ENTREPRENEURS

9 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial agar Laris

By greatnusa3 Februari 2023

Bagikan Artikel

9 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial agar Laris

Jumlah pengguna media sosial sudah mencapai 167 juta sampai saat ini. Fenomena ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis kamu dalam memasarkan produknya di media sosial. Tentunya kamu perlu mengetahui cara memasarkan produk melalui media sosial yang efisien agar peluang tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Bagi pemula yang baru terjun di dunia bisnis, tentu kamu kebingungan dalam mempromosikan produk di media sosial. Tenang saja, GreatNusa akan memberikan panduan lengkap memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar kamu memiliki pengetahuan yang mantap dalam berbisnis!

Jenis-Jenis Pemasaran Melalui Media Sosial

Ada baiknya kamu memahami jenis pemasaran yang sering diterapkan media sosial sebelum mengetahui caranya. Ada empat tipe pemasaran media sosial, yaitu:

1. Pemasaran Konten

Pemasaran konten mengutamakan pembuatan konten untuk menarik perhatian pengguna media sosial sekaligus memperkuat citra merek. Jenis konten yang bisa diunggah mencakup artikel, gambar, video, dan infografik. Strategi ini biasanya dilakukan secara organik, namun ada pula yang mempromosikannya sebagai iklan berbayar.

2. Iklan Berbayar

Hampir semua jenis media sosial memiliki fitur iklan untuk mempromosikan produk. Tentunya kamu harus membayar sesuai anggaran yang telah ditetapkan agar media sosial bisa menampilkan iklanmu.

Baca Juga: Tim Building: Pengertian, Tujuan, serta Cara Menerapkannya

3. Pemasaran Influencer

Jenis pemasaran ini melibatkan kolaborasi bersama pemengaruh (influencer) media sosial untuk memperkenalkan produk barang atau jasa ke pengikut mereka. Langkah ini sangat efektif dalam memperluas jangkauan merek dan mendapatkan audiensi baru.

4. Pemasaran Video

Sesuai istilahnya, pemasaran ini memanfaatkan video dalam mempromosikan produk sekaligus meningkatkan reputasi merek. Jenis video yang digunakan beragam, bisa berupa iklan video, konten video organik, atau penggunaan fitur siaran langsung (live streaming) di platform media sosial tertentu.

Langkah-Langkah dalam Strategi Media Sosial

Kamu juga perlu mempersiapkan strategi pemasaran media sosial yang akan digunakan. Berikut langkah strategis yang harus kamu terapkan.

1. Mengaudit Media Sosial

Sebelum membuat rencana pemasaran media sosial, lakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap keberhasilan bisnis pada masa lalu. Kamu bisa mengakses laporan performa akun media sosial bisnis untuk melihat karakteristik audiensi, lokasi, jenis kelamin, dan jenis konten promosi yang sukses.

2. Membuat Sasaran dan Metrik

Kamu juga perlu menentukan tujuan pemasaran media sosial yang dilakukan. Contoh tujuannya bisa berupa meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) atau meningkatkan angka penjualan melalui media. Selanjutnya, tentukan juga metrik untuk mengukur jarak antara progres dan tujuan bisnismu.

3. Menentukan Target Audiens

Setelah mengevaluasi media sosial, tentukan persona audiensi yang mewakili karakteristik pengguna. Analisis kompetitor dapat membantu kamu dalam memahami platform yang lebih disukai oleh audiensi. Sebagai contoh, jika kompetitor memiliki jumlah pengikut yang signifikan di Facebook, kamu bisa berasumsi bahwa audiensi akan lebih aktif pula di platform yang sama.

Baca Juga: Strategic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

4. Menetapkan Agenda Manajemen Media Sosial

Manajemen media sosial juga memerlukan konsistensi yang tinggi. Mengunggah konten secara rutin saja tidak cukup, kamu juga harus meluangkan waktu untuk meningkatkan kualitas iklan yang diluncurkan. Langkah ini bisa dilakukan melalui analisis, percobaan, simulasi, dan merencanakan konsep baru. Kamu juga perlu membuat jadwal berisi aktivitas media sosial secara harian, mingguan, bahkan bulanan agar kegiatan pemasaran berjalan secara terencana.

5. Menyelidiki Strategi Kompetitor

Analisis kompetitor berguna untuk memahami kelemahan dan kekuatan mereka. Kamu juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan pelanggan dalam bermedia sosial atau produk yang digunakan.

Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

Setelah mengetahui langkah strategis persiapan media sosial, barulah kamu bisa mulai memasarkan produk. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar produkmu dikenal oleh pengguna media sosial. Ikuti tip lengkapnya di bawah ini.

1. Buat Profil Media Sosial yang Menarik

Profil merupakan ‘wajah’ dari bisnis yang kamu jalankan di media sosial. Bangunlah profil yang menarik, mulai dari nama produk, kolom deskripsi, foto profil, hingga konsep feeds yang akan digunakan. Kamu pun harus menentukan persona yang ingin dibawakan dalam profil media sosialmu, contohnya resmi tetapi bersahabat atau komikal dan ramah terhadap remaja.

2. Buat Konten yang Relevan

Konten yang relevan berarti sesuai citra bisnis yang ingin kamu bangun di media sosial. Kamu juga bisa membuat konten sesuai fenomena atau tren yang sedang terjadi pada saat ini, tetapi pastikan agar tetap sesuai bidang industri bisnismu. Jangan lupa untuk menjaga kualitas konten dari segi tampilan dan isi agar audiensi memercayai bisnismu.

3. Buat Hashtag untuk Konten

Hashtag sangat berguna untuk meningkatkan jumlah keterlibatan (engagement) di media sosial. Kamu bisa menggunakan tools kata kunci dalam mencari hashtag yang relevan. Cobalah memikirkan satu atau lebih kata kunci dan frasa yang mencakup nama produk dan bisnismu. Kamu bisa memasukkan menyertakan hashtag pada setiap unggahan terkait produk tersebut.

4. Unggah Konten pada Saat Peak-time

Peak-time alias puncak waktu penggunaan setiap media sosial tentu berbeda. Lebih baik kamu mengunggah konten atau mengadakan live streaming pada jam tersebut agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Tip ini sangat efektif karena bisa membuat kontenmu lebih tepat sasaran.

5. Manfaatkan Seluruh Fitur Media Sosial

Media sosial memiliki berbagai fitur interaktif. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik pengikut media sosialmu agar lebih tertarik pada produk yang dipromosikan. Contohnya, kamu bisa mengunggah survei agar pengikut bisa memilih satu produk favorit mereka. Contoh lainnya, kamu bisa menggunakan fitur cerita (story) untuk mengiklankan produk baru di toko online, kemudian memasang stiker berisi tautan.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan Melalui Media Sosial

6. Adakan Kontes

Kontes atau giveaway di media sosial bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness sekaligus angka penjualan produk. Kamu bisa mengadakan kontes apapun selama masih relevan bidang industri bisnismu. Selain kontes, kamu juga dapat mengadakan giveaway yang memberikan hadiah menarik bagi pelanggan setia atau sudah membeli banyak produk.

7. Berkolaborasi bersama Influencer

Influencer marketing merupakan strategi pemasaran media sosial yang kompetitif. Pilihlah influencer yang memiliki pengikut sesuai target audiensi kamu, bukan sekadar berdasarkan jumlah pengikut yang banyak. Kamu berpeluang mendapatkan pelanggan yang belum pernah mendengar tentang bisnismu sebelumnya. 

8. Ajak Pengikut untuk Berinteraksi

Pelanggan saat ini lebih suka berinteraksi bersama bisnis di media sosial. Kamu bisa membuat konten yang mengajak pengikut media sosial untuk berinteraksi di kolom komentar atau melalui fitur perpesanan. Namun, kamu juga harus aktif dalam membalas setiap komentar dan pesan yang masuk. Mereka akan percaya dan menganggap bisnismu menyediakan layanan pelanggan atau purnajual yang baik.

9. Manfaatkan Fitur Iklan Berbayar

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pasar atau menyasar target audiensi yang lebih spesifik. Iklan di media sosial terbukti efektif dalam menjangkau lebih banyak audiensi daripada organik. Pastikan kamu telah menerapkan strategi iklan yang tepat agar memberikan hasil yang memuaskan.

Banyak sekali cara memasarkan produk melalui media sosial yang bisa kamu coba. Sebelum menerapkan semua langkah di atas, kamu perlu membuat perencanaan untuk media sosial agar manajemennya lebih teratur dan efektif. Jangan khawatir kalau kamu belum memahami caranya. Ikuti saja kursus Perencanaan Media Digital yang mengupas tuntas tentang analisis merek digital secara real-time. Ayo, buat strategi pemasaran media sosial bisnismu makin lancar dengan mengikuti kelas GreatNusa.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok