KNOWLEDGE

Social Media Management: Pengertian, Fungsi, Serta Manfaatnya Bagi Bisnis

By greatnusa9 Februari 2023

Bagikan Artikel

Social Media Management: Pengertian, Fungsi, Serta Manfaatnya Bagi Bisnis

Social media management adalah sebuah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis melalui media digital. Perlu diketahui bersama, saat ini internet dan media sosial memiliki kekuatan yang cukup besar dalam segala hal. Bayangkan, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi hingga melakukan pembelian di dalam satu media saja.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa social media management harus ada dan diterapkan oleh seluruh bisnis untuk memasarkan produknya. Dalam satu kali klik saja, besar kemungkinan unggahan tersebut dapat menjangkau ratusan orang. Menarik bukan? Untuk mempelajari social management lebih lanjut, simak informasinya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Social Media Management?

Social media management adalah proses mengelola, mengawasi, dan memanfaatkan media sosial untuk mencapai tujuan bisnis serta menganalisis pengguna media sosial untuk mengembangkan strategi pemasaran. 

Hal ini meliputi seluruh proses digital marketing seperti merencanakan strategi media sosial, mengelola konten, memantau performa, serta berinteraksi dengan pengikut atau pengguna lainnya. 

Jadi, sebenarnya social media management tidak hanya sekadar mengelola akun media sosial atau belakangan ini dikenal dengan sebutan menjadi admin saja, tetapi juga memahami bagaimana media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk, impresi akun (engagement), serta mengukur keberhasilan setiap konten pemasaran yang diunggah.

Untuk memastikan kesuksesan dalam social media management, seorang harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai media sosial termasuk perubahan yang terjadi di dalamnya serta kemampuan untuk memanfaatkan alat-alat analisis yang tersedia.

Baca Juga: Wajib Tahu! Macam-Macam Akuntansi Serta Pengertiannya

Apa Saja Fungsi Social Media Management?

Sampai saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui apa fungsi adanya social media management. Untuk itu, GreatNusa akan memberikan informasi mengenai beberapa fungsi social media management di bawah ini:

1. Membangun Citra pada Internet yang Kuat

Social media management membantu bisnis untuk membangun citra pada dunia internet yang kuat. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan strategi media sosial yang efektif termasuk menentukan platform yang tepat, target pasar, serta jenis konten yang akan dibagikan.

2. Meningkatkan Kesadaran Terhadap Keberadaan Produk

Brand awareness atau kesadaran akan keberadaan sebuah produk merupakan seberapa banyak masyarakat yang tahu dan menyadari bahwa produk tersebut ada. Social media management dapat membantu meningkatkan kesadaran keberadaan produk ini dengan cara membagikan konten yang menarik dan relevan serta dengan berinteraksi secara aktif dengan pengguna lainnya.

Hal ini dapat membantu bisnis untuk dapat memperluas jangkauan dan menarik lebih banyak pelanggan potensial.

3. Meningkatkan Impresi Akun

Impresi akun adalah cara yang tepat untuk mengetahui apakah pengguna media sosial lainnya tertarik dengan merek dan konten yang dibagikan. Social media management dapat membantu meningkatkan impresi akun dengan cara merespons komentar dan pesan, meminta umpan balik (feedback), serta mengadakan kontes atau kuis.

4. Menjadi Media yang Praktis

Sadar atau tidak, selama ini, kehadiran social media management dapat mengembangkan fungsi media. Pasalnya, dengan adanya pengelolaan media sosial yang baik, akun bisnis dapat diubah menjadi media promosi, informasi, dan berita yang praktis. 

Apalagi, sekarang sudah banyak pengguna media sosial banyak yang mengandalkan media sosial untuk mendapatkan informasi seputar produk yang dituju dan diinginkan.

Baca Juga: 5 Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Apa Saja Manfaat Social Media Management?

Selain fungsinya, kamu juga perlu mengetahui manfaat dari penggunaan social media management yang maksimal. Simak informasi selengkapnya dalam poin-poin berikut ini:

1. Meningkatkan Visibilitas dan Jangkauan Bisnis

Melalui pemanfaatan social media management, bisnis dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan bisnis mereka secara signifikan. Dalam era digital yang semakin berkembang, banyak orang yang menghabiskan waktu di media sosial. Jadi, memanfaatkannya dapat membantu bisnis untuk menjangkau target pasar yang lebih besar dengan mudah.

2. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Berinteraksi secara aktif dengan pengguna media sosial lain dengan merespons pertanyaan dan masukan hingga membagikan konten yang relevan dan menarik dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis kamu.

3. Memperoleh Informasi yang Berharga

Melalui social media management, bisnis dapat memperoleh informasi yang berharga mengenai target pasar. Hal ini umumnya meliputi preferensi dan kebiasaan, ulasan produk, serta trend yang terjadi di pasar. Lagi-lagi, hal ini berkaitan dengan strategi marketing yang tepat dan lebih efisien. 

4. Meningkatkan Efektivitas Iklan

Social media management dapat membantu meningkatkan efektivitas iklan dengan cara mengoptimalkan target pasar dan jenis konten yang dibagikan. Pemahaman tentang karakteristik pasar dan jenis konten yang paling efektif dapat mendorong sebuah bisnis untuk mendapatkan angka impresi yang lebih tinggi dari iklan yang terpasang di media sosial.

Baca Juga: Apa Itu Hard Skill dalam Dunia Pekerjaan?

Apa Saja Tugas Social Media Management?

Sampai di sini, apakah kamu sudah cukup memahami social media management? Namun belum cukup sampai di situ saja, kamu juga perlu mengenal apa saja tugas social media management. Berikut ini merupakan informasi selengkapnya:

1. Mengembangkan Strategi Media Sosial

Tugas pertama dalam social media management adalah mengembangkan strategi media sosial yang efektif. Hal ini meliputi menentukan media yang tepat, target pasar, jenis konten, serta tujuan pemasaran bisnis yang ingin dicapai.

2. Mengelola Konten

Tugas selanjutnya adalah mengelola konten yang akan dibagikan di media sosial. Hal ini meliputi memproduksi konten yang menarik, mengatur jadwal publikasi, dan memastikan konsistensi merek serta tone of voice dalam setiap konten yang dibagikan.

3. Memantau Performa

Social media management juga melibatkan pemantauan performa konten yang dibagikan dengan memantau hasil analisis seperti engagement rate, reach, dan impresi akun. Selanjutnya, dari data tersebut, social media management dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengoptimalkan konten dengan nilai hasil yang kecil.

4. Berinteraksi dengan Pengguna

Tugas terakhir dalam social media management adalah berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya. Hal ini dilakukan dengan melakukan berbagai aktivitas pada media sosial yang berkaitan dengan pengguna mulai dari membalas komentar, pertanyaan, hingga memberikan respons pada setiap keluhan yang disampaikan.

Melihat dari informasi di atas, dapat dikatakan bahwa social media management adalah salah satu lingkup kerja yang cukup rumit dengan cakupan kerja yang besar. Namun, tenang saja, tak sedikit dari mereka yang membagikan pengalamannya sebagai social media management berkata bahwa mengelola media sosial adalah sesuatu yang menyenangkan. 

Jadi, apakah kamu masih tetap tertarik pada bidang ini? Jika memiliki kemampuan dasar dalam hal memproduksi konten dan membuat sebuah media sosial menjadi lebih menarik dari segi kampanye pemasaran maupun tampilan, jangan tunda lagi untuk menjadi seorang ahli social media management!

GreatNusa siap membantu kamu dengan memberikan kursus tentang teknologi dan software untuk meningkatkan kemampuan agar lebih maksimal. GreatNusa menyediakan kelas kursus yang fleksibel dan adaptif, sehingga kamu memiliki kesempatan untuk belajar kapan pun dan di mana pun. 

Tunggu apalagi? Daftarkan diri kamu di GreatNusa sekarang dan pelajari beragam materi dengan metode pembelajaran yang praktis, aplikatif, serta berkualitas. 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok