KNOWLEDGE

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran Meliputi Apa Saja?

By greatnusa8 Mei 2023

Bagikan Artikel

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran Meliputi Apa Saja?

Ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi banyak hal. Dalam sebuah perusahaan, manajemen memegang peranan penting untuk menjaga stabilitas lingkungan. Dengan adanya manajemen, pemilik usaha berharap setiap kegiatan bisa berjalan sesuai rencana, berkembang dengan baik, dan mendapatkan laba maksimal. 

Inilah mengapa, struktur manajemen bisa ditemukan di setiap bidang yang ada ada sebuah perusahaan. Termasuk salah satunya manajemen di bidang pemasaran. Secara teknis, manajemen pemasaran ada untuk memastikan bahwa perusahaan bisa menjual produk secara efektif dan mencapai target penjualan yang diinginkan.

Inilah mengapa dalam praktiknya, manajemen perusahaan memiliki ruang lingkup yang luas. Tapi sebelum mengulas lebih dalam tentang hal ini, mari kita bahas dulu tentang apa itu manajemen perusahaan dan pengertiannya menurut para ahli.

Mengenal Manajemen Pemasaran

Secara umum, manajerial memiliki tiga tugas utama, yaitu:

  • Mempersiapkan rencana dan strategi untuk mencapai target yang diinginkan perusahaan
  • Memastikan bahwa rencana di atas terlaksana secara efektif
  • Mengadakan evaluasi, analisis, dan mengontrol rencana yang telah ditetapkan untuk mengendalikan setiap aktivitas terkait

Apabila diterapkan dalam bidang pemasaran, maka manajemen pemasaran adalah suatu sistem yang melibatkan beberapa proses mulai dari menyusun rencana, menerapkan, mendelegasikan, dan melakukan evaluasi terkait bidang pemasaran di sebuah organisasi.

Dalam pelaksanaannya, rencana yang dibuat disusun untuk jangka panjang, dan bisa diaplikasikan menyesuaikan kondisi pasar sasaran. Arti manajemen pemasaran secara umum di atas, tidak berbeda jauh dengan pendapat beberapa ahli di bidang ini. 

Baca Juga : Apa itu Manajemen Pemasaran? Ini Ulasan Lengkapnya!

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Adapun pengertian manajemen menurut beberapa ahli adalah:

1. Philip Kotler

Bagi Kotler, manajemen pemasaran adalah sebuah kegiatan yang melibatkan analisis, perencanaan, pengaplikasian, serta pengawasan program-program yang tujuannya mengadakan penjualan di sebuah target pasar agar tujuan organisasi atau perusahaan tercapai.

2. American Marketing Association

Sementara itu menurut American Marketing Association, manajemen pemasaran merupakan proses dari perencanaan, pelaksanaan, perwujudan, pemberian harga, promosi, hingga distribusi barang, jasa, serta gagasan, demi menciptakan oertukaran di target pasar agar tujuan pelanggan dan organisasi tercapai.

3. Assauri

Menurut Assauri (1999), manajemen pemasaran meliputi kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian program yang dibuat untuk membentuk, membangun, serta memelihara keuntungan. Keuntungan itu sendiri didapat dari penjualan yang terjadi di target pasar. Tujuannya tentu saja, untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Manajemen Pemasaran

Fungsi Manajemen Pemasaran

Secara umum, fungsi manajemen pemasaran adalah untuk menjembatani interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Selain itu, ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi proses identifikasi, peluang prosuk, pendefinisian segmen pasar, hingga identifikasi kebutuhan customer

Pada praktiknya, fungsi manajemen pemasaran juga ada kaitannya dengan menentukan harga, merencanakan perilisan produk, hingga mengadakan promosi. Jika harus dirangkum, fungsi manajemen pemasaran meliputi:

  1. Memberikan informasi tentang produk yang dijual oleh perusahaan
  2. Mempengaruhi konsumen dalam hal keputusan untuk membeli atau tidak
  3. Menciptakan nilai ekonomis suatu barang

Baca Juga : 7 Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Sebuah Perusahaan

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran

Setelah memahami berbagai hal tentang manajemen pemasaran, pembahasan selanjutnya adalah tentang ruang lingkup struktur manajerial ini di suatu organisasi. Secara umum ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi :

1. Falsafah Manajemen Pemasaran

Dalam manajemen pemasaran, ada prinsip yang digunakan sebagai panduan pelaksanaan konsep, proses, hingga tugas-tugas pemasaran. Prinsip ini dikenal dengan falsafah manajemen pemasaran dan termasuk dalam ruang lingkup yang harus diketahui ketika kita terjun di bidang ini.

2. Faktor Lingkungan Pemasaran

Dunia pemasaran adalah sebuah entitas yang senantiasa berkembang mengikuti zaman. Hal ini tentu berpengaruh pula pada lingkungan pasar tempat kita memasarkan produk. Dalam praktiknya, lingkungan pemasaran bukan sesuatu yang bisa dikendalikan dengan mudah.

Inilah mengapa dalam ruang lingkup manajemen pemasaran, faktor lingkungan cukup berpengaruh dan mengambil peranan. Pada pelaksanaan pemasaran pun, kita tidak bisa mengabaikan faktor lingkungan. Bahkan sangat disarankan untuk melibatkan hal ini agar strategi yang dilakukan efektif.

3. Analisis Pasar

Untuk memastikan bahwa strategi yang direncanakan sesuai kita harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Jadi tidak perlu heran apabila hal ini menjadi bagian dari ruang lingkup manajemen pemasaran. Analisis pasar sendiri mencakup banyak hal, beberapa di antaranya adalah:

  • Jenis pasar
  • Analisis produk
  • Analisis konsumen
  • Analisis persaingan
  • Analisis pangsa pasar

4. Pemilihan Pasar Target

Selanjutnya, ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi pemilihan pasar target atau pasar yang dijadikan sasaran penjualan produk. Dalam pemilihan pasar, kita harus menyesuaikan beberapa hal dengan jenis serta kompetensi produk yang dijual. 

Inilah mengapa, dalam pemilihan pasar target kita melibatkan beberapa hal yaitu:

  • Dimensi pasar
  • Perilaku konsumen
  • Segmentasi pasar
  • Kriteria yang digunakan
  • Potensi pasar

5. Perencanaan Pemasaran Perusahaan

Sebuah manajerial pasti melibatkan perencanaan, begitu pula dengan manajemen pemasaran. Perencanaan yang dilakukan tidak hanya mencakup strategi jangka panjang, tetapi juga perencanaan operasional dan penyusunan anggaran. Semuanya tentu terlibat aktif agar rencana yang diterapkan bisa diwujudkan secara efektif.

6. Strategi Pemasaran

Dalam menerapkan rencana pemasaran, kita membutuhkan strategi yang tepat. Diakui atau tidak, perencanaan yang dibuat pasti mengalami kendala. Jadi fungsi utama strategi adalh untuk memastikan bahwa perencanaan yang ditetapkan bisa memberikan hasil maksimal.

Strategi sendiri termasuk ruang lingkup manajemen pemasaran yang cukup penting. Tanpa adanya strategi, belum tentu rencana marketing yang telah disusun dengan seksama dapat terlaksana.

7. Strategi Produk

Selain strategi pemasaran, ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi strategi produk juga. Strategi produk sendiri melibatkan beberapa hal, yaitu:

  • Strategi pengembangan produk
  • Strategi produk baru
  • Strategi lini produk
  • Strategi acuan produk

8. Strategi Harga

Strategi harga bukan tentang menentukan harga semurah mungkin agar konsumen tertarik. Pada strategi ini, ruang lingkupnya melibatkan banyak hal mulai dari penetapan harga, apakah harga sesuai dengan biaya produksi, kondisi harga di pasaran, hingga strategi potongan harga untuk menarik minat konsumen.

9. Strategi Penyaluran

Dalam pelaksanaan manajemen penasaran, bidang ini juga bertanggung jawab terhadap strategi distribusi produk yang dijual atau dikenal pula dengan strategi penyaluran.

10. Strategi Promosi

Sesuai namanya, sudah pasti strategi ini termasuk salah satu ruang lingkup manajemen pemasaran yang utama. Dalam pelaksanaannya, strategi promosi juga melibatkan:

  • Strategi promosi penjualan
  • Strategi personal selling
  • Strategi publisitas
  • Strategi komunikasi pemasaran

11. Organisasi Pemasaran

Pada ruang lingkup organisasi pemasaran, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan yaitu, menentukan tujuan perusahaan, tujuan bidang pemasaran, struktur organisasi pemasaran, hingga proses dan perilaku organisasi terkait bidang pemasaran.

12. Sistem Informasi Pemasaran

Dalam ruang lingkup ini, hal-hal yang terlibat adalah, ruang lingkup informasi pemasaran, riset, hingga penyusunan sistem informasi pemasaran.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa dibayangkan betapa luasnya ruang lingkup manajemen pemasaran. Jika tidak terlibat langsung di dalamnya, kita belum tentu mengerti ruang lingkup manajemen pemasaran meliputi apa saja. Inilah mengapa ketika bekerja di bidang pemasaran, kita harus mau belajar hal baru.

Sebagai referensi, kamu bisa mempelajari seluk beluk manajemen pemasaran di GreatNusa untuk meng-upgrade value diri agar menjadi SDM manajemen pemasaran yang berkualitas.

Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok