CAREERS

Komunikasi Bisnis Adalah: Definisi, Peran, dan Strateginya

By greatnusa28 April 2023

Bagikan Artikel

Komunikasi Bisnis Adalah: Definisi, Peran, dan Strateginya

Hampir setiap aspek kehidupan manusia selalu membutuhkan komunikasi. Begitu pula di lingkungan kerja, manusia perlu menerapkan komunikasi bisnis ketika berbicara bersama atasan dan rekan kerjanya. Komunikasi bisnis adalah salah satu jenis komunikasi yang perlu diterapkan di lingkungan kerja. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai komunikasi bisnis melalui bacaan berikut ini.

Memahami Komunikasi Bisnis

Apakah yang dimaksud komunikasi bisnis itu? Apa saja komponen penting yang harus ada dalam komunikasi bisnis? Semua jawabannya akan dijelaskan dalam dua bagian berikut.

1. Definisi Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi dan ide antara orang atau kelompok yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Dilakukannya komunikasi bisnis bertujuan untuk memfasilitasi kerja sama dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Komunikasi bisnis melibatkan penggunaan berbagai saluran komunikasi, mulai dari komunikasi tatap muka, surat, email, telepon, video konferensi, dan media sosial. Dalam konteks bisnis, komunikasi yang efektif sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman, meningkatkan kinerja, dan mencapai keberhasilan bisnis.

Komunikasi bisnis juga melibatkan penerapan norma dan etika bisnis yang sesuai standar profesional yang mencakup penggunaan bahasa yang sopan, menghormati privasi bisnis dan kerahasiaan data, serta menjaga kepercayaan antara pihak yang terlibat.

2. Komponen Penting dalam Komunikasi Bisnis

Komponen dalam komunikasi bisnis hampir sama seperti komponen komunikasi pada umumnya. Berikut beberapa komponen yang harus ada dalam komunikasi bisnis:

  • Tujuan penyampaian pesan
  • Pertukaran ide
  • Isi pesan dalam bentuk informasi, gagasan, opini, atau instruksi
  • Saluran langsung atau media komunikasi tertentu
  • Sinyal atau simbol
  • Pencapaian tujuan

Baca Juga : Marketing Communication Adalah: Definisi, Bentuk dan Manfaatnya

Pentingnya Komunikasi Bisnis yang Efektif

Mengapa komunikasi bisnis perlu diterapkan secara efektif? Pasalnya, komunikasi bisnis membawa dampak yang signifikan dan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis. Berikut dampak positif dan negatif dari penerapan komunikasi bisnis di lingkungan kerja.

1. Dampak Positif Komunikasi Bisnis yang Efektif

Komunikasi bisnis yang efektif akan membawa dampak positif sebagai berikut:

  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis serta mengurangi kesalahan dan meningkatkan kolaborasi di antara karyawan dan manajemen.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan karena komunikasi yang efektif berguna untuk memastikan bahwa pesanan pelanggan terpenuhi dan memberikan layanan yang baik.
  • Meningkatkan reputasi bisnis karena perusahaan mampu mengatasi masalah dan memperbaiki citra bisnis.
  • Meningkatkan inovasi dan kreativitas melalui pertukaran ide dan pendapat dalam perusahaan.
  • Meningkatkan kepuasan karyawan karena mereka bisa memahami tujuan bisnis dan merasa dihargai dalam perusahaan.
  • Meningkatkan kesuksesan penjualan dan keuntungan karena bisnis bisa memperkuat hubungan bisnis bersama klien dan memastikan kesepakatan bisnis tercapai sebaik mungkin.

2. Dampak Negatif Komunikasi Bisnis yang Kurang Efektif

Di sisi lain, ada juga dampak negatif yang perlu diwaspadai dari penerapan komunikasi bisnis yang kurang efektif. Apa saja?

  • Meningkatkan risiko kesalahan dan kekeliruan dalam bisnis karena pesan yang tidak jelas bisa menyebabkan kesalahan dalam pelaksanaan tugas dan pengambilan keputusan.
  • Meningkatkan ketidakpastian dan kebingungan di antara karyawan dan manajemen karena mereka merasa tidak memiliki arahan yang jelas.
  • Meningkatkan risiko konflik dan ketegangan di antara karyawan akibat kesalahpahaman atau ketidaksepakatan yang timbul karena kurangnya komunikasi yang efektif.
  • Meningkatkan biaya dan waktu yang tidak diperlukan dalam berbisnis karena perusahaan harus melakukan perbaikan atau pengulangan pekerjaan akibat pesan yang tidak jelas.
  • Menurunkan kinerja dan produktivitas karyawan karena kurangnya komunikasi yang efektif dapat mengurangi motivasi dan partisipasi karyawan.
  • Menurunkan kepercayaan dan citra bisnis karena rekan bisnis akan memiliki kesan bahwa perusahaan kurang profesional atau tidak menghargai pelanggan dan karyawan.

Baca Juga : Komunikasi Bisnis: Pengertian, Proses, Tujuan, Contoh, Serta Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Bisnis

Strategi Meningkatkan Komunikasi Bisnis

Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan komunikasi bisnis di lingkungan kerja? Lakukan lima strategi praktis di bawah ini.

1. Pahami Jenis-jenis Komunikasi Bisnis

Untuk meningkatkan komunikasi bisnis, kamu perlu memahami jenis-jenis komunikasi bisnis yang ada seperti:

  • Komunikasi internal ke atas: komunikasi dari bawahan ke atasan melalui sistem hierarki perusahaan.
  • Komunikasi internal ke bawah: komunikasi dari atasan ke bawahan.
  • Komunikasi bisnis internal lateral: komunikasi antarkaryawan di tempat kerja melalui saluran komunikasi tidak langsung seperti aplikasi perpesanan atau email.
  • Komunikasi eksternal: komunikasi bersama pihak luar seperti pelanggan, prospek, vendor, atau mitra.

Memahami jenis-jenis komunikasi bisnis di atas akan mempermudah kamu dalam menyusun strategi komunikasi yang tepat dan efektif sesuai situasi dan kondisi yang ada.

2. Hindari Kesalahan Umum dalam Komunikasi Bisnis

Kesalahan dalam komunikasi bisnis dapat mengganggu efektivitas pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari beberapa kesalahan umum seperti pesan yang kurang jelas disampaikan, sasaran komunikasi yang kurang tepat, penggunaan bahasa yang tidak sesuai, dan kurangnya feedback. Tujuan komunikasi bisnis akan tercapai apabila kamu bisa menghindari kesalahan tersebut.

3. Gunakan Teknologi untuk Meningkatkan Komunikasi Bisnis

Teknologi dapat membantu meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis, contohnya penggunaan aplikasi perpersanan atau video conference untuk menghubungkan karyawan yang berada di lokasi yang berbeda. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk mempermudah akses informasi, mengelola data, dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam proses bisnis.

4. Lakukan Pelatihan Komunikasi Bisnis untuk Karyawan

Pelatihan komunikasi bisnis dapat membantu meningkatkan kemampuan karyawan dalam berkomunikasi secara efektif dan memahami strategi komunikasi yang tepat untuk situasi yang berbeda. Selain itu, karyawan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi mereka dan memperbaiki kesalahan yang sering terjadi dalam komunikasi bisnis.

5. Tetap Konsisten dalam Komunikasi Bisnis

Konsistensi dalam komunikasi bisnis dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan citra perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga konsistensi dalam penyampaian pesan dan informasi serta memastikan bahwa pesan yang disampaikan selalu tepat, jelas, dan akurat. Alhasil, kamu bisa meningkatkan efektivitas komunikasi dan membangun hubungan yang baik antara karyawan dan manajemen serta pihak lain yang terlibat dalam bisnis.

Baca Juga : Ini Dia Contoh Brand Image yang Diperlukan Dalam Bisnis

Singkatnya, komunikasi bisnis adalah praktik yang perlu dikembangkan untuk mencapai tujuan perusahaan lebih efektif. Pelajari lebih lanjut mengenai komunikasi bisnis melalui kelas Basic Fundamentals in Business Communication di GreatNusa. Daftarkan dirimu untuk mengikuti kelasnya dan dapatkan pengetahuan yang menarik tentang komunikasi bisnis hanya bersama GreatNusa.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok