UNCATEGORIZED

Mengenal Betapa Pentingnya Digital Marketing Dalam 5 Hal Ini

By greatnusa28 Februari 2023

Bagikan Artikel

Mengenal Betapa Pentingnya Digital Marketing Dalam 5 Hal Ini

Tahukah kamu betapa pentingnya digital marketing pada era kemajuan teknologi saat ini? Jika dahulu, hampir seluruh bisnis memperkenalkan produknya dengan media konvensional seperti iklan di TV, radio, koran, dan lain sebagainya, kini mulai banyak yang juga merambah dunia digital. 

Pasalnya, kemajuan teknologi ini memudahkan sebuah bisnis untuk melakukan pemasaran dan dalam sekejap dapat menjangkau ratusan, ribuan, bahkan hingga jutaan orang. Hal ini tentu bisa menjadi strategi pemasaran yang baik dan efisien sebab kamu tidak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam. Jadi, seberapa penting digital marketing? Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini. 

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital seperti internet, media sosial, mesin pencarian, dan perangkat. Berdasarkan sebuah riset, ditemukan bahwa tujuan dari digital marketing itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan sebuah produk, menjangkau target pasar secara lebih efisien, dan tentunya meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Digital marketing sendiri memiliki cakupan yang cukup luas. Bila dijabarkan, beberapa hal yang termasuk sebagai digital marketing antara lain SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), PPC (Pay-Per-Click), media sosial, email marketing, konten marketing, dan masih banyak lagi. Setiap metode digital marketing ini memiliki peran penting dalam menjalankan setiap strategi yang telah disusun sebelumnya.

Dalam dunia digital marketing, konten menjadi alat pemasaran yang sangat penting. Sebab, ketika kamu berhasil menciptakan konten yang relevan dan berkualitas,  tak menutup kemungkinan iklan yang dipasarkan akan menjangkau target pasar dan meningkatkan impresi media digital yang digunakan. Konten yang digunakan dalam digital marketing ini bisa berupa artikel, video, infografis, film, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Strategic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

Apa Saja Tugas Digital Marketing?

Digital marketing memiliki berbagai tugas yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran. Berikut beberapa tugas yang dilakukan dalam digital marketing yang sebaiknya kamu pahami:

1. Menentukan Target Pasar dan Merancang Strategi Pemasaran

Menentukan target pasar sangat penting dalam digital marketing. Pasalnya, pengetahuan tentang siapa target audience bisnis dapat memudahkan kamu dalam merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran dan efektif. Menentukan target pasar yang tepat dengan strategi pemasaran yang tepat juga dapat menjadi acuan dalam memilih media sosial dan media daring (online) lainnya untuk digunakan.

2. Meningkatkan Pengunjung Situs Web Melalui SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan metode pemasaran digital yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas dan pengunjung situs web melalui pengoptimalan konten berupa tulisan sesuai dengan ketentuan mesin pencarian seperti Google. 

Penerapan teknik SEO yang tepat akan membantu situs web bisnis untuk dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian, sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan keberadaan produk bisnis kamu..

3. Menciptakan Citra Perusahaan Melalui Media Sosial

Media sosial menjadi alat yang sangat penting dalam digital marketing, tak hanya pada pemasaran saja, tetapi juga dalam menciptakan citra perusahaan. Tugas digital marketing dalam media sosial adalah membuat konten yang relevan dan berkualitas, merancang strategi unggah, melakukan iklan berbayar, dan memonitor performance posting. 

Seluruh proses tersebut harus disesuaikan dengan citra (branding) yang diinginkan agar nantinya media yang digunakan memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik pengguna lain.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial agar Laris

Apa Saja Alasan Pentingnya Digital Marketing?

Persaingan bisnis yang ketat saat ini menuntut banyak bisnis untuk berlomba merancang strategi iklan terbaik dan paling efektif. Jadi, inilah beberapa alasan mengapa penting untuk melaksanakan digital marketing dalam bisnis agar tetap berjalan dan tetap unggul:

1. Meningkatkan Kesadaran akan Produk

Dalam era digital ini, pengguna lebih mudah mencari informasi melalui internet. Jadi pada dasarnya, digital marketing membantu agar produk dapat diketahui lebih banyak orang dan nantinya akan melakukan pembelian. Melalui digital marketing ini juga, bisnis dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

2. Target Pasar yang Lebih Tepat Sasaran

Pada pemanfaatan digital marketing, kamu dapat menentukan target pasar secara lebih spesifik berdasarkan karakteristik seperti usia, gender, lokasi, minat, dan perilaku konsumen. Proses menargetkan konsumen yang lebih spesifik ini sangat berguna untuk membantu kamu menyusun rencana strategi pemasaran agar menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

3. Meningkatkan Penjualan

Bisnis dapat mencapai konsumen dengan lebih mudah dan cepat, serta dapat memperkenalkan produk dan jasa secara lebih tepat dan persuasif melalui bantuan digital marketing yang efektif. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan produk baik barang atau jasa. Jadi, keuntungan yang akan kamu terima pun nantinya akan meningkat.

4. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Dalam digital marketing, interaksi dengan pengguna dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat melalui berbagai jenis media sosial dan email. Interaksi yang lebih personal dan responsif antara penyedia produk dengan pengguna secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Personal Branding dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

5. Memberikan Arah dan Tujuan Bisnis yang Pasti

Salah satu alasan yang melandasi pernyataan bahwa digital marketing itu penting adalah memberikan arah dan tujuan bisnis yang lebih pasti. Tak jarang, sebuah bisnis berjalan dengan tujuan yang kerap berubah karena merasa tidak memiliki peluang untuk berkembang saat melakukan prosesnya. 

Namun, digital marketing bisa membantu kamu menemukan arah yang lebih pasti. Bagaimana tidak, internet adalah bentuk teknologi yang tak akan lekang oleh zaman. Jadi, dapat dikatakan bahwa mengoptimalkan digital marketing bisa dilakukan terus-menerus agar penjualan kamu dapat terus meningkat dan akan semakin banyak orang yang mengetahui produk tersebut. 

Dalam digital marketing, setiap orang dengan bisnisnya dapat dengan mudah memantau dan menganalisis performa dari setiap metode pemasaran yang digunakan. Hal ini berarti, tak sulit untuk kamu menentukan strategi pemasaran dan mendapatkan informasi seputar jumlah pengunjung situs web, jumlah klik pada artikel, dan lain sebagainya. 

Melihat betapa pentingnya digital marketing, sebelum mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, kamu tentu perlu mempelajari seluruhnya dengan saksama dan lebih dalam. Tak perlu bingung di mana menemukan tempat kursus terbaik dengan pengajar ahli dan profesional, sebab GreatNusa hadir untuk membantu kamu. 

Selain menawarkan ilmu yang bermanfaat dengan waktu belajar yang fleksibel, GreatNusa juga memberikan penawaran spesial untuk kamu jika mendaftarkan diri sekarang. Mulai maksimalkan potensi diri kamu melalui kursus di GreatNusa segera!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok