ENTREPRENEURS

Apa Itu Facebook Ads Serta Bagaimana Cara Menggunakannya?

By greatnusa4 Februari 2023

Bagikan Artikel

Apa Itu Facebook Ads Serta Bagaimana Cara Menggunakannya?

Facebook Ads telah menjadi salah satu platform periklanan populer di kalangan perusahaan Indonesia. Banyaknya penduduk Indonesia yang menggunakan Facebook serta kemudahan mengoperasikan Facebook Ads membuat platform ini makin diminati. Facebook Ads juga memberikan banyak keuntungan bagi bisnis dalam mempromosikan produknya. Namun, sudahkah kamu memahami apa itu Facebook Ads?

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari lebih dalam tentang Facebook Ads dan cara beriklan di platform ini. Yuk, simak agar kamu makin terampil memanfaatkan Facebook Ads!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook untuk membantu bisnis dalam mempromosikan produk, jasa, atau konten mereka. Iklan yang telah dibuat kemudian muncul pada pengguna Facebook, Instagram, Messenger, atau media sosial lainnya yang berada dalam naungan Meta. 

Iklan yang dipublikasikan tidak menyasar seluruh pengunjung Facebook dan sebangsanya. Kamu dapat menargetkan pengguna Facebook berdasarkan berbagai kriteria yang mencakup demografi, minat, perilaku, dan lokasi geografis. Metode targeting yang tepat membantu kamu dalam menjangkau audiensi yang relevan serta meningkatkan peluang untuk meningkatkan penjualan, lalu lintas website, atau membangun kesadaran merek.

Apa Saja Manfaat Facebook Ads?

Mungkin kamu menanyakan alasan pentingnya penggunaan Facebook ads padahal bisa mempromosikan produk atau bisnis secara organik. Berikut manfaat yang bisa kamu rasakan melalui Facebook Ads.

1. Jangkauan Audiensi Lebih Luas

Facebook Ads mampu menjangkau audiensi yang lebih luas, sementara pemasaran secara organik menyasar pengikut akun media sosial kamu saja. Malahan kamu bisa mendapatkan pelanggan dari Facebook padahal media sosial utama yang digunakan berupa Instagram. Manfaat ini berdampak pada peningkatan lalu lintas website serta angka penjualan bisnismu.

2. Iklan yang Bisa Dikustomisasi

Kamu bisa melakukan kustomisasi iklan yang dibuat menggunakan Facebook Ads. Kustomisasi ini bisa berupa statistik iklan (contohnya tujuan iklan, anggaran, serta strategi optimasi). Kamu juga dapat mengatur target audiensi berdasarkan demografis (usia dan jenis kelamin), lokasi, atau minat serta penempatan dan format iklan. Kemudahan ini memungkinkan kamu menyasar target audiensi yang potensial menjadi pembeli.

Baca Juga: 5 Tipe User Interface dan Kelebihan Kekurangannya

3. Ramah Anggaran

Facebook Ads lebih efektif dari segi biaya dibandingkan media pemasaran tradisional yang menggunakan surat kabar atau televisi. Kamu bisa membuat strategi iklan sesuai anggaran yang ditentukan dan mendapatkan keuntungan lebih maksimal. Tentu manfaat ini tidak lepas dari pengaturan target audiensi yang lebih spesifik.

4. Call-to-Action yang Bisa Disesuaikan

Fitur menarik dari Facebook Ads yakni tombol call-to-action (CTA) yang bisa disesuaikan kebutuhan bisnismu. CTA sangat penting karena bisa mengajak audiensi untuk melakukan konversi berupa pembelian produk, berlangganan newsletter, atau sekadar berkonsultasi lebih lanjut. Facebook Ads juga menyediakan variasi CTA yang bisa kamu pilih, contohnya ‘Shop Now’, ‘Sign Up’, ‘Learn More’, ‘Subscribe’, dan ‘Send WhatsApp Message’.

5. Mudah Dilacak dan Diukur

Kamu akan lebih mudah melacak dan mengukur performa dan hasil iklan. Untuk merasakan keuntungan ini, kamu harus meng-install Facebook Pixel untuk mengukur dan mengoptimalkan iklan. Ada pun komponen iklan yang bisa dilacak atau diukur terdiri dari jumlah pengunjung website, aktivitas mereka di halaman website, serta angka konversi. Pengukuran ini tentunya bergantung pada pada tujuan pemasaran dan metrik yang hendak diukur.

Baca Juga: Kursus Gratis: Membuat Laporan Keuangan untuk UMKM

6. Menargetkan Ulang Pelanggan Potensial

Facebook Ads juga bermanfaat dalam menargetkan ulang (re-targeting) target audiensi potensial. Mereka merupakan orang yang pernah mengunjungi website atau aplikasi kamu, tetapi belum melakukan transaksi. Re-targeting bisa pula dilakukan pada pelanggan yang sudah pernah membeli produk untuk bertransaksi kembali demi meningkatkan loyalitas mereka. Kamu membutuhkan Facebook Pixel untuk merasakan manfaat ini.

Apa Saja Jenis-Jenis Facebook Ads?

Facebook Ads terdiri dari beberapa jenis yang bisa kamu coba. Apa saja?

  • Facebook Feed Ads: iklan yang muncul di beranda pengguna Facebook atau Instagram, bisa berupa gambar atau video.
  • Facebook Stories Ads: iklan yang muncul di fitur cerita (story) pengguna.
  • Facebook Carousel Ads: iklan yang terdiri dari beberapa gambar dan video dalam satu tampilan.
  • Facebook Right Column Ads: iklan yang berada di sebelah kanan pada Facebook versi desktop.
  • Facebook inStream Video Ads: iklan pendek yang muncul di tengah video yang sedang ditonton oleh pengguna.
  • Facebook Instant Articles Ads: iklan khusus untuk mempromosikan artikel atau blog.
  • Facebook Marketplace Ads: iklan berupa gambar atau video di halaman produk dan beranda serta memiliki tampilan mirip marketplace.
  • Facebook Network Native Ads: iklan yang muncul di luar media sosial Facebook dan jaringannya, contohnya website maupun aplikasi.
  • Sponsored Message: iklan langsung melalui pesan untuk pengguna yang pernah melihatnya.
  • Facebook Collection Ads: iklan berupa gambar atau video layaknya katalog produk dilengkapi detail spesifikasinya.

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Ads?

Setelah mengetahui manfaat dan jenisnya, kamu pasti tertarik untuk menggunakan Facebook Ads. Lantas, bagaimana cara beriklan di platform ini? Ikuti langkah lengkapnya di bawah ini.

1. Buat Halaman Bisnis

Buatlah halaman bisnis sebagai profil usaha kamu di Facebook atau Instagram. Setelah profilnya jadi, barulah kamu bisa masuk ke akun Facebook Ads Manager untuk membuat iklan.

2. Pilih Tujuan Iklan

Berikutnya, kamu bisa mengeklik tab ‘Campaign’, kemudian klik ‘Create’ pada halaman utama Facebook Ads Manager. Pilihlah tujuan iklan sesuai target pemasaran, contohnya brand awareness, traffic, engagement, leads generation, dan sebagainya.

3. Namakan Kampanye Iklan

Jangan lupa untuk memberi nama kampanye iklan kamu. Pada tahap ini, kamu juga bisa mengaktifkan mode A/B split test sebagai langkah percobaan. Ada pula opsi mengoptimalkan anggaran jika kamu pernah mempublikasikan iklan di Facebook Ads sebelumnya.

4. Atur Akun Iklan

Langkah ini dilakukan kalau kamu baru pertama kali beriklan di Facebook Ads. Dalam tahap ini, kamu harus memasukkan rincian data negara, zona waktu, dan mata uang. Isilah setiap kolom secara benar karena penting untuk pembayaran iklanmu.

5. Atur Target Audiens

Setelahnya, kamu bisa mengatur target audiensi yang ingin disasar. Mulailah dari pemilihan lokasi, usia, jenis kelamin, dan bahasa. Sesuaikan dengan target audiensi yang telah ditetapkan dalam bisnismu. Kamu juga bisa menentukan target yang lebih detail menggunakan ‘Detailed targeting’ atau ‘Connections’.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Profesionalisme yang Harus kamu Miliki

6. Atur Penempatan Iklan

Penempatan iklan berguna agar kamu bisa menentukan posisi strategis untuk mempromosikan produkmu. Kamu bisa mencoba ‘Automatic Placements’ apabila masih pemula dalam beriklan. Opsi ini memungkinkan Facebook untuk menempatkan iklanmu secara otomatis di seluruh media dalam jaringan Meta.

7. Atur Anggaran dan Jadwal Iklan

Berikutnya, kamu dapat mengatur jumlah anggaran yang ingin dibayarkan untuk meluncurkan iklan. Tidak ada patokan harga dari Facebook, jadi kamu bisa membayar sesuai kemampuan bisnismu. Atur pula jadwal penayangan iklan dan durasinya.

8. Luncurkan Iklan

Terakhir, kamu bisa mengunggah materi iklan berupa foto, video, atau carousel. Jangan lupa untuk melengkapi teks dan komponen lainnya untuk iklan. Lakukan pengaturan jika dibutuhkan agar iklan tampil sesuai ekspektasimu.

Selamat! Kamu telah mempelajari apa itu Facebook Ads dan cara meluncurkan iklannya. Agar strategimu lebih optimal, lebih baik kamu belajar lebih lanjut tentang menjalankan iklan Facebook. Ikutilah kursus Membuat Iklan di Facebook yang Efektif dan Efisien (Media Buying)-Part 1 untuk mendapatkan tip dan trik beriklan yang menarik. Tingkatkan peluang keberhasilanmu dalam beriklan di media sosial dengan mengikuti kursus dari GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok