CAREER HACK

6 Manfaat Perencanaan Karier untuk Masa Depan Lebih Baik

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

6 Manfaat Perencanaan Karier untuk Masa Depan Lebih Baik

Kamu pasti pernah bertanya-tanya –atau mungkin ditanya oleh orang lain, “Apa yang ingin kamu lakukan dalam 5-10 tahun kariermu?” Apakah kamu sudah punya jawaban jelas? Atau justru masih belum punya bayangan apapun? Percaya atau tidak, manfaat perencanaan karir itu sangat besar dalam perjalanan profesi seseorang.

Kalau kamu sudah punya jawaban untuk pertanyaan itu, then good for you. Kalau belum, maka artikel ini akan membantu kamu mengulik secara tuntas mengenai manfaat perencanaan karier dan cara kamu melakukannya.

Apa yang Dimaksud dengan Perencanaan Karier?

Perencanaan karier atau career planning mengacu pada proses perencanaan pilihan karier, menetapkan tujuan karier serta memutuskan program pendidikan dan pengembangan diri untuk membantu meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karier itu sendiri. Dalam perencanaan karier, kamu akan menemukan career goals atau sasaran-sasaran karier serta career path atau jalur karier.

Baca Juga: Perencanaan Karir: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Pilihan karier yang berbeda harus dieksplorasi secara rinci untuk menemukan kesesuaian antara kemampuan seseorang dan peluang yang diberikan oleh pilihan karier. Perencanaan karier melibatkan proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan secara berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk membangun seorang individu untuk tumbuh sebagai seorang pekerja.

Langkah-langkah Perencanaan Karier yang Perlu Dilakukan

Proses perencanan karier memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi apa yang menjadi kekuatan dan minat pribadimu. Dengan begitu kamu bisa menemukan peluang profesional yang mungkin kamu nikmati dan kuasai. Proses ini mencakup serangkaian langkah sederhana dan bisa digunakan kembali di sepanjang jalur karier kamu untuk menyesuaikannya dengan tujuan: apakah kamu sudah puas dengan pencapaianmu atau belum.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam merencanakan karier. Simak poin-poin pentingnya berikut ini!

1. Lakukan Eksplorasi dan Penilaian Diri

Pertama-tama kamu harus memahami kebutuhan, kekuatan, kepribadian, keterampilan, bakat dan minat kamu untuk membuat keputusan akademis dan karier yang terinformasi. Kamu bisa membuat daftar pertanyaan yang terkait dengan evaluasi value, evaluasi hal-hal yang kamu sukai dan tidak kamu suka, evaluasi personality dan evaluasi bakat.

2. Riset Karier

Setelah menentukan kualitas diri dan bakatmu, kamu bisa memutuskan jenis karier yang kamu minati dengan melakukan riset. Mulailah dengan membuat daftar peran dalam berbagai sektor industri atau kompilasi daftar karakteristik di lingkungan kerja, tanggung jawab dan peluang kemajuan yang kamu inginkan dalam karier. Dengan menggunakan karakteristik tersebut, tentukan lebih banyak peran dan industri yang mungkin kamu pertimbangkan sebagai pilihan karier.

Baca Juga: Perencanaan Karir Masa Depan: Mengarahkan Tujuan Karier untuk Sukses

3. Eksplorasi dan Eksperimen Karier

Setelah kamu mengerucutkan daftar kemungkinan karier yang ingin kamu jalani, temukan cara untuk mencari pengalaman setiap karier secara langsung. Ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Melakukan wawancara dengan orang yang profesional dalam industri yang kamu incar
  • Melakukan job shadowing di mana kamu menghabiskan satu hari atau satu minggu mengamati profesi yang kamu inginkan untuk memahami jalur karier mereka
  • Menjadi sukarelawan. Beberapa perusahaan mungkin membuka kesempatan bagi pihak luar untuk menjadi sukarelawan. Ini bisa jadi kesempatan bagi kamu merasakan pengalaman langsung melihat dari dekat industri tersebut
  • Magang
  • Kerja paruh waktu
  • Menemui mentor dalam industri terkait. Minta mereka berbicara tentang realitas karier yang mereka jalani. Ini bisa jadi sumber informasi yang sangat penting sehingga kamu bisa mengidentifikasi langkah-langkah yang mungkin juga sesuai dengan dirimu
  • Kursus.

4. Pengambilan Keputusan dan Pemilihan Karier

Pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari semua pilihan karier kamu. Kamu juga perlu mempertimbangkan banyak faktor termasuk kemungkinan keseimbangan antara gaji dan kenyamanan kerja, pro dan kontra relokasi serta work-life balance (keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi).

5. Perencanaan dan Tindakan Akhir

Kumpulkan semua informasi yang sudah kamu pelajari dan tentukan rencana tindakan. Rencana ini harus mencakup latar belakang seperti riwayat pekerjaanmu, pendidikan dan lain sebagainya. 

6. Mencari Pekerjaan dan Diterima Kerja

Gunakan rencana kariermu untuk memulai pencarian pekerjaan. Identifikasi peran dan perusahaan tertentu yang kamu minati untuk dilamar, dan bandingkan preferensi dan persyaratan tersebut dengan rencana kariermu. Lihat apakah ada langkah-langkah yang masih perlu kamu ambil atau apakah kamu memenuhi syarat untuk melamar.

Apa Manfaat Perencanaan Karier?

Perencanaan karier yang jelas tentu bisa mendatangkan berbagai manfaat untukmu. Apa saja?

1. Pengetahuan (Knowledge)

Proses perencanaan karier akan membantu kamu untuk menyadari berbagai peluang karier. Kehidupan seperti yang kita lihat setiap harinya menjadi serba cepat dan sangat kompetitif. Memiliki rencana karier akan memberimu kejelasan saat memilih profesi yang tepat dan membantu kamu menetapkan prioritas dengan benar.

2. Kesadaran Diri (Self Awareness)

Setelah kamu menyadari pilihan-pilihan apa saja yang ada sekitarmu, pengetahuan yang kamu peroleh akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan pilihan karier. Kamu bisa memilih satu yang paling sesuai dengan keahlian dan kompetensimu sehingga tidak perlu terjebak di tengah pilihan karier yang terlalu banyak.

3. Pengembangan Diri (Self Development)

Kamu membutuhkan kedisiplinan, fokus, kemauan keras, kekuatan dan pelatihan untuk bisa memilih jalur karier dan tetap berada di sana dalam waktu yang panjang. Sifat-sifat ini dalam jangka panjang pasti akan membuahkan hasil dan menjadi keuntungan besar bagi kamu di masa depan.

Baca Juga: Apa Itu Hard Skill dalam Dunia Pekerjaan?

Kamu juga perlu mengukur kemajuan saat kamu berproses dalam kariermu. Selama 6 bulan, kamu harus mengevaluasi kembali tujuan profesional jangka pendek dan jangka panjang yang sudah kamu buat. Dengan begitu kamu bisa tahu seberapa besar kesesuaian rencana dengan karier yang sedang kamu jalani saat ini.

4. Kepuasan terhadap Karier (Career Contentment)

Saat ini sangat sulit menemukan karyawan yang puas dengan jenjang karier mereka. Dan ini tercermin dari hasil kerja serta kesejahteraan fisik dan mental mereka. Berada dalam karier pilihan akan meningkatkan moral kamu, membantu kamu tetap termotivasi serta memberi makna ke dalam hidup kamu. Ini akan membuat kamu tetap berkomitmen penuh pada tempat kerjamu.

5. Visibilitas

Di tempat kerja yang kamu pilih di mana kamu memperoleh kepuasan kerja, kamu akan merasa lebih mudah untuk bekerja serta akan meninggalkan kesan yang baik pada rekan kerja serta atasanmu. Ini akan meningkatkan visibilitas di tempat kerja dan memastikan manajer senior mengetahui seberapa besar kapasitasmu. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu saatnya promosi dan kenaikan gaji.

Baca Juga: 7 Manfaat Pengembangan Karir Dalam Dunia Kerja

Perlu kamu ketahui bahwa ketika orang-orang penting tidak menyadari keberadaanmu, ada kemungkinan besar kamu akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan. Kamu mungkin juga akan melewatkan beragam tugas menarik yang bisa meningkatkan kemampuanmu, terlepas dari kerja keras dan kinerjamu yang baik.

6. Perencanaan Pensiun

Berkarier dalam pekerjaan impian seharusnya tidak menjadi tujuan akhir dalam rencana kariermu. Ini bukan hanya tentang pekerjaan, ini juga tentang masa depan. Kecuali jika kamu berencana untuk bekerja selama sisa hidupmu dan itu adalah hal yang tidak mungkin.

Rencana karier yang didukung oleh alokasi investasi dan tabungan akan memudahkan kamu dalam menghadapi masa pensiun. Ketika semua berjalan dengan lancar, kamu akan melihat kembali ke belakang perjuanganmu dengan senyuman sembari menikmati hasil kerja kerasmu selama ini.Setelah mengetahui ragam manfaat perencanaan karir, jangan lupa untuk tetap meningkatkan skill dan pengetahuan. Salah satunya adalah dengan mengikuti rangkaian kelas online di GreatNusa. Daftarkan diri dan rasakan manfaatnya untuk masa depanmu kelak.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok