KNOWLEDGE

5 Teknik Belajar Efektif Yang Terbukti Ampuh

By greatnusa3 Februari 2023

Bagikan Artikel

5 Teknik Belajar Efektif Yang Terbukti Ampuh

Belajar tidak hanya menjadi tugas dari mahasiswa dan pelajar. Namun, belajar merupakan salah satu bentuk proses upgrade kemampuan yang perlu dilakukan oleh siapa saja. Dalam prosesnya, penerapan teknik belajar efektif dapat membantu penguasaan kemampuan baru. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan kesuksesan di dunia kerja. 

5 Teknik Belajar Efektif dan Cara Menerapkannya

Lalu, teknik belajar seperti apa yang dapat membantu kamu mempelajari pengetahuan atau keahlian baru dengan efektif? Ada 5 pilihan metode yang dapat kamu praktikkan, yaitu: 

1. Teknik Podomoro

Kalau kamu adalah tipe orang yang sering mengalami kesulitan dalam memfokuskan pikiran saat belajar, metode podomoro adalah pilihan teknik belajar yang tepat. Teknik ini bisa kamu terapkan dengan mengatur waktu belajar dalam interval tertentu. Selanjutnya, kamu dapat menyisihkan waktu istirahat di sela-sela aktivitas belajar. 

Ada 4 langkah yang perlu kamu lakukan dalam menerapkan teknik belajar podomoro, yaitu: 

  • Siapkan materi belajar dan hindari distraksi. Alokasikan waktu belajar secara khusus. Selain itu, pilih tempat belajar yang memungkinkan kamu terhindar dari berbagai distraksi. Kalau perlu, kamu dapat mematikan atau mengaktifkan mode pesawat pada smartphone.
  • Atur waktu belajar dan istirahat. Teknik belajar efektif dengan metode podomoro dapat kamu terapkan dengan bantuan timer. Kamu bisa menggunakan jam alarm, fitur alarm di smartphone, dan lain sebagainya. Selanjutnya, kamu perlu mengatur interval waktu belajar. 

Kamu dapat secara bebas mengatur interval waktu belajar tersebut. Kreator metode podomoro, Fransisco Cirillo, menetapkan interval selama 25 menit. Kamu dapat melakukan trial and error untuk bisa menemukan interval waktu belajar yang sesuai. 

  • Gunakan waktu istirahat sebaik-baiknya. Waktu istirahat memiliki peran penting dalam praktik metode belajar podomoro. Kamu perlu mengalokasikan waktu istirahat sekitar 5-10 menit setelah interval waktu belajar. 

Kesempatan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berbagai aktivitas, seperti membuka smartphone, minum, makan camilan, berjalan-jalan di depan rumah, dan sebagainya. 

  • Lakukan perulangan. Terakhir, kamu perlu mengulangi siklus belajar dan istirahat selama 4 kali. Setelah itu, kamu bisa menggunakan waktu istirahat dengan durasi yang lebih lama. 

Baca Juga: 7 Tips Belajar Bahasa Jepang Pemula yang Efektif

2. Teknik Feynman

Kamu dapat pula memilih untuk mempraktikkan teknik belajar efektif dari pemenang Nobel Fisika tahun 1965, Richard Philip Feynman. Penerapan teknik Feynman dapat membantu kamu dalam memahami berbagai materi pembelajaran, baik yang sederhana maupun rumit. 

Teknik ini bisa kamu terapkan dengan menyusun catatan. Bukan sekadar catatan biasa. Namun, kamu perlu menuliskan catatan tersebut dengan cara penyampaian sederhana dan mudah dipahami. Sebagai tambahan, anggaplah bahwa catatan itu kamu buat dengan tujuan untuk dibaca orang lain. 

Ada 4 langkah yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan teknik belajar efektif ala Feynman, yaitu: 

  • Pilih topik yang akan dipelajari. Sebagai langkah awal, kamu dapat memilih topik yang sederhana. Selain itu, pastikan bahwa topik yang dipelajari memiliki materi pembahasan tak terlalu banyak. 

Setelah itu, kamu dapat mempelajari materi dari topik yang sudah dipilih. Lakukan pencatatan. Jangan catat materi secara keseluruhan. Sebagai gantinya, tuliskan poin-point pentingnya saja.

  • Jabarkan topik pembahasan dengan bahasa yang sederhana. Dari poin-poin penting yang sudah kamu ketahui, jabarkan dalam kalimat sederhana. Posisikan diri kamu tengah mengajarkan materi tersebut kepada anak kecil. Dengan begitu, kamu perlu memilih kata-kata yang bisa dipahami dengan mudah. 
  • Identifikasi materi yang belum kamu kuasai. Tak menutup kemungkinan, kamu bakal mengalami kesulitan dalam menguasai materi tertentu. Kalau berada pada situasi ini, kamu dapat mengulangi langkah dari awal. Pelajari materi tersebut sampai tuntas dan catatkan penjelasannya dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • Sederhanakan catatan dan ulangi terus-menerus. Untuk dapat memahami materi secara menyeluruh, lakukan aktivitas belajar dengan metode Feynman secara rutin. Apalagi, ketika kamu berhadapan dengan materi yang rumit. Tidak ada salahnya kalau kamu mengalokasikan waktu belajar khusus untuk melakukan pembahasan materi. 

Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Potensi Diri Agar Karier Cemerlang

3. Sistem Leitner

Ada pula teknik belajar efektif yang diciptakan oleh ilmuwan asal Jerman bernama Sebastian Leitner, dikenal sebagai Sistem Leitner. Metode belajar ini dapat kamu terapkan untuk memahami materi dengan tingkat kesulitan tinggi. Penerapannya dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan flash card atau kartu sebagai berikut: 

  • Sediakan kotak kosong sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan sebanyak 3 atau 5 kotak. 
  • Buat kartu yang di dalamnya berisi pertanyaan. Setiap kartu hanya memuat satu pertanyaan. Kalau semua kartu sudah terisi dengan pertanyaan, kamu dapat menempatkannya pada kotak pertama. 
  • Ambil kartu satu per satu. Jawab pertanyaan yang ada di dalamnya. Untuk pertanyaan dengan jawaban yang benar, kamu dapat memindahkan kartu ke kotak nomor 2. Kalau salah, tempatkan kembali kartu tersebut ke kotak pertama. 
  • Ambil kartu yang sudah ada di kotak kedua. Jawab kembali pertanyaan di masing-masing kartu tersebut. Kalau jawabannya benar, pindahkan kartu ke kotak nomor 3. 
  • Ulangi langkah-langkah tersebut sesuai dengan jumlah kotak. Selain itu, pastikan bahwa kamu berhasil menjawab dengan benar semua pertanyaan yang ada di dalam kartu. 

4. Mind Mapping

Solusi metode belajar yang efektif selanjutnya adalah dengan teknik mind mapping. Teknik ini dapat kamu lakukan dengan memetakan pikiran secara visual. Praktik penerapan mind mapping dalam proses belajar tidak sulit. Kamu bisa melakukannya dengan tahapan sebagai berikut: 

  • Siapkan alat tulis. Biar proses belajar jadi lebih menarik, gunakan spidol atau pensil warna-warni. 
  • Tuliskan materi pembelajaran mulai dari topik utama ke subtopik turunan. Sebagai contoh, kamu tengah belajar Biologi dengan topik utama cara berkembang biak makhluk hidup. 

Untuk tema ini, kamu dapat membagi subtopik menjadi generatif dan vegetatif. Selanjutnya, bagi kembali subtopik vegetatif menjadi hewan, tumbuhan, dan seterusnya. 

  • Gunakan kata-kata yang singkat untuk setiap topik atau subtopik. Kalau perlu, kamu dapat menggunakan satu kata atau satu frase. 
  • Manfaatkan ilustrasi. Selain menggunakan alat tulis warna-warni, kamu bisa pula memanfaatkan ilustrasi agar proses belajar dengan teknik mind mapping jadi kian menarik. 

Baca Juga: 8 Cara Public Speaking Untuk Pemula

5. Belajar sebelum Tidur

Terakhir, kamu dapat menerapkan teknik belajar apa saja yang sesuai. Namun, pastikan kalau kamu mempraktikkan metode belajar tersebut sebelum waktu tidur. Fakta menarik, tidur dapat membantu kamu memproses materi yang sebelumnya telah dipelajari. 

Hal tersebut bisa kamu rasakan karena tidur membantu proses penstabilan memori dan sekaligus menggabungkannya ke dalam jaringan memori jangka panjang. Dengan begitu, tidak mengherankan kalau kamu bisa mengingat materi dengan lebih mudah ketika mempelajarinya sebelum tidur.

Nah, itulah tips dan teknik belajar efektif yang menarik untuk kamu coba. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang metode belajar yang efektif, kamu bisa mempelajarinya di GreatNusa. Banyak metode serta materi belajar asyik dan menyenangkan bisa kamu dapatkan di GreatNusa, lho!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok