ENTREPRENEURS

Apa Saja Kelebihan Iklan Online yang Perlu Kamu Ketahui?

By greatnusa4 Februari 2023

Bagikan Artikel

Apa Saja Kelebihan Iklan Online yang Perlu Kamu Ketahui?

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus mengetahui apa saja kelebihan iklan online agar dapat memanfaatkannya dengan baik. Iklan online sendiri memang merupakan salah satu cara terbaik untuk menawarkan produk atau layanan agar lebih banyak orang mengenalnya dan tertarik untuk membelinya. Pada era yang sudah serba digital seperti sekarang, sudah pasti kalau ikan online akan memiliki pengaruh yang besar, bukan?

Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari mengenai apa saja kelebihan iklan online secara lebih mendalam serta beberapa tip untuk memasang iklan online yang bisa digunakan. Namun sebelum itu, kamu harus memahami apa yang dimaksud dengan iklan online terlebih dahulu. Yuk pelajari selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Iklan Online?

Iklan online, yang juga dikenal sebagai iklan internet, iklan digital, atau iklan web, adalah bentuk pemasaran dan periklanan yang menggunakan internet untuk mempromosikan produk dan layanan kepada audiens dan pengguna platform. Iklan online mencakup pemasaran email (email marketing), Search Engine Marketing (SEM), pemasaran media sosial, berbagai jenis iklan bergambar (termasuk banner pada web), iklan seluler, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari iklan online kurang lebih sama seperti iklan konvensional, seperti iklan TV, iklan radio, spanduk di jalanan, dan lain sebagainya, yaitu untuk memasarkan dan mengenalkan produk ke khalayak umum. Namun, media yang digunakan untuk memasang iklan tersebut berbeda, di mana iklan online dilakukan secara digital melalui berbagai platform yang tersedia di internet dan iklan konvensional menggunakan media tradisional, seperti TV, radio, dan jalanan.

Apa Saja Kelebihan Iklan Online?

Iklan online memiliki fungsi yang sama dengan iklan konvensional, yaitu untuk mempromosikan produk atau layanan. Namun, iklan online memiliki berbagai macam kelebihan yang membuatnya lebih banyak digunakan daripada iklan konvensional saat ini, antara lain:

1. Target Audiens yang Lebih Tepat

Salah satu kelebihan utama dari iklan online adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens yang lebih tepat. Iklan online akan menggunakan data dan teknologi untuk mengenali audiens yang tepat untuk dituju oleh iklan yang kamu pasang.

Sebagai contoh, jika kamu menjual produk kecantikan, algoritma dari platform yang digunakan untuk memasang iklan online hanya akan menampilkan iklan tersebut kepada audiens yang tertarik dengan produk kecantikan. Kamu pun bisa lebih efektif dalam menjangkau calon pengguna yang potensial dan meningkatkan konversi dengan kemampuan tersebut.

2. Lebih Efisien

Iklan online juga jauh lebih efisien dibandingkan dengan iklan konvensional. Kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah karena media yang digunakan oleh iklan online kebanyakan berbasis internet, dan internet adalah lingkungan yang aktif selama 24 jam serta dapat dijangkau oleh orang dari seluruh dunia.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat iklan Facebook dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membuat iklan di TV. Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya produksi karena iklan online bisa dibuat dengan biaya yang lebih rendah, seperti hanya perlu desain grafis untuk membuat banner. Bahkan, kamu juga bisa menghindari biaya yang tidak perlu seperti biaya distribusi atau biaya cetak.

Baca Juga: 7 Jenis-Jenis Pemasaran Online yang Patut Dicoba

3. Fleksibilitas

Dibandingkan dengan teknik periklanan lainnya, iklan online adalah yang paling fleksibel. Ada banyak sekali jenis iklan yang dapat dipasang melalui iklan online, mulai dari tulisan, gambar, video, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu bisa mengubah iklan secara cepat dan mudah jika dirasa iklan sebelumnya kurang efektif.

Sebagai contoh, jika iklan online berbentuk tulisan yang sudah dipasang kurang efektif, kamu bisa mengubahnya atau menghapusnya dengan cepat dan menggantinya dengan jenis iklan yang baru. Kamu juga bisa mengubah strategi iklan jika melihat hasil yang kurang memuaskan. Jadi, kamu bisa mengoptimalkan iklan dengan lebih cepat dan mudah dengan fleksibilitas ini.

4. Kemampuan Pengukuran yang Akurat

Iklan online memiliki kemampuan pengukuran kinerja yang lebih akurat dibandingkan dengan iklan konvensional. Kamu bisa melihat berapa banyak orang yang melihat iklan, berapa banyak yang melakukan klik, berapa banyak yang melakukan pembelian setelah melihat iklan, dan lain sebagainya. Kamu pun dapat mengevaluasi kinerja iklan dan membuat perbaikan yang dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas iklan dengan informasi yang akurat ini. Selain itu, pengukuran kinerja yang akurat juga memungkinkan kamu untuk menghitung ROI (Return on Investment) dengan lebih tepat.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah hal yang sangat perlu dikejar di era digital, dan iklan online adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Kamu bisa meningkatkan visibilitas merek di kalangan audiens target dan bahkan audiens lainnya dengan menampilkan iklan di berbagai platform online. Oleh karena itu, dengan meningkatkan kesadaran merek, kamu diharapkan untuk dapat memperkuat citra merek dan meningkatkan kepercayaan calon pengguna terhadap produk atau layanan yang ditawarkan secara signifikan.

6. Lebih Mudah Dibagikan dan Disebarluaskan

Iklan online dapat dengan mudah dibagikan dan disebarluaskan melalui media sosial dan platform online lainnya. Kamu dapat meminta pengguna atau pengikut untuk membagikan iklan yang sudah dipasang, memperluas jangkauan iklan secara organik. Jadi, kampanye iklan yang dilakukan bisa mencapai lebih banyak orang secara efisien.

Baca Juga: 16 Kerja Online Tanpa Modal Yang Terbukti Bikin Untung

7. Memperluas Jangkauan Geografis

Kamu dapat menjangkau audiens target yang berada di berbagai daerah, atau bahkan di negara yang berbeda dengan adanya iklan online. Hal ini dapat memberi kamu kesempatan untuk memperluas pasar ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, yang mungkin hampir mustahil untuk dapat dicapai dengan iklan konvensional.

8. Memperkuat Hubungan dengan Pengguna

Iklan online dapat membantu sebuah bisnis atau merek memperkuat hubungan dengan penggunanya. Kamu bisa membuat iklan dengan konten yang menarik dan informatif, seperti tutorial atau tip yang berguna bagi pengguna. Jadi, kamu dapat membantu pengguna memecahkan masalah mereka dan meningkatkan kepuasan pengguna, yang mana pada akhirnya dapat membantu mereka memutuskan untuk menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Apa Saja Tip Melakukan Iklan Online?

Berikut ini adalah beberapa tip yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil dari kampanye iklan online yang dilakukan.

1. Pahami Audiens Target

Sebelum memulai kampanye iklan online, pastikan kamu telah memahami audiens yang ditargetkan dengan baik. Pelajari karakteristik dan preferensi mereka, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan bahkan hingga ke minat dan aktivitas yang biasa mereka lakukan. Kamu jadi lebih bisa menyesuaikan pesan iklan yang dipasang agar lebih efektif dalam menarik perhatian mereka.

2. Buat Pesan Iklan yang Menarik

Setelah kamu memahami audiens target, pastikan pesan iklan yang kamu tulis menarik dan relevan bagi mereka. Coba buat iklan dengan pesan yang jelas, mudah dimengerti, dan relate dengan audiens target. Selain itu, pastikan iklan kamu memiliki tampilan visual yang menarik dan tidak terlalu rumit. Hal ini akan membantu iklan kamu untuk lebih menonjol di antara iklan-iklan lainnya dan lebih efektif dalam menarik perhatian audiens target.

3. Gunakan Platform yang Tepat

Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk memasang iklan online, mulai dari Google, Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kamu harus memilih platform yang tepat untuk audiens target; platform yang paling banyak digunakan oleh mereka. Sebagai contoh, jika kamu ingin menjangkau audiens yang lebih muda, Instagram atau TikTok mungkin lebih tepat daripada Facebook atau LinkedIn.

Baca Juga: 8 Tips Meningkatkan Penjualan Online dengan Pasti

4. Tetapkan Anggaran dengan Bijak

Kamu harus menetapkan anggaran dengan bijak untuk kampanye iklan online yang dilakukan. Pastikan anggaran kamu sudah sesuai dengan audiens target dan tujuan kampanye iklan online yang dilakukan. Jangan lupa untuk memantau anggaran tersebut dan melakukan penyesuaian jika diperlukan untuk memaksimalkan hasil kampanye iklan online.

5. Periksa Kembali Hasil Kampanye Iklan Online

Setelah memulai kampanye iklan online, pastikan kamu memeriksa kembali hasil kampanye tersebut secara berkala. Tinjau data seperti jumlah tampilan, klik, hingga konversi yang didapatkan untuk mengetahui seberapa efektif kampanye iklan online yang sudah berjalan. Jika diperlukan, lakukan penyesuaian pada kampanye iklan online agar lebih efektif dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Sudah mengerti mengenai apa saja kelebihan iklan online? Nah, jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana melakukan iklan online yang efektif, kamu bisa bergabung dengan kursus iklan online di GreatNusa. Dalam kursus ini, kamu akan belajar dari para ahli di bidang iklan online serta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat kampanye iklan online yang sukses. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan bisnismu dan daftar sekarang juga hanya di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok