KNOWLEDGE

Apa Itu Manajemen Bisnis dan Penerapannya dalam Dunia Kerja

By greatnusa29 Maret 2023

Bagikan Artikel

Apa Itu Manajemen Bisnis dan Penerapannya dalam Dunia Kerja

Ketika terjun ke dunia bisnis, kamu akan menemukan berbagai istilah penting terkait jalannya kegiatan operasional perusahaan. Apa pun skala bisnis yang kamu jalankan, manajemen bisnis adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Apa itu manajemen bisnis dan bagaimana implementasinya di dunia kerja?

Pengertian Manajemen Bisnis

Pengertian manajemen bisnis adalah ilmu tentang mengelola koordinasi dan mengorganisasi sebuah kegiatan bisnis. Di dalamnya mencakup produksi bahan, uang, mesin yang melibatkan proses inovasi dan pemasaran. Orang-orang yang berada dalam ruang manajemen bisnis bertugas untuk merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya bisnis sehingga dapat memenuhi tujuan perusahaan.

Manajemen bisnis mencakup semua proses kerja perusahaan. Mulai dari perencanaan, kontrol, eksekusi rencana hingga evaluasi. Jika keempat komponen manajemen bisnis ini berjalan dengan baik, maka perusahaan juga akan maju.

Komponen Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis memiliki beberapa komponen. Komponen manajemen bisnis ini merupakan bagian yang proses kerjanya harus sesuai dengan sistem manajemen. Setiap komponen juga punya tugas dan fungsi yang berbeda. Apa saja komponen itu?

1. Manajemen Keuangan

Seperti namanya, manajemen keuangan memiliki tugas dan fungsi mengatur dan membuat laporan keuangan perusahaan. Adanya manajemen keuangan yang tepat guna memastikan perusahaan menggunakan uangnya secara efisien dan tepat guna.

Baca Juga: 4 Fungsi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

2. Manajemen Marketing

Produk apa pun tidak akan sampai kepada pelanggan tanpa adanya proses marketing atau pemasaran. Cara mengatur kegiatan yang berhubungan dengan proses pemasaran termasuk ke dalam komponen manajemen marketing. Selain itu, manajemen keuangan juga akan membuat strategi pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Baca Juga: 7 Strategi Digital Marketing Yang Efektif Tingkatkan Penjualan

3. Manajemen Produksi

Mereka yang bertugas dalam lingkup manajemen produksi harus mampu mengatur dan mengawasi bagaimana barang dan jasa diproduksi oleh perusahaan. Manajemen produksi juga mencakup proses kontrol dan uji kelayakan pada mesin produksi, operator produksi sampai produk jadi siap dipasarkan. Manajemen produksi juga mengatur pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan agar terkelola secara efisien.

Baca Juga: 4 Tugas Manajemen Produksi Dalam Sebuah Perusahaan

4. Manajemen Distribusi

Kegiatan distribusi diawasi dan diatur dalam ruang lingkup manajemen distribusi. Aktivitas ini dilakukan untuk memastikan produk bisa disalurkan secara cepat dan tepat agar tidak mengecewakan pelanggan.

Baca Juga: Pengertian Strategi Distribusi dan Contohnya Dalam Bisnis

5. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Selain sumber daya yang sifatnya materiil, pengelolaan juga harus dilakukan terhadap sumber daya manusia yang ada. Manajemen SDM mengatur dengan baik porsi tanggung jawab setiap orang dalam perusahaan, bidang pekerjaan hingga memantau kedisiplinan dan performa kerja SDM yang ada

Semua komponen dalam manajemen ini harus saling bersinergi satu sama lain. Dibarengi dengan kerja sama yang baik antara pimpinan dan para karyawan, manajemen bisnis akan berjalan sesuai tujuan dan target yang dibuat oleh perusahaan. Tugas untuk masing-masing komponen manajemen dipimpin oleh seorang manajer.

Baca Juga : Mengenal Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Bisnis

Sebelum masuk contoh aplikasinya, kamu harus mengetahui fungsi-fungsi dari manajemen bisnis. Berikut adalah fungsi manajemen bisnis,

1. Perencanaan atau Planning

Perencaan atau planning dilakukan untuk membangun sebuah usaha. Suatu bisnis atau usaha perlu adanya perencanaan yang matang baik dari pemasaran produk, pembukuan, penjualan produk dan rencana-rencana lainnya. Dan setiap perencanaan tersebut memerlukan pencatatan dari semua dampak yang akan dihasilkan untuk bisnis yang akan datang.

2. Organizing

Pengelompokan atau organizing ini berkaitan dengan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan. Pengelompokan ini dilakukan untuk membuat kelompok kerja sesuai dengan planning yang sudah dibuat. Dan kelompok kerja tersebut berisikan tentang orang-orang dengan tugas yang sudah ditentukan dalam planning.

3. Pengelolaan atau Staffing

Staffing ini berkaitan dengan sumber daya perusahaan seperti bahan baku perusahaan, mesin produksi, dan sarana pendukung lainnya. Manajemen ini juga dilakukan agar dapat dilaksanakan secara optimal.

4. Pengarahan atau Directing

Fungsi pengarahan ini diartikan sebagai manajemen memiliki peran penting sebagai seorang pemimpin dan penyemangat tim agar tim tersebut dapat bekerja sesuai dengan planning yang sudah dibuat.

5. Pengawasan atau Controlling

Pengawasan atau controlling ini mengacu pada pengecekan dan obervasi sistem kerja apabila sistem teresbut sudah dilakukan sesuai planning atau tidak.

Contoh Aplikasi Manajemen Bisnis di Dunia Kerja

Bisnis baik skala kecil, menengah maupun besar harus menerapkan manajemen bisnis yang baik agar kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan dengan baik. Ada beberapa contoh aplikasi atau penerapan manajemen bisnis di lapangan/dunia kerja yakni:

1. Pengembangan Produk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manajemen bisnis mencakup beragam tahapan dalam kegiatan operasional mulai dari awal sampai akhir. Manajemen bisnis di awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan product development atau pengembangan produk. Misalnya saja kamu ingin mencari menu baru yang menarik untuk kalangan muda di restoran kamu.

2. Kemitraan

Dalam berbisnis kamu juga perlu menjalin kemitraan, baik itu dengan supplier bahan baku atau dengan para investor. Kemitraan ini juga perlu diatur sebagai bagian dari manajemen bisnis.

3. Komunikasi dengan Pemangku Kepentingan

Hubungan dengan stakeholder atau pemangku kepentingan seperti investor dan komunitas tempat bisnis kamu beroperasi juga perlu dikelola dengan baik. Misalnya saja kamu memberikan presentasi update terkait perkembangan perusahaan kepada para investor atau melakukan pertemuan berkala dengan komunitas terkait.

Baca Juga: 8 Langkah Strategi Komunikasi Persuasif dalam Dunia Kerja

4. Team Culture

Team culture atau lingkungan kerja juga perlu dikelola dengan baik. Caranya adalah dengan menetapkan kebiasaan, norma dan ekspektasi perusahaan terhadap kinerja para karyawannya. Dengan begitu, masing-masing orang akan mengetahui porsi tugasnya dan tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai ekspektasi perusahaan terhadap dirinya.

Baca Juga : Definisi dan Cara Evaluasi Kinerja Karyawan

Apa Saja Tugas Seorang Manajer Bisnis di Dunia Kerja?

Manajer dan direktur memiliki kewajiban dan wewenang untuk mengawasi dan membuat keputusan dalam perusahaan. Ukuran manajemen bermacam-macam mulai dari manajemen yang terdiri satu orang dalam sebuah perusahaan kecil sampai ribuan manajer di perusahaan dengan cabang di berbagai negara di dunia. Dalam perusahaan berskala lebih besar, kebijakan diambil oleh dewan direksi kemudian dilakukan oleh CEO atau chief executive officer.

Banyak orang percaya bahwa langkah terbaik untuk mengevaluasi prospek dan nilai sebuah perusahaan saat ini adalah dengan melihat kualitas dan pengalaman manajernya. Tujuan manajemen yakni untuk menyatukan orang-orang agar bisa mencapai target dan sasaran yang diharapkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan cara yang paling efisien dan efektif. Adapun tugas dari manajer dalam manajemen bisnis antara lain:

  • Melakukan pengorganisasian
  • Mengarahkan dan memimpin tim yang ada di bawah tanggung jawabnya
  • Melakukan perencanaan dalam berbagai hal (tergantung pada komponen manajemen mana dia berada)
  • Mengatur urusan kepegawaian dan lain sebagainya.

Manajemen adalah bagian yang sangat penting dalam memfasilitasi usaha bersama dalam rangka mencapai target perusahaan.

Baca Juga : 10 Strategi Pengambilan Keputusan yang Efektif

Mengapa Manajemen dalam Sebuah Bisnis Itu Penting?

Setelah mengetahui tentang apa itu manajemen bisnis, kamu juga harus tahu kenapa manajemen bisnis itu penting. Simak ulasannya berikut ini!

1. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Adanya manajemen akan mengelola faktor-faktor produksi, menyusun, mengelola dan mengintegrasikan sumber daya yang ada dengan efektif untuk mencapai tujuan bersama. Dengan begitu tidak akan ada tenaga, waktu dan uang yang terbuang sia-sia.

2. Memanfaatkan Sumber Daya Secara Optimal

Manajemen memungkinkan perusahaan memanfaatkan sumber daya fisik dan manusia dengan cara produktif. Manajemen menyediakan pemanfaatan maksimum dari sumber daya yang langka dengan memilih pemanfaatan alternatif terbaik dalam industri. Jika karyawan dan mesin berproduksi secara maksimal, maka tidak akan ada sumber daya yang berakhir sia-sia.

3. Menurunkan Biaya

Manajemen bisnis yang baik memungkinkan perusahaan mendapatkan hasil yang maksimal dengan input yang minimum lewat rencana yang sesuai. Manajemen memanfaatkan sumber daya manusia, fisik dan finansial sedemikian rupa untuk memperoleh kombinasi terbaik yang pada akhirnya dapat menekan biaya.

4. Membangun Perusahaan yang Sehat

Adanya manajemen akan membuat tidak adanya upaya yang tumpang tindih. Membentuk struktur organisasi yang sehat merupakan salah satu tujuan manajemen yang sejalan dengan visi perusahaan. Manajemen juga menempatkan orang yang tepat, memiliki keterampilan, pelatihan dan kualifikasi di berbagai posisi sehingga kegiatan operasional bisa berjalan lancar.

5. Memungkinkan Perusahaan untuk Beradaptasi dengan Perubahan

Bisnis adalah sesuatu yang dinamis. Manajemen memungkinkan koordinasi sehingga perusahaan bisa bergerak sesuai dengan kondisi pasar. Hal ini berperan langsung pada kelangsungan hidup dan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Itulah dia penjelasan tentang apa itu manajemen bisnis serta contoh dan aplikasinya dalam dunia bisnis. Manajemen bisnis adalah elemen krusial yang harus kamu kuasai jika kamu ingin perusahaan kamu sukses. Pemahaman akan manajemen bisnis yang dalam akan membuat kamu paham bagaimana perusahaanmu bekerja dari hulu ke hilir yang kemudian akan membuat kami memiliki gambaran besar tentang kondisi dan arah perusahaanmu.

Butuh pengetahuan tambahan lain terkait tentang apa itu manajemen bisnis? Kamu bisa mengikuti berbagai pilihan kursus bisnis dan manajemen. Persiapkan dirimu menjadi calon pebisnis andal bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok