ENTREPRENEURS

Apa Saja Aspek-Aspek Teknis dan Teknologi dalam Studi Kelayakan Bisnis?

By greatnusa7 Februari 2023

Bagikan Artikel

Apa Saja Aspek-Aspek Teknis dan Teknologi dalam Studi Kelayakan Bisnis?

Aspek teknis dan teknologi dalam studi kelayakan bisnis adalah bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Dalam aspek teknis dan teknologi, beberapa hal yang dianalisis antara lain: kualitas produk atau jasa, biaya produksi, proses produksi, jadwal produksi, serta ketersediaan bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan.

Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan pembahasan tentang aspek teknis dan teknologi dalam studi kelayakan bisnis, termasuk pengertian, hal yang dianalisis, serta isi dari studi kelayakan bisnis dan aspek-aspek yang dibahas dalam studi tersebut. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Aspek Teknis dan Teknologi?

Aspek teknis dan teknologi adalah bagian dari analisis dalam studi kelayakan bisnis yang bertujuan untuk mengevaluasi aspek teknis dan aspek teknologi yang digunakan dalam suatu bisnis. Analisis ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dijual memiliki kualitas yang baik, serta proses produksi dan pengoperasian bisnis dapat dilakukan dengan efisien dan efektif.

Aspek teknis meliputi analisis produk atau jasa yang akan dijual serta proses produksi dan pengoperasian bisnis. Aspek ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, analisis ini juga dilakukan untuk mengetahui biaya produksi, jadwal produksi, serta ketersediaan bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi dan pengoperasian bisnis.

Aspek teknologi meliputi analisis teknologi yang digunakan dalam proses produksi atau pengoperasian bisnis, seperti peralatan dan bahan baku yang digunakan. Analisis ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses produksi dan pengoperasian bisnis dapat dilakukan dengan efisien dan efektif. Selain itu, analisis teknologi juga bertujuan untuk mengetahui apakah teknologi yang digunakan dalam bisnis tersebut sudah sesuai dengan standar teknologi yang ada atau perlu diperbarui.

Analisis aspek teknis dan teknologi merupakan bagian penting dari studi kelayakan bisnis yang harus dilakukan sebelum memulai suatu bisnis agar dapat memastikan keberhasilan bisnis pada masa yang akan datang. Jadi, tingkat keberhasilan bisnis tersebut dapat meningkat dan pebisnis jadi lebih bisa menghindari kerugian karena masalah teknis dan teknologi.

Baca Juga: 5 Contoh Bisnis yang Menggunakan Teknologi Informasi di Indonesia

Apa Saja yang Dianalisis Dalam Aspek Teknis dan Teknologi?

Aspek teknis dan aspek teknologi diperlukan untuk memastikan bahwa bisnis yang akan dilakukan memiliki produk atau jasa yang baik, proses produksi yang efisien, pengoperasian bisnis yang efektif, dan teknologi yang sesuai dengan standar yang ada. Berikut ini adalah hal-hal yang dianalisis oleh kedua aspek tersebut.

Aspek Teknis

Dalam aspek teknis, beberapa hal yang dianalisis antara lain:

  • Produk atau jasa yang akan dijual, termasuk spesifikasi, kualitas, dan kebutuhan pasar.
  • Proses produksi, termasuk desain produk, proses pembuatan, jadwal produksi, dan biaya produksi.
  • Pengoperasian bisnis, termasuk organisasi, prosedur operasional standar (SOP), dan pemeliharaan peralatan.

Aspek Teknologi

Dalam aspek teknologi, beberapa hal yang dianalisis antara lain:

  • Teknologi yang digunakan dalam proses produksi, termasuk peralatan dan bahan baku yang digunakan.
  • Tingkat kecanggihan teknologi yang digunakan dan apakah sesuai dengan standar teknologi yang ada.
  • Kemungkinan perkembangan teknologi pada masa yang akan datang dan dampaknya terhadap bisnis.
  • Kemungkinan dibutuhkan modifikasi teknologi yang digunakan dalam proses produksi dan pengoperasian bisnis.
  • Analisis biaya dan manfaat dari perubahan teknologi yang diusulkan.

Baca Juga: Apa Peranan Teknologi Informasi dalam Perusahaan? Apakah itu Penting?

Apa Saja Isi dari Studi Kelayakan?

Studi kelayakan bisnis adalah evaluasi terperinci dari sebuah proyek atau bisnis yang akan dilakukan. Isi dari studi kelayakan meliputi berbagai aspek yang diperlukan untuk menentukan kelayakan dari bisnis tersebut.

1. Pendahuluan

Pendahuluan, seperti namanya, merupakan bagian pembuka dari studi kelayakan bisnis yang kamu buat. Biasanya, pendahuluan akan berisi latar belakang bisnis atau proyek yang dijalankan, tujuan dari bisnis atau proyek tersebut, dan metodologi yang digunakan dalam studi kelayakan.

2. Gambaran Umum

Pada bagian gambaran umum, seperti namanya, kamu harus memberikan gambaran secara umum mengenai perusahaan serta manajemennya. Biasanya, kamu dapat memberikan deskripsi singkat tentang perusahaan, sejarah, visi, misi, struktur organisasi, dan profil manajemen.

3. Aspek Studi Kelayakan

Bagian ini merupakan inti dari studi kelayakan yang dilakukan. Ada berbagai macam aspek yang perlu dianalisis agar sebuah bisnis atau proyek dapat dianggap layak untuk dijalankan, antara lain:

  • Pasar
  • Teknis dan Teknologi
  • Keuangan
  • Manajemen
  • Risiko
  • Lingkungan
  • Legal dan Hukum

4. Penutup

Setiap laporan tentu saja harus diberikan penutup agar terlihat formal dan profesional. Pada bagian penutup, kamu bisa memberikan kesimpulan mengenai studi kelayakan ini serta rekomendasi jika ada.

Baca Juga: Bagaimana Fungsi Laporan Keuangan bagi Pihak Manajemen?

Apa Saja Aspek Studi Kelayakan Bisnis?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, isi dari studi kelayakan bisnis meliputi aspek-aspek yang harus dianalisis. Berikut ini adalah aspek-aspek dari studi kelayakan bisnis.

1. Aspek Pasar

Aspek pasar meliputi analisis mengenai permintaan, potensi pasar, persaingan, dan segmentasi pasar. Menganalisis aspek ini dapat membantu untuk mengetahui pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan dijual dan menentukan strategi pemasaran yang efektif.

2. Aspek Teknis dan Teknologi

Aspek teknis dan teknologi meliputi analisis mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, proses produksi, pengoperasian bisnis, dan teknologi yang digunakan. Menganalisis aspek ini dapat membantu untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang akan dijual memiliki kualitas yang baik, proses produksi yang efisien, dan pengoperasian bisnis yang efektif.

3. Aspek Keuangan

Aspek keuangan meliputi analisis mengenai proyeksi pendapatan, biaya, dan laba, serta analisis investasi dan aliran kas. Menganalisis aspek ini dapat membantu untuk menentukan apakah bisnis yang akan dilakukan menguntungkan atau tidak dan dapat mengembalikan investasi yang dilakukan.

4. Analisis Manajemen

Aspek manajemen meliputi proses evaluasi organisasi, sumber daya manusia, dan sistem manajemen yang digunakan dalam bisnis. Menganalisis aspek ini dapat membantu untuk memastikan bahwa bisnis dapat dioperasikan dengan efektif dan efisien.

5. Analisis Risiko

Aspek risiko meliputi proses evaluasi potensi risiko yang mungkin muncul dalam bisnis. Risiko yang mungkin muncul dapat berasal dari berbagai sumber, seperti perubahan pasar, kondisi ekonomi, atau kondisi internal dari bisnis itu sendiri.

6. Analisis Lingkungan

Aspek lingkungan meliputi proses evaluasi faktor-faktor lingkungan yang dapat atau akan memengaruhi bisnis. Faktor-faktor ini dapat berupa faktor eksternal maupun internal yang dapat memengaruhi kinerja bisnis.

7. Aspek Legal dan Hukum

Aspek legal dan hukum meliputi analisis perizinan, peraturan perdagangan, perlindungan hak cipta, perlindungan data dan privasi, serta peraturan lingkungan dan keselamatan kerja yang berlaku. Menganalisis aspek ini penting dilakukan agar dapat membantu untuk menghindari risiko hukum dan reputasi yang mungkin timbul pada masa depan.

Baca Juga: 4 Langkah Evaluasi Strategi Perusahaan yang Efektif

Apa Saja Aspek-Aspek Teknis dan Teknologi dalam Studi Kelayakan Bisnis?

Aspek teknis dan teknologi dalam studi kelayakan bisnis meliputi analisis yang berkaitan dengan desain, pengembangan, dan implementasi teknologi dalam bisnis. Beberapa aspek teknis dan teknologi yang dianalisis dalam studi kelayakan bisnis adalah:

  • Desain produk atau jasa: Meliputi evaluasi desain produk atau jasa yang akan ditawarkan, termasuk spesifikasi teknis, desain estetika, dan keamanan produk.
  • Kemampuan produksi: Meliputi evaluasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk atau jasa, termasuk kapasitas produksi, proses produksi, dan efisiensi produksi.
  • Sumber daya teknis: Meliputi evaluasi sumber daya teknis yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, termasuk peralatan, mesin, dan perangkat lunak yang diperlukan.
  • Kompetensi teknis: Meliputi evaluasi kompetensi teknis tim yang akan mengelola bisnis, termasuk kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan dalam bidang teknologi yang relevan.
  • Ketersediaan teknologi: Meliputi evaluasi ketersediaan teknologi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, termasuk ketersediaan teknologi di pasaran, biaya, dan risiko teknologi.
  • Standar industri: Meliputi evaluasi standar industri yang berlaku dan bagaimana produk atau jasa yang akan ditawarkan memenuhi standar tersebut.

Apakah kamu sudah mengerti mengenai aspek teknis dan teknologi dalam studi kelayakan bisnis yang disampaikan di atas? Jika kamu merasa masih harus mempelajarinya lebih lanjut, langsung saja ikuti kursus mengenai bisnis dari GreatNusa. Kamu bisa mempelajari bisnis dengan mudah secara online dan diajarkan oleh para ahlinya, lho. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok