CAREERS

SEO Writer Adalah: Pengertian, Peran, Cara Memilih dan Tipsnya

By greatnusa18 April 2023

Bagikan Artikel

SEO Writer Adalah: Pengertian, Peran, Cara Memilih dan Tipsnya

SEO writer adalah profesi yang sedang dicari pada era digital ini. Hampir seluruh bisnis membutuhkan SEO writer karena merekalah yang bisa meningkatkan kesuksesan strategi digital marketing yang dijalankan.

Kamu perlu mengetahui bahwa SEO writer memiliki perbedaan yang signifikan dari penulis biasa pada umumnya. Seperti apa sebenarnya karier SEO writer itu? Apa yang membuat SEO writer sangat dibutuhkan di dunia bisnis? Cari tahu jawabannya melalui ulasan menarik di bawah ini.

Berkenalan dengan Profesi SEO Writer

Mari kita mengenali profesi SEO writer terlebih dahulu serta tugas dan skill yang wajib dimilikinya.

1. Definisi dan Tugas SEO Writer

SEO writer bukanlah penulis blog biasa. SEO writer adalah penulis yang bisa membantu memastikan website kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google Yahoo, Amazon, dan lainnya. Mereka tidak hanya bertugas menulis konten yang bagus, tetapi sesuai kaidah SEO pula. Seorang SEO writer harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang teknik SEO dan juga bisa menulis konten yang menarik, relevan, dan informatif.

Tugas utama seorang penulis konten SEO meliputi:

  • Penulisan konten yang dioptimasi untuk mesin pencarian dan memasukkan kata kunci (keyword) di dalamnya. 
  • Mengoptimasi konten yang ada di website, mulai dari judul halaman, meta description, H1 dan heading lainnya, alt, internal link, dan sebagainya.
  • Menulis dan mengunggahnya dalam sebuah blog.
  • Melakukan riset kata kunci (keyword research).
  • Menganalisis peringkat website di mesin pencarian.
  • Menganalisis strategi pemasaran konten.

2. Skill yang Dibutuhkan oleh SEO Writer

Sama seperti pekerjaan lainnya, SEO writer juga membutuhkan skill yang mumpuni agar bisa berhasil dalam pekerjaan ini. Berikut tiga utama penting yang harus dimiliki oleh SEO writer adalah:

  • Kemampuan menulis konten yang beragam dan menguasai berbagai gaya penulisan yang berbeda sesuai target audiens.
  • Memahami search intent supaya bisa menghasilkan konten yang benar-benar dibutuhkan oleh pembaca, bukan sekadar membuat topik tanpa riset. Terdapat empat jenis tujuan pencarian, yaitu informasi, navigasi, transaksional, dan investigasi komersial.
  • Menulis topik sesuai kata kunci. Namun, mereka harus mengutamakan topik supaya bisa menghasilkan artikel yang orisinal dan relevan dengan pertanyaan yang diajukan pengguna internet.

Baca Juga : SEO On-Page: Pengertian dan Tugasnya

Alasan Membutuhkan SEO Writer

SEO writer sudah menjadi profesi yang paling dicari pada saat ini. Bisnis juga membutuhkan SEO writer karena beberapa alasan berikut.

1. Pentingnya Konten SEO untuk Bisnis Online

Konten SEO memiliki peran penting dalam meningkatkan visibilitas dan jumlah pengunjung website. Peringkat tinggi pada halaman hasil pencarian dapat meningkatkan angka klik atau click-through rate (CTR). Konten SEO yang baik dapat dapat menciptakan pengalaman pengunjung yang lebih baik melalui optimasi website dan halaman konten.

2. Manfaat Menggunakan Jasa SEO Writer

Menggunakan jasa SEO writer memberikan banyak manfaat bagi bisnismu. Pertama, jasa ini dapat membantu meningkatkan visibilitas website kamu di mesin pencarian. SEO writer akan menulis konten sesuai kata kunci dan mengikuti pedoman SEO terbaru untuk memastikan bahwa kontennya muncul di halaman pertama hasil pencarian. Peringkat yang lebih tinggi akan memudahkan website kamu ditemukan oleh calon pelanggan sehingga meningkatkan peluang konversi dan pertumbuhan bisnis.

Selain itu, menggunakan jasa SEO writer juga bisa meningkatkan kualitas konten di website. SEO writer biasanya memiliki kemampuan menulis yang baik dan memahami pembuatan konten yang menarik dan informatif bagi pembaca. Konten yang bermanfaat akan membuat website bisa menarik lebih banyak pengunjung dan mempertahankan pengunjung yang sudah ada. Intinya, jasa SEO writer dapat meningkatkan reputasi dan otoritas website bagi mesin pencarian dan pengguna website.

Baca Juga : Content Pillar Adalah: Pengertian, Cara Membuat, dan Manfaatnya

Cara Memilih SEO Writer yang Tepat

Memilih SEO writer yang tepat merupakan kunci sukses dalam memperoleh konten yang sesuai kaidah SEO dan berkualitas. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih SEO writer.

1. Pengalaman dan Portofolio

Pengalaman dan portofolio merupakan faktor penting dalam mempertimbangkan kemampuan mereka SEO writer. Periksalah kualitas tulisan mereka dan evaluasi jika gaya penulisannya cocok terhadap merekmu. Selain itu, periksa juga portofolionya untuk mengetahui jika mereka pernah menulis konten untuk industri yang sama atau sejenis dengan bisnis yang dijalankan.

2. Kemampuan Penulisan

Kemampuan penulisan yang baik menjadi syarat utama yang harus dipenuhi oleh seorang SEO writer. Pastikan bahwa penulis yang kamu pilih bisa menulis secara jelas, ringkas, dan mudah dipahami oleh target audiens. Selain itu, pastikan juga bahwa mereka memahami teknik penulisan SEO seperti penggunaan kata kunci, struktur paragraf yang baik, dan headline yang menarik.

3. Pengetahuan SEO

Seorang SEO writer yang baik juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang SEO. Pilihlah penulis yang memahami teknik SEO seperti riset kata kunci, optimasi konten, dan link building. Mereka juga harus bisa mengoptimalkan konten yang sudah ada untuk mesin pencari seperti Google agar supaya bisa mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam halaman hasil pencarian.

Baca Juga : Tips SEO untuk Pemula Untuk Meningkatkan Visibilitas Websitemu

Tips Menjadi SEO Writer yang Sukses

Lantas, bagaimana cara menjadi seorang SEO writer yang sukses? Tentunya kamu harus memiliki pemahaman yang kuat tentang algoritma mesin pencari, penggunaan kata kunci, dan kemampuan menulis konten yang berkualitas. Ikuti beberapa tips yang bisa membantumu menjadi seorang SEO writer yang sukses.

1. Mengikuti Update Algoritma Mesin Pencari

Algoritma mesin pencari selalu berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk terus mempelajari dan mengikuti update terbaru dari mesin pencari, terutama Google. Kamu dapat menyesuaikan teknik SEO dan memastikan kontenmu tetap relevan dan mudah ditemukan oleh mesin pencari jika memahami algoritma terbarunya.

2. Menganalisis Keyword yang Tepat

Keyword yang tepat sangat penting dalam SEO. Sebelum mulai menulis, lakukanlah keyword research terlebih dahulu. Identifikasi kata kunci yang paling relevan terhadap topikmu dan pastikan kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang tinggi. Kamu juga perlu memastikan kata kunci tersebut dimasukkan secara alami dalam konten Anda dan tidak terlalu sering mengulanginya. Analisis keyword yang tepat dapat meningkatkan peringkat konten pada hasil pencarian dan meningkatkan jumlah pengunjung website.

3. Menyajikan Konten yang Relevan dan Berkualitas

Terakhir dan tidak kalah penting, kamu perlu menyajikan konten yang relevan dan berkualitas. Konten yang menarik dan informatif akan mempertahankan perhatian pengunjung website dan membuat mereka ingin membacanya kembali. Pastikan konten yang sudah diunggah selalu diperbarui dan menyajikan informasi yang akurat, faktual, dan bermanfaat. Selain itu, buat konten yang mudah dibaca, memiliki struktur yang jelas, dan menggunakan kalimat yang efektif. 

Kesimpulannya, SEO writer tidak sama seperti penulis biasa. SEO writer adalah profesi yang bisa membantu bisnis untuk meningkatkan visibilitas website-nya dalam halaman hasil mesin pencarian sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengunjung website. Bukan hanya SEO writer, ternyata ada banyak karier di bidang digital yang bisa menjadi pilihanmu. Cari tahu karier yang dibutuhkan pada saat ini dalam kelas Peluang Karier di Bidang Digital dari GreatNusa! Daftarkan dirimu dan temukan karier impianmu hanya melalui kelas online di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok