KNOWLEDGE

Integrated Digital Marketing: Pengertian Dan Cara Menerapkannya

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

Integrated Digital Marketing: Pengertian Dan Cara Menerapkannya

Pemasaran digital atau digital marketing saat ini menjadi strategi penting dalam aktivitas bisnis. Lewat metode ini, kamu berkesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya cukup terjangkau. Untuk memperoleh efektivitas yang lebih baik, kam bisa memilih untuk menjalankan strategi integrated digital marketing atau pemasaran digital terintegrasi. 

Pengertian Integrated Digital Marketing

Dalam pengertiannya, pemasaran digital terintegrasi merupakan aktivitas campaign yang dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai marketing channel. Kamu bisa menggunakan strategi ini untuk melakukan promosi produk barang atau jasa. Lewat program yang terintegrasi, kamu dapat menyampaikan brand message yang selaras untuk semua kanal pemasaran. 

Integrated Digital Marketing adalah Strategi Bersaing di Era Digital

Penerapan strategi pemasaran digital yang terintegrasi merupakan upaya penting agar bisnis kamu mampu bersaing di era digital. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kanal pemasaran yang bisa kamu temukan di dunia digital. Kamu bisa melakukan pemasaran produk lewat media sosial, website, email, affiliate, pay-per-click (PPC), dan lain sebagainya. 

Dalam strategi pemasaran digital terintegrasi, kamu punya pilihan untuk menggunakan semua kanal digital secara bersamaan. Biar efektif, kamu dapat mempertimbangkan kanal-kanal yang potensial. Strategi pemasaran terintegrasi seperti ini memberikan banyak manfaat bagi bisnis kamu, di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan visibilitas brand. Kamu akan memperoleh manfaat berupa visibilitas brand yang meningkat secara drastis. Hal ini berkaitan erat dengan jangkauan campaign yang sangat luas, tidak terbatas pada platform tertentu. 
  • Konsistensi pesan. Pesan yang konsisten memiliki peran penting agar para audiens lebih familiar dengan brand. Dengan begitu, mereka dapat mengingat brand produk kamu lebih baik dibandingkan kompetitor.
  • Efisiensi tinggi. Penerapan strategi pemasaran yang terintegrasi memberikan manfaat berkaitan dengan efisiensi biaya. Kamu dapat menghemat pengeluaran yang cukup signifikan. Di waktu yang sama, kamu tetap memperoleh manfaat dalam peningkatan kualitas brand. 
  • Peningkatan lead. Manfaat terakhir, kamu berpeluang mendapatkan konversi yang lebih tinggi. Hal ini dapat terjadi karena strategi terintegrasi bisa menjaring lead yang banyak. 

Baca Juga: Dasar-Dasar Digital Marketing: Cara Mempromosikan Bisnis Kamu

Cara Menyusun Integrated Digital Marketing

Dengan mempertimbangkan manfaat besar dari strategi pemasaran digital terintegrasi, kamu tertarik untuk menerapkannya, kan? Kamu dapat mempraktikkan strategi ini dengan 6 langkah sederhana, yaitu: 

1. Menetapkan Tujuan Campaign

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari campaign. Tujuan tersebut dapat bervariasi, seperti meningkatkan brand awareness, mendapatkan pelanggan lebih banyak, rebranding, dan lain sebagainya. 

 Dalam penentuan tujuan, kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan misi perusahaan. Hal yang tak kalah penting, tujuan tersebut harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, serta mempunyai jangka waktu yang jelas. 

2. Memilih Kanal Pemasaran

Setelah menentukan tujuan campaign yang tepat, kamu dapat memilih marketing channel yang digunakan. Ada banyak opsi kanal pemasaran yang bisa kamu gunakan, di antaranya adalah: 

  • Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan kanal pemasaran digital yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan traffic dari pencarian organik. 
  • Search Engine Marketing (SEM). Metode SEM memiliki kesamaan dengan SEO. Hanya saja, traffic yang kamu dapatkan dari SEM bukan berasal dari pencarian organik, tetapi menggunakan iklan di search engine
  • Email marketing. Teknik email marketing dapat kamu lakukan dengan terlebih dahulu mengumpulkan alamat email dari para pelanggan. Penerapannya membantu kamu dalam mendorong pelanggan untuk kembali melakukan transaksi. 
  • Iklan video. Strategi ini dapat kamu lakukan dengan melakukan pemasangan iklan video di internet.
  • Affiliate. Ada pula kanal pemasaran lewat jaringan afiliasi. Sistem ini dapat kamu jalankan dengan memberikan komisi kepada setiap anggota afiliasi. 
  • Content marketing. Kanal pemasaran ini dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan konten website. 
  • Social media marketing. Popularitas media sosial dapat pula kamu manfaatkan untuk melakukan pemasaran digital. Pilihannya beragam, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok. 
  • Mobile marketing. Tren penggunaan perangkat mobile terus mengalami peningkatan. Fenomena ini membuka peluang baru untuk melakukan pemasaran. Caranya, kamu bisa membangun aplikasi mobile untuk menjangkau para audiens.
  • Iklan display. Terakhir, kamu bisa memanfaatkan display iklan, baik berupa gambar, audio, maupun video. 

Baca Juga: Teknik Digital Marketing untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

3. Menetapkan Buyer Persona

Langkah penting selanjutnya dalam upaya pelaksanaan strategi integrated digital marketing adalah memahami buyer persona masing-masing kanal. Kamu dapat melakukan riset secara mendalam untuk mengetahuinya. Berkat pengetahuan terkait buyer persona, proses penyampaian brand message dapat berlangsung secara lebih efektif. 

4. Susun Aset Pemasaran

Saat melakukan strategi pemasaran digital, kamu memerlukan bekal aset pemasaran yang memadai. Aset digital tersebut perlu kamu persiapkan dalam kaitannya dengan proses pembuatan konten pemasaran. Kepemilikan aset itu dapat membantu kamu dalam menciptakan konten-konten menarik. 

Dalam praktiknya, kamu tidak bisa bekerja sendiri dalam mempersiapkan aset-aset digital untuk sarana pemasaran. Kamu memerlukan peran orang lain seperti desainer, penulis konten, videographer, copywriter, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan kamu melakukan komunikasi yang baik dengan pihak-pihak terkait. 

5. Perencanaan Metode Pengumpulan Lead

Tahapan selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan lead. Perlu kamu tahu, lead merupakan sebutan untuk orang-orang yang potensial untuk bisa kamu prospek menjadi konsumen. Oleh karenanya, kamu perlu menggunakan metode yang tepat untuk mengumpulkan kontak dari para lead. 

Kamu punya banyak pertimbangan metode yang dapat dipilih untuk mengumpulkan lead. Pilihan metode tersebut di antaranya adalah:

  • Landing page. Berbeda dengan halaman biasa, landing page merupakan halaman khusus yang memiliki fungsi untuk pengumpulan lead. Di situ, kamu perlu mencantumkan informasi produk secara lengkap dan disertai formulir untuk mengumpulkan data lead. 
  • Bagi-bagi ebook. Kamu dapat membagikan pengetahuan dalam bidang tertentu dalam bentuk ebook secara gratis. Sebagai gantinya, kamu bisa meminta para lead untuk memasukkan nomor kontak atau email. 
  • Konten premium. Strategi dengan menggunakan konten premium juga cukup efektif dalam mengumpulkan lead. Metode ini kerap jadi pilihan portal berita, seperti yang dilakukan oleh Tempo dan Kompas. 
  • Opsi berlangganan. Selanjutnya, kamu dapat menyediakan opsi berlangganan. Untuk menarik perhatian audiens, kamu perlu menjanjikan adanya pembaruan berupa konten eksklusif secara berkala. 
  • Kupon diskon. Strategi yang tak kalah efektif adalah dengan membagikan kupon diskon. 

Baca Juga: 8 Digital Marketing Tools Yang Harus Kamu Miliki

6. Jalankan Campaign

Kalau semua tahapan di atas sudah kamu lalu, langkah selanjutnya adalah menjalankan campaign. Hal yang perlu kamu catat, proses ini tidak berhenti. Kamu tetap harus melakukan evaluasi secara bertahap. Dari evaluasi tersebut, kamu dapat melakukan perbaikan untuk memperoleh hasil yang lebih baik. 

Nah, itulah panduan lengkap yang dapat kamu ketahui terkait integrated digital marketing. Pengetahuan ini bakal membantu kamu untuk bisa meningkatkan daya saing bisnis saat menjalankan bisnis online

Dalam praktiknya, kamu juga akan perlu membekali diri dengan berbagai keahlian teknis yang berkaitan dengan strategi digital marketing. Kamu bisa mendapatkannya lewat kursus online yang tersedia di GreatNusa. Dengan begitu, kamu akan memperoleh bekal pengetahuan yang lengkap terkait aktivitas pemasaran digital.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok