CAREERS

Employee Relations: Pengertian Serta Manfaatnya Antara Staff dan Leader

By greatnusa31 Maret 2023

Bagikan Artikel

Employee Relations: Pengertian Serta Manfaatnya Antara Staff dan Leader

Dalam bekerja, tentu kita ingin suasana dan lingkungan kerja yang mendukung. Dan, salah satunya memiliki relasi kerja yang harmonis antara sesama karyawan atau ke atasan. Hubungan ini dapat diartikan sebagai employee relations.

Dalam penerapannya, bentuknya bisa berupa dukungan dan sesuatu hal lainnya yang positif. Hubungan harmonis ini diperoleh dari penerapan employee relations yang tepat. Artikel di bawah ini akan membahas lebih jauh apa itu employee relations.

Pengertian Employee Relations

Dalam menjawab apa pengertian employee relations, kita akan mengaitkannya dengan banyak hal. Entah itu kesejahteraan, karier, komunikasi, umpan balik, dan segala sesuatu yang mendukung terjadinya keharmonisan hubungan. Maka, bisa disebut pengertiannya adalah konsep hubungan untuk mencapai tujuan tertentu yang dapat memajukan perusahaan.

Mengelola employee relations juga berhubungan dengan manajemen SDM. Hal ini dapat dilihat dari performa serta kualitas kerja pekerjanya. Pengelolaan yang baik akan melibatkan karyawannya agar lebih aktif dalam berbagai kegiatan perusahaan.

Motivasi untuk melakukan pekerjaan juga dapat dinilai dari inisiatif yang tinggi. Bukan hanya itu, makin lama karyawan bertahan di sebuah perusahaan, pemahamannya terhadap visi dan misi akan berkembang. Berikut penjelasan mengenai employee relations apabila dilihat sebagai hubungan antara karyawan dan perusahaan serta sebagai strategi SDM.

Employee Relations sebagai Hubungan antara Karyawan dan Perusahaan

Hal ini merujuk pada hubungan yang berpengaruh terhadap kebijakan yang diterapkan perusahaan dan dilaksanakan oleh karyawannya. Pada akhirnya, karyawan akan merasakan manfaat dari kebijakan tersebut  dalam bentuk kesejahteraan, pengembangan karier, kompensasi dan tunjangan, hingga cara berkomunikasi.

Dua pihak akan berupaya menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif. Selain itu, perusahaan akan menyediakan ruang untuk bebas berpendapat sehingga karyawan akan merasa dihargai. Mereka juga akan memiliki inisiatif yang tinggi dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan.

Perusahaan perlu juga menerapkan komunikasi dua arah antara sesama karyawan maupun antara karyawan dan atasan. Mengapa itu perlu? Karena hal ini akan menciptakan rasa hormat. Selain itu, menyikapi perbedaan dengan pikiran yang jernih juga penting.

Memahami kapasitas dan kapabilitas juga sangat penting, yang artinya dapat memosisikan diri sebagaimana mestinya. Berlaku adil adalah hal lainnya yang tidak kalah penting dan harus dimiliki. Artinya, dengan mengetahui akar permasalahan, kemudian menggunakan solusi yang tepat.

Penerapan kebiasaan seperti ini yang mencerminkan hubungan harmonis antara karyawan dan perusahaan. Adanya keterbukaan, serta segala hal disampaikan dengan cara yang bijak, dapat membawa nilai positif dalam hubungan antara karyawan dan perusahaan.

Baca Juga: Tips Efektif Belajar Mandiri: Menjadi Lebih Produktif dan Sukses

Employee Relations sebagai Strategi Manajemen SDM

Dalam penerapannya, employee relations dapat menjadi strategi manajemen SDM dalam jangka waktu yang panjang. Memanfaatkan strategi ini dengan tepat akan meningkatkan kinerja dari karyawan. Itu mengapa cara ini efisien untuk perkembangan kemampuan karyawan.

Mengelola employee retentions adalah strategi yang jitu untuk menekan turnover di sebuah perusahaan. Tentu hubungan yang baik dan tanpa hambatan akan memaksimalkan kinerja karyawan.

Mengembangkan keterampilan juga bagian dari employee relations. Karyawan akan lebih siap dalam pekerjaan, dan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan. Mereka juga siap untuk menghadapi perubahan atau bahkan jika akan dipromosikan untuk jabatan yang baru. Dengan begitu, keterampilan yang dikembangkan sudah sesuai dengan jabatan yang baru.

Lingkungan kerja yang aman dan nyaman merujuk kepada saling menghargai tanpa ada diskriminasi. Memberikan pemahaman bahwa lingkungan yang beragam dapat menjadi acuan pengelolaan employee relations berjalan dengan tepat. Itu sebabnya, employee relations sebagai strategi manajemen SDM yang harus diterapkan di sebuah perusahaan.

Baca Juga: 8 Manfaat Pengembangan Karier Bagi Perusahaan

Manfaat Employee Relations

Manfaat strategi ini dapat dirasakan oleh karyawan dan perusahaan. Semua aspek yang berkaitan dengan kualitas kerja akan makin baik performanya. Selain pengertian employee relations yang mengacu pada hubungan antara sesama karyawan maupun karyawan dan atasan, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh, di antaranya:

1. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Perusahaan dapat memahami bahwa kepuasan karyawannya bisa tercipta melalui employee relations. Terciptanya hubungan baik bisa juga melalui penerapan kebijakan yang memengaruhi kinerja dan kualitas karyawannya. Mereka akan termotivas dan ini merupakan  metode yang terbaik untuk meningkatkan kepuasan karyawannya.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Manfaat berikutnya yang dapat dirasakan adalah meningkatnya produktivitas. Produktivitas para karyawan didukung oleh hubungan yang harmonis, serta lingkungan kerja yang mendukung atau positif. Lingkungan yang nyaman dan aman mengarah pada komunikasi yang baik, hingga dapat berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaan.

Baca Juga: Employee Retention: Pengertian, Tujuan, Serta Cara Melakukannya

3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Harmonis

Salah satu alasan yang membuat karyawan betah dan bertahan lama di sebuah perusahaan adalah lingkungan kerjanya yang sehat. Tentu lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja. Jika lingkungannya sehat dan mendukung, semua potensi karyawan dalam melakukan pekerjaan akan lebih terasa.

Mengelola employee retentions sangat berpengaruh terhadap karyawan maupun perusahaan. Manfaat yang diperoleh sangat nyata dan berdampak terhadap pencapaian perusahaan. Dengan kata lain, tujuan utama perusahaan akan lebih mudah tercapai.

Ini adalah alasan yang tepat mengapa employee relation harus ada di sebuah perusahaan. Bukan hanya tujuan perusahaan yang tercapai, di balik itu karyawan juga menerima banyak manfaat, salah satunya adalah mengembangkan karier.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai employee relations dan hal apa saja yang terkait dengannya. Setelah mengetahuinya, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam penerapannya, membutuhkan komunikasi yang baik. Tujuannya agar apa yang ingin diterapkan semuanya menjadi jelas.

Untuk membangun komunikasi yang efektif, kamu akan memerlukan pelatihan kemampuan berbicara atau public speaking dari GreatNusa. Di sini, kamu akan berlatih untuk pandai berbicara di depan banyak orang. Manfaatnya akan terasa saat semua orang mau mendengar apa yang kamu katakan. Yuk, dapatkan kursusnya sekarang juga hanya di GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok