ENTREPRENEURS

Digital Advertising: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Tips Melakukannya

By greatnusa7 Februari 2023

Bagikan Artikel

Digital Advertising: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Apakah kamu sering mendengar istilah digital advertising? Bagi sebagian besar orang yang terjun di bidang bisnis, digital advertising adalah upaya pemasaran produk atau jasa yang sangat penting. Namun, masih banyak yang belum sepenuhnya memahami apa itu digital advertising, bagaimana ciri-cirinya, manfaatnya, serta tips untuk melakukannya dengan efektif. Kalau begitu, mari simak informasi lengkap tentang digital advertising di bawah ini. 

Apa Itu Digital Advertising?

Digital advertising merupakan bentuk pemasaran yang menggunakan teknologi digital, seperti internet dan perangkat mobile untuk mempromosikan produk atau jasa. Melalui digital advertising, para pengiklan dapat menargetkan pengguna secara lebih spesifik berdasarkan data dan perilaku online pengguna. 

Ada berbagai macam jenis digital advertising yang bisa kamu gunakan, seperti iklan di situs web, iklan video, iklan di media sosial, serta iklan melalui email dan pesan instan. Iklan digital juga dapat disesuaikan dengan ukuran layar dan orientasi perangkat yang digunakan oleh pengguna. 

Apa Saja Ciri-Ciri Digital Advertising?

Digital advertising termasuk strategi pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk menampilkan iklan produk atau jasa kepada pengguna secara lebih spesifik. Untuk memahami lebih dalam tentang digital advertising, penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri yang membedakannya dari strategi pemasaran tradisional. Berikut ini beberapa ciri-ciri digital advertising yang perlu diketahui.

1. Targeting yang Lebih Tepat

Dalam digital advertising, para pengiklan dapat menargetkan pengguna secara lebih spesifik berdasarkan data dan perilaku mereka saat berselancar di internet. Misalnya, jika ada pengguna internet yang sering mencari informasi tentang produk kecantikan, maka pengiklan kosmetik dapat menampilkan iklannya pada pengguna tersebut sebagai bentuk penawaran. 

2. Analisis yang Lebih Mendalam 

Digital advertising juga dapat memberikan analisis yang lebih mendalam pada kampanye pemasaran (marketing campaign) yang kamu lakukan. Sebagai pengiklan, kamu bisa melacak dan menganalisis data mengenai jumlah tayangan iklan, klik, dan konversi yang terjadi. Dari hasil analisis ini, kamu bisa memperbaiki konten marketing yang kamu buat untuk meningkatkan engagement.

Baca Juga: Authentic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

3. Meningkatkan Fleksibilitas

Melalui digital marketing, kamu bisa mengubah campaign dengan lebih mudah dan cepat. Bila kampanye tidak berjalan dengan baik, pengiklan dapat mengubah strategi pemasaran atau menghentikan kampanye tersebut dengan cepat. Hal ini berbeda dengan pemasaran tradisional yang biasanya memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar untuk mengubah kampanye tersebut. 

4. Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen

Interaksi antara pengiklan dan pengguna akan meningkat dengan adanya digital advertising ini. Melalui iklan online, pengiklan dapat memberikan konten yang relevan dan menarik untuk menarik perhatian pengguna dan membangun hubungan yang baik.

Selain itu, digital advertising juga memungkinkan pengguna untuk memberikan umpan balik secara langsung kepada pengiklan, sehingga pengiklan dapat memperbaiki marketing campaign berdasarkan umpan balik tersebut. Alhasil konten yang kamu buat jadi lebih tepat sasaran. 

5. Meningkatkan Efisiensi Biaya

Beriklan dengan digital advertising bisa jadi lebih efisien secara biaya dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Kamu sebagai pengiklan bisa menentukan anggaran pemasaran yang lebih tepat dan mengoptimalkan campaign agar menghasilkan ROI (Return on Investment) yang lebih baik. Tentu saja ini membantu pengiklan menghemat biaya pemasaran dan meningkatkan keuntungan. 

Baca Juga: Apa Itu Hard Skill dalam Dunia Pekerjaan?

Apa Saja Manfaat Digital Advertising?

Digital advertising telah menjadi strategi pemasaran yang makin populer karena mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut manfaat lain dari digital advertising yang perlu kamu ketahui agar bisa menentukan strategi bisnis dengan tepat. 

1. Lebih Efektif dan Efisien

Pemasaran digital memberikan efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi dalam upaya mempromosikan produk atau jasa. Apalagi kamu bisa menargetkan konsumen secara lebih spesifik dan menghemat biaya. Proses ini tentu lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan jumlah pengguna produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam digital advertising, pengiklan dapat menampilkan iklan produk atau jasa pada berbagai platform digital yang digunakan oleh konsumen. Proses ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Pengiklan juga dapat menggunakan berbagai bentuk iklan seperti video, gambar, atau teks yang menarik perhatian konsumen, sehingga dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membentuk persepsi positif terhadap produk atau jasa tersebut.

Baca Juga: Leadership Training: Pengertian, Tujuan, serta Manfaatnya

3. Lebih Mudah Dilacak dan Diukur

Pemasaran digital memungkinkan pengiklan untuk melacak dan mengukur efektivitas marketing campaign dengan mudah dan akurat. Kamu bisa melihat data statistik terkait jumlah tayangan iklan, klik, konversi, dan bahkan alur pengguna setelah melihat iklan tersebut. Statistik ini dapat membantu pengiklan mengevaluasi kinerja kampanye dan membuat perbaikan yang diperlukan.

4. Meningkatkan Konversi

Digital advertising dapat membantu meningkatkan tingkat konversi pengguna dari prospek menjadi pelanggan yang sebenarnya. Para pengiklan dapat menggunakan teknik pemasaran digital seperti retargeting atau email marketing untuk menarik kembali pengguna yang sebelumnya telah menunjukkan minat pada produk atau jasa yang ditawarkan. Saat kamu memperluas basis pengguna, kamu bisa meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan ROI.

Apa Saja Strategi Digital Advertising?

Digital advertising adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang penting kamu optimalisasi untuk meningkatkan ROI. Ada beberapa jenis strategi marketing yang bisa kamu implementasikan dalam bisnis, beberapa di antaranya akan dijelaskan di bawah ini. 

1. Menggunakan Google Ads

Google Ads merupakan platform digital advertising yang paling populer. Melalui Google Ads, para pengiklan dapat menampilkan iklan di hasil pencarian Google dan berbagai situs web yang telah bergabung dengan jaringan Google. 

Cara kerjanya, pengguna internet akan menerima iklan sesuai dengan minat mereka. Sebagai contoh, kamu mempromosikan produk kecantikan, lalu pengguna yang minat dengan kosmetik akan menerima iklan tersebut. 

2. Memanfaatkan Media Sosial

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter juga dapat digunakan sebagai sarana digital advertising. Kamu dapat menampilkan iklan pada berbagai jenis konten, seperti gambar, video, atau teks. Kamu juga bisa memanfaatkan data pengguna media sosial untuk menargetkan iklan pada audiens yang lebih spesifik berdasarkan karakteristik demografi dan perilaku berselancar pengguna di internet. 

3. Menggunakan Teknik SEO

Teknik SEO (Search Engine Optimization) dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web atau produk pengiklan di mesin pencari seperti Google. Saat kamu menggunakan kata kunci yang relevan dan menempatkan konten di tempat yang tepat, pengiklan dapat meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian Google dan memperoleh lebih banyak pengunjung.

Baca Juga: Apa Itu Balance Scorecard yang Penting bagi Perusahaan?

4. Menggunakan Programmatic Advertising

Programmatic advertising termasuk jenis teknologi digital advertising yang memungkinkan pengiklan membeli iklan secara otomatis dan menargetkan pengguna secara lebih spesifik. Saat kamu menggunakan programmatic advertising, kamu bisa menampilkan iklan pada berbagai platform digital secara efektif dan efisien. 

5. Email Ads

Email marketing atau email ads termasuk cara yang paling efektif dalam menjangkau target audiens yang sudah tertarik dengan bisnis yang kamu promosikan. Pemasaran melalui email ads dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan komersial. Setiap email yang dikirimkan kepada pelanggan berupa informasi produk, promo, dan event yang sedang berlangsung. 

Apa Saja Tips Melakukan Digital Advertising?

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari digital advertising, diperlukan strategi yang tepat dan pengetahuan yang cukup dalam memanfaatkan platform digital. Ada beberapa tips penting dalam melakukan digital advertising yang dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran tersebut. Berikut tips digital advertising yang bisa kamu lakukan. 

1. Menentukan Target Audiens dengan Jelas

Sebelum melakukan digital advertising, penting untuk menentukan target audiens yang jelas dan spesifik. Proses ini akan membantu kamu dalam menentukan jenis iklan yang tepat dan menargetkan pengguna yang tepat pula. Konten yang kamu buat juga jadi lebih spesifik dan sesuai dengan target audiens. 

2. Menggunakan Kata Kunci yang Relevan

Jika menggunakan Google Ads, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Begitu pun saat kamu memaksimalkan optimasi SEO. Kata kunci yang relevan dapat membantu kamu meningkatkan kemungkinan iklan muncul pada hasil pencarian yang relevan dengan produk atau jasa tersebut.

3. Menggunakan Gambar yang Menarik

Apabila kamu menggunakan iklan visual seperti gambar atau video, pastikan menggunakan gambar yang menarik dan sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Gambar yang menarik seperti resolusi gambar yang berkualitas tinggi dan menginterpretasikan produk atau jasa bisnis kamu. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tarik iklan dan memancing pengguna untuk mengklik iklan tersebut. 

4. Mengukur dan Menganalisis Hasil

Setelah melakukan digital advertising, penting untuk mengukur dan menganalisis hasil dari kampanye pemasaran tersebut. Hasil analisis ini akan membantu kamu dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan pada masa depan. Bila memungkinkan, pengukuran ini dapat kamu lakukan pada setiap konten marketing yang kamu produksi. 

5. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi digital terus berkembang dan mengalami perubahan yang cepat. Oleh karena itu, para pengiklan perlu mengikuti perkembangan teknologi dan mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan perkembangan tersebut. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi terbaru mengenai perkembangan teknologi tersebut. 

Supaya kamu selalu update dengan perkembangan teknologi terbaru, penting untuk kamu mengikuti berbagai pelatihan digital advertising. Kamu bisa mengikuti kursus digital marketing di GreatNusa untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai sasaran. Rencanakan jadwal kursus kamu sekarang juga!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok