KNOWLEDGE

Digital Marketing Channel: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

By greatnusa8 Februari 2023

Bagikan Artikel

Digital Marketing Channel: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Dalam era digital yang semakin berkembang, digital marketing channel adalah salah satu hal yang sangat penting bagi bisnis. Pasalnya untuk mempertahankan bisnis dan memperluas jangkauan pasar, kamu juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman di tengah persaingan yang ketat. Ditambah lagi, digital marketing kini memiliki dampak yang cukup besar bagi kemajuan sebuah bisnis.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham mengenai digital marketing channel dan bagaimana cara memanfaatkannya. Oleh karena itu, pada artikel ini, GreatNusa akan berbagi informasi seputar pengertian digital marketing channel. Pastikan kamu membacanya hingga akhir.

Apa Itu Digital Marketing Channel?

Digital marketing channel adalah media yang digunakan untuk melakukan pemasaran produk secara digital. Secara umum, digital marketing channel sendiri dilakukan untuk menjangkau dan terhubung dengan target pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran menggunakan metode tradisional. 

Saat ini,  tak dapat dimungkiri bahwa pemanfaatan digital marketing channel menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis karena sudah semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari segala informasi bahkan hingga berbelanja. Tak hanya bisa digunakan pada satu industri tertentu saja, seluruh bisnis dari berbagai sektor dapat memanfaatkan media ini. 

Apa Saja Manfaat Digital Marketing Channel?

Dilihat dari pengertian di atas, digital marketing channel adalah media yang cukup membantu bisnis untuk berkembang menjadi lebih besar. Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari digital marketing channel ini? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di sini:

1. Lebih Efektif dalam Menjangkau Target Pasar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, digital marketing channel membantu bisnis untuk menjangkau pengguna yang lebih luas dengan lebih efektif karena bisa menggunakan berbagai macam media dan alat untuk menyesuaikan penyebaran materi pemasaran dengan karakteristik target pasar. 

2. Menghemat Biaya

Dibandingkan dengan marketing konvensional seperti iklan di televisi atau koran, digital marketing channel jauh lebih hemat biaya. Bagaimana tidak, saat ini, hampir sebagian besar media digital tersedia gratis untuk semua orang. Jadi, kamu bisa melakukan pemasaran secara gratis atau jika diperlukan pun, biayanya masih sangat terjangkau.

3. Lebih Mudah untuk Dilacak dan Diukur

Dalam digital marketing channel, bisnis bisa melacak dan mengukur efektivitas dari setiap kampanye pemasaran yang dilakukan dengan lebih mudah. Misalnya, bisnis bisa melihat berapa banyak pengunjung yang datang ke Situs web, berapa banyak orang yang membuka email marketing yang telah disebarkan, atau jumlah orang yang melihat iklan dan klik profil media sosialnya.

Baca Juga: Authentic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

4. Lebih Fleksibel dalam Menyesuaikan Strategi Pemasaran

Dalam digital marketing channel, bisnis bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan strategi pemasaran mereka. Maksudnya, jika sebuah kampanye pemasaran tidak efektif, perusahaan atau perseorangan bisa dengan mudah mengubah strategi dengan melakukan perubahan pada media atau saluran yang digunakan.

Apa Saja Tugas Digital Marketing Channel?

Digital marketing channel secara tidak langsung memiliki tanggung jawab yang penting dalam mempromosikan bisnis secara daring (online). Berikut adalah beberapa tugas utama dari digital marketing channel:

1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Tugas pertama dari digital marketing channel adalah meningkatkan visibilitas bisnis. Penggunaan berbagai jenis digital marketing channel seperti situs web, media sosial, email marketing, SEO, dan SEM dapat membantu meningkatkan kesadaran pengguna lain terhadap keberadaan bisnis kamu secara daring (online).

2. Memperluas Target Pasar

Digital marketing channel juga bertugas untuk memperluas target pasar menjadi jauh lebih besar untuk memperbesar skala usaha. Melalui penggunaan saluran dan media yang tepat, bisnis bisa mempromosikan produk kepada orang yang tepat. Hal ini tentu menjadi hal yang menguntungkan sebab bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan konversi atau penjualan.

3. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Digital marketing channel juga bertugas untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Keberadaan media sosial sekarang ini memudahkan semua orang untuk berinteraksi, tak terkecuali bagi kamu yang memanfaatkannya sebagai akun pemasaran. 

Dalam menjalankan akun bisnis, kamu bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, dan memberikan layanan dukungan. Hal ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat mereka menjadi lebih loyal terhadap bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Komunikasi Bisnis, Unsur, Jenis dan Manfaatnya

4. Meningkatkan Engagement

Tugas selanjutnya dari digital marketing channel adalah meningkatkan engagement atau keterlibatan pengunjung dengan akun bisnis. Buat konten marketing yang menarik dan berguna bagi pengguna internet lainnya seperti artikel blog, kuis, video, infografis, dan lain sebagainya. Konten yang baik bisa meningkatkan engagement pengunjung dengan akun bisnis, bahkan mungkin saja sebagian besar dari mereka akan membagikan konten tersebut ke orang lain.

5. Memperluas Jangkauan Bisnis

Digital marketing channel juga bertugas untuk memperluas jangkauan bisnis. Dengan menggunakan berbagai jenis media baik konvensional maupun daring (online), bisnis bisa menjangkau lebih banyak orang mulai dari daerah yang sama, di luar daerah atau bahkan di luar negara. Jadi, pertumbuhan bisnis akan semakin cepat.

Apa Saja Jenis-Jenis Digital Marketing Channel?

Ada beberapa jenis digital marketing channel yang bisa kamu manfaatkan untuk memperbesar jangkauan bisnis. Berikut adalah beberapa jenis- digital marketing channel yang umum digunakan:

1. Situs web

Dalam Situs web, bisnis bisa menampilkan informasi mengenai produk atau jasa mereka, testimoni dari pelanggan, serta berbagai informasi yang relevan dengan bisnis mereka. Situs web juga bisa digunakan sebagai sarana pemberi informasi melalui pemanfaatan SEO sekaligus menjadi tempat untuk melakukan transaksi secara daring (online) seperti pembelian produk atau pemesanan jasa.

2. Media Sosial

Media sosial adalah alat yang sangat populer untuk melakukan digital marketing. Pasalnya, bisnis bisa mempromosikan produk atau jasa mereka, berinteraksi dengan pelanggan, serta memperluas jangkauan bisnis. Beberapa contoh media sosial yang bisa kamu manfaatkan sebagai media iklan adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan TikTok.

3. Email Marketing

Email marketing adalah jenis digital marketing channel yang sudah mulai digunakan untuk mempromosikan sebuah produk bisnis sejak dahulu. Jika kamu, sebagai pengunjung situs web pernah menuliskan Email pada kolom berlangganan, biasanya kamu akan mulai menerima email berupa iklan produk. 

Dalam email marketing, bisnis bisa mengirim email kepada pelanggan dengan berbagai tujuan, seperti memperkenalkan produk baru, memberikan penawaran spesial, atau memberikan informasi mengenai bisnis mereka.

4. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs web di hasil pencarian pada mesin pencarian seperti Google. Dalam penerapan SEO, bisnis bisa melakukan berbagai teknik untuk meningkatkan peringkat situs web yang dimiliki pada hasil pencarian teratas melalui optimasi konten situs web, melakukan penelitian kata kunci, atau memperbaiki struktur situs web.

5. Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs web atau bisnis melalui iklan di hasil pencarian mesin. Dalam SEM, bisnis bisa menampilkan iklan mereka di hasil pencarian mesin seperti Google dengan cara membayar pada setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung.

6. Konten Marketing

Jenis digital marketing channel yang terakhir adalah konten marketing yang merupakan teknik untuk mempromosikan produk atau jasa melalui pembuatan konten dengan tujuan menarik pengguna internet lainnya. 

Dalam konten marketing, bisnis bisa membuat berbagai macam konten yang relevan dengan bisnis dan tentunya dikemas dengan cara yang unik serta menarik seperti pembuatan kuis, permainan, penyajian informasi, film pendek, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 9 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Rintisan

Apa Saja Contoh Digital Marketing Channel?

Sudah mengenal apa saja jenis digital marketing channel, sekarang saatnya kamu untuk melihat berbagai contoh penggunaan digital marketing channel yang sukses dan berhasil memperkenalkan bisnisnya pada khalayak luas. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Nike

Nike adalah salah satu brand yang sangat aktif dalam menggunakan digital marketing channel untuk mempromosikan produk mereka. Nike mempunyai akun Instagram dan Twitter yang sangat aktif dengan ribuan pengikut. 

Brand yang bergerak di bidang fashion sport ini juga mempunyai situs web yang sangat interaktif dengan berbagai konten menarik yang bisa memberikan informasi dan inspirasi bagi pengunjung.

2. Airbnb

Airbnb mempunyai situs web  yang sangat aktif dan menyediakan berbagai macam konten yang relevan dengan bisnis mereka seperti panduan wisata, informasi untuk traveler, dan cerita inspiratif dari host Airbnb. Konten-konten tersebut bisa menarik perhatian target pasar dan memperkuat kesadaran masyarakat terhadap kehadiran Airbnb.

3. Coca-Cola

Salah satu contoh digital marketing channel yang digunakan oleh Coca-Cola adalah video marketing. Sadar ataupun tidak, Coca-Cola hingga kini selalu berhasil memproduksi berbagai macam video iklan yang kreatif dan menghibur seperti iklan Super Bowl yang selalu dinantikan setiap tahunnya. Video-video iklan tersebut menjadi viral dan menjadi pembicaraan di media sosial, sehingga memperkuat nama Coca-Cola.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Interpersonal Skill dalam Organisasi

4. HubSpot

HubSpot adalah perusahaan yang fokus pada software inbound marketing yang memanfaatkan email marketing sebagai salah satu metode pemasaran digitalnya. HubSpot mengirimkan email rutin kepada pelanggan mereka dengan konten yang informatif dan relevan seperti tips untuk meningkatkan strategi pemasaran digital, pengenalan fitur-fitur baru pada software mereka, dan penawaran spesial untuk pelanggan setia.

Jadi, sekarang, apakah kamu sudah lebih mengenal digital marketing channel? Secara garis besar, digital marketing channel adalah bagian yang tak boleh dilewatkan dalam sebuah rencana pengembangan bisnis. Apalagi pada era digital saat ini, hampir sebagian besar hal dilakukan dengan memanfaatkan internet dan berbagai media di dalamnya. 

Oleh sebab itu, penting untuk kamu mempelajari lebih mendalam tentang teknologi dan cara untuk membuat sebuah situs web atau media sosial lebih menarik. Jangan khawatir, GreatNusa siap membantu kamu. 

GreatNusa menyediakan program kursus untuk berbagai bidang mulai dari manajemen dan bisnis hingga teknologi agar dapat membantu mengembangkan kemampuan kamu. Jika tertarik untuk bergabung, kamu bisa langsung saja mengunjungi GreatNusa

Asah potensi yang kamu miliki agar menjadi lebih maksimal bersama para mentor ahli dan berpengalaman di GreatNusa serta dapatkan berbagai penawaran spesial sekarang juga.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok