CAREERS

Perencanaan Karir Masa Depan: Mengarahkan Tujuan Karier untuk Sukses

By greatnusa21 April 2023

Bagikan Artikel

Perencanaan Karir Masa Depan: Mengarahkan Tujuan Karier untuk Sukses

Siapa yang tidak bermimpi ingin memiliki karier yang cemerlang pada masa depan nanti? Tentu kamu juga ingin mewujudkan impian tersebut, bukan? Nah, kamu perlu membuat perencanaan karir masa depan sedini mungkin untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan profesional.

Perencanaan karier sebaiknya dipikirkan secara serius bahkan sejak kamu masih di bangku SMA. Kamu perlu memiliki rencana yang matang mengenai kehidupan karier yang ingin dijalani kelak. Tidak masalah jika sudah bekerja karena kamu masih bisa merencanakan karier untuk peluang yang lebih baik pada masa depanmu.

Pertanyaannya, bagaimana caranya merencanakan karier secara matang dan menerapkan rencana yang telah dibuat? Simak saja artikel ini untuk menjawab rasa penasaranmu.

Mengenal Apa Itu Perencanaan Karier

Perencanaan karier adalah proses menentukan jalur karier yang ingin dicapai serta langkah nyata untuk mewujudkannya. Dalam proses ini, kamu akan menetapkan tujuan karier jangka pendek, menengah, dan panjang, lalu menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Lantas, kapan sebaiknya kamu mulai merencanakan kariermu? Perencanaan karier masa depan perlu dimulai jauh hari sebelum mencari pekerjaan, tepatnya tahun terakhir SMA atau awal kuliah. Pada usia ini, kamu bisa memikirkan jenis pekerjaan atau karier yang diminati. Kamu bisa mengikuti kursus, magang, program sertifikasi, atau pengalaman kerja virtual untuk lebih memahami pekerjaan yang diinginkan.

Perencanaan karier tidak hanya dilakukan sekali saja, tetapi sepanjang kehidupan kariermu. Kamu bisa mengevaluasi posisi kariermu pada saat ini dan tujuan masa depan secara berkala. Evaluasi sangat bermanfaat supaya kamu bisa menyesuaikan rencana demi mencapai tujuan karier yang telah ditetapkan atau beralih ke tujuan yang baru.

Pentingnya Perencanaan Karier untuk Masa Depan yang Sukses

Seberapa penting perencanaan karier untuk masa depan? Sangat penting karena kamu bisa menghindari ketidakpastian dalam mencapai tujuan karier. Cobalah membayangkan seseorang yang tidak memiliki rencana karier dan hanya menerima tawaran pekerjaan yang diberikan tanpa mempertimbangkan peluang yang lebih baik. Ketika sudah bosan dengan pekerjaannya, orang tersebut hanya menganggapnya sebagai kenyataan hidup dan tidak memikirkan solusinya.

Pekerjaan memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Rencana karier akan membantu kamu dalam membuat keputusan strategis dan menilai peluang berdasarkan manfaatnya terhadap tujuan jangka panjang. Selain itu, rencana karier dapat menghilangkan distraksi yang bisa menghalangi kamu sehingga lebih fokus mencapai tujuan. Terakhir, rencana karier juga bisa menentukan keterampilan (skill) yang perlu dikuasai dan pastinya relevan dengan tujuan karier.

Baca Juga: Kenali Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir

Langkah Perencanaan Karier Masa Depan yang Perlu Dilakukan

Ketika membicarakan masa depan, banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama perencanaan karier. Bagi kamu yang ingin mencapai tujuan karier yang diimpikan, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Nah, berikut ini beberapa langkah dalam perencanaan karier yang bisa membantu mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

1. Menentukan Tujuan Karier

Tidak sedikit remaja yang bingung dalam memilih tujuan kariernya. Faktanya, menentukan tujuan karier bisa dimulai dari mengenali minat, bakat, dan kekuatan yang kamu miliki. Setelahnya, kamu perlu mengidentifikasi tujuan karier jangka pendek dan panjang yang ingin dicapai. Pertimbangkan juga aspek lainnya berupa kesenangan dalam bekerja, nilai yang ingin diwujudkan, dan gaya hidup. 

Setelah menetapkan tujuan karier, barulah kamu bisa merancang rencana yang spesifik dan terukur agar lebih mudah dalam mencapainya. Tujuan karier hanya akan menjadi impian yang sulit dicapai tanpa perencanaan yang baik.

2. Mencari Informasi dan Sumber Daya

Informasi apa yang dibutuhkan dalam perencanaan karier? Kamu bisa mencari informasi mengenai tren dan kebutuhan di industri kerja pilihan serta kualifikasi dan persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan. 

Gunakan sumber daya yang tersedia untuk membantumu memperoleh informasi tersebut, mulai dari mentor, situs web (website) karier, atau organisasi profesional yang bisa memberikan wawasan dan dukungan untukmu. Informasi ini sangat bermanfaat supaya kamu bisa mempersiapkan dirimu lebih baik untuk menghadapi persaingan di dunia kerja.

3. Meningkatkan Kualifikasi dan Keterampilan

Agar perencanaan karier makin matang, lengkapi dirimu dengan kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan. Kamu pasti sudah mengidentifikasi kebutuhan kualifikasimu pada langkah sebelumnya. Kini, kamu hanya perlu mencari peluang untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilanmu. Contohnya, kamu mengambil kursus atau pelatihan bersertifikasi atau memiliki pengalaman magang yang relevan. Teruslah belajar dan berkembang dalam karier karena dunia kerja selalu berubah dan makin kompetitif.

Baca Juga: Ciri-ciri Profesionalisme yang Perlu Diketahui dalam Karir Anda

Menerapkan Rencana Karier yang Telah Disusun

Rencana karier yang telah dibuat tidak akan terwujud apabila kamu tidak mengambil langkah aksi untuk menerapkannya. Bagaimana cara mewujudkan rencana karier yang sudah dibuat? Ikuti saja dua langkah sederhana di bawah ini.

1. Mencari Pekerjaan yang Sesuai

Kamu hanya perlu mencari pekerjaan yang sesuai tujuan karier dan kualifikasi yang dibutuhkan. Manfaatkan sumber daya dan jaringan untuk mencari peluang pekerjaan. Kamu juga bisa merencanakan strategi yang efektif dalam melamar pekerjaan, contohnya membuat portofolio atau latihan wawancara bersama mentor. 

Sebelum melamar pekerjaan, periksalah persyaratan pekerjaan agar sesuai kualifikasi dan keahlian yang kamu miliki. Buatlah dokumen lamaran kerja berupa CV dan portofolio yang baik serta mencerminkan potensi serta kompetensi diri. Peluang untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai makin besar apabila mengikuti langkah ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Pengembangan Karir Dalam Dunia Kerja

2. Membangun Jaringan dan Reputasi Profesional

Langkah ini sangat penting pula untuk meningkatkan peluang dalam mencapai tujuan karier. Cobalah menjalin relasi dan jaringan bersama orang-orang dalam industri kerja yang ingin kamu geluti. Kamu bisa mulai dari teman SMA dan kuliah, keluarga, maupun rekan kerja. Manfaatkan juga media sosial dan platform profesional untuk membangun reputasi alias branding diri dan memperluas jaringan. 

Namun, lakukanlah penelitian terlebih dahulu tentang perusahaan yang ingin dihubungi dan dijadikan target untuk relasimu. Kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang industri tersebut serta peluang karier yang tersedia. Berikan kesan positif dan tunjukkan keahlian serta keterampilan yang kamu miliki untuk memperoleh perhatian dari perusahaan targetmu.

Singkatnya, perencanaan karier masa depan perlu dirancang sejak dini. Dalam mencapai tujuan karier, keterampilan teknis atau hard skill bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan. Kamu juga harus menguasai keterampilan non-teknis atau soft skill seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, dan fleksibilitas. 

Siapa bilang bahwa soft skill tidak bisa dipelajari melalui kursus? Buktinya, ada kelas Tingkatkan Kesuksesan Karir dengan Mengembangkan Keterampilan Soft Skill dari GreatNusa yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan soft skill-mu. Tunggu apa lagi, wujudkan perencanaan karir masa depanmu hanya bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok