KNOWLEDGE

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Manajemen Pemasaran

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Manajemen Pemasaran

Ada banyak sekali faktor yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Selain adanya modal baik modal uang, peralatan dan sumber daya manusia, manajemen pemasaran juga memegang peranan yang tak kalah penting. Apa itu manajemen pemasaran dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam manajemen pemasaran?

Manajemen pemasaran adalah cara untuk mengetahui peluang yang menguntungkan dan menciptakan peluang tersebut dengan cara memberikan kepuasan kepada pelanggan. Manajemen pemasaran bekerja dengan konsumen sebagai orientasi utamanya. Oleh karena itu, seorang manajer pemasaran harus mencari layanan yang memuaskan konsumen dan layanan yang tidak memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Selanjutnya kedua hal tersebut dikembangkan untuk menemukan formula yang terbaik.

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Pemasaran

Sebelum membahas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam manajemen pemasaran, kita perlu memahami apa itu manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran merupakan proses pengendalian aspek pemasaran, penetapan tujuan perusahaan, pengorganisasian rencana langkah demi langkah, pengambilan keputusan untuk perusahaan dan pelaksanaannya untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan harapan konsumen.

Baca Juga: 7 Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Sebuah Perusahaan

Seseorang yang berada di posisi sebagai manajer pemasaran harus melakukan studi mendalam. Tujuannya adalah untuk mengetahui gagasan tentang apa itu manajemen pemasaran dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk kepentingan perusahaan. Manajemen pemasaran dibuat berdasarkan pada produk, tempat, harga dan promosi untuk menarik konsumen.

Semua elemen ini ditentukan oleh manajemen perusahaan sesuai dengan permintaan pelanggan atau apa yang ingin mereka beli. Dengan harga pasar yang sesuai dan produk yang mudah ditemukan baik di toko offline maupun online, konsumen tentu akan semakin banyak datang dan bertahan. Manajemen perusahaan harus bisa mempertahankan elemen-elemen ini demi kelangsungan bisnis.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Manajemen Pemasaran?

Tujuan setiap bisnis sudah ditentukan sebelumnya dan ini dipimpin oleh tujuan manajemen pemasaran. Ada beberapa hal penting yang menjadi tujuan manajemen pemasaran dan harus diperhatikan dengan baik. Simak hal-hal yang harus diperhatikan dalam manajemen pemasaran berikut ini!

1. Mendatangkan Pelanggan Baru

Salah satu tujuan paling penting dari sebuah manajemen pemasaran yang baik adalah menarik pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan produk. Strategi yang berbeda ditetapkan untuk memastikan mayoritas pelanggan akan tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya saja dengan cara menampilkan iklan di saluran televisi atau media sosial, beriklan dengan menggunakan pamflet serta mengatur tim penjualan untuk melakukan demonstrasi produk.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing yang Efektif di Tahun 2023

2. Memuaskan Kebutuhan Konsumen

Hal penting lainnya dari sebuah manajemen pemasaran adalah bagaimana cara memuaskan pelanggan terkait produk yang ditawarkan oleh perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Untuk tujuan ini, kualitas sangat penting. Tetapi selain layanan yang baik, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan seperti pasokan produk yang tepat waktu dan tanpa kerusakan serta jumlah pasokan produknya.

3. Meningkatkan Keuntungan

Tanpa adanya keuntungan, perusahaan tidak akan bisa bertahan lama. Memperoleh laba adalah tulang punggung sebuah bisnis. Hal ini diperlukan agar perusahaan bisa terus tumbuh, melakukan diversifikasi bisnis serta mempertahankan kinerja yang sudah ada. Untuk itu, perusahaan harus mengetahui dengan jelas apa itu manajemen pasar? Bagaimana cara mencapai target pasar tersebut?

Tim manajemen perusahaan menjaga pemasaran tetap berjalan sesuai jalurnya. Caranya adalah dengan mempertahankan loyalitas pelanggan lama serta menarik pelanggan baru untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal agar pertumbuhan perusahaan bisa optimal.

4. Memaksimalkan Market Share

Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana manajemen pemasaran bisa memaksimalkan market share atau pangsa pasar. Untuk tujuan ini, perusahaan menggunakan alat yang berbeda untuk mendapatkan penjualan pasar maksimum dari produk mereka dengan membandingkannya sesuai ekonomi pasar. Terkadang perusahaan menawarkan diskon untuk menarik pelanggan. Terkadang, mereka melakukan pengemasan yang menarik dan unik serta menawarkan promo lain.

5. Menciptakan Reputasi yang Baik di mata Publik

Reputasi di mata publik memegang peranan penting dalam pertumbuhan sebuah perusahaan. Jika perusahaan sudah tampil sebagai figur yang baik di mata publik, artinya kesempatan untuk tumbuh dan melakukan diversifikasi. Sebaliknya, jika reputasi sebuah bisnis sudah buruk, maka hanya tinggal menunggu waktu sampai perusahaan tersebut kolaps. Dengan pemasaran dan manajemen pemasaran yang baik, reputasi perusahaan bisa dibangun sehingga konsumen dan publik bisa percaya.

Mengapa Manajemen Pemasaran Itu Penting?

Manajemen pemasaran adalah hal yang penting karena membantu perusahaan untuk unggul dalam persaingan yang ketat di pasaran. Manajemen pemasaran juga membantu bisnis mengembangkan strategi untuk meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya produksi. Manajemen pemasaran merupakan sumber utama dalam pertukaran dan transfer barang. Mengapa manajemen pemasaran itu penting?

1. Membantu Menjaga Reputasi Perusahaan

Sebuah perusahaan yang baik diakui reputasinya di pasaran. Pemasaran meliputi penjualan, pembelian pertukaran dan pengangkutan barang yang membangun reputasi sebuah bisnis. Jika perusahaan melakukan semuanya dengan baik, maka reputasinya di mata publik dan dalam sektornya akan diakui.

Jika sebuah perusahaan punya reputasi bagus, maka ini akan bermanfaat untuk pertumbuhan dan promosi perusahaan. Akan ada lebih banyak kesempatan untuk tender dan mereka kuat secara ekonomi. Lama kelamaan ini akan membantu meningkatkan perekonomian perusahaan ke tahap yang lebih baik.

2. Membantu Perusahaan Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Manajemen perusahaan memutuskan cara untuk mengalahkan para pesaing mereka di pasaran dan menghasilkan penjualan yang baik. Mereka mengembangkan rencana untuk mengiklankan produk dengan cara terbaik agar publik bisa melihatnya.

Baca Juga: 6 Cara Memasuki Pasar Global yang Bisa Dilakukan

Iklan membantu menyebarkan deskripsi produk pada jangkauan yang lebih luas. Misalnya saja, ketika salah satu pelanggan kamu mengetahui ada diskon penjualan 50% dari perusahaanmu, dengan sukarela dia akan memberitahukannya kepada teman dan keluarganya. Dengan cara ini, jangkauan pasar perusahaanmu akan jadi lebih luas.

3. Membantu Mempromosikan Ide-ide Baru

Manajemen pemasaran membantu untuk mempromosikan ide-ide. Ide-ide inilah yang akan menjaga reputasi perusahaan, mendiversifikasikannya dan membuatnya standout dibanding para pesaingnya. Ide-ide ini berguna bagi perusahaan untuk mengetahui permintaan pasar saat ini dan tidak membiarkannya berjalan ke arah yang salah.

4. Menjadi Sumber Iklan Produk Baru

Produk yang baru diluncurkan oleh perusahaan dan belum dikenal oleh masyarakat perlu diiklankan. Manajemen pemasaran memungkinkan iklan produk dengan cara yang lebih baik dan efektif. Tujuannya tentu saja untuk menarik orang agar membelinya. Manajemen pemasaran juga membuat masyarakat sadar apakah mereka memilih produk yang benar atau tidak.

Manajemen pemasaran adalah tulang punggung bagi sebuah bisnis yang sukses dan punya reputasi baik. Mereka yang berada di posisi ini melakukan tugas yang berbeda untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tertarik mempelajari hal-hal lain yang berhubungan dengan bisnis dan pemasaran? Ikuti beragam pilihan kursus online di GreatNusa. Ayo, daftar sekarang juga!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok