ENTREPRENEURS

Digital Leadership: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya dalam Era Digital

By greatnusa29 Maret 2023

Bagikan Artikel

Digital Leadership: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya dalam Era Digital

Digital leadership adalah kemampuan kepemimpinan yang sangat penting di era transformasi digital. Kemampuan ini sangat diharapkan untuk mampu mengawal pemanfaatan dan perubahan teknologi dengan cepat dan tepat di berbagai sektor industri.

Hadirnya pemimpin yang memiliki kemampuan digital leadership dapat mendorong percepatan transformasi digital dalam suatu perusahaan. Lantas, apakah sebenarnya digital leadership itu? Dan bagaimanakah karakteristik dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam era digital saat ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Digital Leadership

Digital leadership adalah kemampuan untuk memimpin dan mengelola perusahaan atau organisasi dalam era digital yang terus berkembang. Pemimpin digital harus memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi, kecepatan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, serta kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk berinovasi dan mencapai tujuan bisnis melalui teknologi digital.

Dilansir dalam situs web menpan.go.id, Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), menyatakan bahwa untuk melakukan transformasi teknologi, digital leader harus mampu memanfaatkan aset digital yang ada, untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Selain itu, seorang digital leader juga dapat berkolaborasi dan berinovasi dengan stakeholder lain untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan.

Baca juga: Leadership Training: Pengertian, Tujuan, serta Manfaatnya

Karakteristik Digital Leadership

Teknologi digital telah mentransformasi lingkungan persaingan di dalam organisasi atau perusahaan. Para pemimpin dituntut untuk mengembangkan keterampilan baru, untuk menjadi navigator perusahaan agar dapat mengarungi masa depan yang tidak pasti.Kemudian secara berangsur-angsur, digital leadership ini adalah tipe kepemimpinan masa depan yang paling dibutuhkan perusahaan.

Seorang pemimpin digital harus memiliki beberapa karakteristik penting, di antaranya:

1. Memiliki Visi yang Jelas terhadap Digitalisasi

Pemimpin digital harus memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi dan kekuatan transformasinya. Mereka harus mampu memvisualisasikan bagaimana teknologi dapat membantu organisasi mencapai tujuannya dan mengomunikasikan visi tersebut dengan jelas kepada karyawan serta pemangku kepentingan lainnya.

2. Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Pemimpin digital harus fleksibel dan dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis. Mereka harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa organisasi tetap kompetitif dan relevan.

3. Mempunyai Kemampuan Teknis yang Cukup

Pemimpin digital harus memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi dan kemampuan untuk menggunakannya secara efektif. Mereka harus mampu memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Baca juga: 9 Fungsi Leadership yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

4. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Efektif

Pemimpin digital harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan karyawan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya. Mereka harus mampu memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk berinovasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis.

Keuntungan Digital Leadership dalam Era Digital

Digital Leadership adalah peran kunci untuk posisi terdepan dalam mengambil keputusan hingga menciptakan inovasi-inovasi baru bagi perusahaan. Selain itu, digital leadership dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis, di antaranya:

1. Mengoptimalkan Kinerja Bisnis dengan Teknologi

Pemimpin digital dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat waktu respons terhadap pelanggan. Mereka juga dapat mengumpulkan dan menganalisis data untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

2. Menyediakan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Pemimpin digital dapat menggunakan teknologi untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Mereka dapat meningkatkan aksesibilitas layanan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan responsif.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Pemimpin digital dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam bisnis. Mereka dapat mengotomatisasi proses bisnis dan mengurangi biaya operasional.

4. Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi

Pemimpin digital dapat mendorong karyawan untuk berinovasi dan mengembangkan ide-ide baru dengan memanfaatkan teknologi. Mereka dapat memperkenalkan alat dan platform baru untuk memungkinkan kolaborasi dan pertukaran ide dan inovasi yang lebih cepat, terintegrasi, dan tanpa hambatan.

Implementasi Digital Leadership dalam Bisnis

Peluang karier dan bisnis yang besar menanti untuk para pemimpin yang memiliki kemampuan digital leadership. Digitalisasi bisnis sudah menjadi tolak ukur utama bagi setiap perusahaan untuk bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional. Untuk mengimplementasikan digital leadership dalam bisnis, pemimpin perusahaan perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:

1. Memimpin Perubahan Menuju Era Digital

Pemimpin perusahaan harus memimpin transformasi digital dalam organisasi dan membuat perubahan yang diperlukan untuk mengadopsi teknologi baru dan meningkatkan efisiensi operasional.

Baca juga: Participative Leadership: Pengertian, Tujuan, Ciri, Serta Cara Menerapkannya

2. Membangun Budaya Organisasi yang Mendukung Inovasi dan Digitalisasi

Pemimpin perusahaan harus membangun budaya organisasi yang mendorong inovasi dan digitalisasi. Mereka harus mendorong karyawan untuk berinovasi dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan keterampilan teknis.

3. Mengembangkan Keterampilan dan Kompetensi Digital

Pemimpin perusahaan harus memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan dan kompetensi digital yang cukup untuk mengadopsi teknologi baru dan bekerja dengan efektif dalam lingkungan digital. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan teknis kepada karyawan.

Dalam rangka untuk mencapai keberhasilan dalam era digital, pemimpin perusahaan harus memahami bagaimana teknologi dapat membantu organisasi mencapai tujuan bisnis mereka. Mereka harus memiliki visi yang jelas tentang bagaimana teknologi dapat mengubah bisnis mereka dan harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis. 

Implementasi digital leadership pada bisnis akan membuat perusahaan dapat meningkatkan kinerja mereka, menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Itulah tadi penjelasan lengkap seputar digital leadership yang bisa kamu terapkan untuk peningkatan performa kamu sebagai seorang pemimpin di organisasi atau perusahaan di era digital ini. Meskipun secara umum semua orang dapat mempelajari kemampuan ini, tetapi hanya sedikit saja yang mampu mengaplikasikannya dalam dunia kerja nyata. Kunci untuk bisa sukses sebagai digital leader adalah keterbukaan pikiran yang luas, serta fokus yang tinggi.

Jika kamu membutuhkan pengetahuan lebih lanjut tentang digital leadership, serta cara mengaplikasikannya di dunia pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, kamu bisa berpartisipasi di kursus pengembangan diri yang disediakan oleh GreatNusa.

GreatNusa adalah portal pembelajaran online dengan visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi “Harmonis, Ekselen, Berani, Amanah, dan Tangguh” (HEBAT) dengan materi pembelajaran berkualitas. 

Akses pembelajaran dengan mudah dari mana saja dan kapan saja tersedia dalam bentuk kursus gratis maupun kursus berbayar melalui website dan aplikasi GreatNusa. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi kami di sini atau bisa juga melalui email GreatNusa di kontak@greatnusa.com.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok