KNOWLEDGE

Apa Itu Data Science dan Fungsinya dalam Dunia Kerja

By greatnusa29 Maret 2023

Bagikan Artikel

Apa Itu Data Science dan Fungsinya dalam Dunia Kerja

Data science atau ilmu data telah menjadi bidang yang banyak diminati dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tetapi, apa itu data science? Lalu, apa fungsinya dalam dunia kerja atau usaha?

Para profesional di bidang pengolahan data (data scientist) kian dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan teknologi, kesehatan, perbankan, pendidikan, hingga transportasi. Beberapa perusahaan bahkan rela membayar gaji yang fantastis untuk profesi ini.

Ilmu data dianggap sebagai salah satu pedoman penting dalam penyusunan strategi efektif untuk mendapat profit. Apa itu data science dan seberapa penting ilmu ini untuk dipelajari? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Data Science?

Setiap jenis bisnis bergantung pada data. Seiring kebutuhan industri terhadap teknologi, mengumpulkan data dan jenis-jenis data yang terkumpul semakin kompleks dan variatif. Kumpulan data berukuran sangat besar ini disebut Big Data. Metode tradisional tidak dapat digunakan untuk memproses Big Data.

Ilmu datadigunakan sebagai teknologi efektif untuk mengolah Big Data, baik data yang terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur. Metodenya adalah: obtain, pembersihan atau filterexplore, model, dan interpret data. Hasil informasi nantinya akan dipakai sebagai patokan dalam pengambilan keputusan dan strategi yang akan diimplementasikannya.

Mengutip GoldenFast (Data Scientist: Pengertian, Skill Wajib, & Keunggulannya: 2021), data scientist bertanggung jawab menganalisis data dalam jumlah besar, sekaligus mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan metode statistik. Statistika, komputer (pemrograman), dan matematika adalah tiga pilar ilmu yang menjadi dasar berdirinya data science untuk menghasilkan data yang akurat dan efisien.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Strategi dan Taktik Dalam Dunia Bisnis

Apa Manfaat Data Science?

Tujuan suatu bisnis, tentu saja, mendapatkan keuntungan. Sedangkan tujuan Ilmu data adalah membantu pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat. Lantas, apa kontribusi data science dan Big Data dalam pertumbuhan bisnis? 

  1. Hasil analisis yang lebih akurat dan efisien.
  2. Membantu mengenal dan menganalisis pelanggan dengan lebih baik.
  3. Kepuasan pelanggan tercapai.
  4. Menghasilkan dan mengembangkan produk relevan.
  5. Memprediksi kecurangan dan mengurangi risiko terjadinya penipuan, terutama di sektor keuangan.

Selain itu, ilmu data ini juga dapat dimanfaatkan dalam memprediksi tren yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Apa Saja Dasar Kompetensi Belajar Data Science?

Ingin menjadi data scientist tidak cukup hanya tahu tentang apa itu data science, tetapi kamu juga perlu mempersiapkan soft skill dan hard skill. Berikut ini kemampuan dasar yang dibutuhkan:

  1. Memahami analisis statistik.
  2. Memahami tools analisis.
  3. Paham teknik serta algoritma data mining.
  4. Memahami bahasa pemrograman.
  5. Memahami algoritma machine learning.
  6. Mampu memproses data yang tidak terstruktur.
  7. Mampu berpikir secara sistematis.
  8. Memiliki kemampuan manajerial.
  9. Punya pengetahuan bisnis dan komunikasi yang baik.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Interpersonal Skill dalam Organisasi

Mengapa Harus Belajar Data Science?

Bayangkan kamu memiliki profesi paling dicari di tengah industri teknologi yang kian canggih. Ini alasan mengapa data science harus kamu pelajari sekarang:

1. Mempersiapkan diri menghadapi tren 

Data Science akan diperbarui dan selalu dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan dan bisnis. Mempelajari ilmu data berarti mempersiapkan diri untuk dapat beradaptasi dengan perubahan, termasuk tren baru di masa depan, seperti pemasaran digital yang telah menjadi tren dalam bidang pemasaran. Saat ini juga, penerapan data science juga menggunakan cara-cara yang memanfaatkan ilmu komputer dan tekonolgi informasi. Contoh penerapan data science adalah menggunakan machine learning dan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Baca Juga : Digital Marketing: Pengertian, Keunggulan, Jenis, dan Tujuannya

2. Wawasan luas

Kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari mengoptimalkan penjualan, metode problem-solving, hingga mengetahui cara memenangkan hati pelanggan. Selain itu mempelajari data science juga harus mengenal istilah-istilah di bidang data science. Seperti deep learning, data mining, big data, cara visualisasi data, dan teknik-teknik mengolah data mentah.

3. Kebutuhan prioritas perusahaan

Hingga saat ini, orang yang dapat memahami data science banyak dicari oleh perusahaan terutama pada tech company. Dikarenakan kompetisi pasar makin ketat dan semakin mengarah ke dunia digital, perusahaan dituntut untuk memanfaatkan analisis data demi membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan serta dalam membuat strategi dan kebijakan. Perusahaan pemula (startup) dan menengah juga telah banyak menggunakan jasa atau layanan analisis data. 

4. Profesi Terbaik Saat Ini

Ada banyak profesi yang masuk dalam cakupan data science. Pada laman Kalibrr Indonesia (2021), bila mencari menggunakan kata kunci “data scientist“, tersedia 1865 lowongan. Laman lowongan kerja terbesar Amerika Serikat, Glassdoor (How to Get a Job as a Data Scientist: 2021) juga menulis bahwa Data Scientist merupakan pekerjaan terbaik untuk saat ini.

Profesi lain yang bisa kamu dapatkan dengan memahami data science adalah Big Data Specialist, Data Analyst, Marketing Data Expert, Data Analytics Programmer, Data Engineer, Metrics and Analytics Specialist, dan sebagainya.

Nah, bila sudah memahami apa itu data science dan dasar kompetensinya, kamu bisa mengikuti kursus Belajar & Praktik Data Science untuk Pemula di GreatNusa untuk mempelajari cara menggunakan machine learning sebagai teknik analisis data. Kamu akan dibekali skill untuk eksplorasi dan split data, serta mengetahui konsep pemodelan yang tepat. 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok