentingan orang lain daripada dirinya sendiri.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Etos Kerja yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Apa Saja Ciri-Ciri Servant Leadership?

Sama seperti jenis kepemimpinan yang lainnya, servant leadership juga memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali dengan mudah. Setidaknya ada 7 ciri yang akan terlihat kalau orang tersebut merupakan pemimpin yang melayani. 

1. Memprioritaskan Kebutuhan Orang Lain

Seorang pemimpin yang melayani selalu memikirkan kebutuhan dan kepentingan karyawannya. Mereka berusaha untuk membantu karyawan dalam mencapai tujuan dan mendukung mereka dalam memenuhi kebutuhan.

2. Memiliki Empati

Pemimpin yang melayani cenderung memiliki kemampuan untuk memahami perasaan dan pandangan orang lain. Hal inilah yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam mengatasi masalah.

3. Bersikap Rendah Hati

Memamerkan kekuasaan dan prestasi tidak akan ada dalam kamus pemimpin yang melayani. Mereka justru lebih memilih untuk membiarkan hasil kerja karyawannya yang menonjol daripada namanya sendiri.

4. Menjadi Mentor

Kamu pasti sering mendengar tentang jarak antara pemimpin dan karyawan yang sangat jauh. Jangankan berdiskusi, meminta nasihat untuk pekerjaan saja perlu melalui manajer terlebih dahulu. Namun hal ini tidak akan terjadi pada pemimpin yang melayani karena mereka justru bisa disebut sebagai mentor, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan. 

5. Mengembangkan Budaya Kerja yang Sehat

Pemimpin yang melayani selalu menempatkan kepentingan karyawan dan perusahaan di atas kepentingan pribadi. Mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menciptakan budaya kerja yang saling mendukung dan percaya.

6. Menyediakan Sumber Daya

Pemimpin yang melayani memastikan karyawannya memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya memberikan sumber daya secara finansial, tetapi juga waktu, dukungan, dan panduan.

Baca Juga: Strategic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

Apa Saja Kelebihan Servant Leadership?

Tidak banyak yang tahu keunggulan dari penerapan gaya kepemimpinan yang melayani. Padahal gaya kepemimpinannya mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Berikut kelebihan-kelebihan yang bisa dirasakan apabila suatu perusahaan memiliki pemimpin yang melayani. 

1. Meningkatkan Kepuasan Bawahan

Kepemimpinan yang melayani berfokus pada kebutuhan dan kepentingan karyawan yang dapat meningkatkan kepuasan kerja mereka. Pada akhirnya hal ini berpengaruh kepada peningkatan  produktivitas dan kinerja yang lebih baik.

2. Membangun Kepercayaan

Kepemimpinan yang melayani akan berusaha menjaga hubungan erat dan saling percaya dengan karyawannya. Tindakan seperti ini akan menciptakan rasa saling percaya sekaligus budaya positif dalam perusahaan. 

3. Meningkatkan Motivasi

Kepemimpinan yang melayani memberikan dukungan dan bantuan pada karyawannya agar mereka dapat mengembangkan keterampilan. Hal ini akan berdampak pada motivasi setiap karyawan untuk bekerja lebih keras.

4. Meningkatkan Inovasi

Kepemimpinan yang melayani biasanya akan membuka komunikasi dengan karyawan sehingga tercipta lingkungan bagi ide-ide baru untuk berkembang. Pada akhirnya inovasi baru tersebutlah yang akan memajukan perusahaan dalam berbagai aspek. Bahkan perusahaan jadi dapat bertahan di tengah-tengah persaingan yang ketat. 

5. Menciptakan Budaya Kerja yang Sehat

Semua tindakan positif yang telah dilakukan nantinya akan menjadi budaya perusahaan yang sehat. Bukan hanya soal budaya tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang baik karena setiap orang dalam perusahaan akan selalu mendukung satu sama lain.

Baca Juga: Co-Leader: Pengertian, Ciri, Serta Tanggung Jawabnya

Apa Saja Tugas Servant Leadership?

Menerapkan konsep pelayanan dalam pekerjaan memang terdengar aneh. Namun hal inilah yang menjadi senjata pemimpin dalam mempertahankan karyawan serta perusahaan untuk dapat berkembang. Coba perhatikan tugas apa saja yang berusaha diemban oleh para pemimpin yang melayani berikut ini. 

1.Mendengarkan dan Memahami

Seorang pemimpin yang melayani harus bisa mendengarkan dan memahami kebutuhan karyawannya. Pasalnya tindakan seperti ini sangat efektif membantu karyawan menyelesaikan masalah mereka dengan lebih baik.

2. Meningkatkan Partisipasi

Seorang pemimpin yang melayani juga bertugas meningkatkan partisipasi setiap karyawan dengan memberikan kesempatan untuk berkontribusi dan mengambil bagian dalam pengambilan keputusan. 

Tindakan seperti ini akan membuat karyawan merasa dihargai sehingga komitmen mereka untuk bekerja menjadi lebih tinggi. Jadi karyawan bukan hanya sekadar “sumber daya” tetapi juga bagian dari perusahaan.

3. Mengembangkan Keterampilan

Pengembangan keterampilan seluruh karyawan harus diperhatikan supaya produktivitas sehari-hari jadi meningkat. Tindakan tersebut dapat meningkatkan kredibilitas pemimpin di mata karyawan sehingga relasi yang terjalin makin kuat. 

4. Menjaga Keadilan

Seorang pemimpin yang melayani tidak akan membiarkan ada hak karyawannya yang dilanggar. Justru dirinya berusaha menjaga keadilan agar semua orang mendapatkan perlakuan yang sama sehingga lingkungan kerja menjadi lebih kondusif.

Apa Saja Prinsip Servant Leadership

Kepemimpinan yang melayani tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya landasan yang kokoh yakni prinsip. Mulailah mempelajari beberapa prinsipnya berikut ini. 

1. Pelayanan

Prinsip pertama ialah melayani karena seorang pemimpin sudah seharusnya mementingkan kepentingan karyawan demi operasional yang berjalan dengan baik. Melayani juga bisa diartikan sebagai pengorbanan karena kepentingan dirinya sendiri tidak terlalu dipusingkan. 

2. Pengembangan

Pemimpin dengan gaya melayani percaya bahwa karyawan yang tergabung dalam perusahaan merupakan tanggung jawab yang harus dikelola dengan baik. Itu sebabnya karyawan akan diberikan berbagai pelatihan supaya karier mereka berkembang pesat. 

3. Kepercayaan

Kepercayaan termasuk prinsip paling krusial dalam gaya kepemimpinan melayani. Setiap karyawan harus mempertahankan integritas dan kepercayaan yang telah diberikan demi menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

4. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Konsensus

Terakhir ada prinsip konsensus yang dijalankan demi kepentingan seluruh karyawan perusahaan. Setiap karyawan diberi kesempatan untuk beropini sehingga ide dan kreasi baru bisa ditemukan untuk kepentingan perusahaan.

Memang tidak mudah mengaplikasikan gaya kepemimpinan melayani dalam dunia bisnis yang makin kompetitif. Pasalnya tidak semua orang mengerti bahwa servant leadership adalah aspek krusial untuk melihat bisnis berkembang pesat. Namun konsep seperti ini perlu dilakukan demi menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan peningkatan produktivitas perusahaan secara keseluruhan. 

Kalau kamu tertarik mempelajari konsep kepemimpinan yang melayani lebih lanjut maka langsung saja kunjungi GreatNusa. Tersedia berbagai kursus leadership (kepemimpinan) yang akan meningkatkan keterampilan kamu dalam memimpin. 

Dapatkan pengetahuan dan skill baru dalam memimpin dengan fokus melayani serta pengabdian melalui kursus leadership di GreatNusa. Mari mulai perjalanan kepemimpinan kamu yang sesungguhnya bersama GreatNusa sekarang juga! 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok