TIME MANAGEMENT

5 Manfaat Mematuhi Aturan Perusahaan

By greatnusa21 Februari 2023

Bagikan Artikel

5 Manfaat Mematuhi Aturan Perusahaan

Apakah kamu berencana mendirikan perusahaan start-up dan mempekerjakan sejumlah karyawan di dalamnya? Apabila jawabannya ‘ya’, berarti kamu harus merancang aturan perusahaan sebagai pedoman untuk dipatuhi oleh karyawan. Manfaat mematuhi aturan ternyata berdampak besar pada perkembangan perusahaanmu.

GreatNusa tidak hanya akan mengulas manfaat yang dirasakan dari mematuhi perusahaan, tetapi juga memberikan tips menyusun peraturan perusahaan yang baik. Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Aturan Perusahaan Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan

Definisi peraturan perusahaan secara resmi tercatat dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 20 tentang Ketenagakerjaan. Peraturan perusahaan merupakan serangkaian regulasi tertulis yang dibuat oleh pengusaha dan memuat tata tertib perusahaan.

Bagian VI menjelaskan lebih lanjut tentang pembuatan peraturan perusahaan. Pasal 108 Ayat 1 menyatakan bahwa perusahaan yang telah mempekerjakan minimal 10 karyawan wajib membuat aturan perusahaan. Aturan ini mulai berlaku setelah mendapat pengesahan dari Menteri Tenaga Kerja (Menaker) atau pejabat yang ditunjuk. Namun, kewajiban tersebut bisa diabaikan kalau perusahaan telah memiliki perjanjian kerja bersama perusahaan lainnya.

Ada pun konten yang harus ada dalam peraturan perusahaan tercantum dalam pasal 111, yaitu:

  • Hak dan kewajiban pengusaha
  • Hak dan kewajiban karyawan
  • Syarat kerja
  • Tata tertib perusahaan
  • Masa berlaku peraturan perusahaan

Baca Juga: Ketahui 5 Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning

Manfaat Mematuhi Aturan Perusahaan

Perusahaan dapat merasakan manfaat yang signifikan apabila karyawan mematuhi peraturan yang berlaku. Apa saja manfaatnya?

1. Peningkatan Kualitas Karyawan

Kedisiplinan karyawan meningkat apabila mereka mematuhi regulasi perusahaan yang berlaku. Karyawan memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi dan berusaha mewujudkannya ketika berada di tempat kerja. Perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas tidak hanya saat mengerjakan pekerjaan, tetapi terlihat dari karakter dan kedisiplinannya pula.

2. Menciptakan Keadilan dan Keseragaman

Peraturan berfungsi untuk menjamin keadilan dan keseragaman di tempat kerja. Artinya, tidak ada seorang karyawan pun yang luput dari konsekuensi peraturan. Setiap karyawan harus mematuhi SOP dan kode etik yang ditetapkan dalam perusahaan. Keadilan di tempat kerja pun tercipta sehingga tidak ada karyawan yang merasa lebih superior daripada rekan kerjanya.

3. Menjaga Keamanan dan Kenyamanan

Peraturan perusahaan juga harus menjamin keamanan dan keselamatan pekerja. Karyawan harus aman dari bahaya fisik maupun mental yang bisa mengganggu kelancaran kerja, seperti luka fisik, kecelakaan, pelecehan, perundungan, dan sebagainya. Mematuhi aturan perusahaan dapat meningkatkan keamanan yang berdampak pada kenyamanan karyawan di tempat kerja.

4. Menciptakan Keterbukaan

Tindakan penyelewengan dan pelanggaran aturan sering terjadi secara tersembunyi. Karyawan yang mematuhi aturan akan menciptakan budaya keterbukaan di tempat kerja. Mereka berani mengakui pelanggaran dan siap menerima konsekuensi dari tindakannya tersebut. Segala masalah kecil yang terjadi di perusahaan bisa diatasi lebih awal sebelum berkembang menjadi konflik yang lebih serius.

5. Memperkuat Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas perusahaan meningkat apabila karyawannya mematuhi regulasi yang berlaku. Perusahaan memiliki citra yang baik di mata pihak eksternal, mulai dari klien atau konsumen, mitra, masyarakat, bahkan pemerintah. Manfaat ini tentunya bisa berdampak pada kemampuan perusahaan dalam memasarkan produk atau layanannya kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Kanban: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Serta Cara Menggunakannya

Cara Menyusun Peraturan Perusahaan

Proses penyusunan peraturan perusahaan bukan merupakan perkara mudah. Namun, kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk merancang peraturan di tempat kerjamu.

1. Pelajari Hukum Ketenagakerjaan yang Berlaku

Pasal 111 Undang-Undang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa setiap ketentuan dalam peraturan perusahaan harus selaras regulasi perundang-undangan yang sedang berlaku. Regulasi perundang-undangan terkini terkait ketenagakerjaan yaitu UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Kajilah regulasi tersebut serta peraturan pemerintah lainnya supaya kamu memiliki pedoman yang benar untuk membuat peraturan perusahaan.

2. Pertimbangkan Konsekuensi Penerapan Aturan

Setiap butir tata tertib perusahaan yang dibuat tentu memiliki konsekuensi ketika diterapkan. Kamu perlu mempertimbangkan konsekuensi positif maupun negatif dari penerapan aturan tersebut. Apabila lebih banyak konsekuensi positif, kamu bisa menerapkannya dalam peraturan perusahaan. Sebaliknya, kamu bisa mengeliminasi poin peraturan yang memunculkan banyak konsekuensi negatif dalam penerapannya.

3. Buat Hak dan Kewajiban Karyawan serta Perusahaan

Karyawan maupun perusahaan harus memahami hak dan kewajibannya masing-masing agar bisa meminimalisir konflik selama peraturan perusahaan sedang diterapkan. Adapun konten hak dan kewajiban masing-masing kedua belah pihak harus disusun dalam poin secara sistematis.

4. Tetapkan Masa Berlaku

Pasal 111 Ayat 3 menyatakan bahwa masa berlaku peraturan perusahaan hanya maksimal dua tahun. Setelah masa tersebut, perusahaan wajib memperbaharui peraturannya. Pembaruan peraturan bermanfaat agar perusahaan bisa mengikuti regulasi terbaru terkait ketenagakerjaan.

5. Perhatikan Tata Bahasa yang Digunakan

Tata bahasa atau kalimat yang digunakan haruslah mudah dipahami oleh seluruh karyawan dalam perusahaan. Hindari gaya bahasa yang ambigu supaya peraturan yang dibuat tidak menimbulkan salah tafsir yang mungkin terjadi. Gunakan bahasa baku sesuai kaidah bahasa Indonesia dan hindari penggunaan bahasa non-formal meskipun kamu hendak membuat aturan untuk perusahaan start-up.

Baca Juga: 5 Etika Profesi Akuntansi yang Harus Dimiliki Seorang Akuntan

6. Buat Draf Peraturan Perusahaan

Setelah memperkirakan hak dan kewajiban, tata tertib, syarat kerja, dan masa berlaku, barulah kamu bisa membuat draf berisi seluruh peraturan yang telah dibuat. Draf tersebut bisa dikirimkan kepada perwakilan karyawan perusahaan untuk dipelajari. Mereka berhak memberikan saran atau perubahan maksimal 14 hari setelah draf diberikan.

7. Finalisasi Draf yang Telah Dibuat

Apabila semua karyawan setuju mengenai draf yang sudah dibuat, barulah kamu bisa melakukan finalisasi. Kamu bisa mengirimkan draf tersebut ke Dinas Ketenagakerjaan untuk pengesahan. Namun, mereka perlu melakukan peninjauan terlebih dahulu terhadap peraturan yang telah dibuat. Segera lakukan revisi jika peraturan yang dibuat belum memenuhi kriteria pengesahan.

Tentunya kamu ingin merasakan manfaat mematuhi aturan perusahaan yang telah dijelaskan dalam artikel ini, bukan? Oleh karena itu, kamu perlu memahami lebih lanjut tentang etika perusahaan agar bisa merancang peraturan yang lebih solid dan tentunya menguntungkan karyawanmu pula.

Maka dari itu, ikutilah kursus Belajar Etika dan Tata Kelola Perusahaan dari GreatNusa supaya kamu bisa memahami konsep corporate governance dalam bisnis dan masyarakat. Kembangkan bisnismu sekarang juga agar lebih sukses mencapai tujuan melalui kursus bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok