KNOWLEDGE

Apa Itu Karir: Manfaat dan Cara Merencanakannya

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

Apa Itu Karir: Manfaat dan Cara Merencanakannya

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata karir? Kebanyakan orang berpikir bahwa karir adalah sesuatu yang baru bisa dipikirkan saat mereka sudah lulus dari perguruan tinggi. Padahal, perencanaan karier itu sangat penting dilakukan sejak dini.

Memilih karir sejak kamu masih di usia sekolah akan membantu kamu menentukan jenis pendidikan dan keterampilan yang tepat untuk mendukung karier itu. Membuat keputusan yang hati-hati dan dipikirkan matang-matang akan membuka kesempatan yang lebih luas untuk sukses.

Memilih karir yang tepat dan sesuai dengan dirimu mungkin akan membutuhkan waktu yang panjang. Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara dalam apa itu karier, perbedaan karier dengan pekerjaan dan bagaimana caramu merencanakan karier. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Karir, Definisi dan Contohnya?

Karir sebenarnya memiliki dua definisi. Kata karier sering digunakan untuk merujuk pada profesi, pekerjaan atau panggilan seseorang. Karier bisa menentukan apa yang kamu lakukan untuk mencari nafkah dan bentuknya juga beragam. 

Ada yang membutuhan pelatihan, pendidikan ekstensif hingga yang bisa kamu peroleh dengan berbekal ijazah sekolah menengah dan kemauan untuk belajar saja. Karier juga bisa berarti kamu bekerja sebagai seorang dokter, pengacara, guru, tukang kayu, asisten dokter hewan, guru, tukang listrik, penata rambut hingga kasir.

Karier juga memiliki definisi lain. Ini juga mengacu pada tindakan yang diambil oleh seseorang selama bertahun-tahun bekerja. Karier bisa terdiri dari berbagai pekerjaan yang telah kamu peroleh dan pekerjaan yang telah kamu selesaikan dalam waktu yang lama. Jika dilihat dalam konteks ini, karier mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan pengembangan profesimu, termasuk pilihan dan kemajuan yang kamu raih selama menjalaninya.

Apa Perbedaan Karier dengan Pekerjaan?

Banyak orang yang menganggap bahwa karier itu sama dengan pekerjaan. Padahal keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaan utama antara karier dengan pekerjaan adalah bahwa pekerjaan adalah sesuatu yang kamu lakukan hanya untuk mendapatkan uang. Sedangkan karir adalah sebuah upaya jangka panjang, sesuatu yang kamu bangun, kerjakan dan kembangkan setiap harinya. Pekerjaan hanyalah peran. Tetapi karier terdiri dari kombinasi peran, pengalaman, pendidikan dan jalur yang kamu tempuh untuk mencapai tujuanmu.

Baca Juga: 5 Perbedaan Karir dan Pekerjaan yang Harus Diketahui

Tentu saja tidak masalah jika seseorang hanya ingin bekerja –bukan berkarier demi membiayai hidupnya. Tapi para profesional selalu menyarankanmu untuk memiliki tujuan karier yang jelas yang ingin kamu capai dan kamu upayakan dalam hidup.

Manfaat Memiliki Karier

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karir adalah sebuah proses jangka panjang. Karir adalah gabungan dari sesuatu yang dibangun dan dikembangkan setiap hari. Ini akan menjadikan karier sebagai sesuatu yang lekat dengan keseharian dan tentu harus kamu cintai. Ada beberapa manfaat memiliki karier yang disuka dan sesuai dengan dirimu antara lain:

1. Membuatmu Lebih Bersemangat

Banyak orang yang merasa bosan dengan pekerjaannya. Bahkan hari-hari berangkat kerja adalah hal yang paling mereka benci. Hal ini tidak akan terjadi ketika kamu memulai pekerjaanmu dari sesuatu yang kamu sukai. Setiap hari akan menjadi sebuah kesempatan menemukan hal yang baru. Kamu juga akan bersemangat berkontribusi pada perusahaan atau tempatmu bekerja. Baik dirimu maupun perusahaan, akan sama-sama berkembang karena kamu bersemangat mengerjakannya.

2. Kamu akan Selalu Menemukan Cara untuk Belajar dan Tumbuh

Kalau kamu tidak berniat dan tidak berkeinginan mengembangkan skill serta pengetahuan di tempatmu bekerja sekarang, itu adalah pertanda kalau kamu harus segera move on. Mengapa?

Sebagai seorang profesional, sangat penting memilih peran atau tugas yang membuatmu bergairah mengerjakannya. Sebuah pekerjaan yang akan menantangmu dan membantumu tumbuh.

Seseorang yang secara alami menyukai pekerjaan yang digelutinya, pasti ingin berusaha lebih baik lagi pada apa yang dia kerjakan. Kamu cenderung mengejar peluang yang akan mengasah keterampilan dan membantu kamu tumbuh secara profesional. Lain halnya ketika kamu membenci pekerjaanmu. Kamu hanya akan melakukannya demi mendapatkan uang semata.

Baca Juga: 5 Langkah untuk Membuat Rencana Pengembangan Diri

3. Meningkatkan Kepuasan pada Pekerjaan

Memperoleh gaji yang baik tentu adalah hal yang membahagiakan bagi sebagian orang. Tapi punya karier yang menyenangkan akan menghadirkan kepuasan kerja tersendiri. Apalagi saat ini ada banyak perusahaan yang memberikan tunjangan berupa program kesehatan dan pengembangan profesional untuk membantu mempertahankan loyalitas karyawan. Beberapa faktor lain yang juga bisa membuat tingkat kepuasan dan loyalitas meningkat adalah:

  • Pengembangan profesionalitas
  • Peluang untuk maju
  • Kepemimpinan dan manajemen yang baik
  • Pekerjaan yang menarik.

Kalau kamu ingin merasakan kepuasan dan kebahagiaan kerja yang luar biasa, temukan karier yang kamu sukai sekarang juga.

Cara Merencanakan Karier

Apa itu perencanaan karier? Perencanaan karier melibatkan pemetaan langkah-langkah kunci masa depanmu secara profesional. Mulai dari mengidentifikasi bidang yang ingin kamu kejar hingga mengembangkan tujuan jangka panjang. Metode ini bisa membantu kamu dalam menyusun strategi untuk kesuksesan karier.

Baca Juga: Perencanaan Karir Masa Depan: Mengarahkan Tujuan Karier untuk Sukses

Menyusun atau merencanakan karier bisa kamu mulai lewat 7 langkah mudah. Apa saja?

1. Pelajari tentang Pilihan Karier Potensial

Carilah informasi seputar pilihan karier kepada teman, keluarga atau kolega dimulai dari pekerjaan yang mereka lakukan. 

2. Temukan Pasar Kerja yang Berkembang

Pasar kerja yang berkembang dengan kesempatan peningkatan peluang karier cenderung menawarkan potensi yang paling profesional. Cobalah bicara dengan ahli di bidangmu dan pelajari tentang peluang apa yang menarik di masa depan.

3. Identifikasi Karier yang Sesuai dengan Keahlianmu

Untuk memilih bidang yang membuatmu percaya diri dan sukses, pertimbangkan keterampilan teknis yang kamu miliki di sekolah atau di tempat kerja sebelumnya. Ini akan membantumu memulai karier dengan sukses.

4. Pahami Kualifikasi Karier yang Kamu Pilih

Mulailah dengan meninjau gelar yang kamu perlukan untuk bekerja pada bidang pilihanmu. Identifikasi apakah kamu membutuhkan gelar atau sertifikasi tertentu. Tentukan juga apakah kamu memerlukan gelar tambahan jika ingin mengejar posisi lanjutan yang lebih tinggi.

5. Lakukan Penilaian dan Tunjangan Lainnya

Untuk menilai potensi penghasilan di bidang yang kamu pilih, kamu bisa menjelajahi situs-situs penyedia lapangan pekerjaan. Di sana kamu bisa menemukan rata-rata gaji tahunan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang bisa meningkatkan potensi penghasilanmu (misalnya saja dengan memperoleh gelar yang lebih tinggi).

6. Bandingkan Kemungkinan Jalur Karier Lainnya

Setelah mempertimbangkan beberapa jalur karier, bandingkan dengan pilihanmu. Beberapa posisi mungkin membutuhkan lebih banyak keterampilan dan gelar tambahan. Yang lain mungkin memiliki potensi penghasilan yang jauh lebih tinggi.

7. Tetapkan Tujuan dengan SMART

Karena mengejar jalur karier bisa memakan waktu yang lama, kamu harus menetapkan tujuan dengan SMART yakni:

  • S = Specific. Buat tujuanmu setepat mungkin
  • M = Measurable. Ukur kemajuan dengan menggunakan tolok ukur
  • A = Attainable. Tetapkan tujuan yang bisa dicapai
  • R = Relevant. Setiap tujuan terkait karier yang kamu tetapkan harus benar-benar penting dan bisa membantu mencapai tujuan jangka panjang
  • T = Time Based. Berikan tenggat waktu atau deadline untuk tujuanmu.

Karir adalah sesuatu yang perlu dibentuk dengan kemauan dan tekad yang kuat. Selain dengan menempuh pendidikan yang sesuai, mengikuti pelatihan sesuai dengan kariermu juga bisa membantumu untuk sukses. Temukan berbagai kursus pengembangan karier secara online hanya di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok