KNOWLEDGE

Teknik Digital Marketing untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

By greatnusa26 Maret 2023

Bagikan Artikel

Teknik Digital Marketing untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

Teknik digital marketing sangat diperlukan di era digital saat ini. Mengetahui bagaimana teknik tersebut bekerja, sama baiknya untuk mengembangkan pertumbuhan bisnis online saat ini. Telah kita ketahui bersama-sama bahwa bisnis online tidak bisa lepas dari digital marketing. Hal ini karena pada era ini digital marketing memainkan peran penting dalam meningkatkan kehadiran online bisnis dan meningkatkan penjualan. Simak lebih lanjut penjelasannya di artikel ini.

Peran Digital Marketing dalam Bisnis Online

Peran digital marketing adalah membantu dalam menarik lalu lintas ke situs web, meningkatkan prospek dan penjualan. Selain itu digital marketing juga membantu kamu terhubung dengan orang-orang yang tertarik dengan bisnis produk yang ditawarkan. Ini memungkinkan kamu untuk fokus terhadap mereka dan menggali lebih dalam apa yang dibutuhkan atau diharapkan dari produk tersebut.

Tantangan dalam Menjalankan Digital Marketing

Digital marketing memang memberikan impak yang sangat besar, tetapi untuk menerapkannya juga memiliki tantangan tersendiri. Misalnya harus mempelajari konsumen agar tidak menghabiskan waktu untuk membuat konten yang terlalu luas dan tidak tepat sasaran.

Karena perkembangan informasi yang makin deras, maka kebutuhan juga ikut berubah. Salah satu tantangan dalam menjalankan digital marketing adalah harus selalu relevan dengan targetnya. Tujuannya agar selalu dapat memberikan konten segar yang mengedukasi mereka.

Baca Juga : Mengenal Betapa Pentingnya Digital Marketing Dalam 5 Hal Ini

Memahami Teknik Digital Marketing

Digital marketing sangat membantu untuk bisnis online tetapi agar implementasinya tepat sasaran maka harus memahami teknik yang yang mendukung kinerjanya. Berikut adalah teknik dari digital marketing.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Singkatnya SEO dapat dikatakan sebagai teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web. Ini karena SEO adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan merek dengan konsumen. Melalui penelusuran yang mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web. Makin banyak lalu lintas ini terjadi, mesin pencari seperti Google akan menilai konten dan situs web tersebut relevan dengan apa yang konsumen cari.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Pada dasarnya kita dapat membedakan SEO dan SEM. Secara  sederhana SEO adalah metode organik untuk muncul di hasil pencarian dan SEM adalah metode berbayar untuk muncul di hasil pencarian. Metode dari SEM biasanya kita kenali sebagai  PPC atau bayar per klik. Singkatnya, PPC seperti Iklan Google. Pemilik merek akan membayar ketika konsumen mengeklik iklan yang mengarahkan mereka ke sebuah situs web tertentu.

3. Social Media Marketing (SMM)

Mempertimbangkan pengguna sosial media yang sangat besar, memasarkan sebuah produk di sosial media dapat memberikan impak besar kepada bisnis. Terutama jika sebuah merek mengaitkannya dengan situasi tertentu dan memanfaatkannya untuk membuat konten yang memiliki hubungan dengan hal tersebut. Beberapa merek besar telah melakukannya dan hasilnya sangat luar biasa.

4. Email Marketing

Email marketing adalah pendekatan untuk mempromosikan produk dan merek secara langsung. Umumnya melalui penawaran gratis sampai dengan percobaan gratis sebuah produk. Gary Thuerk adalah salah satu yang tercatat dalam sejarah, dia adalah seorang manajer pemasaran di Digital Equipment Corp. Gary Thuerk mengirim email massal pertamanya ke 400 pelanggan melalui Arpanet. Dan hasilnya mereka berhasil menjual mesin DEC senilai $13 juta.

5. Content Marketing

Content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga dan relevan dengan situasi atau topik tertentu, yang dilakukan secara konsisten. Misalnya perusahaan P&G, Microsoft, Cisco Systems menggunakan content marketing untuk menyebarkan kampanye mereka, dan it berhasil dengan baik.

Baca Juga : Analisa SWOT: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya dalam Digital Marketing

Menggunakan Teknik SEO

Teknik SEO merupakan salah satu yang memberikan hasil luar biasa dalam meningkatkan bisnis online. Tetapi, SEO tidak dapat langsung dilakukan begitu saja. SEO seperti teknik lainnya yang membutuhkan perhatian lebih untuk memaksimalkan hasil. Berikut adalah langkah yang dilakukan untuk menggunakan teknik SEO.

1. Memilih Kata Kunci yang Tepat

Langkah awal dalam menerapkan SEO adalah mengumpulkan kata kunci yang paling banyak dicari oleh kebanyakan orang. Tentu hal ini memudahkan untuk mengetahui serta menyesuaikan dengan apa yang orang-orang cari.

Short keywords, mid-tail keywords, long-tail keywords adalah jenis kata kunci yang biasanya digunakan dalam teknik SEO. Short keywords hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya, gaya rambut. Makanan sehat, kursi gaming, dan jika diamati tidak ada spesifikasi dari ketiga kata kunci ini. Gaya rambut apa? Makanan sehat untuk apa? Dan kursi gaming seperti apa?

Mid-tail keywords mulai sedikit deskriptif, biasanya ada sekitar tiga kata dan muncul dalam pencarian spesifik. Misalnya gaya rambut pria, makanan sehat Indonesia, kursi gaming murah. Berdasarkan kata kunci sebelumnya hasil tiga kata ini akan muncul sebagai pelengkap atau lebih spesifik.

Long-tail keywords adalah kata kunci yang sangat deskriptif dibandingkan dua jenis kata kunci sebelumnya. Kata kunci ini akan menargetkan lebih detail. Misalnya, barbershop terbaik di jakarta barat atau makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama. Kata kunci ini sangat baik untuk menargetkan calon konsumen, meskipun jarang ada dalam deretan kata kunci.

2. Optimalisasi On-page

Optimalisasi Onpage merujuk pada cara memaksimalkan SEO dengan mengoptimalkan konten tersebut. Caranya adalah menyisipkan kata kunci yang paling sering dicari oleh kebanyakan orang. Kata kunci bisa masukkan di deskripsi meta, tag, dan judul. Selain itu, menggunakan internal link untuk menguatkan relevansi antara konten yang saling berkaitan dapat menjadi salah satu cara untuk optimalisasi on-page.

optimalisasi on-page juga harus didukung dengan kecepatan muatan di situs web agar tidak membuat bounce rate yang tinggi sehingga kehilangan momen. Kecepatan juga dipengaruhi oleh ukuran gambar, maka lebih baik menggunakan gambar yang tidak membuat beban muat. Desain dan tata letak juga penting, di mana situs web yang responsive akan lebih baik mengingat pengguna smartphone yang sangat banyak.

3. Membangun Tautan Balik (Backlink)

Backlink adalah tautan eksternal yang mengarah ke sebuah situs web. Biasanya diterapkan pada anchor text. Aktivitas backlink meningkatkan peringkat, kredibilitas, dan membantu Google untuk menemukan situs web kamu.

Membangun backlink bisa melalui konten yang berkualitas dan bermanfaat. Makin baik kualitasnya maka orang-orang akan menjadikannya sebagai referensi dan membagikannya. Sehingga meningkatkan lalu lintas organik ke situs web kamu. Backlink juga bisa dibangun melalui direktori bisnis dan sosial media seperti Google My Business, Facebook, dan LinkedIn.

Menggunakan Teknik SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran digital melalui iklan berbayar. Berikut adalah dua teknik SEM yang bisa digunakan.

1. Menerapkan Iklan Berbayar di Google Ads

Google Ads merupakan Iklan berbayar yang muncul di halaman hasil pencarian Google. Situs web dengan iklan berbayar di Google Ads akan muncul di halaman hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Halaman hasil pencarian Google akan menampilkan  iklan yang relevan dengan kata kunci.

Umumnya dalam menerapkan teknik ini, pemilik iklan membuat kampanye iklan yang menarik dan menentukan target pasar, serta kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk. Untuk menetapkan biaya berdasarkan sistem lelang atau pemilik iklan menentukan harga yang akan dibayar ketika pengguna mengeklik iklan mereka.

Visibilitas bisnis atau produk akan meningkat, iklan akan menjangkau target pasar secara lebih luas, serta meningkatkan kesadaran merek. Konversi dan penjualan juga akan ikut meningkat.

2. Menerapkan Iklan di Media Sosial

Aktivitas pemasaran yang menggunakan layanan iklan sosial media untuk mengiklankan kampanye. Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, menyediakan fitur untuk melakukan kampanye. Kampanye biasanya dalam bentuk gambar, video, atau teks dan ditampilkan berdasarkan minat, perilaku, topik yang relevan.

Bangun kampanye dengan konten yang berharga dan memiliki manfaat lebih agar target yang ingin dicapai merasa memiliki hubungan dan merasa terhubung dengan konten tersebut. Konten yang relevan dan bermanfaat akan mendapat keterlibatan yang luar biasa.

Menggunakan Teknik SMM

Social Media Marketing adalah mempromosikan produk, layanan, atau merek menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Memilih Platform Sosial Media yang Tepat

Setiap platform memiliki karakteristik dan audiensi yang berbeda-beda oleh karena itu sangat penting untuk menentukan platform mana yang tepat untuk digunakan. Misalnya, platform mana yang cocok untuk membagikan konten video atau konten teks. Perbedaan mendasar seperti ini akan menghasilkan keterlibatan yang berbeda dalam penerapannya.

2. Menentukan Target Audiensi

Karakteristik audiensi yang beragam harus dipetakan dan ditetapkan sebagai target. Jelas, ini untuk menyesuaikan konten apa yang akan kita bagikan kepada mereka. Harapannya dengan mengetahui dasar ini konten yang diciptakan dapat memenuhi atau relevan dengan target.

3. Membuat Konten Sosial Media yang Menarik

Waktu itu pada tahun 1996 seorang Bill Gates menulis sebuah artikel dengan judul content is king.Konten adalah tempat saya berharap banyak uang nyata akan dihasilkan di Internet, seperti halnya dalam penyiaran,” begitu kata pendiri Microsoft. Sudah 27 tahun berlalu tetapi kata-kata rival dan sekaligus sahabat Steve Jobs masih sangat relevan sampai saat ini. 

Banyak uang yang akan dihasilkan dari produksi konten. Memahami hal tersebut, maka sudah pasti konten yang dijuluki sebagai raja itu harus memiliki karakteristik seperti raja yakni mewah, eksklusif, memiliki nilai, dan menjadi kunci pemasaran. Bukan hanya menarik saja tetapi konten terbaik adalah yang mampu mendistribusikan semua pesan penting dan bermanfaat.

Baca Juga : User Generated Content: Pengertian Serta Manfaatnya dalam Dunia Digital Marketing

Menggunakan Teknik Email Marketing

Teknik ini menggunakan email sebagai media untuk melakukan pemasaran digital atau kampanye untuk pengiriman pesan promosi atau informasi melalui email kepada pelanggan. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan email marketing.

1. Menyusun Daftar Email Pelanggan

Dalam menyusun daftar email, pertama lakukan Identifikasi target pasar. Buat daftar informasi tentang pelanggan yang dituju, seperti nama, alamat email, umur, jenis kelamin, minat, dan preferensi. Informasi ini akan membantu untuk memasarkan produk kepada calon yang potensial.

2. Membuat Email yang Menarik

Email yang menarik adalah tentang merepresentasikan merek dengan cara yang praktis tetapi maksudnya tersampaikan dengan jelas. Misalnya Nike, Inc. yang mengirim email marketingnya pada Father’s Day. 

Dalam email tersebut pesannya sederhana dan jelas yakni “just in time for father’s day, the only gift that always fits.” kata-katanya sangat persuasif dan menarik perhatian orang yang menerima pesan itu.

Perasaan yang ingin dimunculkan oleh Nike, Inc. adalah di peringatan Father’s Day orang akan berpikir untuk memberikan hadiah kepada ayahnya dan sekarang adalah saat yang tepat.

3. Mengukur Performa Email Marketing

Mengukur performa email marketing yang sudah diterapkan akan memberikan gambaran seberapa sukses metode tersebut berjalan. Yang pertama adalah open rate di mana metrik ini mengukur berapa banyak email yang dibuka. 

Selanjutnya adalah Click-Through Rate (CTR) yang mengukur berapa banyak tautan yang diklik dalam email. Conversion rate akan mengukur berapa banyak penerima email yang melakukan tindakan tertentu setelah mengklik tautan di dalam email.

Bounce rate akan mengukur berapa banyak email yang gagal dikirim. Yang terakhir adalah unsubscribe rate untuk mengukur berapa banyak orang yang berhenti berlangganan.

Menggunakan Teknik Content Marketing

Content marketing digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiensi dengan membuat dan membagikan artikel, video, podcast, dan media lain yang relevan. Berikut langkah-langkahnya

1. Menentukan Target Audiensi

Menentukan target adalah langkah awal untuk mengetahui kebiasaan dan perilaku audiensi, atau apa yang mereka butuhkan. Agar ketika konten disajikan akan sesuai dengan lingkungan atau kebiasaan mereka atau apa yang mereka inginkan. Selain itu supaya arahnya spesifik dan relevan.

2. Menentukan Jenis Konten yang Tepat

Tentukan jenis konten yang akan digunakan dalam kampanye kamu. Sebagian orang mungkin akan suka menonton video dan sebagian orang lebih suka membaca teks. Oleh sebab itu mengetahui preferensi mereka dan sajikan yang sesuai, maka konten akan dinilai tepat sasaran serta memiliki kualitas.

3. Menerapkan Teknik SEO dalam Konten

Teknik SEO atau Search Engine Optimization, singkatnya adalah lalu lintas organik ke sebuah situs web melalui mesin pencari. Agar teknik SEO maksimal gunakan kata kunci yang sering dicari oleh banyak orang. Entah itu short keywords, mid-tail keywords, maupun long-tail keywords.

Selain kata kunci struktur konten yang baik juga menentukan SEO. Deliver konten yang berkualitas seperti istilahnya content is king. Selain itu tetap mengedepankan konten yang informatif, dan bermanfaat.

Gunakan internal linking untuk menghubungkan konten yang saling terkait. Optimalkan gambar dan video dan tambahkan deskripsi, tag, dan judul yang relevan. 

Optimalkan juga URL yang mudah dipahami untuk membantu mesin pencari memahami isi konten secara menyeluruh. Gunakan media sosial untuk mempromosikan konten agar menarik lebih banyak pengguna melalui backlink.

Tools dan Aplikasi untuk Digital Marketing

Tools dan aplikasi untuk digital marketing membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kampanye digital marketing. Berikut beberapa tools dan aplikasi untuk digital marketing.

1. Google Analytics untuk Menganalisis Performa

Untuk menganalisis performa situs web, Google Analytics akan membantu melakukannya. Fitur-fiturnya akan dapat digunakan untuk melacak segala aktivitas pengunjung situs web. Perilaku pengunjung akan direkam di mana berapa lama waktu yang mereka habiskan di sebuah situs web. Fiturnya juga dapat melacak sumber lalu lintas, dari mana asalnya, hingga melacak konversi, dan membuat laporan.

2. Hootsuite untuk Mengelola Media Sosial

Tools yang satu ini untuk manajemen media sosial. Tugasnya untuk mengelola dan dan menjadwalkan waktu untuk posting konten di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, YouTube, dan Pinterest. Fiturnya juga dapat digunakan untuk memantau aktivitas media sosial, memantau merek dan kata kunci.

3. Mailchimp untuk Email Marketing

Mailchimp adalah platform email marketing untuk membuat, mengirim, dan menganalisis kampanye email, promosi dan membangun merek. Platform ini dapat mengirim email kampanye ke ratusan penerima dalam waktu yang sama.

Menerapkan Strategi dan Analisis Performa

Menerapkan strategi dan analisis sangat penting untuk mengetahui dan juga memahami seberapa sukses kampanye, apakah ada yang harus diperbaiki maupun ditingkatkan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Memantau Performa Digital Marketing

Untuk melakukan tugas ini, umumnya Google Analytics akan memberikan analisis terukur dan cermat terkait performa serta evaluasi secara menyeluruh aktivitas digital marketing yang dilakukan.

2. Menganalisis Hasil Digital Marketing

Tujuan untuk menganalisis hasil adalah memahami data dan merumuskan strategi analisis pemasaran yang lebih efektif. Singkatnya, kamu dapat mengukur kelemahan dan kelebihan dari aktivitas digital marketing yang sudah berjalan. Informasi yang didapatkan akan digunakan untuk memperkuat strategi pemasaran.

Contoh Sukses Digital Marketing

Kampanye Share a Coke berhasil menjangkau lebih dari 70 negara dan menjadi kisah inspirasi untuk mereka yang melakukan kampanye tersebut. Tahun 2011 kampanye ini pertama kali diadakan di Australia.

1. Studi Kasus Bisnis yang Sukses dengan Digital Marketing

Share a Coke adalah kampanye yang sangat unik di mana Coca-Cola mengubah nama mereka pada pembungkus botol menjadi 150 nama populer di Australia. Tulisan itu berubah menjadi “Share a Coke with…”

Pada tahun 2016 kampanye ini diperkenalkan di AS sebagai kampanye 'Share a Coke and a Song', di mana lirik dari lagu populer dicetak pada botol Coke tersebut. Penyanyi Selena Gomez juga ikut dalam kampanye tersebut dan memposting foto untuk kampanye tersebut di Instagram.

Kampanye ini juga sempat hadir di Indonesia pada tahun 2015 di mana 70 nama-nama populer orang Indonesia dicetak pada pembungkus botol Coca-Cola.

2. Inspirasi dari Kampanye Digital Marketing Terbaik

Coca-Cola melakukan kampanye ini untuk menjalin hubungan personal yang dekat dengan konsumen mereka selain itu untuk menginspirasi momen kebahagiaan bersama. Dan, kampanye berhasil di hampir semua negara yang menerapkannya dengan tujuan dan nilai yang sama.

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk menghubungkan bisnis dengan konsumen. Dalam menerapkannya banyak hal yang harus diperhatikan. Memahami pasar serta menetapkan target dan tujuan sangat penting agar mengetahui preferensi calon konsumen. Selain itu akan membantu untuk kampanye yang lebih tepat.
Kamu bisa belajar dasar digital marketing agar ahli dalam menjalankan strategi yang tepat dan memahami perencanaan media digital yang sesuai kebutuhan bisnis. Bersama GreatNusa kamu bisa melakukan semuanya dan capai tujuan untuk meningkatkan bisnis online.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok