ECOMMERCE

Dasar-Dasar Digital Marketing: Cara Mempromosikan Bisnis Kamu

By greatnusa28 April 2023

Bagikan Artikel

Dasar-Dasar Digital Marketing: Cara Mempromosikan Bisnis Kamu

Digital marketing bukanlah sekadar strategi pemasaran untuk meningkatkan angka penjualan bisnismu. Strategi ini menjadi bukti bahwa bisnismu tetap kompetitif dan mau beradaptasi terhadap kemajuan zaman pada era digital ini. Oleh karena itu, kamu perlu memahami dasar-dasar digital marketing sebelum mengimplementasikannya dalam bisnismu.

Pengetahuan dasar yang kamu perlukan mencakup beberapa media yang digunakan digital marketing serta langkah untuk mulai menerapkan strategi ini dalam bisnismu. Yuk, simak artikel ini supaya kamu memiliki pemahaman mendasar tentang digital marketing

Baca Juga : 8 Contoh Strategi Pemasaran Produk Online

Langkah Dasar Mempelajari dan Mempraktikkan Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi yang mudah dipelajari dan diterapkan dalam bisnis. Kamu hanya perlu mempelajari beberapa langkah dasar untuk meraih kesuksesan dalam digital marketing berikut ini.

1. Mulai dari Riset Bisnis

Riset bisnis mencakup aktivitas pengumpulan data pasar yang mencakup target bisnis serta kompetitor. Data hasil riset bisnis akan digunakan sebagai bahan untuk membuat analisis S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) yang akan kamu hadapi dalam strategi pemasaran. Ada pun elemen yang perlu kamu analisis mencakup profil target pasar, perilaku konsumen, preferensi dan kebutuhan, tren pasar, dan segmentasi pasar. Kamu bisa mengadakan survei, studi kasus, atau observasi langsung dalam riset bisnis.

2. Tentukan Target Bisnis

Setelah melakukan riset pasar, barulah kamu bisa menentukan target bisnismu. Dalam langkah ini, kamu perlu mempertimbangkan faktor demografis (usia dan jenis kelamin), geografis (lokasi), minat, dan kebutuhan mereka. Target bisnis yang spesifik berguna supaya kamu bisa menentukan strategi digital marketing yang tepat. Contohnya, target bisnis berusia remaja yang aktif di media sosial dapat dijangkau menggunakan Instagram atau TikTok.

3. Menentukan Audience Persona Bisnis

Audience persona adalah representasi fiksi dari karakteristik target pasar yang ideal dan didasarkan pada data hasil riset bisnis. Langkah ini berguna supaya kamu lebih mudah dalam merancang konten dan strategi pemasaran. Buatlah audience persona yang berisi informasi berupa usia, jenis kelamin, pendapatan, minat, dan kebiasaan belanja. Contohnya, wanita usia 20-30 tahun yang tertarik pada kecantikan bisa difokuskan pada topik konten seperti tutorial makeup atau tips menjaga kesehatan.

Baca Juga : 8 Tips Meningkatkan Penjualan Online dengan Pasti

4. Pahami Target Market Bisnis

Memahami target market berarti kamu harus mencari tahu mengenai perilaku, preferensi, dan kebutuhan mereka. Langkah ini berguna supaya kamu bisa membuat konten yang lebih spesifik dan mampu menjawab kebutuhan mereka. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media yang tepat untuk mempromosikan konten pemasaran yang telah dibuat.

5. Buat Marketing Plan

Marketing plan atau rencana pemasaran berguna untuk mengarahkan upaya pemasaran pada target pasar yang tepat dan mencapai tujuan bisnis. Dalam rencana bisnis, kamu harus menjelaskan profil target pasar, strategi pemasaran, dan anggaran yang dibutuhkan. Marketing plan berguna untuk meminimalkan risiko yang terjadi dalam pemasaran dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Selain itu, kamu juga bisa memantau dan mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran yang telah dilakukan.

6. Gunakan Media dalam Digital Marketing

Media merupakan salah satu kunci keberhasilan strategi digital marketing yang dijalankan. Ada berbagai jenis media yang bisa dimanfaatkan dalam digital marketing, yaitu website, media sosial, email marketing, dan sebagainya. Kamu harus memilih media yang tepat dan sesuai target pasar serta jenis bisnismu.

Baca Juga : 6 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnismu

Pilihan Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

Ada banyak pilihan strategi digital marketing yang bisa kamu coba untuk memasarkan produk barang atau jasa bisnismu. Apa saja? Berikut penjelasan lengkap mengenai strategi digital marketing populer. 

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik untuk meningkatkan peringkat website pada halaman hasil pencarian (SERP) seperti Google atau Yahoo. Strategi ini memerlukan optimasi pada konten website, penggunaan kata kunci (keyword) yang relevan, link building, dan optimasi pengalaman pengguna. Selain itu, kamu juga harus mengoptimasi struktur website dan keamanannya untuk meningkatkan peluang menembus halaman pertama SERP.

2. Social Media Marketing

Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok kini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk melalui strategi social media marketing. Kunci utama strategi social media marketing yang berhasil terletak pada pembuatan konten yang menarik. Kamu juga harus meningkatkan interaksi dan engagement supaya pengikut (followers) tetap terhubung dengan bisnis. Strategi ini akan lebih optimal dengan fitur iklan berbayar untuk menjangkau audiensi yang lebih luas.

3. Iklan Pay-per-Click (PPC)

Iklan Pay-per-Click (PPC) merupakan jenis iklan online yang dipasang melalui platform Facebook Ads atau Google Ads. Dalam strategi ini, kamu hanya perlu membayar iklan apabila mendapat klik dari pengguna. Kamu bisa menentukan kata kunci yang relevan untuk iklan dan menargetkan audiensi yang spesifik. Strategi ini sangat bermanfaat untuk memperoleh audiensi yang relevan dan tertarik untuk membeli produkmu.

4. Email Marketing

Strategi ini memanfaatkan email untuk mengirimkan pesan promosi kepada pelanggan atau prospek bisnis. Mengenai isi pesannya, kamu bisa mengirimkan informasi penawaran produk, pengumuman produk baru, atau konten informatif seperti di media sosial atau blog website. Strategi ini memerlukan daftar alamat email yang relevan dan konten yang menarik supaya target audiensi langsung membuka dan meresponsnya.
Itulah dasar-dasar digital marketing yang perlu kamu kuasai dalam menjalankan bisnismu. Hal utama dari digital marketing bukan sekadar memilih strategi pemasaran yang tepat. Kamu perlu menentukan segmentasi pasar, persona bisnis, bahkan mengenali target pasarmu terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Ikuti kelas online Digital Marketing 101: An Essential Guide to Market, Segment and Persona untuk mendapatkan pengetahuan menarik dan praktikal mengenai digital marketing! Mulailah langkah penerapan digital marketing hanya melalui kelas di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok