COACHING

6 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan

By greatnusa22 Februari 2023

Bagikan Artikel

6 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan

Pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan sangatlah signifikan. Kedisiplinan saja tidak cukup untuk meningkatkan performa. Lingkungan kerja juga memainkan peranan besar terhadap kemampuan kerjamu di perusahaan. Meskipun kamu sangat disiplin dalam bekerja, perlahan-lahan kinerjamu mulai menurun apabila tidak dikelilingi lingkungan kerja yang suportif.

Kedisiplinan merupakan faktor internal, sedangkan lingkungan kerja termasuk faktor eksternal yang berdampak besar pada perkembangan kinerja kamu. Lalu, seperti apa pengaruh keduanya? Langsung simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Sekilas tentang Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja merupakan segala komponen di sekitar karyawan yang bisa memengaruhi pengerjaan tugas atau tanggung jawabnya. Artinya, lingkungan kerja bukan hanya hal fisik seperti kelembapan, suhu udara, ventilasi, penerangan, dan fasilitas tempat kerja. Komponen non-fisik seperti ketenangan, struktur kerja, tanggung jawab, pemimpin, kelompok, dan kelancaran komunikasi juga termasuk bagian penting dari lingkungan kerja.

Baca Juga: Cara Membangun Lingkungan Kerja Fleksibel yang Efektif Berbasis Cloud

Faktor yang Memengaruhi Kedisiplinan Kerja Karyawan

Kedisiplinan karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan kerjanya. Apa saja faktornya?

1. Teladan Pemimpin

Kedisiplinan karyawan terbentuk karena mereka memiliki seorang pemimpin yang dijadikan sebagai teladan. Mereka tidak harus mempunyai pemimpin yang berada di lingkungan kerja yang sama, bisa pula pemimpin di kehidupan sehari-harinya. Pemimpin yang baik akan menginspirasi karyawan agar tetap disiplin dan mau memberikan performa terbaik selama bekerja.

2. Penghargaan

Ada pula karyawan yang menjadi lebih disiplin karena mendapatkan penghargaan di tempat kerjanya. Karyawan merasa bahwa mereka dihargai di tempat kerjanya sehingga mau menunjukkan performa terbaiknya selama bekerja. Sebaliknya, kedisiplinan karyawan menurun apabila tidak ada penghargaan yang diberikan selama masa kerja.

3. Hukuman

Hukum rewards dan punishment harus diterapkan di lingkungan kerja. Artinya, perusahaan tidak hanya memberikan penghargaan, tetapi juga sanksi apabila karyawan berbuat kesalahan. Sanksi membuat karyawan menjadi lebih disiplin sehingga mereka akan berpikir dua kali sebelum melanggar aturan perusahaan.

4. Pengawasan Terus-Menerus

Supervisi atau pengawasan perlu dilakukan secara efektif agar kedisiplinan kerja tetap terpelihara. Pimpinan yang melakukan supervisi secara maksimal dapat mencegah tindakan indisipliner yang bisa saja luput dari pandangan mata. Beberapa karyawan cenderung melakukan ketidakdisiplinan apabila tidak merasa diawasi oleh atasannya.

5. Hubungan Dua Arah

Kedisiplinan juga terjadi apabila karyawan memiliki hubungan yang baik bersama atasan, bawahan, atau rekan kerjanya. Hubungan yang baik akan melahirkan suasana yang kondusif sehingga karyawan mau menerapkan kedisiplinan di tempat kerjanya.

6. Tujuan dan Kemampuan

Karyawan lebih disiplin dan mau bekerja lebih giat apabila perusahaan menetapkan tujuan yang jelas dan ideal. Namun, tujuan tersebut harus memperhatikan kemampuan karyawan pula agar semangat dan kedisiplinannya tetap terjaga.

Baca Juga: 8 Indikator Lingkungan Kerja Toxic yang Harus Kamu Ketahui

Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Lingkungan kerja dan disiplin kerja sama-sama memainkan peranan penting terhadap kinerja karyawan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Meningkatkan Kolaborasi

Lingkungan kerja yang positif akan membuat karyawan merasa nyaman dalam menjalin relasi bersama rekan kerja. Mereka pun bisa membangun jaringan yang berguna untuk perkembangan kariernya pada masa depan. Kolaborasi atau kerja sama antar karyawan pun meningkat sehingga pekerjaan lebih mudah diselesaikan. Tentunya manfaat ini lebih terasa kalau karyawan yang berkolaborasi menyadari pentingnya kedisiplinan kerja.

2. Menumbuhkan Etos Kerja

Etos kerja merupakan pola pikir dan semangat yang dimiliki seseorang selama bekerja. Seorang karyawan memiliki etos kerja yang tinggi apabila dikelilingi oleh lingkungan kerja yang suportif. Karyawan akan merasa puas dan mau memberikan kinerja terbaiknya dalam mengemban tanggung jawab yang diberikan.

3. Lebih Profesional dalam Bekerja

Kedisiplinan membentuk karakter yang membuat karyawan lebih profesional dalam bekerja. Mereka akan menepati setiap janji dan mau menyelesaikan setiap tugas yang dibebankannya. Begitu pula lingkungan kerja yang positif, karyawan tidak perlu pusing memikirkan masalah atau politik kantor yang bisa mengganggu profesionalitasnya.

4. Karyawan Mau Melatih Kemampuan dan Menambah Wawasan

Growth mindset alias pola pikir yang mengacu pada pertumbuhan muncul apabila karyawan berada di lingkungan yang positif. Mereka mau mengembangkan kemampuan (skill) atau meningkatkan wawasannya demi kemajuan kariernya. Kedisiplinan juga membuat karyawan lebih cepat dalam mempelajari hal baru sehingga siap untuk mempraktikkannya selama bekerja.

Baca Juga: 8 Cara Mengelola Stress Dan Emosi Negatif Di Tempat Kerja

5. Karyawan Menghargai Waktu Kerja

Karyawan yang disiplin tidak pernah menyia-nyiakan waktunya. Mereka akan memanfaatkan waktu untuk bekerja semaksimal mungkin dan menyelesaikan pekerjaannya sebelum jam pulang kerja. Namun, mereka juga tahu waktu yang tepat untuk beristirahat agar pikirannya tetap jernih dan tidak terlalu dibebani oleh pekerjaannya.

6. Tidak Mudah Terpengaruh Suasana

Pada akhirnya, karyawan yang disiplin mau melatih dirinya agar tidak terpengaruh oleh suasana di sekitarnya. Mereka tetap ingin menyelesaikan tugasnya sebelum tenggat waktu tiba meski suasana lingkungan kerja tidak terlalu kondusif. Sikap ini membuat karyawan mampu mempertahankan posisi kerjanya, bahkan dipromosikan ke jenjang yang lebih tinggi dan berdampak pada peningkatan kariernya.

Pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan ternyata sangat signifikan bagi perkembangan kariermu, bukan? Mulailah melatih dirimu agar lebih disiplin dalam bekerja supaya bisa merasakan manfaatnya. Kamu adalah pemimpin atas dirimu sendiri, jadi tingkatkan kapasitasmu agar lebih disiplin dalam bekerja.

Memimpin diri sendiri bukanlah langkah yang mudah, apalagi jika kamu belum mengetahui caranya. Jangan khawatir, kamu bisa mengikuti kursus Self-Leadership: Metode Mengenal Diri Sendiri dari GreatNusa. Kamu akan memahami metode analisis diri serta mampu mengembangkan diri sendiri menjadi pribadi yang berkualitas setelah mengikuti kursus ini. Yuk, buat hidupmu lebih bermakna melalui kursus pengembangan diri bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok