KNOWLEDGE

Kenali 7 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

By greatnusa12 Februari 2023

Bagikan Artikel

Kenali 7 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Tenaga kerja yang produktif merupakan penggerak dari setiap bisnis yang sukses. Adanya para karyawan yang bekerja secara efektif dan efisien membuat pencapaian tujuan organisasi menjadi lebih cepat dan mudah. Kebalikannya, tenaga kerja yang tidak produktif membuat tugas apa pun menjadi sulit diselesaikan.

Ada beragam faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja. Siapa pun kamu, baik karyawan maupun pemilik perusahaan, wajib membaca ulasan tentang faktor-faktornya berikut ini!

1. Kesempatan Pelatihan atau Pengembangan Karier

Peluang pelatihan dan pengembangan karier yang kamu ambil dapat meningkatkan produktivitas secara optimal. Pasalnya, ketika tidak menjalani kedua program tersebut, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari tahu cara menyelesaikan tugas ketimbang benar-benar langsung mengerjakannya. Hal ini akan membuatmu frustrasi dan lebih sering mengkritisi diri sendiri.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keinginan untuk menuntaskan pekerjaan dengan baik. Jadi, jika kamu merasa kurang produktif dan tidak tahu cara mengubahnya, ambillah peluang mengikuti pelatihan atau pengembangan karier yang tersedia di sekitarmu. Dengan begitu, kepercayaan diri dan kesuksesan akan meningkat.

Baca Juga: Pengertian Strategi Manajemen Konflik dan Fungsinya

2. Lingkungan Kerja

Ruang kerja yang efisien dapat meningkatkan moral dan produktivitas. Ada banyak aspek yang membuat lingkungan kerja menjadi lebih nyaman, di antaranya adalah

  • Positif

Kultur positif dalam lingkungan kerja pastinya berbanding lurus dengan perubahan positif. Terdapat berbagai faktor kebaikan yang bisa membuat karyawan merasakan aura positif di tempat kerja, antara lain, empati, kesehatan karyawan, rasa terima kasih, dan penyatuan tim. Lingkungan kerja yang menerapkan aspek ini juga harus memberikan rasa aman. Dengan demikian, orang-orang di perusahaan akan fokus pada kewajiban dan tujuan bisnis.

  • Inspiratif

Dilansir oleh TheStreet (2021), produktivitas kerja dapat ditingkatkan dengan visi kreatif dan inovatif. Apabila karyawan yang kreatif terus didukung oleh lingkungan kerja yang inspiratif, tentu produktivitas akan meningkat dibarengi dengan kesuksesan organisasi. Selain itu, mengasah kreativitas adalah salah satu cara terbaik untuk bertahan di era modern ini.

Meski begitu, cukup sulit untuk menginspirasi para karyawan jika mereka tidak bisa mengekspresikan pendapat secara bebas. Ketika mereka tidak merasa ter-engage, kehilangan rasa memiliki, dan merasa ide-ide mereka tidak berharga untuk organisasi, karyawan akan dengan mudah kehilangan semangat berinovasi.

  • Berorientasi pada pembelajaran

Lingkungan kerja yang menunjang adanya penyaluran masukan secara sistematis bersamaan dengan dukungan pembelajaran merupakan tempat yang ideal untuk produktivitas tinggi. Di lingkungan seperti ini, karyawan akan memperoleh banyak kesempatan untuk mengenali kekurangan mereka dan bidang-bidang yang memerlukan perbaikan. Selain itu, karyawan juga bisa belajar hal baru setiap harinya.

  • Akrab

Produktivitas tinggi membutuhkan keterlibatan antara lingkungan kerja dengan kerja sama antarkaryawan. Apabila tempat kerjamu dipenuhi dengan konflik dan politik kantor, tentu produktivitas dan efisiensimu akan terganggu. Di sisi lain, jika lingkungan kerja diperkaya dengan rasa saling menghargai dan kolaborasi, semua karyawan akan memperoleh manfaatnya.

  • Menyenangkan

Tahukah kamu jika lingkungan kerja yang menyenangkan dapat mengurangi jumlah karyawan absen? Absen merupakan penghambat besar bagi alur produktivitas individu, tim, maupun keseluruhan organisasi.

Ya, karyawan memang layak mendapatkan waktu libur untuk alasan yang sepatutnya dan tidak boleh diganggu gugat oleh organisasi. Namun, organisasi harus bertindak lanjut apabila karyawan terlalu sering absen, apalagi kalau penyebab utamanya adalah lingkungan kerja yang memuakkan.

Baca Juga: 9 Cara agar Produktif yang Simpel dan Efektif

3. Sistem Penggajian

Faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja selanjutnya adalah sistem penggajian. Ada dua contoh sistem penggajian yang umumnya diterapkan:

  • Gaji Berdasarkan Kewajiban

Gaji ini biasanya ditandai dengan jumlah waktu kerja. Karyawan biasanya merasa "aman" karena sudah terjamin akan memperoleh gaji minimal dari waktu yang mereka habiskan untuk bekerja. Sayangnya, sistem ini membuat rata-rata pegawai merasa cepat puas karena mereka akan tetap mendapatkan gaji tanpa memedulikan seberapa banyak tugas yang mereka selesaikan. Kenaikan gaji yang hanya didasarkan pada waktu dapat membuat karyawan malas untuk mengembangkan diri.

  • Gaji Berdasarkan Jumlah Tugas yang Selesai

Adapun perusahaan yang menggaji karyawan dengan membayar total hasil kerja. Sistem ini sangat cocok apabila tenaga kerja di suatu perusahaan memiliki keahlian yang beragam. Karyawan yang mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat akan memperoleh gaji yang sesuai, sedangkan karyawan yang masih baru atau lamban bisa meningkatkan gaji dengan memperbanyak latihan dan pengalaman.

Sistem gaji berdasarkan jumlah hasil pekerjaan umumnya diaplikasikan pada tenaga kerja yang bekerja remote, seperti penulis freelance. Penulis biasanya digaji sesuai total artikel yang berhasil diselesaikan. Jadi, setiap karyawan punya motivasi untuk meningkatkan produktivitas dan memperoleh lebih banyak uang.

4. Kesehatan

Tak diragukan lagi bahwa kesehatan, baik fisik maupun mental, memengaruhi produktivitas. Bukan hanya karyawan yang mengurus kesehatannya secara mandiri, perusahaan juga harus menunjangnya dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang sesuainya. Contonya,

  • Meminimalkan pemicu stres di lingkungan kerja.
  • Berikan kesempatan bagi karyawan untuk membangun kesadaran kesehatan sehingga mereka dapat menentukan pilihan yang lebih sehat.
  • Ajak mereka untuk aktif secara fisik.
  • Bimbing mereka dalam menjaga kesehatan fisik dan mental.
  • Berikan jaminan kesehatan.

5. Teknologi

Teknologi bagaikan "pedang bermata dua" bagi produktivitas. Jika tidak mampu menggunakannya dengan tepat, produktivitas akan menurun. Sebaliknya, memanfaatkan teknologi secara efektif dan efisien akan mendorong semua orang menjadi lebih produktif. Beberapa bukti bahwa teknologi mampu menaikkan produktivitas, antara lain, 

  • Adanya layanan penyimpanan cloud yang memudahkan semua anggota organisasi untuk berbagi dokumen.
  • Layanan messenger mempercepat komunikasi dengan karyawan maupun klien.
  • Pembayaran, proposal, atau penggajian dapat ditransfer secara instan menggunakan metode mobile banking.
  • Aplikasi video conference memungkinkan banyak karyawan yang berasal dari wilayah berbeda mengikuti pertemuan bisnis.

Baca Juga: 5 Cara Bekerja Sama Dalam Keberagaman Yang Efektif

6. Hubungan Sosial

Hubungan sosial yang kuat mendorong karyawan untuk bahagia dan sehat secara fisik. Artinya, keadaan ini akan membuahkan peningkatan produktivitas. Beberapa aktivitas sosial yang mampu memperbaiki tingkat produktivitas, antara lain,

  • Mengobrol secara personal dengan atasan. Obrolan yang berlangsung tidak harus formal. Kamu juga bisa membahas hal-hal informal, tetapi isi pembicaraannya tetap berbobot.
  • Saling mendukung satu sama lain, tanpa adanya paksaan dari pihak lain dan mengalir secara natural.
  • Saling memberikan masukan yang membangun.

7. Jam Kerja

Bagaimana jam kerja memengaruhi produktivitas? Hal ini berhubungan dengan fisik manusia yang membutuhkan jeda untuk tetap bisa bekerja maksimal. Apabila karyawan dibebani jam kerja yang melebihi batas wajar, tentu saja kegiatannya menjadi kurang produktif akibat kelelahan.

Demikian uraian tentang 7 faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja yang penting untuk kamu ketahui. Produktivitas tenaga kerja merupakan kunci penentu bagi kesuksesan perusahaan. Tidak ada perusahaan yang bisa berjalan lancar tanpa kehadiran tenaga kerja produktif di baliknya.

Oleh sebab itu, sebaiknya tingkatkan produktivitas kerja dengan memaksimalkan faktor-faktor di atas. Sebagai tambahan, kamu bisa ikuti kursus online di GreatNusa. Platform belajar digital karya anak bangsa ini akan membekalimu dengan pengetahuan dan wawasan seputar pengembangan diri dan manajemen.

Tertarik untuk bergabung? Langsung saja klik di sini untuk mengetahui info selengkapnya.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok