KNOWLEDGE

Internet Digital Marketing: Definisi Kelebihan, dan Pemanfaatannya

By greatnusa29 Maret 2023

Bagikan Artikel

Internet Digital Marketing: Definisi Kelebihan, dan Pemanfaatannya

Di era digital ini produk dan jasa dapat dipromosikan melalui internet dan menjangkau pasar yang luas. Transaksi juga dapat dilakukan tanpa harus bertemu, semua serba praktis dan efisien. Produk dan jasa apa pun dapat ditemukan di internet sehingga banyak sekali proses bisnis yang ditransformasi dari analog ke digital.

Mengenai hal itu, internet dapat dimengerti sebagai wadah untuk memasarkan dan bertransaksi. Saat ini untuk memasarkan sebuah produk dan jasa menggunakan metode yang unik untuk menarik minat konsumen. Artikel ini akan membahas secara luas untuk kamu tentang internet digital marketing. Simak ulasannya.

Definisi Internet Digital Marketing

Internet digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang memasarkan produk dan jasa melalui internet. Sehingga produk dan jasa lebih mudah untuk diakses, dan mempermudah untuk memahami informasi mendalam mengenai sebuah bisnis. Selain itu, internet digital marketing juga untuk meningkatkan penjualan dan minat konsumen.

1. Apa itu Internet Digital Marketing?

Internet digital marketing merujuk kepada sebuah mekanisme pasar yang luas berisikan berbagai produk dan jasa untuk dipasarkan. Pada pasar tradisional produk dan jasa memiliki batas waktu untuk dikunjungi. Tetapi memasarkan produk secara digital, konsumen bisa berkunjung kapan pun untuk mendapat pengetahuan tentang produk dan jasa yang hendak digunakan.

2. Kenapa Internet Digital Marketing Penting?

Internet digital marketing sangat penting karena menciptakan alur pasar yang efektif dan efisien. Perihal transaksi juga lebih praktis dan kondusif. Selain daripada itu, lebih mudah menjangkau konsumen dibandingkan metode konvensional. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan penjualan.

Kelebihan Internet Digital Marketing

Terdapat sejumlah kemudahan yang bisa diperoleh dengan internet digital marketing. Terutama pada biaya yang lebih hemat untuk melakukan pemasaran. Misal, bagi usaha kecil menengah (UKM) dapat menggunakan platform media sosial sebagai strategi pemasarannya.

Menggunakan platform tersebut dan aktif melakukan pemasaran secara tepat dan benar akan menghasilkan peningkatan penjualan produk yang dipasarkan. Melalui platform itu juga dapat melakukan komunikasi dan menjalin hubungan yang baik sehingga memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan.

1. Target Pasar yang Lebih Spesifik

Dalam memilih target pasar ada beberapa kategori yang ikut menentukannya. Kategori tersebut termasuk usia, gender, hobi, gaya hidup, dan pekerjaan. Misal, ingin memasarkan peralatan menyelam tentu target pasarnya adalah penyelam profesional, atau konsumen yang memiliki hobi serupa. 

2. Efisiensi Biaya yang Lebih Tinggi

Bentuk efisiensi dari biaya adalah metode pemasarannya. Tentu pemasaran konvensional menelan biaya yang lebih tinggi dibandingkan pemasaran melalui platform digital atau menggunakan jasa agency digital marketing. Menggunakan metode pemasaran digital akan menghemat biaya tetapi bisa menargetkan lebih banyak konsumen bisnis anda. 

3. Mengukur Hasil yang Lebih Akurat

Dibandingkan pemasaran konvensional,  pemasaran digital jauh lebih menghasilkan sebuah promosi yang terukur dengan data. Metode terukur seperti ini sudah banyak ditemukan pada platform digital yang dapat menampilkan data akurat.

Platform tersebut akan menyajikan laporan yang menunjukkan aktivitas pencarian, jumlah kunjungan pada situs website, keywords, hingga jumlah audiens tercatat secara teratur. Perolehan data terukur ini nantinya dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Cara Memanfaatkan Internet Digital Marketing

Internet dan teknologi yang makin maju tentu membawa perubahan terhadap pelaku bisnis dan bagaimana cara memasarkan produk dan jasa mereka. Memahami dengan baik manfaat internet digital marketing sama halnya membawa kemajuan bagi bisnis. Itulah mengapa menerapkan metode pemasaran berbasis digital akan membawa perubahan bagi bisnis dan perolehan pendapatan.

1. Membuat Situs Web yang Baik

Transformasi bisnis analog ke digital membutuhkan dukungan yang efektif. Salah satunya dengan membangun website yang berbasis e-commerce untuk memfasilitasi konsumen menemukan produk dan jasa tertentu.

Website yang berisi konten informatif dengan tampilan inovatif dan menarik akan memberikan impresi positif bagi konsumen. Website yang dibangun harus memerhatikan akses yang mudah dan cepat. Selain itu, website yang responsive akan memudahkan konsumen untuk mengakses dari perangkat apa pun.

2. Menggunakan SEO (Search Engine Optimization)

Cara memanfaatkan internet digital marketing selain membangun website adalah dengan menggunakan SEO. Teknik ini adalah salah satu elemen yang penting dalam menjalankan bisnis  berbasis digital. SEO adalah teknik yang berfungsi untuk membantu suatu website mendapat posisi strategis pada search engine.

Dari data baru-baru ini yang menunjukkan bahwa Google adalah situs web yang paling banyak dikunjungi. Menurut data tersebut, search engine itu telah dikunjungi sebanyak 89,3 miliar kali setiap bulan (Similarweb, 2022). Mengetahui aktivitas berselancar yang tinggi di internet, penerapan SEO yang tepat akan menjaring target yang besar.

Konten yang tepat dan informatif serta mempertimbangkan aspek penggunaan kata sebanyak 1200 kata dengan sejumlah keywords akan memaksimalkan tingkat konversi penjualan yang tinggi.

Lakukan optimasi penggunaan nama produk, kemudian deskripsikan produk, gunakan foto produk yang menarik, dan yang terakhir adalah gunakan template SEO friendly. Menggunakan metode ini akan memaksimalkan lebih banyak kunjungan.

3. Menggunakan Social Media Marketing

Platform sosial media dapat menjadi salah satu opsi untuk digunakan dalam promosi produk dan jasa. Bahkan pemilik usaha kecil seperti kedai misalnya, konsumen mereka bisa meningkat karena aktivitas pemasaran yang tepat melalui platform media sosial.

4. Menggunakan PPC (Pay-per-Click)

Pay per click atau PPC adalah strategi pemasaran dengan cara memasang iklan produk dan jasa di sebuah laman tertentu. PPC bekerja ketika audiens mengeklik iklan yang disematkan pada laman tersebut.

Iklan akan mengarahkan audiens ke sebuah laman bisnis dari pengiklan. Strategi PPC cukup akurat untuk menarik audiens tetapi perlu biaya yang lebih untuk memasarkan produk dan jasa menggunakan strategi ini untuk jangka panjang.

5. Menggunakan Email Marketing

Email marketing dimulai dari penawaran e-book gratis atau menggunakan free trial produk tertentu dalam jangka waktu yang ditentukan. Audiens yang tertarik akan mendaftarkan diri menggunakan email untuk mendapat akses dari penawaran tersebut.

Email yang sudah terdaftar kemudian dijadikan sasaran untuk memasarkan produk dan jasa sesuai tujuan utamanya. Email yang dikirim berisi penawaran menarik atau informasi yang relevan seputar perusahaan. Sehingga calon konsumen bisa tertarik kemudian membeli produk dan jasa yang dipasarkan.

6. Menggunakan Konten Marketing

Konten marketing adalah alternatif untuk menjangkau audiens melalui pendistribusian konten yang berharga dan relevan. Strategi ini adalah sebuah pendekatan yang konsisten untuk mempertahankan audiens sampai mendorong tindakan untuk membeli produk dan jasa sebuah bisnis.

Konten harus informatif dan berkualitas tinggi. Hal itu tentu merepresentasikan bisnis serta dapat menarik perhatian dan membangun citra sehingga dapat membangun kepercayaan mereka.

7. Menggunakan Mobile Marketing

Mobile marketing adalah aktivitas pemasaran yang mempromosikan produk dan jasa melalui perangkat seluler. Cara kerjanya adalah promosi melalui pesan teks, push notification saat mengunduh sebuah aplikasi, iklan dalam aplikasi permainan, sampai layanan lokasi yang.

Pengguna perangkat selular mendukung aktivitas pemasaran ini. Hal itu tentu karena jumlah pengguna yang besar akan memudahkan untuk menjaring audiens.

Internet digital marketing telah menjadi sebuah keharusan di era digital untuk mengembangkan bisnis. Bahkan kedai atau bisnis kecil menggunakan strategi pemasaran digital untuk mempromosikan bisnisnya dengan tujuan agar dikenali dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Sebuah artikel di Forbes menulis bahwa setiap perusahaan menjadi perusahaan digital, dan setiap perusahaan juga menjadi perusahaan pemasaran digital. Hal ini dapat terjadi karena era digital telah mendorong semua orang untuk menemukan, menyajikan, sesuatu yang praktis, bernilai, dan informatif, serta mendukung aktivitas mereka.
Transformasi pemasaran digital adalah langkah yang tepat untuk diambil jika Anda ingin pertumbuhan bisnis pada masa depan. GreatNusa adalah partner yang tepat untuk memahami dasar digital marketing. Jangan tunda lagi!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok