KNOWLEDGE

7 Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Sebuah Perusahaan

By greatnusa10 Februari 2023

Bagikan Artikel

7 Fungsi Manajemen Pemasaran untuk Sebuah Perusahaan

Memasarkan produk atau jasa adalah salah satu tujuan utama perusahaan komersial. Kegiatan ini melibatkan berbagai aktivitas dan kontribusi beragam departemen. Fungsi manajemen pemasaran adalah memastikan agar berbagai pihak serta aktivitas yang terlibat berkolaborasi dengan baik.

Tertarik membuka bisnis atau berkarier di bidang yang melibatkan pemasaran? Pastikan kamu memahami prinsip-prinsip utama dan fungsi manajemen pemasaran agar bisa menerapkannya dengan baik.

Definisi dan Aktivitas Manajemen Pemasaran

Dalam buku Marketing Management: 14th Edition (2012), pakar marketing Philip Kotler mendeskripsikan manajemen pemasaran sebagai ilmu memilih target pemasaran serta mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasar demi menciptakan kepuasan pelanggan tingkat tinggi (customer value). Definisi ini menggambarkan manajemen pemasaran sebagai sesuatu yang melibatkan banyak aktivitas sekaligus.

Dalam kegiatan manajemen pemasaran, semua kegiatan yang melibatkan proses pemasaran dikelola sedemikian rupa sehingga mereka saling berkontribusi secara rapi. Semua strategi yang digunakan harus berujung pada peningkatan laba, reputasi, dan produktivitas perusahaan. Tugas manajemen pemasaran bisa bervariasi tergantung jenis permintaan dari pasar, misalnya:

  • Permintaan Tersembunyi 

Permintaan tersembunyi (latent demand) berarti potensi permintaan sudah ada di kalangan konsumen, tetapi belum ada produk yang bisa memuaskan mereka.

  • Permintaan Menurun

Permintaan menurun (faltering demand) berarti permintaan terhadap suatu produk sudah ada, tetapi frekuensinya menurun karena berbagai sebab.

  • Permintaan Tidak Teratur

Permintaan tidak teratur (irregular demand) berarti permintaan sudah ada, tetapi polanya fluktuatif atau berbeda-beda setiap periode/musim.

  • Ketiadaan Permintaan

Ketiadaan permintaan bisa berakar dari ketidaktahuan masyarakat terhadap keberadaan suatu produk, atau mereka belum menyadari bahwa ada produk yang bisa memenuhi permintaan atau memecahkan masalah mereka.

Semua jenis permintaan di atas menuntut manajer pemasaran untuk menerapkan strategi yang berbeda-beda. Aktivitas manajemen pemasaran dimulai dari riset, baik mengenai pasar maupun kebutuhan konsumen. Hasil riset tersebut dimanfaatkan untuk menentukan produk utama yang akan dipasarkan serta metode promosi yang tepat. Manajemen pemasaran juga mencakup penentuan layanan purnajual (after-service), pelaporan, hingga evaluasi.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Strategi Pemasaran Global dan Contohnya

Fungsi Utama Manajemen Pemasaran 

Tidak semua perusahaan memiliki departemen khusus pemasaran. Akan tetapi, setiap perusahaan atau pemilik bisnis yang ideal pasti melakukan strategi manajemen pemasaran. Hal ini karena manajemen pemasaran memiliki manfaat penting terkait kesuksesan dan reputasi perusahaan.

Apa saja fungsi manajemen pemasaran? Mengapa setiap perusahaan harus menerapkannya?

Inilah beberapa fungsi pentingnya.

  • Menganalisis Peluang Pasar 

Salah satu solusi bagi perusahaan untuk tetap hadir dalam jangka waktu lama adalah kemampuan menganalisis peluang pasar. Demografi konsumen bervariasi dan tren terus berubah seiring zaman sehingga berbagai perusahaan harus mampu beradaptasi. Menemukan peluang pasar baru adalah cara agar perusahaan terus menemukan pelanggan baru dan tidak ketinggalan zaman.

Manajemen pemasaran melibatkan kegiatan analisis dan penelitian. Tujuannya adalah menemukan ceruk pasar baru dengan cara menganalisis faktor-faktor seperti tren pasar, kondisi persaingan, kebiasaan masyarakat, kehadiran demografi baru, kondisi ekonomi, dan faktor lainnya.

  • Menemukan Target Pasar yang Tepat bagi Perusahaan

Kamu mungkin memiliki produk yang bagus, tetapi jika target pasarnya tidak tepat, kualitas dan nilai produk tersebut akan sia-sia. Fungsi manajemen pemasaran adalah menemukan target sesuai sifat, karakteristik, rentang harga, dan manfaat produk yang ditawarkan. Strategi ini bisa dipadukan dengan metode analisis peluang pasar.

Sebagai contoh, ketika suatu perusahaan menciptakan desain ponsel baru, target pasarnya harus ditentukan berdasarkan tren pasar, kebutuhan konsumen, dan spesifikasi yang ditawarkan ponsel tersebut. Apakah penggunanya kaum muda dan mahasiswa yang ingin tampil trendi? Apakah ponsel tersebut lebih cocok untuk profesional muda dengan pembawaan lebih dewasa?

Baca Juga: Young Entrepreneurs Talk: How Creative Industries Startups Adapt with the Current Situation

  • Terlibat dalam Pengujian Produk

Setiap produk harus melalui pengujian sebelum diluncurkan ke masyarakat. Proses pengujian memastikan bahwa setiap produk memiliki nilai untuk ditawarkan ke konsumen, tidak memiliki cacat, dan tidak akan membahayakan konsumen. Manajer pemasaran harus terlibat di dalam proses pengujian untuk memastikan bahwa sebuah produk siap dipasarkan.

Mengetahui tingkat kepantasan dan kualitas produk berpengaruh besar pada kegiatan pemasaran. Dalam hal manajemen pemasaran, manajer harus berkomunikasi dengan pihak terkait seperti pakar penguji, pengendali mutu (QC), departemen keuangan, pihak pemberi dana, dan sebagainya.

  • Menentukan Harga Ideal

Harga produk yang ideal harus berkontribusi pada kembalinya investasi (Return of Investment). Fungsi manajemen pemasaran adalah melakukan analisis serta berkomunikasi dengan departemen lain di perusahaan untuk menentukan harga produk ideal. Penentuan harga dilakukan berdasarkan berbagai faktor seperti tren harga, strategi pesaing, target pasar, dan kondisi ekonomi.

  • Memastikan Kelancaran Distribusi Produk

Distribusi produk adalah faktor penting yang menentukan keberhasilan penyebaran suatu produk di antara target pasar idealnya. Manajemen pemasaran memastikan agar proses ini lancar hingga semua produk sampai di tujuan yang ditentukan. Contohnya adalah memastikan agar semua distributor mengirimkan barang ke titik-titik penjualan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

Distribusi produk menjadi tantangan ekstra untuk manajer pemasaran ketika wilayah pengirimannya berada di tempat terpencil atau berjarak jauh. Kegiatan manajemen pemasaran adalah memastikan agar setiap produk sampai tepat waktu dan dengan kondisi bagus.

  • Membantu Perusahaan Menciptakan Strategi Pemasaran Efektif

Fungsi manajemen perusahaan yang cukup vital adalah menciptakan strategi pemasaran efektif. Strategi pemasaran yang ideal harus menyesuaikan dengan banyak faktor seperti demografi target, kultur masyarakat, tren pasar, biaya, dan sarana yang tersedia. Manajer pemasaran harus memastikan bahwa semua aktivitas yang menyasar faktor-faktor tersebut berjalan dengan baik.

Manajer pemasaran harus berkomunikasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam strategi pemasaran, misalnya videografer, copywriter, desainer, departemen keuangan, manajemen komunikasi, dan sebagainya. Manajer pemasaran juga harus memastikan bahwa pelaksanaan strategi tersebut berjalan lancar, sesuai dengan anggaran dan rencana.

  • Mengevaluasi Strategi Pemasaran demi Kemajuan Perusahaan

Fungsi manajemen pemasaran juga merambah hingga setelah strategi pemasaran diaplikasikan. Manajer pemasaran harus melihat apakah strategi tersebut sukses dan sesuai dengan proyeksi rencana atau tidak. Kegiatan evaluasi ini tidak hanya menemukan faktor-faktor yang membuat strategi pemasaran sukses, tetapi juga faktor penghambat.

Setelah menemukan faktor-faktor tersebut, manajer pemasaran mendiskusikannya dengan pihak terkait. Hasilnya menjadi penentu strategi pemasaran perusahaan untuk periode selanjutnya. Evaluasi strategi pemasaran juga menentukan jenis layanan purnajual yang bisa ditawarkan sesuai kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Strategi Mengoptimalkan Penjualan UMKM

Solusi Belajar Manajemen Pemasaran

Tugas manajemen pemasaran tidak hanya rumit, tetapi juga berkaitan dengan aktivitas lain di dalam perusahaan. Jika kamu berminat membuka bisnis atau meningkatkan wawasan pekerja terkait manajemen pemasaran, kamu bisa memanfaatkan pelatihan seperti yang ditawarkan GreatNusa.

Berbagai kelas digital GreatNusa menawarkan pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi dalam dunia bisnis dan karier, termasuk bidang manajemen serta pemasaran. Kelas seperti Manajemen Pemasaran dan Penjualan, Retail and Merchandising, serta Strategi Pemasaran Global cocok untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi di bidang manajemen pemasaran. Setiap kelas dibawakan pakar terkait dengan materi terkini dan jadwal yang mudah disesuaikan.

Fungsi manajemen pemasaran sangat vital bagi perusahaan karena terdiri dari berbagai faktor penting. Pastikan mempelajari hal ini sebelum membuka bisnis dan ikuti kelas-kelas GreatNusa sebagai bagian dari upaya menerapkan manajemen pemasaran berkualitas.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok