ENTREPRENEURS

13 Karakteristik Entrepreneur yang Wajib Dimiliki

By greatnusa6 Februari 2023

Bagikan Artikel

13 Karakteristik Entrepreneur yang Wajib Dimiliki

Siapa yang ingin menjadi seorang entrepreneur? Kamu pasti langsung mengacungkan tangan atau menjawab ‘ya’ ketika mendengar pertanyaan tersebut. Ada banyak motivasi seseorang menjadi entrepreneur, mulai dari mencari penghasilan utama hingga ingin menciptakan perubahan di masyarakat. Apapun alasannya, kamu perlu mengembangkan karakteristik entrepreneur terlebih dahulu agar bisnismu berhasil.

Apa saja karakteristik entrepreneur atau wiraswasta sukses itu? Yuk, simak artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Pengertian Entrepreneur

Entrepreneur alias wiraswasta merupakan orang yang menciptakan bisnis baru untuk menciptakan keuntungan. Banyak orang menganggap entrepreneur sebagai inovator karena memiliki ide baru dalam berbisnis.

Seorang entrepreneur memainkan peran kunci dalam membantu perekonomian makro. Mereka menggunakan keterampilannya untuk mengantisipasi kebutuhan pasar serta membawa ide baru. Sebagai inovator atau pencipta ide baru, entrepreneur mampu mengidentifikasi peluang pasar, merancang strategi bisnis yang efektif, dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis. 

Deretan Karakteristik Entrepreneur yang Wajib Dikembangkan

Seorang entrepreneur harus mengembangkan karakteristik positif agar bisnisnya berhasil. Inilah daftar karakteristik yang setidaknya harus ada dalam dirimu.

1. Kreatif

Entrepreneur harus kreatif dalam membangun usaha. Mereka memanfaatkan peluang yang ada sebagai ide bisnis serta menghasilkan langkah inovatif untuk memberikan solusi melalui bisnisnya. Kreativitas membuat bisnis yang dijalankan entrepreneur terlihat unik dan berbeda daripada kompetitornya.

2. Optimis

Dunia bisnis memang penuh tantangan dan risiko, namun entrepreneur sukses wajib bersikap optimis. Mereka selalu melihat sisi positif dari segala situasi dan terus maju dalam bisnisnya. Optimisme dapat meningkatkan kreativitas dan membantu entrepreneur menemukan ide-ide baru untuk bisnis mereka sehingga meningkatkan peluang kesuksesan.

3. Memiliki Pengetahuan Produk yang Baik

Tidak mungkin seorang entrepreneur tidak mengenali produk barang atau jasa yang ditawarkannya. Mereka harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang produk serta industri bisnisnya. Entrepreneur juga mengetahui nilai dan keunikan produknya agar lebih menarik di mata konsumen.

Baca Juga: Apa itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya? Bagaimana Cara Kerjanya?

4. Mau Bekerja Sama

Kemampuan networking dan mengenali peluang kerja sama sangat penting bagi entrepreneur. Mereka harus mau bertemu orang baru agar bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya yang dibutuhkan.

5. Percaya Diri

Entrepreneur harus mempunyai keyakinan bahwa mereka bisa mencapai tujuannya. Wajar jika merasa ragu, tetapi mereka harus tetap bertahan dan siap mengambil risiko yang diperlukan karena yakin dapat memberikan hasil yang lebih baik pada masa depan. Kepercayaan diri juga membuatmu lebih mudah dalam mengatasi tantangan, mengambil risiko, dan tetap gigih.

6. Fokus pada Tujuan

Entrepreneur yang fokus pada tujuan selalu mengetahui apa yang ingin dicapai dan berusaha untuk mengejar tujuan tersebut. Dalam mencapai tujuannya, mereka membutuhkan ketekunan untuk mengatasi berbagai tantangan serta mendapatkan kepercayaan dari orang yang diajak bekerja sama.

7. Mau Mengambil Risiko

Dunia bisnis penuh risiko dan entrepreneur harus siap mengambilnya. Lagi pula, mengambil risiko sangat penting untuk membedakan diri mereka dari pesaingnya. Namun, mereka harus membuat keputusan yang terukur agar bisa membawa keuntungan bagi diri sendiri maupun bisnisnya.

8. Tidak Ragu Mengambil Keputusan

Entrepreneur akan dihadapkan pada berbagai kondisi yang menuntutnya mengambil keputusan. Mereka harus membuat keputusan yang matang dan tidak terburu-buru agar tidak berdampak pada bisnisnya. Mereka harus rajin mencari tahu dan mengelola informasi yang ada agar bisa membuat keputusan yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang Tidak Pakai Ribet

9. Gigih

Kegigihan diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam berbisnis. Karakteristik ini juga membuat entrepreneur mampu bertahan melewati kesulitan serta berpegang teguh pada tujuan dan impiannya.

10. Fleksibel

Mau tidak mau seorang entrepreneur harus melakukan multitasking pada awal memulai bisnis. Mereka harus fleksibel dalam menjalankan bisnis dan mampu beradaptasi terhadap perubahan yang mungkin terjadi. Fleksibilitas ini sangat berguna agar mereka terus bertumbuh dalam situasi yang menantang.

11. Kompetitif

Dunia bisnis penuh persaingan yang bisa mengancam kesuksesan. Inilah alasan entrepreneur perlu mengembangkan jiwa kompetitif. Sikap kompetitif berarti mereka bersemangat menghadapi tantangan dan berusaha untuk mengatasinya. Mereka tidak menganggap pesaing sebagai hal negatif, melainkan peluang untuk meningkatkan bisnis.

12. Berjiwa Pemimpin

Entrepreneur merupakan pemimpin dalam bisnisnya. Merekalah yang membangun bisnis serta merekrut karyawan untuk dipekerjakan. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi dan memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan efektif. Mereka juga percaya pada kemampuan anggota timnya.

13. Bertanggung Jawab

Entrepreneur harus mengemban tuntutan besar dalam mengelola bisnis. Sikap bertanggung jawab sangat penting, terutama jika bisnisnya sudah mempekerjakan karyawan. Bertanggung jawab ditunjukkan melalui sikap komitmen dan konsisten dalam menjalankan pekerjaannya.

Tipe-Tipe Entrepreneur

Selain mengetahui karakteristik entrepreneur, kamu juga harus mengetahui berbagai tipenya. Setiap tipe entrepreneur ini bisa dicocokkan sesuai kepribadianmu. Ada empat jenis entrepreneur yang ditemukan di dunia ini:

1. The World Changer

Tipe entrepreneur ini bermimpi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menciptakan dampak positif pada dunia. Mereka didorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

2. The Visionary

The visionary sering memiliki ide yang brilian dan inovatif. Mereka dikenal karena kreativitasnya dalam menemukan gagasan baru dan meyakinkan orang lain bahwa ide tersebut mampu mengubah hidup mereka selamanya.

Baca Juga: Ethical Leadership: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Prinsip Kerjanya

3. The Survivor

The survivor merupakan tipe entrepreneur yang memiliki pengalaman buruk pada masa lalu dan berusaha untuk mengubahnya. Mereka memulai bisnisnya untuk mencapai kebebasan finansial dan kemandirian.

4. The Strategist

Terakhir, ada the strategist yang memiliki pengetahuan dan sudut pandang luas tentang bisnis. Keuntungan finansial menjadi motivasi utama mereka dalam berbisnis. Keterampilan berpikir strategis dan analitis yang dimiliki akan memberikan hasil yang baik.

Sudahkah kamu menerapkan karakteristik entrepreneur dan memilih tipe wiraswasta yang sesuai kepribadianmu? Perlu disadari kalau mengembangkan karakteristik di atas tidaklah cukup. Kamu juga harus memiliki keterampilan penting dalam membangun bisnis, contohnya membuat dokumen rencana bisnis. 

Belum memahami cara membuat rencana bisnis yang matang? Tenang saja, kamu bisa mengikuti kursus Business Plan dari GreatNusa. Kamu akan belajar mempersiapkan dokumen rencana bisnis dan mempresentasikannya kepada investor untuk pendanaan bisnis. Yuk, ikuti kelasnya bersama GreatNusa agar kemampuan bisnis dan karakteristik entrepreneur dalam dirimu makin terasah!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok