KNOWLEDGE

11 Tipe Leadership yang Wajib Dipelajari Sebelum Menjadi Seorang Pemimpin

By greatnusa1 Februari 2023

Bagikan Artikel

11 Tipe Leadership yang Wajib Dipelajari Sebelum Menjadi Seorang Pemimpin

Sudahkah kamu mengetahui tipe leadership yang sesuai kepribadianmu? Ya, ada banyak tipe pemimpin yang berbeda ketika mereka memimpin anggota timnya.  Setiap orang memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda sehingga akan berpengaruh pada gaya kepemimpinannya. Kamu dapat menemukan berbagai tipe tersebut ketika masuk ke dalam dunia kerja.

Lantas, apa saja tipe leadership yang sering ada di dalam dunia kerja? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Fungsi Leadership

Alangkah baiknya kamu memahami fungsi leadership sebelum mengenal tipe-tipenya. Ada tiga fungsi penting kepemimpinan. Apa saja?

1. Menyusun Strategi

Kepemimpinan berfungsi untuk mengembangkan strategi dan taktik perencanaan yang tepat. Strategi memainkan peran penting dalam menentukan tindakan yang harus dilakukan oleh anggotanya agar lebih mudah dalam mencapai tujuannya. Pemimpin juga harus merencanakan taktik dalam meraih peluang baru serta mengelola risiko pada masa depan.

2. Menyelesaikan Masalah

Organisasi atau perusahaan tidak pernah lepas dari masalah. Pemimpin harus menyelesaikan masalah dan menghasilkan solusi yang cepat dan tepat. Mereka juga perlu memastikan agar masalah yang sama tidak terulang untuk kedua kalinya.

Baca juga: Ketahui 10 Manfaat Mentoring untuk Penunjang Karier

3. Mengorganisasi secara Teratur

Kepemimpinan juga berfungsi untuk mengatur anggota tim agar mampu menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan memberikan hasil yang baik. Pengorganisasian ini melibatkan pengaturan waktu yang efisien agar anggota tim bisa menghasilkan lebih banyak hasil pekerjaan. Pengelolaan tugas pun akan lebih teratur dan rapi apabila ada pengorganisasian yang baik.

Tipe Leadership Berdasarkan Gaya Kepemimpinan

Ada 11 tipe leadership yang kamu temukan dalam dunia kerja. Setiap tipe kepemimpinan tersebut memiliki tindakan tersendiri dalam menangani pekerjaannya. Apa saja tipe-tipe kepemimpinan tersebut?

1. Kepemimpinan Demokratis

Pemimpin demokratis selalu membuat keputusan berdasarkan pendapat dan masukan dari anggotanya. Mereka selalu mengajak anggota tim untuk terlibat aktif dalam diskusi, rapat, serta brainstorming ketika mengerjakan proyek baru. Kepemimpinan demokratis harus memiliki batasan karena pemimpin bisa saja kehilangan otoritasnya sewaktu-waktu.

2. Kepemimpinan Autokratis

Tipe leadership ini merupakan kebalikan dari kepemimpinan demokratis. Pemimpin autokratis memiliki otoritas penuh dalam membuat keputusan dan merasa tidak perlu melibatkan anggota timnya. Mereka juga berharap agar anggota tim bisa mengikuti keputusan yang telah ditetapkan.

3. Kepemimpinan Strategis

Pemimpin strategis selalu menggunakan kemampuan dan kapabilitasnya untuk membantu anggota tim dalam mencapai tujuan jangka panjang. Mereka selalu berusaha meyakinkan orang lain agar bisa memberikan performa terbaik dalam menyelesaikan tugasnya.

4. Kepemimpinan Transformasi

Kepemimpinan transformasi selalu mengedepankan perubahan dalam diri pemimpin, anggota tim, atau organisasi secara keseluruhan. Pemimpin berusaha memotivasi anggotanya agar bisa melakukan perubahan nyata melalui pekerjaan dan tindakannya. Tipe leadership ini akan berjalan efektif apabila anggota tim memiliki visi dan misi yang sama seperti pemimpinnya.

5. Kepemimpinan Transaksional

Kepemimpinan transaksional berorientasi pada tugas dan komando yang telah diberikan. Pemimpin tipe ini menerapkan sistem rewards and punishment dalam menjalankan tugasnya. Pemimpin akan memberikan penghargaan apabila anggota berhasil menyelesaikan tugasnya. Sebaliknya, pemimpin juga menetapkan hukuman kepada anggota tim jika melakukan pelanggaran.

6. Kepemimpinan Pembinaan

Tipe kepemimpinan yang sering disebut coaching-style leadership ini berfokus pada identifikasi kekuatan anggota tim. Pemimpin juga menerapkan strategi untuk mendorong keberhasilan anggotanya. Perbedaannya dengan kepemimpinan strategis terletak pada pengembangan potensi secara individual.

Baca juga: Ethical Leadership: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Prinsip Kerjanya

7. Kepemimpinan Situasional

Pemimpin situasional selalu bertindak sesuai situasi dan kondisi lingkungannya. Dalam konteks ini, pemimpin bertindak melalui arahan langsung, memberikan pelatihan dan dukungan kepada karyawan, serta mendelegasikan tugas atau pekerjaan.

8. Kepemimpinan Liberal

Sesuai istilahnya, pemimpin liberal selalu memberikan kebebasan kepada anggota timnya. Mereka tidak menuntut terlalu banyak, tetapi tetap harus mengawasi pekerjaan atau tugas yang diselesaikan oleh karyawan agar tetap terkontrol. Pemimpin tipe ini mengutamakan kenyamanan anggota dalam mengerjakan tugasnya agar selesai lebih cepat.

9. Kepemimpinan Visioner

Visioner berarti pemimpin memiliki tujuan yang berorientasi pada masa depan. Mereka selalu berusaha mewujudkan visi dan misi organisasi serta berinovasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Anggotanya didorong untuk mencoba hal-hal baru demi kemajuan organisasi yang lebih baik. Kepemimpinan ini lebih banyak ditemukan pada organisasi non-profit, terutama di bidang kemanusiaan.

10. Kepemimpinan Birokratis

Jenis kepemimpinan ini selalu mengacu pada aturan dalam menjalankan setiap aturannya. Kepemimpinan birokratis dapat mengurangi diskriminasi di antara anggota tim. Kelemahannya yaitu kreativitas anggota tim lebih dibatasi.

11. Kepemimpinan Karismatik

Pemimpin karismatik mempunyai kepribadian yang kuat dan menanamkan nilai positif dalam kehidupannya. Mereka juga bisa mengubah perspektif dan cara pandang anggotanya agar lebih baik.

Tips Leadership untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Selain mengenal tipe leadership di atas, kamu juga perlu mengetahui tips kepemimpinan yang wajib diterapkan. Apa saja tips leadership yang perlu dilakukan untuk menjadi pemimpin hebat?

1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Seorang pemimpin harus mengenali diri sendiri dengan lebih baik, terutama kelebihan dan kekurangannya. Mengidentifikasi kualitas diri berguna agar kamu makin memaksimalkan potensi sebagai seorang pemimpin. Lakukan refleksi dengan cara menuliskan kelebihan dan kekuranganmu. Minta juga pendapat orang lain agar tidak bias dalam menilai diri sendiri.

2. Kembangkan Keterampilan Teknis

Soft-skill kepemimpinan saja tidak cukup untuk menjadi seorang pemimpin. Kamu juga harus mengembangkan kemampuan teknis sesuai bidang pekerjaan yang diikuti. Ambillah kelas keterampilan teknis di GreatNusa berdasarkan minat dan keahlian yang kamu miliki atau bidang pekerjaan yang akan ditekuni. Anggota tim akan menilai kamu sebagai pemimpin yang bisa diandalkan karena sudah terampil di bidangnya.

Baca juga: 7 Manfaat Leadership di Perusahaan

3. Cari Mentor yang Berpengalaman

Mentor sangat berguna agar kamu bisa belajar lebih banyak tentang diri sendiri dan tujuan hidupmu. Pilihlah mentor yang memiliki pengalaman kepemimpinan dan reputasi yang baik. Pastikan juga mentor tersebut bisa dipercaya agar kamu bisa bercerita secara jujur dan terbuka serta mendapatkan saran yang membangun darinya.

4. Ikuti Kelas Kepemimpinan

Seorang pemimpin harus meningkatkan pengetahuannya mengenai kepemimpinan. Kamu bisa belajar melalui pengalaman dan peristiwa yang berlangsung saat ini. Akan lebih baik jika kamu mengikuti kelas kepemimpinan di GreatNusa untuk membentuk cara pandang yang tepat sebagai seorang pemimpin.

Ikutilah kelas Membangun Karakter Pemimpin dari GreatNusa sebagai langkah permulaan untuk memimpin diri sendiri. Kamu pun bisa membangun kepribadian yang matang dan tentunya berpengaruh pada tipe leadership yang diinginkan. Setelah menyelesaikan kelasnya, kamu akan mendapatkan sertifikat yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas sebagai seorang pemimpin di mata atasan maupun tim Human Resources Department (HRD) yang ada di perusahaan. Ayo, kembangkan jiwa kepemimpinan kamu melalui kelas-kelas yang ada di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok