CAREERS

Perbedaan Passion dan Skill: Pentingnya Menemukan Keseimbangan untuk Sukses

By greatnusa21 April 2023

Bagikan Artikel

Perbedaan Passion dan Skill: Pentingnya Menemukan Keseimbangan untuk Sukses

Passion dan skill merupakan dua komponen kesuksesan karier yang tidak boleh diabaikan. Terlepas dari perbedaan passion dan skill, tidak sedikit orang yang mementingkan salah satu di antara keduanya. Ada yang lebih mengutamakan passion, tetapi tidak mengembangkan skill untuk mencapai passion tersebut. Sebaliknya, ada juga yang memprioritaskan pengembangan skill tetapi tidak sejalan passion-nya.

Keseimbangan antara passion dan skill sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam karier. Lantas, bagaimana cara menemukan keseimbangannya? Cari tahu jawabannya melalui bacaan menarik berikut ini.

Definisi Passion

Dalam bahasa Indonesia, passion berarti gairah. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan gairah sebagai keinginan atau keberanian yang kuat. Secara umum, passion berarti keinginan yang kuat dan dilandaskan oleh motivasi dan antusiasme yang tinggi untuk melakukan sesuatu.

Beberapa ahli memiliki definisi tersendiri mengenai passion. Vallrean dan Houlfard memaknai passion sebagai kecenderungan kuat terhadap aktivitas yang digemari seseorang. Covey menyebutkan bahwa passion adalah keinginan yang membara, keyakinan kuat, dan dorongan yang dapat membuat seseorang lebih disiplin dalam mencapai keinginannya.

Definisi Skill

Skill atau keterampilan merupakan kemampuan seseorang dalam memanfaatkan kreativitas, akal, atau daya pikirnya untuk menghasilkan atau mengubah sesuatu. Skill juga bisa diartikan sebagai kemampuan menganalisis dan menerjemahkan suatu ilmu dalam bentuk aplikasi praktik atau tindakan nyata untuk mencapai hasil kerja yang optimal.

Iverson berpendapat bahwa skill merupakan kemampuan seseorang melakukan pekerjaan secara sempurna dan praktis berbekal kemampuannya. Gordon mendefinisikan skill sebagai kecakapan dalam mengoperasikan pekerjaan semudah dan secermat mungkin. Singkatnya, skill merupakan kemampuan untuk mempelajari suatu ilmu dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan untuk hasil yang lebih praktis dan sempurna.

Baca Juga: Mari Mengenal Apa yang Dimaksud Database dan DBMS serta Manfaat Menggunakannya

Pentingnya Passion dan Skill dalam Mencapai Sukses

Mungkin kamu masih menganggap hanya salah satu di antara passion dan skill yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Faktanya, passion dan skill sama-sama penting karena keduanya saling melengkapi satu sama lain. Passion yang kuat terhadap suatu bidang atau kegiatan akan memotivasimu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan atau skill

Kamu juga akan lebih antusias dalam melakukan aktivitas dan menghadapi tantangan tersebut. Passion juga membuat kamu lebih bersemangat dalam mencari dan mengikuti peluang yang terkait dengan bidang tersebut.

Namun, passion saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Kamu juga memerlukan keterampilan atau skill yang memadai supaya lebih efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas terkait passion-mu. Skill juga memungkinkan kamu untuk memberikan hasil yang lebih berkualitas dan membuka lebih banyak peluang untuk mencapai kesuksesan.

Singkatnya, passion dan skill tidak dapat dipisahkan dalam mencapai kesuksesan. Passion memberikan motivasi dan semangat belajar dan berkembang, sedangkan skill memberikan kemampuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Dalam kombinasi dan keseimbangan yang tepat, passion dan skill dapat membantu kamu mencapai kesuksesan dan puncak karier.

Perbedaan Passion dan Skill

Lantas, apa yang menjadi perbedaan antara passion dan skill? Singkatnya, passion merupakan  minat atau kecintaan yang kuat terhadap suatu bidang, sedangkan skill merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan suatu aktivitas. Passion biasanya lebih berkaitan emosi dan perasaan, sedangkan skill erat hubungannya dengan keterampilan teknis dan pengetahuan.

Passion bisa menjadi pendorong untuk belajar dan meningkatkan skill, sedangkan skill berguna untuk mengasah passion dan lebih efektif dalam mengekspresikan passion tersebut. Perbedaan lainnya terletak pada pengukurannya, yakni passion lebih sukar diukur secara objektif, sedangkan skill lebih mudah dinilai menggunakan parameter yang jelas. Terakhir, passion berkaitan tujuan atau misi hidupmu, sementara skill lebih berhubungan kemampuan untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh kasus yang membedakan passion dan skill.  Seorang koki memiliki passion atau minat yang besar dalam memasak. Namun, hasil masakannya tidak akan memuaskan jika tidak memiliki skill atau kemampuan memasak yang memadai. Sebaliknya, seorang koki yang memiliki skill memasak yang baik, tetapi diikuti passion yang kuat tidak akan merasa senang atau bahagia dalam pekerjaannya.

Contoh lainnya yaitu seorang pianis yang memiliki passion besar dalam memainkan musik klasik, tetapi keahliannya masih kurang. Alhasil, permainan pianonya tidak akan sebaik yang diharapkan. Di sisi lain, ada pianis yang mahir memainkan musik klasik, padahal dia tidak menyukai genre musik tersebut. Pianis tersebut tidak akan bahagia selama memainkan musik sehingga berpengaruh pada performanya.

Baca Juga: Passion adalah : Definisi dan Cara Menemukannya

Cara Menemukan Keseimbangan Antara Passion dan Skill

Keseimbangan antara passion dan skill adalah kunci keberhasilan dalam hidup. Namun, tidak jarang kamu merasa sulit untuk menemukan keseimbangan tersebut. Cobalah melakukan beberapa cara menemukan keseimbangan antara passion dan skill di bawah ini.

1. Temukan Passion yang Sesuai

Pertama, kamu harus mulai dari menemukan passion yang sesuai. Ambillah kertas dan pulpen, kemudian kenali minat dan keinginan yang ada dalam dirimu. Tanyakan pada dirimu sendiri, “Apa yang saya sukai? Apa yang saya ingin lakukan?” Setelahnya, cari tahu passion yang sesuai bakat dan kekuatan dirimu. 

Contohnya, kamu memiliki bakat di bidang seni. Cobalah eksplorasi bidang tersebut dan cari tahu passion yang sesuai. Setelah menemukan passion yang tepat, jadikan passion tersebut sebagai pendorong untuk belajar dan mengasah skill.

2. Asah dan Tingkatkan Skill yang Dibutuhkan dalam Passion

Langkah selanjutnya, kamu perlu meningkatkan skill yang dibutuhkan untuk mewujudkan passion tersebut. Caranya sederhana, kamu cukup mempelajari dan mempraktikkan skill yang dibutuhkan dalam passion. Jangan berhenti dan teruslah belajar agar skill yang dimiliki makin berkembang. 

Cobalah hal baru dan jangan takut mengambil risiko untuk meningkatkan skill dan mencapai kesuksesanmu. Ingatlah bahwa skill yang baik bisa membantumu dalam mewujudkan passion dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Jalin Keseimbangan Antara Passion dan Skill

Terakhir, barulah kamu bisa menjalin keseimbangan antara keduanya. Untuk itu, kamu perlu memahami bahwa dua faktor ini saling melengkapi dan dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam bidang yang ditekuni. Temukan cara untuk menggabungkan passion dan skill dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, kamu bisa mencari pekerjaan sebagai SEO writer jika passion-mu merupakan menulis dan sudah menguasai skill-nya.

Selain itu, cari peluang untuk terus mengasah passion dan skill secara bersamaan, seperti menghadiri pelatihan atau seminar atau mengikuti kursus di GreatNusa. Kamu juga bisa mengambil risiko untuk mencoba hal baru yang menantang tetapi tetap relevan dengan passion dan skill yang dimiliki. Keseimbangan antara keduanya akan memampukan kamu dalam menikmati proses belajar dan menghasilkan karya yang memuaskan.

Passion dan skill memang berbeda, tetapi kamu harus belajar menemukan keseimbangannya untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Satu lagi perbedaan passion dan skill yaitu passion hanya bisa ditemukan melalui refleksi, sedangkan kamu bisa mengembangkan skill melalui kursus online di GreatNusa! Ya, ada banyak kategori kursus yang bisa diikuti untuk meningkatkan skill-mu, mulai dari bisnis, bahasa, hingga teknologi dan informasi (TI). Ayo, cari skill yang sesuai passion-mu dan kembangkan bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok