CAREERS

Career Development: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Memulainya

By greatnusa1 Februari 2023

Bagikan Artikel

Career Development: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Memulainya

Career development adalah proses krusial bagi kamu yang ingin mencapai tujuan karier. Karier yang sukses memerlukan perencanaan yang baik, pembelajaran yang terus-menerus, serta pengembangan keterampilan sesuai industri atau bidang yang diinginkan. Kamu juga akan tetap relevan dan mampu beradaptasi dengan perubahan di dunia karier.

Lantas, apa yang dimaksud dengan career development? Apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari program ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Career Development

Pengembangan karier atau career development adalah proses pengembangan kemampuan, keterampilan, dan pengalaman kerja seseorang agar mencapai tujuan karier yang diinginkan. Proses ini perlu dijalankan secara sistematis dan berkelanjutan serta mencakup pemilihan jalur karier, pelatihan dan pengembangan, serta penentuan tugas dan tanggung jawab sesuai tujuan karier yang telah ditetapkan.

Career development bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, serta pengalaman karyawan dalam mencapai tujuan karier. Tujuan career development bisa dicapai melalui berbagai strategi, mulai dari pendidikan formal dan non-formal, pelatihan, pengalaman kerja, dan mentoring. Sebelum memulai program career development, kamu harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti minat, keahlian, dan pengalaman kerja sebelum memilih jalur karier yang sesuai. 

Perusahaan juga dapat memainkan peran penting dalam pengembangan karier karyawannya. Mereka bisa memberikan pelatihan dan pengembangan sesuai kebutuhan untuk membantu karyawan mencapai tujuan karier yang dibutuhkan. Program pelatihan dan pengembangan ini juga berguna untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Manfaat Career Development

Program career development memiliki manfaat yang besar apabila diterapkan di perusahaan. Apa saja manfaatnya?

1. Karyawan Memahami Minat

Program pengembangan karier dapat menjadi sarana bagi karyawan untuk bisa memahami diri sendiri serta menemukan passion-nya. Manfaat ini juga berdampak pada peningkatan produktivitas, kreativitas, serta inovasi dalam bekerja. Karyawan yang bekerja sesuai passion akan menghasilkan kualitas kerja yang lebih baik daripada yang bekerja karena unsur paksaan.

2. Kesejahteraan Meningkat

Program career development merupakan bentuk jaminan kesejahteraan bagi karyawan. Mereka akan lebih baik dalam bekerja jika kesejahteraannya meningkat. Perusahaan yang menyediakan program ini berpeluang mendapatkan karyawan yang lebih loyal dan mudah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatur Manajemen Waktu yang Tepat?

3. Relasi Berkembang

Karyawan berkesempatan untuk menjalin relasi bersama pihak dari perusahaan lain. Mereka bisa menghasilkan ide segar dan bermanfaat bagi perusahaan. Karyawan pun bisa berinteraksi bersama orang dari luar perusahaannya serta saling berdiskusi untuk pengembangan bisnis pada masa depan.

4. Partisipasi Karyawan Meningkat

Karyawan berkualitas melalui career development selalu turun tangan dalam setiap pekerjaan di perusahaan. Partisipasi karyawan dapat meningkat sehingga mereka mempunyai rasa saling memiliki. Loyalitas mereka juga akan meningkat setelah memberikan banyak partisipasi untuk perusahaan. Manfaat ini juga mengurangi kemungkinan karyawan pindah ke perusahaan lain.

5. Motivasi Bekerja Meningkat

Pengembangan karier dapat meningkatkan rasa percaya diri karyawan serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang. Alhasil, motivasi kerja dan kinerja karyawan pun meningkat. Mereka juga berpeluang menghasilkan prestasi yang lebih baik dan bermanfaat bagi perusahaan.

Contoh Tujuan Career Development

Alangkah baiknya kamu memiliki tujuan sebelum mengikuti program career development. Berikut ini sejumlah contoh tujuan yang bisa kamu terapkan untuk memajukan kariermu:

  • Memperluas hubungan profesional dan networking.
  • Meningkatkan skill manajemen waktu dan produktivitas selama bekerja.
  • Mendapatkan sertifikat baru.
  • Membaca dua buku pengembangan karier dalam sebulan. 
  • Menyelesaikan pelatihan manajemen.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi di tempat kerja.
  • Bergabung ke dalam organisasi profesional yang terkait dengan karier saat ini atau impian kamu.
  • Meningkatkan tanggung jawab dan tugas di tempat kerja.
  • Meminta promosi dalam perusahaan kamu. 
  • Memilih keterampilan yang ingin ditingkatkan dan fokus mempelajarinya selama sebulan.
  • Mengelola energi kamu menjadi lebih baik dan mengembangkan growth-mindset.

Cara Memulai Career Development

Sudahkah kamu mengetahui tujuan career development yang ingin dicapai? Lakukanlah langkah di bawah ini untuk memulai proses pengembangan kariermu.

1. Tentukan Tujuan Besar

Program pengembangan karier akan lebih efektif kalau kamu mempunyai tujuan besar yang ditetapkan. Kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan berikut untuk menentukan tujuanmu:

  • Di mana kamu ingin bekerja dalam lima atau sepuluh tahun ke depan? 
  • Apa jabatan yang ingin kamu miliki? 
  • Perusahaan atau industri mana kamu ingin bekerja? 
  • Apa pencapaian yang ingin kamu raih? 

2. Lihat Penilaian Kinerja Terbaru

Terkadang kamu merasa ragu dalam menentukan tujuan. Solusinya, kamu perlu meninjau penilaian kinerja terbaru serta rekomendasi atasan untuk ditingkatkan. Contohnya, atasan ingin kamu bisa lebih banyak tugas secara tepat waktu. Kamu pun memiliki dasar yang kuat dalam membangun tujuan profesional. Tidak hanya itu, kamu juga akan berusaha memperbaiki kekurangan hingga mencapai hasil yang diharapkan.

Baca juga: 6 Prospek Kerja Bisnis Digital dan Kualifikasinya

3. Gunakan Metode SMART

SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound) merupakan metode yang bermanfaat untuk menetapkan tujuan. Metode SMART memastikan agar tujuan kamu dapat dijalankan, realistis, dan terukur. Kamu pun tetap berada pada jalur karier yang diinginkan dan makin termotivasi dalam mencapai tujuan.

4. Bagi Tujuan Besar Menjadi Tugas yang Lebih Kecil

Langkah ini memungkinkan kamu untuk mampu terus mencapai tujuan tersebut. Dari tujuan besar yang kamu tetapkan, bagilah menjadi tugas yang bisa diselesaikan setiap hari atau minggu. Centang setiap tugas setelah menyelesaikannya untuk menunjukkan kemajuan yang telah dibuat.

5. Tinjau Progres secara Teratur

Terkadang kamu akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pengembangan karier. Inilah pentingnya memeriksa progres secara teratur dan meninjaunya kembali. Menyadari bahwa kamu membuat kemajuan menuju setiap tujuan akan membuatmu termotivasi. Selain itu, kamu pun sadar bahwa saat ini sedang berada pada jalur yang tepat untuk mencapai setiap aspirasi.

Tips agar Karier Bisa Berkembang

Merasa bahwa proses career development kamu sedang berada pada posisi yang stagnan? Lakukan empat langkah di bawah ini agar kariermu terus berkembang.

1. Memiliki Kesadaran Diri

Kesadaran diri tidak terbatas pada mengenal kelebihan dan kemampuan saja. Kamu juga perlu mengetahui kelemahanmu dan memperbaikinya setiap saat. Ambil juga peluang baru dalam karier serta lakukan berbagai cara untuk berhasil di dalamnya. Selalu minta umpan balik (feedback) dari orang di sekitar untuk membantu mengenali dirimu sendiri.

Baca juga: Komunikasi Bisnis: Pengertian, Proses, Tujuan, Contoh, Serta Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Bisnis

2. Berinisiatif dan Berpartisipasi

Inisiatif dan menawarkan diri dalam pekerjaan merupakan peluang baik untuk mengembangkan dirimu. Kamu pun berkesempatan untuk bekerja bersama orang baru. Lagipula, orang yang mau bekerja lebih keras serta memberikan lebih banyak kontribusi berpotensi mendapatkan pengakuan. Pengakuan ini berguna untuk pembuktian diri yang penting untuk pengembangan kariermu.

3. Bangun Jalinan Relasi

Pengembangan karier tidak pernah lepas dari jalinan relasi. Relasi tidak hanya sebatas karyawan di perusahaan, namun bisa pula relasi eksternal seperti teman, mentor, investor, bahkan pelanggan atau klien. Pastikan kamu berhubungan baik dengan setiap orang serta menawarkan bantuan kepada mereka. Niscaya mereka akan menolongmu ketika kamu membutuhkan bantuan. 

4. Kembangkan Soft-Skill

Kunci penting dalam career development adalah soft-skill. Kamu juga perlu meningkatkan soft-skill agar bisa berinteraksi bersama orang lain secara efektif. Kemampuan soft-skill yang baik juga dapat membantumu dalam mengerjakan setiap tugas yang harus diselesaikan selama bekerja. 

Nah, bagaimana cara efektif untuk mengembangkan soft-skill? Ikuti saja kelas Tingkatkan Kesuksesan Karir dengan Mengembangkan Keterampilan Soft Skill dari GreatNusa. Kamu bisa mempelajari nilai dan prinsip soft-skill agar memiliki panduan yang jelas dalam menerapkannya. Daftarkan dirimu untuk mengikuti kursusnya dan kejarlah kesuksesan melalui career development bersama GreatNusa.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok