COACHING

9 Fungsi Leadership yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

By greatnusa13 Februari 2023

Bagikan Artikel

9 Fungsi Leadership yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Ketika membicarakan keberhasilan suatu perusahaan maka salah satu faktor utama yang memainkan peran penting adalah kepemimpinan yang baik. Namun apa sebenarnya fungsi leadership

Pasalnya kepemimpinan tidak hanya tentang mengambil keputusan yang tepat, tetapi juga bagaimana cara memimpin karyawan dengan baik. Dalam artikel ini kamu akan diajak melihat apa saja fungsi dari leadership yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sukses.

Apa Itu Leadership?

Leadership dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memimpin, mengarahkan, dan menginspirasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin yang baik harus mampu memimpin dengan teladan, integritas, serta rasa tanggung jawab yang besar.

Leadership alias kepemimpinan juga melibatkan kemampuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan karyawannya. Meski dihadapkan dengan berbagai pilihan, seorang pemimpin tidak akan bingung tetapi justru siap mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai situasi berbeda. 

Apa Saja Tujuan Leadership?

Keberadaan leadership jelas memiliki tujuan. Perusahaan yang berhasil pasti didukung dengan arahan serta bimbingan yang jelas dari seorang pemimpin. Itu sebabnya leadership memiliki tujuan untuk mengarahkan dan membimbing setiap karyawan ke arah yang tepat. 

1. Mengarahkan 

Adanya suatu kepemimpinan dalam perusahaan bertujuan mengarahkan seluruh karyawan supaya bisa berjalan untuk mencapai tujuan bersama. Kalau tidak ada orang yang memimpin maka setiap karyawan akan bergerak ke arah yang berlawanan atau berbeda tanpa bisa mencapai tujuan. 

Perusahaan yang berjalan seperti ini jelas akan menemui kegagalan. Tinggal tunggu waktu saja sampai perusahaan tersebut kehilangan keseimbangannya dan menjadi bangkrut. 

2. Membimbing

Tujuan lain dari leadership ialah untuk membimbing seluruh karyawan ke arah yang benar. Bimbingan yang dimaksudkan bisa berupa evaluasi, masukan, hingga keputusan yang sudah diperhitungkan dengan banyak pertimbangan.

Baca Juga: Apa itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya? Bagaimana Cara Kerjanya? 

Apa Saja Fungsi Leadership yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin?

Fungsi dari leadership dalam suatu perusahaan tidak perlu diragukan lagi. Keberadaan pemimpin bisa digambarkan sebagai aturan lalu lintas. Ketika setiap pengendara berjalan ke tempat tujuannya masing-masing tanpa mengikuti peraturan maka keadaan lalu lintas pasti akan sangat kacau. Kemacetan dalam lalu lintas pasti tidak bisa dihindari lagi. 

Namun adanya aturan seperti rambu-rambu lalu lintas maka setiap pengendara bisa sampai tujuan dengan selamat. Dalam hal ini kepemimpinan juga memiliki tugas yang sama yaitu memastikan setiap aktivitas operasional bekerja dengan baik sebagaimana seharusnya. Fungsi kepemimpinan yang lainnya bisa kamu lihat berikut ini. 

1. Menetapkan Visi dan Tujuan

Seorang pemimpin berfungsi menetapkan visi dan tujuan jangka panjang agar perusahaan mampu bertahan dalam segala situasi. Visi yang jelas akan membantu memandu langkah-langkah yang diambil oleh karyawan sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif.

2. Membuat Rencana dan Strategi

Seorang pemimpin juga bertugas membuat rencana dan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Rencana yang baik akan memastikan perusahaan bisa berkembang sesuai harapan. 

3. Membangun Tim yang Kuat

Seorang pemimpin yang sukses harus mampu membangun tim yang kuat dan efektif dengan cara saling mendukung. Faktanya keberadaan tim yang solid akan membuat tujuan tercapai secara lebih cepat.

4. Mengelola Konflik

Konflik akan selalu terjadi dalam suatu perusahaan. Meski sudah dilakukan strategi untuk menghindarinya, terkadang konflik akan muncul pada waktu tidak terduga. Oleh karena itu seorang pemimpin harus mampu mengelola konflik yang terjadi dengan cara yang sehat dan konstruktif. 

5. Memberikan Motivasi dan Dukungan

Kepemimpinan akan sangat berpengaruh ketika berfungsi dengan baik. Sesederhana memberikan motivasi dan dukungan kepada karyawan saja sudah cukup untuk mencapai tujuan bersama. 

6. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Seorang pemimpin yang sukses harus mampu meningkatkan kinerja karyawan dengan memberikan umpan balik (feedback) yang konstruktif supaya tujuan bisa dicapai lebih cepat. Fungsi satu ini tidak bisa dihiraukan begitu saja karena evaluasi dan masukan merupakan faktor penting untuk perkembangan perusahaan.

7. Menjadi Teladan

Seorang pemimpin juga harus bisa menjadi teladan bagi seluruh karyawannya. Hal ini bisa ditunjukkan dengan sikap yang positif, etis, dan profesional. 

8. Membangun Hubungan yang Baik

Seorang pemimpin perlu membangun hubungan yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder), termasuk karyawan, investor, dan juga pelanggan. Hubungan yang baik jelas akan membantu memperkuat komunikasi, kemitraan, dan kredibilitas perusahaan.

9. Beradaptasi dengan Perubahan

Kemampuan beradaptasi perlu dikembangkan supaya dapat bertahan dengan perubahan lingkungan yang cepat dan tidak terduga. Kemampuan ini sangat efektif dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Baca Juga: 11 Tipe Leadership yang Wajib Dipelajari Sebelum Menjadi Seorang Pemimpin

Apa Saja Contoh Leadership?

Leadership sudah dilakukan dalam waktu yang lama. Meski musim dan keadaan berubah, kepemimpinan yang baik akan selalu dipraktikkan demi keberhasilan perusahaan. Beberapa contoh leadership yang akan membuat perusahaan berhasil ialah sebagai berikut. 

1. Memimpin dengan Contoh

Seorang pemimpin yang efektif jelas akan menginspirasi karyawan untuk mengikuti visi dan nilai-nilai yang dipegang. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memimpin melalui contoh. 

Ambil contoh ada seorang pemimpin yang ingin mempromosikan nilai kerja keras dan dedikasi. Jika ingin karyawan melakukannya maka pemimpin tersebut harus terlebih dahulu menunjukkan kerja keras dan dedikasi dalam tindakan sehari-hari.

2. Memprioritaskan Komunikasi

Dalam kepemimpinan harus ada komunikasi yang jelas dan terbuka di antara karyawan. Pemimpin harus menunjukkan kejelasan visi, tujuan, dan harapan kepada karyawannya supaya masing-masing individu dapat mengatur ekspektasi. Pemimpin juga harus siap membuka telinga untuk mendengarkan pendapat dan masukan demi perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Authentic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

3. Mendorong Kolaborasi

Seorang pemimpin biasanya mendorong kolaborasi di antara sesama karyawan supaya tercipta ide dan inovasi baru untuk pertumbuhan perusahaan. Kolaborasi yang kuat bahkan dapat meningkatkan efisiensi serta membantu menciptakan solusi kreatif untuk tantangan yang sedang dihadapi.

4. Mengambil Risiko yang Diperhitungkan

Dalam bisnis, risiko akan selalu ada seiring dengan perkembangan zaman. Itu sebabnya seorang pemimpin harus siap mengambil risiko yang sudah diperhitungkan untuk mencapai tujuan. Terlepas hasil akhirnya, pemimpin harus bisa mengajak seluruh karyawan untuk berpartisipasi demi keberhasilan bersama.

Fungsi leadership sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Ketika kepemimpinan berfungsi dengan baik maka tinggal tunggu waktu bagi perusahaan tersebut untuk naik ke level lebih tinggi. Persaingan yang ketat tidak akan membuatnya goyah, justru hal tersebut akan menjadi batu loncatan untuk melompat lebih tinggi.

Pastikan kamu memahami semua informasi di atas supaya bisa memimpin dengan baik. Keterampilan dalam memimpin juga harus dikembangkan terus-menerus agar perusahaan dapat selalu bertumbuh. 

Oleh karena itu kamu harus selalu belajar demi mendapatkan perspektif baru. GreatNusa adalah tempat yang tepat untuk kalau kamu ingin belajar tentang kepemimpinan. GreatNusa menawarkan berbagai kursus leadership yang dirancang untuk membantu kamu mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan mencapai kesuksesan yang lebih besar. 

Bergabunglah bersama GreatNusa sekarang dan kuatkan fungsi leadership kamu dalam perusahaan!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok