KNOWLEDGE

Optimasi SEO Adalah: Pengertian, Faktor dan Teknik Optimasinya

By greatnusa26 Maret 2023

Bagikan Artikel

Optimasi SEO Adalah: Pengertian, Faktor dan Teknik Optimasinya

Apa kamu pernah bertanya bagaimana SEO bisa muncul sebagai sebuah landasan untuk menemukan informasi di internet? SEO memang tidak muncul begitu saja, semua dimulai pada hari itu di tanggal 6 Agustus 1991, di mana saat Tim Berners-Lee yang meluncurkan situs web pertama di dunia.

Menyusul setelah hari itu, banyak situs web yang membanjiri internet. Platform Excite pada tahun 1993 memudahkan pencarian informasi berdasarkan kata kunci. Dan, setahun setelahnya pada tahun 1994 Yahoo muncul kemudian Google menyusul pada tahun 1997.

SEO yang masih belum berkembang dimanfaatkan oleh pemasar untuk menghasilkan peringkat di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci, penambahan tag yang berlebihan, dan tautan balik tetapi sering berisi spam. Tetapi, semua berubah ketika Google mulai melihat peluang kemudian membangun algoritma dan apa yang kita miliki saat ini. Simak di sini bagaimana bisnis bisa sukses dengan SEO.

Apa itu optimasi SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi untuk mengarahkan lalu lintas situs web dan meningkatkan visibilitas. Konsumen akan ditarik untuk mengunjungi sebuah web dan jika menemukan apa yang diinginkan maka mereka akan membeli produk atau jasa yang disediakan.

Optimasi SEO bekerja untuk memperbesar dan meningkatkan peluang konsumen membeli produk atau jasa. Namun, optimasi harus didukung dengan konten yang berharga, informatif, serta relevan dengan topik yang dicari.

Pengertian Optimasi SEO

CEO Kalicube, dan juga penulis, Jason Barnard, mengatakan bahwa SEO adalah seni dan ilmu membujuk mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna mereka sebagai solusi terbaik untuk masalah mereka. Hal ini seperti menyajikan banyak hal yang menarik dan mencoba menarik perhatian mesin pencari untuk memilih serta merekomendasikan konten yang dibuat kepada konsumen. 

Baca Juga : SEO On-Page: Pengertian dan Tugasnya

Mengapa Optimasi Seo Penting Untuk Bisnis Online?

SEO membantu konsumen untuk menemukan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Jika sebuah bisnis ingin ditemukan, maka SEO adalah jawabannya. Ketika bisnis sudah menerapkan SEO, serta menggunakan kata kunci tertentu di produk dan jasa mereka kemungkinan besar konsumen dapat menemukan mereka.

Bahkan target yang lebih spesifik dan relevan dapat dijangkau dengan menerapkan SEO. Itu adalah alasan sederhananya mengapa bisnis perlu menerapkan optimasi SEO ke dalam bisnis mereka.

Bagaimana Mesin Pencari Bekerja?

Mesin pencari seperti Google akan bekerja dengan menilai konten secara menyeluruh. Bagaimana kualitas konten yang disajikan, web yang digunakan bersama visualnya, hingga berapa lama konsumen menghabiskan waktu di sebuah web. Google akan menilai sebuah konten itu relevan jika konsumen menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mencari apa yang dia butuhkan.

Hal ini adalah sebagian kecil saja bagaimana mesin pencari bekerja. Perlu beberapa dukungan nyata yang membuat mesin pencari yakin untuk merekomendasikan konten kepada konsumen.

Baca Juga : Cara Kerja SEO: Memahami Proses Optimasi Mesin Pencari

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Optimasi SEO

SEO tidak bekerja sendirian. Hal itu karena ada faktor di belakangnya yang ikut memengaruhi bagaimana SEO akan bekerja. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi optimasi SEO.

1. Konten yang Relevan Dan Berkualitas

Meskipun konten yang berkualitas itu sifatnya subjektif tetapi beberapa orang menginginkan konten bermanfaat, mudah diingat, dan cenderung membagikan konten tersebut. Hal ini akan memungkinkan untuk mendapatkan backlink yang relatif meningkat ke sebuah web.

Konten yang baik adalah melalui riset dan menyajikannya dalam bentuk tulisan, video, dan audio. Perhatikan isi konten yang selalu bermanfaat dan menyajikan dengan cara yang berbeda serta menarik.

2. Struktur URL yang Jelas dan Mudah Dibaca

URL atau uniform resource locator biasanya dikenal orang dengan sebutan alamat web. Di mana alamat ini menentukan lokasi dari sebuah laman web di internet. URL juga menentukan bagaimana protokol seperti HTTP, HTTPS, FTP, akan digunakan. 

Struktur URL yang dibuat dengan akan mudah dipahami yakni tentang laman tujuannya. Misalnya, URL untuk mencari sebuah buku di laman e-commerce dengan struktur sebagai berikut https : // www. tokopedia. com / find / designing-brand-identity.

Google juga menyarankan supaya struktur URL dari sebuah situs harus dibuat sederhana. Menurutnya, hal itu akan mudah dipahami oleh mesin pencari dan juga manusia. Selain itu, pada struktur URL, lebih baik menggunakan kata-kata dibandingkan menggunakan nomor ID yang panjang.

3. Penggunaan Kata Kunci yang Tepat dan Relevan

Kata kunci adalah sebuah istilah yang merujuk pada kata dan frasa yang digunakan dan untuk menemukan informasi yang dicari. Memasukkan kata kunci yang tepat dalam web akan memengaruhi kinerja dan relevansinya ketika dicari di mesin pencari.

Sebelum semua itu dimulai, riset kata kunci dan menyesuaikan dengan target pasar adalah cara yang tepat untuk menentukan kata kunci apa yang akan dimasukkan dalam web. Mesin pencari akan mencocokkan kebutuhan konsumen dan kata kunci yang digunakan.

4. Kualitas Backlink dan Pengaruhnya Pada SEO

Backlink atau tautan balik adalah sebuah situs yang memasukkan anchor text pada kontennya dan menautkan kembali ke konten yang relevan dengan konten sebelumnya. Google akan melihat penggunaan backlink sebagai bentuk kepercayaan konsumen terhadap suatu hal yang dicari. 

Selain itu Google beranggapan bahwa tautan eksternal dapat membentuk popularitas situs web atau halaman web, sehingga lebih banyak tautan balik yang berkualitas akan mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

5. Kecepatan Situs Web dan Pengaruhnya Pada SEO

Kecepatan situs web memiliki pengaruh yang sangat dominan meskipun hal lainnya juga memiliki perannya masing-masing. Tetapi kecepatan sebuah situs menentukan bagaimana pengalaman pengguna yang positif.

Hal ini tentu saja berpengaruh ketika pengguna mengeklik tautan di halaman hasil mesin pencari tetapi waktu pemuatan lebih lama dibandingkan situs web lainnya. Maka kemungkinan situs web dengan pemuatan lebih lama akan ditinggal dan pengguna mencari sumber informasi yang lebih cepat untuk diakses.

Penilaian sederhana ini akan membuat Google menentukan apakah situs web tersebut bisa memfasilitasi kebutuhan pengguna atau justru tidak sama sekali. Google akan menganggap bahwa sebuah situs yang tidak bisa diakses sebagai hal yang tidak relevan dan memengaruhi peringkat di mesin pencari.

6. Optimasi Gambar dan Pengaruhnya Pada SEO

Rata-rata pengguna ingin mengakses informasi dengan waktu yang cepat. Jika halaman yang dimuat lebih lama maka akan meningkatkan bounce rate dan hal ini sangat buruk bagi situs web. Pengoptimalan gambar akan membantu memudahkan pengguna untuk mengakses situs web, maka hal tersebut juga akan meningkatkan peringkat SEO situs web.

Baca Juga : User Generated Content: Pengertian Serta Manfaatnya dalam Dunia Digital Marketing

Teknik Optimasi SEO

SEO pada dasarnya adalah praktik untuk meningkatkan lalu lintas dan peringkat di mesin pencari. Singkatnya, dengan menggunakan teknik SEO yang tepat akan menaikan peringkat situs web. Tetapi hal tersebut tidak hanya dengan menerapkan begitu saja, ada beberapa langkah yang harus dipenuhi. 

1. Penelitian Kata Kunci

Kata kunci merupakan sebuah dasar bangunan SEO. Melakukan riset kata kunci sangat penting untuk menemukan kueri penelusuran yang relevan. Riset kata kunci dapat membantu untuk memastikan seberapa banyak sebuah kata atau frasa yang dicari di mesin pencari.

Hal ini dapat dijadikan acuan untuk membuat konten yang berkualitas dan tetap relevan dengan topik yang ramai dibahas. Ini sama seperti menerobos kerumunan dan menyajikan sesuatu yang terlihat sama tetapi berbeda dari segi kualitas, penyajian, dan seberapa besar manfaat yang ditawarkan dan impaknya terhadap pengguna.

2. Optimasi Halaman Web

Salah satu cara mengoptimalkan situs web adalah pengoptimalan mesin pencari dengan SEO. Cara ini untuk membuat peringkat di mesin pencari lebih meningkat dan menarik penelusuran yang lebih banyak ke sebuah situs web. SEO berisikan sejumlah elemen yang mendukungnya untuk bekerja. Konten yang berkualitas, struktur URL yang sederhana dan penggunaan kata kunci yang sesuai.

3. Optimasi Konten

Optimasi konten dilakukan untuk meningkatkan visibilitas. Konten harus dibuat sesuai dengan pengguna atau pembaca. Artinya tujuannya adalah menulis konten yang mendeskripsikan produk dan layanan harus tepat sasaran.

Dalam menulis juga perhatikan judul yang menarik, masukkan meta deskripsi, kata kunci, dan URL yang sederhana agar seluruh isi konten diperhatikan oleh mesin pencari. Optimasi konten juga harus dengan gambar yang tidak membuat beban muatan pada situs web.

Dan hal utamanya adalah buat konten yang unik, menarik, dan memiliki manfaat bagi pengguna, sehingga hal tersebut akan memungkinkan pengguna untuk kembali membagikan konten tersebut dan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

4. Link Building

Link building berfungsi untuk mendapatkan backlink. Cara kerjanya ketika konten yang dibuat memiliki kualitas dan berharga bagi pengguna. Hal ini memungkinkan mereka untuk memasukkan link konten yang dibuat sebagai referensi. Bahkan jika konten tersebut sangat bermanfaat maka akan dijadikan sumber untuk apa yang mereka cari atau butuhkan sebagai informasi tambahan.

5. Social Media Marketing

Salah satu cara untuk optimasi adalah dengan melakukan social media  marketing. Di sana kita bisa menganalisis perilaku dan trend untuk menyesuaikan dengan kampanye yang akan dilakukan. Hal ini sangat penting dan memiliki impak yang besar. Ketika kampanye yang dibuat relevan dengan sebuah topik yang ramai dibicarakan, maka potensinya besar untuk dibagikan dan mendapat backlink ke situs web.

6. Analisis dan Monitoring

Lakukan analisis dan monitoring terhadap optimasi yang dilakukan. Tujuannya agar memeriksa setiap tag dengan benar dan menemukan kesalahan yang mungkin dapat muncul. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tools yang diperuntukkan sebagai pemeriksa dan melihat apakah kinerja optimasi sudah tepat.

Kunci keberhasilan bisnis di era digital salah satunya adalah optimasi SEO. Optimasi SEO yang tepat, akan membuat situs web muncul di hasil pencarian utama sehingga hal itu meningkatkan visibilitas.
Optimasi SEO untuk bisnis online dapat meningkatkan visibilitas. Tetapi memahami strategi pengembangan dalam e-commerce juga sangat penting karena membantu memperkuat merek  mengetahui bagaimana cara menarik pelanggan baru. Salah satu yang bisa memberikan kamu pemahaman yang tepat adalah GreatNusa. Pelajari sekarang strategi pengembangan bisnis e-commerce untuk pertumbuhan bisnis yang besar.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok