ENTREPRENEURS

9 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Rintisan

By greatnusa3 Februari 2023

Bagikan Artikel

9 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Rintisan

Manfaat media sosial untuk bisnis sangatlah signifikan. Media sosial telah menjadi platform utama untuk mempromosikan bisnis pada era ini. Bisnis juga memanfaatkan media sosial untuk memberikan layanan pelanggan yang prima. Perkembangan bisnis pada masa depan dipengaruhi oleh cara mereka dalam mengoptimalkan media sosial.

Masih banyak manfaat media sosial yang bisa dirasakan oleh bisnis. Mari simak artikel ini untuk mendalami tentang peran signifikan media sosial terhadap bisnismu.

Jenis-Jenis Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis

Kamu pasti sudah mendengar banyak jenis media sosial yang ada di dunia. Di antara semua media sosial tersebut, ada lima platform yang unggul untuk bisnis. Apa saja?

1. Facebook

Facebook telah memiliki pengguna aktif sebanyak 2,95 miliar sejak didirikan pada tahun 2004. Kamu bisa membangun bisnis di Facebook tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, Facebook sangat membantu bisnismu dalam menarik calon konsumen melalui fitur-fitur yang dimilikinya. Ada pula Facebook Ads yang berguna untuk mempromosikan produk kepada target audiensi yang telah ditetapkan.

2. Instagram

Instagram mulai menjadi sarana terpopuler untuk mempromosikan merek dan produknya. Bisnis rumahan pun berkembang lebih besar berkat media sosial ini. Kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Bisnis untuk menjalankan usaha. Kamu pun bisa mengajak pemengaruh (influencer) untuk mempromosikan produk sehingga jumlah konsumen ikut bertambah.

3. TikTok

TikTok telah memiliki 109,9 juta pengguna yang berasal dari Indonesia. Bukan hanya anak muda yang menyukai TikTok, tetapi orang dewasa pula karena kontennya yang menghibur. Kini, TikTok telah memiliki fitur bisnis yang mirip platform jual-beli untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna dalam bertransaksi.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial agar Laris

4. Twitter

Media sosial berlogo burung biru ini bisa pula digunakan untuk menjalankan bisnis. Kuncinya terletak pada fitur retweet. Makin banyak orang yang retweet statusmu, makin banyak pula pengguna yang mengetahui eksistensi bisnismu. Kamu juga bisa menggunakan fitur Twitter Ads untuk menjangkau lebih banyak pengguna yang relevan.

5. LinkedIn

Siapa sangka ternyata LinkedIn sangat efektif untuk mengelola bisnis. Media sosial andalan kalangan profesional ini bisa digunakan untuk membangun kesadaran merek (brand awareness) bisnis. Kamu pun bisa membagikan konten seputar dunia kerja yang bermanfaat untuk meningkatkan engagement di LinkedIn.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Rintisan

Semua jenis media sosial memiliki manfaat yang sama untuk bisnis terlepas dari perbedaan fungsi dan cara kerjanya. Berikut sejumlah manfaat media sosial yang bisa dirasakan oleh bisnis rintisan.

1. Relevan dengan Pengguna Saat Ini

Hampir seluruh pengguna media sosial pada saat ini didominasi oleh generasi milenial. Mereka lebih suka mencari informasi tentang produk atau bisnis sebelum membelinya melalui media sosial. Tampilan visual dan informasi yang disajikan secara menarik pun membuat pengguna tertarik berbelanja produk melalui media sosial.

2. Lebih Baik dalam Mempromosikan Konten

Media sosial sangat unggul dalam mempromosikan konten, khususnya format video yang sedang diminati pada saat ini. Bisnis yang mengunggah konten akan memiliki visibilitas yang tinggi di mata pengunjungnya. Media sosial juga menjadi sarana untuk menunjukkan keunikan bisnis yang mampu membuat audiens terkesan.

3. Reputasi Bisnis Meningkat

Media sosial juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan audiensi terhadap bisnis. Mereka bisa mengunggah testimoni kepuasan pelanggan atau nilai-nilai positif yang ditanamkan sebagai budaya perusahaan. Reputasi bisnis pun meningkat bahkan kamu bisa mendapatkan konsumen yang memercayai ideologi perusahaanmu.

4. Saluran Komunikasi yang Mudah dan Cepat

Pelanggan bisa menghubungi bisnis lebih cepat dan mudah berkat media sosial. Bisnis pun mampu meninjau dan menanggapi keluhan pelanggan secara efektif menggunakan saluran ini. Media sosial menghilangkan persepsi bahwa bisnis sulit dihubungi ketika pelanggan memiliki keluhan terhadap produk atau layanan.

5. Memperoleh Mitra untuk Bekerja Sama

Kamu juga bisa mendapatkan mitra bisnis untuk diajak bekerja sama melalui media sosial. Tidak hanya itu, media sosial juga menghubungkan kamu dengan pemengaruh (influencer) dan mengajaknya berkolaborasi untuk mempromosikan bisnis. Manfaat ini tentunya berdampak pada perkembangan bisnismu dalam jangka panjang.

Baca Juga: Strategic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

6. Traffic Kunjungan Website Meningkat

Facebook, Twitter, dan Instagram memiliki fitur untuk membagikan tautan (link) ke website kamu. Pengikut di media sosial pun mengunjungi website sehingga kamu mendapatkan traffic kunjungan yang meningkat. Bukan tidak mungkin angka konversi penjualan ikut bertambah berkat kehadiran media sosial ini.

7. Membangun Kesadaran Merek

Kesadaran merek (brand recognition) yang meningkat termasuk salah satu manfaat terbesar dari media sosial untuk bisnismu. Audiens pun menjadi familier dengan merekmu ketika mengunjungi media sosial. Manfaat ini berujung pada peningkatan konversi karena orang cenderung memilih produk dari merek yang telah dikenal bahkan dirasakan manfaatnya.

8. Mengenali Strategi Kompetitor

Media sosial juga bermanfaat untuk mengenali kompetitor bisnis kamu. Kamu bisa mempelajari banyak hal dari pesaing bisnis melalui media sosial, terutama strategi pemasaran yang dilakukan. Kamu pun bisa mencari cara yang lebih baik dalam memasarkan produk. Selain itu, kamu juga mengenali kekurangan mereka yang menjadi kelebihan bisnismu dan meningkatkan keunggulan tersebut dalam berbisnis.

9. Lebih Efektif dari Segi Biaya

Media sosial dianggap lebih efektif daripada strategi pemasaran tradisional. Malahan kamu bisa mengelola media sosial secara gratis jika menerapkan strategi konten organik. Namun, kamu dapat menggunakan fitur iklan jika ingin memperluas jangkauan target audiensi. Pemasangan iklan di media sosial tentunya membutuhkan biaya yang lebih ekonomis daripada memasang iklan di televisi.

Cara Mengelola Media Sosial untuk Bisnis

Manfaat di atas tentu bisa dirasakan kalau kamu mengelola media sosial semaksimal mungkin. Bagaimana caranya? Ikuti tiga langkah penting di bawah ini untuk meningkatkan penggunaan media sosialmu.

1. Utamakan Kualitas Konten

Lebih baik berfokus pada kualitas daripada terburu-buru mengunggah konten yang tidak sesuai identitas bisnis kamu. Buatlah konten berkualitas berdasarkan pemikiran matang serta strategi yang baik daripada sekadar mengikuti fenomena yang sedang populer. Pahami pula bahwa kualitas juga bisa berarti tampilan konten yang dibuat sehingga penting untuk menciptakan foto produk yang menarik secara visual.

2. Pahami Target Audiens

Setiap bisnis memiliki target audiens yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali siapa target audiens kamu agar bisa menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Career Development: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Memulainya

3. Respons Pesan dan Komentar yang Masuk

Pesan dan komentar yang masuk merupakan bagian penting dari manajemen media sosial. Kamu juga berpeluang membangun hubungan bersama pengikutmu sekaligus memberikan layanan pelanggan yang kompeten. Periksa komentar dan pesan yang masuk secara rutin dan berikan respons yang tepat. Selalu ingat bahwa respons dari kita bisa dibaca oleh publik jadi kamu perlu berhati-hati dalam berkomentar.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengelolaan media sosial? Kamu harus memulai dengan merencanakan media digital yang ingin digunakan untuk berbisnis. Daftarkan dirimu untuk mengikuti kursus Perencanaan Media Digital agar kamu bisa memaksimalkan media sosial dalam bisnis. Rasakan manfaat media sosial untuk bisnis setelah mengikuti kelas pilihan di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok