KNOWLEDGE

Ethical Leadership: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Prinsip Kerjanya

By greatnusa1 Februari 2023

Bagikan Artikel

Ethical Leadership: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Prinsip Kerjanya

Ada banyak jenis kepemimpinan yang bisa dipilih sesuai kepribadianmu. Namun, lingkungan kerja mana pun membutuhkan kepemimpinan etis alias ethical leadership. Ethical leadership adalah model kepemimpinan ideal yang dapat membawa manfaat besar bagi anggota tim maupun perusahaan.

Pemimpin sukses selalu menerapkan model ethical leadership dalam memimpin timnya. Anggota tim pun akan merasa dihargai sehingga lebih termotivasi untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama. Lantas, apa yang dimaksud dengan ethical leadership? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Ethical Leadership

Kepemimpinan etis alias ethical leadership adalah model kepemimpinan yang mengutamakan integritas, kejujuran, dan keadilan. Pemimpin etis menggunakan prinsip moral sebagai panduan dalam memimpin dan mengambil keputusan. Sikap dan perilakunya didasarkan pada nilai moral yang dianutnya sehingga mereka akan selalu bertindak adil dan benar.

Apa yang membedakan kepemimpinan etis dan model kepemimpinan lainnya? Pemimpin etis tidak hanya berfokus pada memegang kendali atau memengaruhi timnya untuk melakukan sesuatu. Mereka akan berusaha memberikan teladan atau contoh yang baik kepada anggota timnya. Teladan ini ditunjukkan melalui sikap, perilaku, serta pengambilan keputusan yang adil dan membawa manfaat positif bagi seluruh anggota tim.

Tujuan Ethical Leadership

Ada tujuan yang perlu dicapai oleh pemimpin melalui penerapan ethical leadership. Tujuan tersebut berawal dari pengembangan anggota tim hingga kemajuan organisasi atau perusahaannya. Berikut penjelasan mengenai tujuan ethical leadership.

1. Menjadi Teladan bagi Anggota Tim

Sebagai seorang pemimpin, kamu pasti berharap bahwa anggota tim bisa meniru hal-hal baik dalam dirimu. Ethical leadership bertujuan agar kamu bisa memberikan teladan yang baik bagi mereka. Kamu perlu menerapkan sikap etis sampai tertanam dalam dirimu. Ketika kamu disiplin dalam menerapkannya, sikap tersebut akan terlihat jelas dan menjadi teladan yang patut dicontoh oleh anggota tim.

2. Melahirkan Budaya Kerja Positif

Sikap pemimpin berpengaruh besar pada budaya di lingkungan kerjanya. Pemimpin etis mampu melahirkan budaya kerja positif melalui sikap dan perilakunya. Anggota tim maupun orang lain turut mengikuti teladan baikmu sehingga lingkungan kerja memiliki budaya yang positif dan menyenangkan.

Baca juga: 6 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan

3. Membangun Strategi Kolaborasi

Kepemimpinan etis melahirkan kepercayaan antara pemimpin dan anggota timnya. Mereka bisa saling berkomunikasi tanpa menaruh rasa curiga dan asumsi. Hal ini tentu saja bermanfaat pada kolaborasi dan kerja sama tim yang lebih erat dalam mengerjakan proyek.

4. Membangun Citra Perusahaan yang Positif

Pemimpin etis membangun sikap positif yang terpancar hingga menjadi nilai (value) perusahaan. Sikap ini terlihat jelas melalui tindakan dan komunikasi antara karyawan dan pihak eksternal. Publik melihat citra perusahaan yang positif karena nilai yang dibangun di dalamnya. Pencari kerja tentu akan tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan karena memiliki citra ramah dan bersahabat. Investor juga tertarik untuk berinvestasi karena memercayai perusahaan tersebut.

Ciri-Ciri Ethical Leadership

Pemimpin etis memiliki karakteristik yang terlihat dari perilakunya. Apa saja karakteristik yang ada dalam ethical leadership? Lihat daftarnya di bawah ini sebagai panduan kamu dalam bersikap layaknya pemimpin etis.

1. Memberikan Teladan Baik

Pemimpin etis tidak hanya menyuarakan pentingnya etika dan perilaku. Kamu juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta memiliki standar yang tinggi dalam memimpin tim. Sikap dan perilakumu menjadi teladan yang berguna sebagai pedoman hidup anggota tim.

2. Menghormati Setiap Orang

Pemimpin etis selalu menghormati setiap orang tanpa memandang latar belakang atau statusnya. Artinya, kamu tidak boleh membeda-bedakan perilaku ketika berinteraksi bersama orang lain. Kamu harus bersedia mendengarkan serta memiliki perspektif yang adil dalam menilai situasi di sekitar.

3. Membangun Komunikasi yang Terbuka

Komunikasi selalu dibutuhkan agar kerja sama tim terbangun secara efektif. Kamu harus menerapkan komunikasi yang terbuka dan jelas dalam menyampaikan informasi. Kamu bisa menyediakan forum agar anggota tim ikut menyuarakan pendapat dan aspirasinya secara bebas.

4. Melakukan Mediasi secara Adil

Tidak jarang kamu akan menemukan masalah dalam tim. Kamu harus mendengarkan pendapat dari dua orang atau lebih yang terlibat di dalamnya. Setelah mengetahui masalahnya, barulah kamu bisa memberikan solusi terbaik yang bisa memuaskan seluruh pihak.

Baca juga: Situational Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

5. Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Dinamika atau perubahan merupakan hal yang wajar terjadi dalam bisnis. Perubahan tersebut bisa terjadi secara mendadak, namun kamu harus selalu siap menghadapinya. Kamu perlu mencari cara agar bisa beradaptasi di tengah perubahan tersebut agar metode kerja yang sudah ada tetap relevan. Tidak jarang kamu harus keluar dari zona nyaman agar bisa menghadapi perubahan tersebut.

6. Tidak Menoleransi Pelanggaran Etika

Bersikap etis bukan berarti kamu bisa membiarkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi. Kamu harus tegas dalam memberikan hukuman atau teguran apabila ada anggota yang melanggar etika atau aturan bisnis. Pembiaran pelanggaran justru akan membuat kondisi di area kerja menjadi lebih runyam.

7. Manajemen Stres yang Efektif

Terkadang kamu merasa tertekan karena harus memimpin anggota tim sekaligus menyelesaikan tugasmu. Kamu perlu menerapkan manajemen stres yang efektif agar tetap maksimal dalam bekerja. Kondisi stres yang dibiarkan dapat memengaruhi sikapmu kepada anggota tim.

Prinsip Kerja Ethical Leadership

Ethical leadership merupakan elemen kepemimpinan yang memiliki prinsip penting sebagai fondasinya. Apa saja prinsip yang harus dimiliki ethical leader?

1. Adil

Keadilan merupakan prinsip utama dalam ethical leadership. Adil berarti memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Sikap adil juga berarti tidak ada diskriminasi terhadap anggota tim. Apabila ada anggota yang berbuat kesalahan, kamu menghukumnya tanpa pengecualian.

Baca juga: Bagaimana Fungsi Laporan Keuangan bagi Pihak Manajemen?

2. Terbuka

Keterbukaan tidak terbatas pada memberikan informasi secara transparan saja. Kamu juga mengakui kesalahan dan kelemahan serta berusaha untuk memperbaikinya. Anggota tim akan berani terbuka kalau kamu memberikan contoh yang baik kepada mereka.

3. Saling Percaya

Tidak ada tim hebat yang dibangun di atas ketidakpercayaan. Rasa saling percaya merupakan prinsip yang tidak bisa dilepaskan dalam kerja sama tim. Pekerjaan atau proyek akan selesai dengan baik apabila setiap anggotanya saling percaya dalam bekerja.

4. Jujur

Prinsip keterbukaan yang disebutkan sebelumnya berlandaskan pada kejujuran. Sikap jujur akan membuahkan kepercayaan sehingga anggota tim bisa saling mengutarakan pendapatnya tanpa harus menutupi apa pun.

5. Saling Menghormati

Terakhir, ethical leadership dibangun atas prinsip saling menghormati. Kamu harus menghormati anggota tim dengan cara menghargai pendapat dan masukannya. Kamu tidak boleh meremehkan mereka meski ada perbedaan pendapat. Hargai anggota tim kamu selayaknya manusia agar mereka selalu memberikan kontribusi terbaik dalam bekerja.

Kamu pasti setuju kalau ethical leadership adalah model kepemimpinan yang ideal, bukan? Oleh karena itu, mulailah menerapkan karakteristik dan prinsip kepemimpinan etis di atas dalam hidupmu.

Awal mulanya kamu tentu akan bingung harus memulai dari mana untuk mempelajari tentang ethical leadership. Untuk itu, kamu bisa mengikuti kelas Self-Leadership: Metode Mengenal Diri Sendiri untuk membangun karakter pemimpin yang etis. Kelas ini tersedia selama 12 bulan, jadi kamu bisa mengaksesnya kapan pun. Kembangkan potensi kepemimpinan yang kamu miliki melalui kelas yang menarik di Great Nusa

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok