UNCATEGORIZED

Tujuan Analisis SWOT dan Fungsi Serta Contohnya

By greatnusa5 Mei 2023

Bagikan Artikel

Tujuan Analisis SWOT dan Fungsi Serta Contohnya

Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) menjadi tahapan penting dalam sebuah aktivitas bisnis. Pelaksanaannya pun memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Pemenuhan fungsi dan tujuan analisis SWOT tersebut, dapat membantu kamu dalam proses pengembangan bisnis. 

Apakah Analisis SWOT Masih Relevan?

Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah analisis SWOT masih relevan di era digital seperti sekarang? Pertanyaan tersebut cukup lumrah. Apalagi, analisis SWOT merupakan teknik yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Penerapannya terbukti dapat membantu para pengusaha dalam meningkatkan performa bisnis. Mereka yang memanfaatkan metode ini tak hanya perusahaan kecil, tetapi juga perusahaan besar. 

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Analisis SWOT dan Faktor Serta Contohnya

Teknik analisis SWOT diciptakan oleh peneliti dari Stanford Research Institute bernama Albert Humphrey. Saat itu, Humphrey berkeinginan untuk menciptakan strategi bisnis jangka panjang proporsional dan dapat dijalankan. Dalam prosesnya, Humphrey menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 dan akhirnya terciptalah metode analisis SWOT. 

Lalu, bagaimana relevansi penggunaan analisis SWOT di era modern? Banyak pengusaha dunia yang menjawab kalau fungsi dan tujuan analisis SWOT masih relevan. Hal itu berkaitan erat dengan manfaat besar yang bisa didapatkan oleh para pebisnis dari pelaksanaan analisis SWOT. 

Fungsi dan Tujuan Analisis SWOT

Dalam pelaksanaannya, fungsi dan tujuan analisis SWOT adalah mengidentifikasi aspek penting berkaitan dengan kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Setiap perusahaan atau organisasi, bakal mempunyai karakteristik empat elemen yang berbeda-beda.

Baca Juga: Contoh Analisis Pesaing Pasar dalam Bisnis Makanan

Pengetahuan tentang empat aspek tersebut, mendorong perusahaan untuk dapat memaksimalkan kelebihan, meminimalkan kekurangan, mengantisipasi ancaman, dan memanfaatkan peluang. Dengan begitu, perusahaan bisa memperoleh peningkatan performa dan menghilangkan berbagai hambatan yang dapat berdampak buruk pada bisnis. 

Analisis SWOT memang tidak akan mampu memberikan solusi tepat untuk beragam permasalahan perusahaan. Namun, penggunaannya bisa memberi gambaran yang jelas terkait situasi yang tengah dihadapi atau kemungkinan yang terjadi di masa mendatang. 

Para ahli menjabarkan fungsi dan tujuan analisis SWOT dalam berbagai pengertian, di antaranya: 

1. RD Jatmiko

RD Jatmiko mengungkapkan bahwa tujuan yang perlu dicapai lewat analisis SWOT adalah "... agar organisasi/perusahaan tersebut mampu memanfaatkan informasi perubahan untuk mendapatkan keunggulan kompetitifnya di masa depan."

2. Sondang P. Siagian

Sementara itu, Sondang P. Siagian memiliki pandangan berbeda terkait tujuan analisis SWOT. Dalam bukunya yang bertajuk Manajemen Strategis, Sondang P. Siagian menyebutkan, "Analisis SWOT bertujuan untuk menggambarkan kuantitas dan kualitas berbagai sumber daya atau mungkin dikuasainya untuk dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan strategi yang telah ditentukan."

Manfaat Analisis SWOT

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menjalankan analisis SWOT, di antaranya: 

1. Menyelesaikan Problem Internal Perusahaan

Setiap organisasi atau perusahaan pasti berhadapan dengan permasalahan internalnya masing-masing. Kalau permasalahan itu tidak segera diselesaikan, keberadaannya dapat menimbulkan efek negatif terhadap perusahaan. 

Melalui analisis SWOT, kamu punya kesempatan untuk menyelesaikan problem internal perusahaan secara lebih cepat. Dengan begitu, permasalahan tersebut tidak akan melebar dan dampak negatif yang ditimbulkannya bisa diminimalkan.

Baca Juga: 10 Strategi Penyelesaian Konflik dalam Dunia Kerja

2. Mendapatkan Insight Bisnis

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu peroleh dari analisis SWOT adalah kesempatan memperoleh insight bisnis. Metode analisis ini membantu kamu dalam memahami kekuatan serta peluang yang dimiliki oleh perusahaan. Di waktu bersamaan, kamu memperoleh gambaran yang jelas situasi pasar. 

Dengan memanfaatkan kedua informasi tersebut, kamu punya kesempatan untuk memaksimalkan kekuatan dan sekaligus memanfaatkan peluang di pasar. Dengan begitu, kamu akan memperoleh tingkat keuntungan yang optimal. 

3. Mendorong Partisipasi Karyawan

Analisis SWOT tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya partisipasi aktif dari setiap pihak di dalam perusahaan. Termasuk di antaranya adalah peran para karyawan. Peningkatan partisipasi karyawan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Mendorong rasa tanggung jawab dari setiap karyawan
  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi
  • Memunculkan keinginan untuk berkembang pada diri setiap karyawan
  • Meningkatkan kualitas pengambilan keputusan

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Secara Efektif

4. Biaya Terjangkau

Kamu mungkin beranggapan kalau analisis SWOT memerlukan biaya yang besar. Alasannya, karena proses pelaksanaan analisis tersebut dilakukan dengan partisipasi dari lembaga konsultasi profesional. Namun, kamu bisa pula melaksanakan analisis SWOT secara lebih terjangkau. 

Hal yang perlu kamu ketahui, peran lembaga konsultasi profesional dalam analisis SWOT sifatnya opsional. Kamu bisa pula menjalankannya secara mandiri. Dengan catatan, setiap karyawan memiliki pengetahuan mendalam terkait bisnis. 

5. Meningkatkan Kolaborasi

Manfaat yang tak kalah penting dari analisis SWOT adalah meningkatkan kolaborasi para karyawan. Hal ini memiliki kaitan erat dengan adanya proses analisis internal terkait kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dari hasil analisis tersebut, setiap karyawan dapat melakukan kolaborasi untuk melengkapi setiap kelemahan masing-masing. 

Contoh Analisis SWOT

Untuk bisa secara jelas memahami tujuan analisis SWOT, kamu bisa melihat contoh-contohnya sebagai berikut: 

1. Analisis SWOT Kerajinan Bambu

Contoh yang pertama adalah analisis bisnis kerajinan tangan dari bahan bambu. Bisnis tersebut mengkhususkan pada produk aksesoris pengeras suara dari bahan bambu. Berikut ini adalah analisis SWOT dari bisnis tersebut: 

  • Strength: Produk yang praktis dan memiliki keunikan. Selain itu, aksesoris tersebut mempunyai nilai lebih karena merupakan produk ramah lingkungan. 
  • Weakness: Kemampuan mengeraskan suara tidak seperti speaker listrik. Selain itu, pemakaiannya tidak bersifat universal, hanya untuk merek smartphone tertentu. 
  • Opportunity: Tingkat persaingan minim dan didukung dengan tren gaya hidup ramah lingkungan yang terus berkembang. Di waktu yang sama, penggunaan smartphone di Indonesia terus meningkat. 
  • Threat: Produk yang relatif mudah dijiplak. Selain itu, produk yang dihasilkan juga harus bersaing dengan merek-merek lain yang sudah terkenal. 

2. Analisis SWOT Bisnis Manufaktur

Berikutnya adalah contoh analisis SWOT untuk perusahaan dalam bidang manufaktur. 

  • Strength: Tenaga kerja yang memiliki landasan pengetahuan produk kuat. Komunikasi internal juga berjalan dengan baik. 
  • Weakness: Data terkait riset pasar masih belum diperbarui. Ditambah lagi, perusahaan mengalami permasalahan terkait arus kas yang diakibatkan oleh penumpukan stok produk terlalu banyak. 
  • Opportunity: Jumlah pelanggan yang sangat banyak. Selain itu, kualitas produk serupa yang ada di pasaran relatif rendah. 
  • Threat: Tingkat persaingan sangat tinggi, dan para kompetitor terus mengeluarkan produk baru. 

3. Analisis SWOT Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Contoh yang ketiga adalah analisis SWOT UKM. 

  • Strength: Produk ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan mempunyai konsep gaya kekinian. Komunikasi dengan pelanggan juga mudah, berkat keberadaan halaman website. 
  • Weakness: Barang tidak tersedia dalam jumlah besar. Modal yang dimiliki juga terbatas sehingga perusahaan tidak mampu membeli bahan baku dalam jumlah banyak. 
  • Opportunity: Tingkat permintaan di pasar sangat tinggi. Apalagi, jumlah UKM yang memasarkan produknya secara online masih sangat sedikit. 
  • Threat: Kemunculan reseller serta penjual online yang memanfaatkan marketplace. Tak jarang, mereka menawarkan produknya dengan harga yang relatif murah. 

Itulah pengetahuan tentang tujuan analisis SWOT yang penting kamu ketahui. Selanjutnya, kamu pun bisa membekali diri tentang berbagai aspek penting dalam menunjang analisis tersebut. 

Kabar baiknya, saat ini ada GreatNusa yang bisa membantu kamu dalam menguasai keahlian baru. Ada banyak pilihan kursus keahlian online yang bisa kamu ikuti di GreatNusa. Materinya berkualitas dan ditunjang tenaga instruktur berpengalaman. 

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok