CAREERS

Performance Management: Pengertian, Tujuan, serta Manfaat Melakukannya bagi Leader

By greatnusa31 Maret 2023

Bagikan Artikel

Performance Management: Pengertian, Tujuan, serta Manfaat Melakukannya bagi Leader

Performance management adalah peran kunci dalam sebuah perusahaan untuk mencapai keunggulan yang kompetitif, terukur dan sehat. Performance management wajib dilakukan oleh seorang pemimpin, kepada karyawan-karyawannya untuk memastikan agar mereka tetap dapat bekerja dengan optimal. Selain itu, kegiatan ini dapat membantu perusahaan menghasilkan output sesuai dengan tujuan dan strategi perusahaan.

Jika kamu adalah seorang pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan, maka wajib memahami apa itu performance management beserta tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan. Mari simak bersama ulasan berikut ini.

Apa itu Performance Management?

Performance management adalah proses yang digunakan oleh manajer untuk mengukur, memantau, dan meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan utama dari performance management adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan dengan meningkatkan kinerja individu.

Proses performance management melibatkan beberapa langkah, seperti menetapkan tujuan yang jelas dan terukur untuk karyawan, memantau dan mengevaluasi kinerja mereka terhadap tujuan tersebut, memberikan umpan balik dan penghargaan yang konstruktif, serta mengidentifikasi dan mengatasi masalah kinerja.

Dalam praktiknya, performance management melibatkan berbagai alat dan teknik seperti kuesioner penilaian kinerja, metode 360 derajat, coaching, dan pengembangan karyawan.

Melakukan performance management yang efektif adalah penting bagi organisasi untuk memastikan bahwa karyawan bekerja secara efektif dan efisien, mencapai tujuan organisasi, serta meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, performance management juga dapat membantu karyawan merasa dihargai dan memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kinerja mereka.

Baca Juga: Critical Thinking: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Cara Melatihnya

Tujuan Performance Management

Performance management memiliki tujuan utama untuk menjaga agar kinerja tetap terlaksana dengan baik, dan stabil, baik di level karyawan maupun manajerial. Berikut adalah beberapa tujuan penting lainnya dari performance management, antara lain:

1. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tujuan utama dari performance management adalah untuk meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan umpan balik yang konstruktif, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan, serta menyusun rencana tindakan untuk meningkatkan kinerja karyawan yang kurang optimal.

2. Menyediakan Dasar untuk Pengambilan Keputusan yang Efektif

Performance management juga dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang efektif di dalam organisasi. Pengumpulan data kinerja karyawan, membantu manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat terkait dengan promosi, penghargaan, atau penurunan jabatan.

3. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Performance management dapat membantu meningkatkan keterlibatan karyawan dengan memberikan umpan balik yang terstruktur dan jelas tentang kinerja mereka. Karyawan yang merasa dihargai dan didukung akan lebih termotivasi untuk memberikan kinerja terbaiknya di tempat kerja.

4. Mengidentifikasi Peluang Pengembangan Karir

Performance management dapat membantu mengidentifikasi peluang pengembangan karir bagi karyawan di dalam organisasi. Pemahaman terhadap kekuatan dan kelemahan karyawan, akan membuat manajer dapat menawarkan pelatihan atau pengembangan keterampilan yang tepat untuk membantu karyawan mencapai tujuan karir mereka.

Baca Juga: Performance Management System: Bagaimana Cara Implementasinya?

5. Memperkuat Komunikasi

Performance management dapat membantu memperkuat komunikasi di antara manajemen dan karyawan. Umpan balik secara teratur, akan membuat manajer dapat memastikan bahwa karyawan memahami harapan mereka di tempat kerja dan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan masukan.

6. Meningkatkan Kinerja Organisasi secara Keseluruhan

Tujuan utama dari performance management adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Peningkatan kinerja karyawan, komunikasi, dan mengidentifikasi peluang pengembangan karir, performance management dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.

Manfaat Performance Management bagi Leader

Performance management adalah proses pengelolaan kinerja karyawan yang bertujuan untuk memastikan bahwa tujuan perusahaan tercapai melalui kinerja yang optimal dari setiap individu di dalam organisasi. Terdapat beberapa manfaat performance management bagi leader, antara lain:

1. Menentukan Prioritas Bisnis yang Jelas

Performance management membantu leader dalam menentukan prioritas bisnis yang jelas. Dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan, leader dapat mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki dan memprioritaskan tugas-tugas yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Memperjelas Tanggung Jawab Karyawan

Dalam performance management, karyawan diberikan target dan sasaran yang harus dicapai. Hal ini membantu leader untuk memperjelas tanggung jawab karyawan dan mengukur kinerja mereka secara teratur. Karyawan akan lebih memahami tugas dan tanggung jawab mereka, sehingga dapat bekerja dengan lebih efektif.

Baca Juga: Performance Appraisal Adalah: Fungsi, dan Cara Menilainya

3. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan dalam Mencapai Tujuan Perusahaan

Performance management juga dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan. Umpan balik yang terus-menerus dan memberikan penghargaan atas kinerja yang baik, membuat karyawan akan merasa dihargai dan terlibat dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan.

4. Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan

Dalam performance management, leader harus dapat memberikan umpan balik yang jujur dan konstruktif kepada karyawan. Hal ini dapat membantu leader dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka, seperti kemampuan untuk memberikan umpan balik yang efektif dan memimpin dengan contoh yang baik.

Dalam keseluruhan, performance management dapat membantu leader dalam memastikan bahwa setiap individu di dalam organisasi bekerja secara efektif dan produktif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Itulah tadi ulasan lengkap seputar performance management yang bisa diterapkan untuk peningkatan performa di perusahaan tempat kamu bekerja. Kegiatan ini wajib dilakukan secara rutin, agar kinerja karyawan tetap dalam kondisi optimal dan tetap sejalan dengan tujuan dari perusahaan kamu.

Namun jika masih ragu atau membutuhkan bantuan profesional seputar performance management, kamu bisa berpartisipasi di kursus pengembangan diri yang disediakan oleh GreatNusa.

GreatNusa adalah portal pembelajaran online dengan visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi “Harmonis, Ekselen, Berani, Amanah, dan Tangguh” (HEBAT) dengan materi pembelajaran berkualitas. 

Akses pembelajaran dengan mudah dari mana saja dan kapan saja tersedia dalam bentuk kursus gratis maupun kursus berbayar melalui website dan aplikasi GreatNusa. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi kami di sini atau bisa juga melalui email GreatNusa di kontak@greatnusa.com.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok