CAREERS

Communication Skill Adalah: Pengertian, Cara, dan Tekniknya

By greatnusa19 April 2023

Bagikan Artikel

Communication Skill Adalah: Pengertian, Cara, dan Tekniknya

Komunikasi selalu menjadi hal yang tidak pernah absen dalam setiap aspek kehidupan manusia. Begitu pula dalam dunia bisnis, kamu memerlukan communication skill supaya bisa berinteraksi bersama atasan, rekan kerja, maupun mitra bisnis. Komunikasi merupakan hal alami yang dilakukan oleh manusia, namun communication skill adalah kemampuan yang perlu ditingkatkan supaya bisa menyampaikan pesan lebih efektif.

Apakah yang dimaksud communication skill itu? Mengapa kemampuan ini sangat diperlukan dalam dunia kerja? Bagaimana cara meningkatkan communication skill supaya kamu bisa menyampaikan pesan lebih efektif? Semua pertanyaan tersebut akan dibahas dalam artikel ini. Yuk, simak!

Mengenal Communication Skill

Communication skill adalah salah satu jenis keterampilan yang digunakan untuk tujuan tersendiri. Ada berbagai jenis communication skill yang perlu dikembangkan supaya proses penyampaian pesan berjalan lebih efektif. Mari kita mengenal tentang communication skill melalui penjelasan berikut.

1. Definisi Communication Skill

Keterampilan berkomunikasi atau communication skill adalah kemampuan yang digunakan untuk menyampaikan dan menerima segala jenis informasi dari lawan bicara. Lawan bicara ini bisa berupa individu maupun kelompok yang menyampaikan pesannya secara langsung atau melalui perantara.

Communication skill tidak hanya melibatkan kemampuan berbicara. Kamu juga harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan, mengamati, bahkan berempati terhadap lawan bicaramu. Kemampuan berkomunikasi juga terjadi melalui interaksi secara tatap muka, percakapan telepon, atau aplikasi perpesanan termasuk email dan media sosial.

2. Tujuan Communication Skill dalam Bisnis

Communication skill sangat diperlukan dalam bisnis maupun dunia kerja. Berikut beberapa tujuan yang bisa dicapai melalui penerapan communication skill dalam bisnis:

  • Mampu bertukar informasi mengenai pekerjaan bersama atasan dan rekan kerja.
  • Memecahkan masalah yang terjadi melalui diskusi.
  • Mengambil keputusan yang matang dalam waktu singkat.
  • Meningkatkan produktivitas dalam bekerja karena arus komunikasi yang lancar.
  • Meningkatkan personal branding sehingga bisa meningkatkan nilai diri.

3. Jenis-jenis Communication Skill

Keterampilan komunikasi terbagi menjadi tiga jenis sesuai media yang digunakan. Berikut beberapa jenis communication skill yang perlu dikuasai oleh setiap orang di lingkungan kerja:

  • Komunikasi lisan
  • Komunikasi tulisan
  • Komunikasi non-verbal
  • Pendengar aktif
  • Penyesuaian gaya komunikasi terhadap audiens tujuan
  • Kejelasan pesan dan volume suara
  • Empati
  • Keramahan, menghormati lawan bicara (respect) dan kepercayaan diri.

Baca Juga : Kuasai 5 Public Speaking Skills Berikut untuk Siap Dunia Kerja

Pentingnya Communication Skill dalam Bisnis

Seberapa penting communication skill dalam bisnis? Sangat penting karena bisa meningkatkan kualitas hubungan bersama rekan kerja maupun klien. Berikut beberapa alasan pentingnya communication skill untuk kesuksesan bisnismu.

1. Meningkatkan Kualitas Hubungan Antarkaryawan

Hubungan yang baik bersama karyawan lain sangat diperlukan untuk lingkungan kerja yang sukses dan harmonis. Communication skill yang baik bisa membantu Anda dalam membangun hubungan yang positif dan saling menguntungkan bersama karyawan. Kamu bisa menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab lebih lugas, memberikan umpan balik (feedback) yang membangun, dan membangun kepercayaan antarkaryawan.

2. Meningkatkan Kualitas Hubungan bersama Klien

Bukan hanya sesama karyawan, keterampilan berkomunikasi yang baik juga diperlukan dalam menjalin hubungan bersama klien. Sebagai pengusaha, kamu harus bisa berkomunikasi dengan klien secara jelas dan efektif. Alhasil, kamu bisa meningkatkan kepercayaan dari klien serta membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

3. Meningkatkan Efektivitas Komunikasi di dalam Tim

Tentu kamu juga membutuhkan anggota tim lainnya dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Untuk itu, diperlukan keterampilan komunikasi yang baik dalam memastikan keberhasilan tim. Skill komunikasi bermanfaat supaya setiap anggota tim yang terlibat memiliki pemahaman yang sama mengenai tujuan dan tanggung jawab yang mereka emban.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Interpersonal Skill dalam Organisasi

Cara Meningkatkan Communication Skill

Keterampilan berkomunikasi bisa ditingkatkan oleh siapa pun, bukan hanya orang yang pandai bicara saja. Bagaimana cara meningkatkannya? Lakukan empat langkah di bawah ini secara konsisten.

1. Menjadi Pendengar Aktif dan Memiliki Empati

Sebelum mulai berbicara, jadilah pendengar yang aktif dan memiliki empati terhadap lawan bicaramu terlebih dahulu. Dengarkan secara saksama setiap pesan yang disampaikan oleh orang lain dan pahami perspektif mereka. Langkah ini berguna supaya kamu bisa membangun hubungan yang lebih baik karena pendengar akan merasa dihargai dan didengarkan.

2. Berbicara yang Jelas dan Tegas

Dalam menyampaikan pesan, kamu perlu berbicara secara jelas dan tegas. Ide yang disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan diucapkan dalam nada suara yang jelas akan lebih mudah dipahami oleh pendengar. Hindari berbicara secara terburu-buru, melainkan tetaplah tenang dan pastikan kamu memahami setiap pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain.

3. Menjaga Gaya Bahasa dan Tata Bahasa yang Baik

Gaya dan tata bahasa yang baik akan mengoptimalkan setiap pesan yang disampaikan. Belajarlah menggunakan bahasa yang sopan dan tidak kasar serta hindari penggunaan kata-kata yang tidak pantas sesuai kebudayaan audiensmu. Cobalah menghindari kesalahan tata bahasa yang umum, contohnya kesalahan ejaan atau kesalahan subjek-objek dalam satu kalimat.

4. Menggunakan Komunikasi Non-Verbal yang Tepat

Selain gaya dan tata bahasa, kamu juga perlu menggunakan komunikasi non-verbal untuk mempertegas pesan yang akan disampaikan. Komunikasi non-verbal terlihat dari ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan bahasa tubuh. Gunakan komunikasi non-verbal yang tepat untuk menyampaikan pesan lebih efektif. Hindari gerakan tubuh yang tidak sopan, tidak pantas atau berlebihan serta pastikan bahwa komunikasi non-verbal sejalan dengan pesan yang ingin disampaikan.

Baca Juga : Apa Itu Soft Skill Serta Contoh dan Cara Meningkatkannya

Teknik Komunikasi yang Baik dalam Bisnis

Teknik komunikasi yang biasa digunakan dalam bisnis mencakup presentasi, negosiasi, dan menulis pesan. Semua teknik tersebut perlu dikuasai dasar-dasarnya supaya kamu lebih efektif dalam menyampaikan pesan. Berikut beberapa teknik dasar yang bisa dikuasai dalam bisnis.

1. Teknik Presentasi yang Efektif

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mempresentasikan pesan yang ingin disampaikan lebih efektif:

  • Siapkan materi presentasi yang baik, termasuk membuat outline dan slide yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens.
  • Berlatihlah supaya kamu lebih percaya diri dalam presentasi dan perhatikan kontak mata serta bahasa tubuh yang baik.
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens serta hindari penggunaan kata-kata rumit.
  • Manfaatkan teknologi atau alat bantu yang tepat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

2. Teknik Negosiasi yang Baik

Kemampuan negosiasi juga diperlukan supaya kedua belah pihak bisa mencapai keputusan yang saling memuaskan. Bagaimana teknik negosiasi yang baik:

  • Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum negosiasi termasuk mempelajari informasi tentang lawan bicara dan strategi negosiasi.
  • Dengarkan lawan bicara secara saksama dan perhatikan bahasa tubuh mereka untuk memahami kebutuhan dan keinginannya.
  • Bicaralah dengan jelas dan tegas. Tetaplah sopan dan tenang dalam situasi yang mungkin memicu emosi.
  • Temukan solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak dan hindari konflik yang mungkin terjadi.

3. Teknik Menulis yang Tepat

Pada era digital ini, teknik menulis sangat diperlukan dalam website atau media sosial supaya target audiens bisa memahami pesan yang disampaikan. Terapkan teknik berikut ini dalam menulis pesan yang baik.

  • Pahami tujuan pesan dan target audiens yang akan membacanya.
  • Susunlah ide secara terorganisasi dan buatlah outline sebelum menulis.
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan kata-kata yang tidak diperlukan.
  • Periksa tata bahasa dan ejaan secara teliti guna menghindari kesalahan penulisan.

Kesimpulannya, communication skill adalah kemampuan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Selain tip dan teknik yang disampaikan di atas, masih banyak strategi komunikasi yang perlu kamu terapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu. Ikuti kelas Kemampuan Komunikasi yang Efektif dari GreatNusa supaya kamu bisa mempelajari berbagai metode penyampaian pesan dan merespon feedback yang disampaikan oleh lawan bicara. Gapailah kesuksesanmu di dunia karier melalui kelas online yang menarik bersama GreatNusa!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok