KNOWLEDGE

8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Secara Efektif

By greatnusa11 Februari 2023

Bagikan Artikel

8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Secara Efektif

Ingin perusahaan sukses lebih lama dan mampu menghadapi persaingan? Ketahui cara meningkatkan produktivitas karyawan untuk jangka panjang. Memberi gaji besar bukan lagi satu-satunya cara membuat pekerja lebih produktif dan kompetitif. Meningkatkan produktivitas berarti menciptakan lingkungan dan kultur kerja yang sehat dan mampu memotivasi karyawan.

Inilah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang cara membuat pekerja lebih produktif.

Produktivitas dan Kultur Perusahaan

Produktivitas karyawan terkait erat dengan kultur perusahaan. Dalam kultur perusahaan yang sehat, karyawan mampu memaksimalkan kemampuan mereka dan membawa dampak positif bagi perusahaan. Kultur perusahaan yang sehat membuat karyawan merasa aman, dihargai, dan memiliki kebebasan untuk berkembang.

Perusahaan dengan kultur sehat juga mampu menurunkan stres pekerja serta tingkat keluar-masuk karyawan (turnover rate). Sistem komunikasi yang lancar, hubungan baik antar karyawan, dan manajemen yang sehat juga berkontribusi pada kultur perusahaan yang mampu memicu produktivitas.

Baca Juga: Definisi dan Cara Evaluasi Kinerja Karyawan

Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Ingin membuat karyawan lebih produktif? Pastikan menciptakan kultur perusahaan yang sehat. Inilah delapan cara meningkatkan produktivitas karyawan untuk kesuksesan jangka panjang.

  1. Menyesuaikan Keahlian Karyawan dengan Tugasnya

Memberi karyawan tugas yang cocok dengan keahliannya akan meningkatkan produktivitas secara signifikan. Selain mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan efisiensi, karyawan yang melakukan pekerjaan sesuai keahliannya akan merasa lebih percaya diri dan bahkan cenderung mudah mengeluarkan ide cemerlang. 

Selain keahlian, kepribadian karyawan juga bisa menjadi penentu produktivitas terkait tugas-tugasnya. Misalnya, karyawan yang ekstrovert dan persuasif cocok menjalankan tugas seperti presentasi di depan klien. Karyawan dengan kemampuan manajerial dan luwes bekerja dalam kelompok bisa ditunjuk menjadi pemimpin tim kerja kolaborasi.

  1. Menciptakan Sistem Komunikasi Efektif

Kualitas komunikasi internal perusahaan bisa menentukan kultur kerja dan produktivitas. Hasil proyeksi PR Daily untuk tren komunikasi bisnis tahun 2021 dan seterusnya menunjukkan pentingnya komunikasi internal antar karyawan, bahkan sama pentingnya dengan komunikasi pemasaran dan penjualan. Komunikasi menjadi penting ketika karyawan terpaksa bekerja berjauhan, sesuatu yang semakin sering terjadi selama pandemi.

Sistem komunikasi efektif memungkinkan karyawan untuk mendapat informasi penting terkait pekerjaan mereka. Komunikasi efektif juga berperan penting dalam kerja kolaborasi jarak jauh. Karyawan juga bisa mengatasi masalah lebih cepat dalam keadaan darurat dan mendapat umpan balik memuaskan dari manajer atau atasan. Hal ini berpengaruh besar pada tingkat produktivitas.

  1. Berikan Insentif yang Memuaskan

Memberi insentif memuaskan adalah salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan yang efeknya paling jelas terlihat. Karyawan yang merasa aman secara finansial dalam pekerjaannya akan lebih mudah menaruh fokus pada tugas-tugasnya. Insentif yang sesuai dengan beban kerja juga akan menanamkan loyalitas ekstra di dalam diri karyawan dan membuatnya lebih fokus pada produktivitas.

Insentif tidak hanya berupa gaji pokok besar. Karyawan yang bekerja di bidang-bidang berisiko juga harus mendapat tunjangan yang sesuai, misalnya santunan kecelakaan, kesehatan, dan kematian. Hal ini akan berpengaruh baik pada aspek psikologis karyawan dan memberi dampak positif pada produktivitas.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Proses Bisnis?

  1. Mendorong Kolaborasi dan Diskusi

Produktivitas bisa terjadi jika karyawan mendapat kesempatan berdiskusi dan berkolaborasi. Selain mempercepat selesainya pekerjaan, kolaborasi dan diskusi bisa meningkatkan wawasan karyawan. Kolaborasi dan diskusi juga menawarkan kesempatan untuk berbagi ide dan mendapat inspirasi baru serta menjadi ajang interaksi positif antar karyawan.

Kolaborasi dan diskusi hanya bisa terjadi di lingkungan yang mendukung aktivitas tersebut. Pimpinan atau manajer harus menciptakan suasana dimana karyawan bisa duduk bersama dan bertukar ide, misalnya di ruang rapat atau area duduk dengan desain yang memicu kreativitas. Dalam situasi khusus seperti pandemi, perusahaan wajib menyediakan saluran komunikasi untuk diskusi dan kolaborasi jarak jauh.

  1. Menyediakan Fasilitas Kerja yang Sesuai

Produktivitas ternyata tidak hanya tergantung dari faktor individu dan suasana kerja. Fasilitas kerja, bahkan yang terlihat sederhana seperti lampu dan meja-kursi, bisa berpengaruh pada produktivitas. Akan tetapi, fasilitas kerja ini harus sesuai dengan kebutuhan karyawan dan mendukung kegiatan sehari-hari agar manfaatnya terasa.

Misalnya, meja-kursi yang ergonomis membuat karyawan lebih nyaman bekerja di kantor. Fasilitas cloud dan software manajemen membantu karyawan berkolaborasi dan mengatur jadwal kerja agar lebih fleksibel. Perkakas keamanan lengkap tidak hanya memenuhi peraturan dunia usaha, tetapi juga membuat pekerja merasa lebih aman dan fokus pada pekerjaan.

  1. Ciptakan Tujuan Kerja dan Motivasi yang Kuat

Produktivitas bisa terjadi ketika karyawan memiliki motivasi dan tujuan kerja. Perusahaan harus menanamkan hal ini sejak awal lewat visi dan misi yang kuat, sebelum mengaitkannya dengan deskripsi pekerjaan karyawan. Jelaskan mengapa tugas karyawan tersebut penting bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misi mereka.

Ketika karyawan merasa bahwa pekerjaan mereka penting dan bernilai, motivasi mereka akan bertambah. Hal ini bisa berdampak positif pada produktivitas karena karyawan akan lebih terpacu untuk menemukan solusi, ide, atau inspirasi untuk membuat mutu pekerjaan mereka lebih baik.

  1. Ciptakan Suasana Kerja yang Seimbang dan Sehat

Cara meningkatkan produktivitas karyawan secara permanen adalah memastikan suasana kerja berdampak positif terhadap fisik serta mental. Pastikan karyawan memiliki waktu kerja standar, dan terapkan metode kerja fleksibel (berguna terutama di era pandemi atau kota dengan tingkat kepadatan jalan yang tinggi). Terapkan sistem komunikasi terbuka antara atasan dan bawahan sehingga karyawan tidak ragu menyampaikan kritik dan saran.

Perusahaan juga bisa menerapkan program seperti wisata bersama, outbound, olahraga, atau kegiatan kantor rutin yang bisa menjadi selingan menyegarkan sekaligus bermanfaat. Hal ini berkontribusi pada suasana kerja yang sehat dan lebih positif.

  1. Sediakan Pelatihan Secara Berkala

Pelatihan tidak hanya memberi kesempatan bagi karyawan untuk berkembang, tetapi juga mampu memicu produktivitas. Karyawan bisa mendapat keahlian dan wawasan baru untuk mengerjakan tugas-tugas mereka secara lebih efisien. Pelatihan juga menanamkan kepuasan terhadap karyawan karena adanya apresiasi terhadap keberadaan mereka di perusahaan.

Perusahaan bisa memberikan beragam pelatihan sesuai kebutuhan, mulai dari pelatihan teknis seperti program digital atau alat berat, hingga soft skills seperti kepemimpinan dan keahlian manajerial. GreatNusa bisa menjadi solusi pelatihan karyawan dengan jadwal fleksibel dan materi digital yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kecerdasan Buatan Dalam Aktivitas Manusia Sehari-hari

Solusi Pelatihan untuk Produktivitas Karyawan

GreatNusa menawarkan berbagai paket pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di dunia kerja. Berbagai paket kursus daring tersedia dengan materi yang disesuaikan untuk menghadapi tantangan era industri 4.0. Kamu bisa menemukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan produktivitas karyawan, mulai dari tema Sistem Informasi, Website Development, hingga Sistem Komputer.

Apakah kamu memiliki bisnis atau berada di posisi manajerial? Kamu bisa belajar cara meningkatkan produktivitas karyawan lewat berbagai kelas di kategori Bisnis dan Manajemen, Pengembangan Diri, dan sebagainya. Semua disampaikan oleh pakar di bidangnya dan menggunakan materi digital yang mudah diterapkan. 
Produktivitas karyawan adalah kunci menjaga kinerja, reputasi, dan pemasukan perusahaan. Pelajari cara meningkatkan produktivitas karyawan lewat berbagai aspek seperti komunikasi, insentif, dan fleksibilitas jadwal untuk hasil jangka panjang. Gunakan berbagai paket kursus GreatNusa untuk meningkatkan produktivitas dan membuat perusahaan atau bisnismu semakin berkembang.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok