CAREERS

Authentic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

By greatnusa1 Februari 2023

Bagikan Artikel

Authentic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

Authentic leadership adalah salah satu gaya kepemimpinan yang sedang populer belakangan ini, terutama di kalangan pemimpin muda. Kepemimpinan sendiri memang tidak semuanya sama; ada beberapa tipe atau gaya yang berbeda berdasarkan kepribadian setiap pemimpin. Banyak organisasi yang mulai mencari dan mengembangkan seseorang yang bisa memimpin dengan gaya kepemimpinan yang autentik belakangan ini.

Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari mengenai apa itu authentic leadership secara lebih mendalam, mulai dari pengertian hingga ciri-cirinya. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui bagaimana cara menerapkan authentic leadership dengan baik. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Authentic Leadership?

Authentic leadership adalah tipe kepemimpinan di mana seseorang memimpin dengan cara yang jujur, terbuka, dan autentik. Seorang pemimpin autentik biasanya tidak akan menyembunyikan identitas atau nilai-nilai aslinya dalam memimpin sebuah organisasi. Dapat dikatakan bahwa pemimpin autentik mampu menjadi dirinya sendiri dan memotivasi bawahannya untuk menjadi diri mereka sendiri.

Pemimpin autentik memiliki kesadaran diri yang baik. Artinya, pemimpin harus memahami nilai-nilai, kekuatan, kelemahan, dan karakteristik pribadi yang dimilikinya. Seorang pemimpin autentik mampu mengambil keputusan yang baik serta memimpin dengan jujur dan konsisten.

Seorang pemimpin autentik harus transparan dalam menjalankan tugasnya, serta terbuka dan jujur dalam berkomunikasi dengan bawahannya. Jadi, bawahannya akan merasa dipercaya dan tidak ada yang disembunyikan dari mereka. Kejujuran memang merupakan salah satu aspek paling penting yang perlu dimiliki oleh setiap pemimpin dengan gaya authentic leadership.

Seorang pemimpin autentik cenderung akan memotivasi bawahannya untuk menjadi diri mereka sendiri dan tidak mengekang mereka untuk menjadi seperti dirinya. Mereka mendorong agar anggotanya memiliki kesadaran diri yang baik dan memahami nilai-nilai, kekuatan, kelemahan, dan karakteristik pribadi yang dimilikinya. Setiap anggota diharapkan untuk dapat mengambil keputusan yang baik serta bekerja dengan lebih jujur dan konsisten dengan memahami dirinya sendiri.

Apa Saja Ciri-Ciri Authentic Leadership?

Setiap pemimpin pasti memiliki identitas dan kepribadian yang berbeda, tetapi ada beberapa ciri-ciri yang umumnya dimiliki oleh pemimpin yang autentik. Berikut adalah beberapa ciri-ciri authentic leadership yang perlu kamu ketahui.

1. Kesadaran Diri yang Tinggi

Pemimpin yang autentik umumnya akan mempunyai kesadaran diri yang tinggi. Mereka memahami nilai-nilai, kekuatan, kelemahan, dan kepercayaan diri yang dimilikinya. Selain itu, mereka juga mampu menerima umpan balik yang diberikan oleh orang lain, baik itu dari anggotanya atau pemangku kekuasaan yang lebih tinggi di organisasi, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki diri mereka sendiri.

 2. Integritas yang Tinggi

Integritas adalah salah satu ciri-ciri yang paling penting dari authentic leadership. Pemimpin yang autentik biasanya akan menunjukkan kejujuran, keterbukaan, dan ketepatan dalam tindakan yang dilakukannya. Mereka juga mempunyai nilai moral yang tinggi dan tidak mudah tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak benar dan merugikan organisasi.

Baca juga: 3 Fungsi Manajemen Proyek Dalam Sebuah Perusahaan

3. Kemampuan Berempati

Pemimpin yang autentik mempunyai kemampuan untuk berempati, atau kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan dan pandangan orang lain. Mereka mampu berempati dengan bawahan dan anggota tim, sehingga dapat memahami masalah dari setiap anggotanya dan membantu mereka agar dapat mencapai tujuan bersama.

4. Komitmen pada Pertumbuhan dan Pengembangan

Pemimpin yang autentik memiliki komitmen untuk memperbaiki diri mereka sendiri dan membantu setiap anggotanya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Mereka mempunyai pemahaman yang kuat tentang kebutuhan tim dan setiap anggotanya, serta memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka agar dapat bekerja dengan jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Mampu Berkomunikasi dengan Efektif

Pemimpin yang autentik mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh tim dan setiap anggotanya. Mereka mempunyai kemampuan untuk mendengarkan dengan baik dan memahami perspektif orang lain. Pemimpin yang autentik juga mampu mengomunikasikan informasi dengan jelas dan terbuka, sehingga setiap anggota tim dapat memahami apa yang diharapkan dari mereka.

Baca juga: 4 Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen dalam Bisnis

Bagaimana Cara Penerapan Authentic Leadership?

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri dari authentic leadership, kamu mungkin ingin menerapkannya ketika memimpin sebuah organisasi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan authentic leadership dengan baik.

1. Tingkatkan Kesadaran Diri

Untuk menjadi pemimpin yang autentik, kamu harus dapat memahami diri sendiri dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran diri adalah dengan melakukan refleksi diri secara teratur. Cobalah untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan apa yang kamu miliki, serta gali lebih dalam mengenai nilai-nilai dan keyakinan yang dipegang. Jangan ragu untuk meminta umpan balik dari orang lain untuk memperbaiki diri sendiri.

2. Bangun Keterbukaan dan Kepercayaan

Keterbukaan dan kepercayaan adalah kunci penting dalam penerapan authentic leadership. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik dengan setiap anggota yang ada di organisasi dan jangan ragu untuk berbagi pengalaman serta pandangan yang kamu miliki. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu selalu terbuka untuk menerima masukan dan kritik dari orang lain serta berikan umpan balik yang jujur dan membangun kepada setiap anggota.

3. Tingkatkan Kemampuan Berempati

Empati adalah kunci sukses dalam kepemimpinan yang autentik. Pertama-tama, kamu dapat mencoba untuk memahami perasaan dan pandangan dari setiap anggota. Kamu dapat membantu mereka meraih tujuan bersama dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, masih ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan empati, seperti dengan memperhatikan ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan suara seseorang, serta mendengarkan dengan penuh perhatian ketika orang lain berbicara.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian serta Fungsinya pada Sebuah Perusahaan

4. Bertindak Sesuai Nilai dan Prinsip

Sebagai pemimpin yang autentik, kamu harus bertindak sesuai dengan nilai dan prinsip yang dipegang. Pastikan bahwa keputusan yang kamu buat sejalan dengan nilai-nilai tersebut dan tidak melanggar prinsip yang kamu pegang serta etika sosial. Ini akan membantumu mempertahankan integritas dan kepercayaan dari setiap anggota yang ada di organisasi.

5. Berikan Dukungan dan Peluang untuk Pengembangan Diri

Sebagai pemimpin yang autentik, kamu harus dapat memberikan dukungan dan peluang untuk pengembangan diri bagi setiap anggota yang ada di organisasi. Pastikan untuk selalu memberikan dukungan yang diperlukan, seperti pelatihan, konseling, atau bahkan program kenaikan jabatan, untuk membantu setiap anggota tumbuh dan berkembang. Selain itu, berikan juga peluang bagi mereka untuk belajar dan berkembang dalam pekerjaan mereka, sehingga mereka dapat meraih potensi terbaiknya.

Menerapkan authentic leadership membutuhkan komitmen dan konsistensi dari seorang pemimpin. Memahami pengertian dan ciri-cirinya saja belum cukup, kamu juga harus memiliki kemauan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya agar dapat menjadi pribadi yang autentik.

Jika kamu tertarik untuk belajar lebih banyak tentang authentic leadership atau gaya kepemimpinan lainnya, GreatNusa dapat menjadi pilihan yang tepat. GreatNusa adalah platform belajar online yang menyediakan berbagai program berkualitas yang dapat diakses dengan mudah dan beberapa diantaranya dapat diakses secara gratis.

Di GreatNusa, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang autentik dan berhasil dengan program-program yang dikembangkan oleh para ahli di bidangnya. Kunjungi GreatNusa sekarang juga untuk melihat program-program yang tersedia dan daftarkan diri kamu untuk memulai perjalanan dalam mengembangkan keterampilan strategic leadership bersama kami!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok