KNOWLEDGE

Tips SEO untuk Pemula Untuk Meningkatkan Visibilitas Websitemu

By greatnusa30 Maret 2023

Bagikan Artikel

Tips SEO untuk Pemula Untuk Meningkatkan Visibilitas Websitemu

Tips SEO untuk pemula sangat berguna bagi kamu yang memulai membangun atau ingin meningkatkan peringkat website yang sudah ada. Terutama bagi kamu yang sudah memiliki bisnis dan ingin calon konsumen atau audiens menemukan produk dan jasa yang bisnis kamu tawarkan. SEO terlihat sedikit kompleks bagi sebagian pemula, oleh karena itu artikel di bawah ini khusus untuk menjelaskan tips SEO untuk pemula. Simak penjelasannya di sini.

Mengenal SEO

SEO pada praktiknya adalah tentang bagaimana memenuhi kebutuhan pencarian dari pengguna melalui konten yang relevan, berkualitas tinggi dan informatif. SEO juga dibagi dalam dua kategori sebagai on page dan off page. Selain itu biasanya melibatkan kata kunci, content creation and optimization, technical optimization dan link building.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang secara sederhana cara kerjanya membantu menarik pengunjung situs website dan meningkatkan visibilitas di mesin pencari seperti Google, Microsoft Bing, atau Yahoo. Cara kerjanya adalah makin tinggi visibilitas pada laman pencarian maka makin besar kemungkinan sebuah situs website ditemukan.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi SEO

Selain mengenal SEO dan pengertiannya kamu juga harus memahami faktor-faktor apa saja yang memengaruhi SEO. Tips berikut perlu kamu terapkan agar semuanya berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Apa Itu Plugin Website? Serta Apa Saja Fungsinya dalam Kepentingan Website Bisnis?

Tips SEO untuk Pemula

Sebagai pemula dalam mengenal SEO tips ini sangat berguna, sekaligus bisa dipraktikkan. Berikut adalah beberapa tips SEO untuk pemula yang disediakan untuk kamu. 

Optimalkan kata kunci

Kata kunci berfungsi untuk menentukan posisi situs website di mesin pencari. Selain itu, menggunakan kata kunci yang tepat memudahkan audiens target menemukan laman kamu di mesin pencari.

1. Temukan kata kunci yang tepat

Untuk menemukan kata kunci yang tepat, kamu bisa menggunakan tools perencana kata kunci dari Google. Tools ini dapat menampilkan performa dan frekuensi audiens yang menelusuri istilah tertentu. Selain itu, dapat membantu untuk menemukan kata kunci baru atau dan saran untuk menggunakan suatu istilah tertentu. 

2. Tempatkan kata kunci secara strategis

Setelah memiliki daftar kata kunci, tidak cukup hanya sekadar memasukkan secara acak dalam konten. Kepadatan kata kunci adalah sinyal bagi mesin pencari untuk merangking website kamu dan mengenali kelompok kata kunci yang digunakan. Kepadatan kata kunci yang strategis jika ditempatkan pada judul konten baik artikel maupun meta title, kemudian letakkan pada struktur url, meta description, judul gambar konten, inbound link, dan terakhir masukkan di dalam konten.

Baca Juga : Cara Kerja SEO: Memahami Proses Optimasi Mesin Pencari

Buat konten berkualitas tinggi

Ada istilah yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Hal ini tentu benar adanya, bahkan Forbes juga mengakuinya. Oleh sebab itu konten yang akan disajikan harus menarik dan informatif. Tetapi, untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi kamu harus melakukan riset seberapa banyak audiens yang mencari topik tersebut.

1. Fokus pada konten yang orisinal dan bermanfaat

Ketika membuat konten ada baiknya kamu tentukan dahulu target audiens yang spesifik. Fokus terhadap hal ini akan membantu kamu untuk menarik mereka untuk lebih dekat dengan konten yang dibuat. Hal ini merupakan pendekatan strategis untuk menerobos jutaan konten yang ada saat ini.

2. Buat konten yang mudah dibaca dan dimengerti

Konten yang berkualitas tinggi salah satunya harus mudah dibaca dan dimengerti. Oleh karena itu buatlah konten yang seolah-olah kamu sedang bercerita. Sehingga siapa saja yang membacanya memahami dengan mudah. Selain itu, konten harus informatif dan bersifat edukatif tetapi tidak kaku agar audiens mudah mengingat apa yang kamu sajikan.

Perbaiki kecepatan website

Perlu kamu ketahui bahwa kecepatan website ternyata berpengaruh terhadap cara kerja SEO dan bounce rate. Mengapa demikian? Karena ketika situs website kamu susah untuk dimuat atau proses loading yang lambat akan segera ditinggalkan audiens. Akibat jangka panjangnya adalah konten kamu dianggap tidak relevan dengan kebutuhan audiens.

1. Kurangi ukuran gambar dan file

Salah satu cara optimasi kecepatan website adalah minifikasi ukuran gambar dan file agar mengurangi beban sebuah situs. Gambar dan file harus ringan tetapi tetap baik supaya memberikan akses yang cepat dan memudahkan audiens. Karena beban situs yang berat dapat kehilangan audiens. Bagi audiens praktis, cepat, dan informatif adalah keharusan.

2. Gunakan plugin caching

Plugin caching yang berguna untuk meningkatkan kecepatan pada website dan mengurangi penggunaan bandwidth. Jika aksesnya cepat maka konten kamu juga akan lebih mudah untuk ditemukan. 

Optimalkan struktur website

Kamu juga harus memiliki struktur website yang tertata dengan baik agar performanya dapat meningkat. Bahkan hal ini memudahkan mesin pencari untuk memahami apa yang disajikan oleh website kamu. Selain itu, memudahkan audiens untuk menjelajahinya dan membantu mereka menemukan informasi yang diinginkan. Mengedepankan visual yang baik dan tertata dapat memberi kepuasan kepada audiens.

1. Buat tautan internal yang relevan

Tautan internal adalah relevansi sebuah topik dengan konten berikutnya. Sehingga dapat menarik audiens untuk mengunjungi konten berikutnya. Manfaatnya dapat menurunkan bounce rate dan hal tersebut tentu membuat audiens betah untuk menjelajahi konten apa saja yang kamu sajikan.

2. Sederhanakan struktur website

Caranya adalah membuat struktur yang jelas dan mudah dipahami. Hierarki penataan halaman yang sederhana akan mudah untuk dijelajahi. Penataan halaman utama, penempatan tombol menu, menyajikan visual yang menarik, serta navigasi yang sederhana.

Baca Juga : SEO On-Page: Pengertian dan Tugasnya

Gunakan social media untuk mendukung SEO

Cara kerja social media sangat sederhana. Ketika konten yang kamu sajikan menarik dan bernilai tinggi maka lebih banyak pengguna yang membagikannya. Sangat tepat untuk menggunakan social media untuk meningkatkan visibilitas dang mendukung SEO.

1. Bagikan konten website ke social media

Menjadwalkan untuk menggunakan social media dan membagikan konten website secara berkala dapat menjaring pengguna. Sajikan sesuatu yang menarik dan gunakan kampanye yang tepat agar konten yang dibagikan lebih relevan dengan tujuan maupun kebutuhan pengguna. Salah satu manfaatnya adalah mendapatkan backlink ke website kamu. Karena makin banyak dibagikan, dan menjaring banyak pengguna, otomatis mereka akan kembali dan mengunjungi website tersebut.

2. Jadilah aktif di social media

Aktif di social media akan memberikan kamu informasi tentang apa yang sedang trend dan topik apa yang gencar dibahas. Dari informasi ini kamu dapat membuat topik yang relevan dan buat kampanye yang sesuai dengan konten kamu. Ajak mereka untuk terlibat dalam kampanye kamu dan sesekali ikut berinteraksi dan ketahui apa yang mereka inginkan.

SEO adalah teknik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas lalu lintas ke sebuah website melalui mesin pencari. Tips SEO untuk pemula dapat memahami bagaimana cara kerjanya. Langkah selanjutnya harus memiliki kata kunci, konten yang relevan dan berkualitas, serta perhatikan kecepatan website. Cara ini akan membantu sebuah konten untuk dijangkau oleh banyak audiens dan ketika kamu sudah memahaminya maka dapat dicoba untuk diterapkan.
Layaknya SEO yang bekerja untuk meningkatkan lalu lintas website, di GreatNusa kamu juga bisa pelajari tips dan trik untuk interview yang membuat kamu terlihat profesional di depan HRD.  Cek sekarang juga.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok