KNOWLEDGE

Akuntansi: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

By greatnusa9 Februari 2023

Bagikan Artikel

Akuntansi: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Akuntansi kerap dikaitkan dengan sistem hitung menghitung dalam suatu bisnis. Padahal, proses akuntansi tidak hanya menghitung pemasukan dan pengeluaran saja, tetapi juga melibatkan banyak elemen lain yang membuat ilmu ini penting dikuasai pengusaha. 

Akuntansi bukan pekerjaan sederhana, meski penerapannya dalam kegiatan sehari-hari cukup mudah ditemukan. Mulai dari mengelola keuangan rumah tangga secara sederhana, mengelola keuangan usaha kecil, hingga keuangan perusahaan yang cukup kompleks. Maka, siapa pun perlu memahami apa yang dimaksud akuntansi, fungsi, dan manfaatnya, terutama dalam kegiatan bisnis.  

Pengertian Akuntansi

Secara umum, pengertian akuntansi adalah rangkaian proses keuangan yang melibatkan pencatatan transaksi, pengelompokkan, pengolahan, dan penyajian data. Semua informasi yang ditampilkan dalam proses akuntansi dapat dipakai individu yang ahli dalam bidang tersebut sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Individu yang ahli itu disebut akuntan. 

Dalam bahasa bisnis, akuntansi merupakan upaya mengukur hasil kegiatan ekonomi suatu organisasi dan bagaimana menyampaikan informasi tersebut kepada pihak terkait, seperti manajemen, kreditor, investor, serta regulator. Dengan kata lain, akuntansi menggabungkan teori dan praktik terkait perhitungan uang.

Fungsi Akuntansi 

Melihat pengertian akuntansi, jelas bahwa akuntansi memiliki fungsi menyajikan kinerja keuangan perusahaan dalam periode tertentu melalui laporan keuangan. Nantinya, laporan keuangan ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan manajemen terkait masa depan perusahaan, seperti pengembangan, inovasi yang perlu dilakukan, maupun kebijakan lainnya. Jika ingin mengetahui proses pembuatan laporan keuangan secara rinci, kamu bisa membaca artikel berikut ini: 6 Cara Membuat Laporan Keuangan yang Tepat dan Lengkap

Penyampaian laporan keuangan tersebut dilakukan dengan menganalisis lima komponen akuntansi, terdiri atas:

  1. Harta atau aset, baik berupa uang maupun barang.
  2. Kewajiban, hal-hal yang wajib dikeluarkan perusahaan dalam suatu periode.
  3. Ekuitas, nilai investasi suatu perusahaan atau sering disebut sebagai harta bergerak.
  4. Pendapatan, keseluruhan pendapatan yang diperoleh suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu. 
  5. Pengeluaran, berupa biaya operasional perusahaan yang dikeluarkan dalam suatu periode. 

Kategori Akuntansi

Terdapat dua kategori akuntansi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Akuntansi Keuangan

Apa yang dimaksud akuntansi keuangan adalah sejumlah informasi keuangan perusahaan yang akan disampaikan kepada pelanggan, kreditor, pemegang saham, dan badan pengatur. 

Akuntansi keuangan penting untuk menyajikan informasi keuangan penting dari suatu perusahaan kepada pihak eksternal yang terlibat dalam keberlangsungan bisnis perusahaan.

2. Akuntansi Manajerial

Berlawanan dengan akuntansi keuangan, informasi yang ditampilkan pada akuntansi manajerial tidak boleh dibagikan kepada publik. Sebut saja, besaran gaji dan bonus, keuntungan atau kerugian, maupun biaya barang yang telah dihasilkan. 

Akuntansi manajerial bertujuan membantu pihak manajemen dalam membuat keputusan terkait operasional maupun keuangan perusahaan. Nah, bagi pemilik usaha kecil, akuntansi yang dijalani merujuk pada akuntansi manajerial, bukan akuntansi keuangan.

Manfaat Akuntansi

Ingin mengembangkan bisnis dengan cara terukur dan terprediksi baik? Itulah mengapa setiap bisnis perlu akuntansi. Lebih lanjut, berikut beberapa manfaat akuntansi bagi bisnis. 

  1. Membangun sistem pelacakan aset, pendapatan bisnis, dan liabilitas yang membuat pemilik usaha leluasa menyusun keputusan bisnis secara cerdas dan cermat sesuai kinerja keuangan perusahaan pada suatu periode. 
  2. Menampilkan kesehatan keuangan perusahaan dalam suatu periode.
  3. Menganalisis data keuangan perusahaan serta mendorong pertumbuhan dan penambahan keuntungan perusahaan.
  4. Membantu meningkatkan kepuasan pelanggan lewat pemahaman kemampuan finansial perusahaan terkait biaya dan pendapatan. Dari sini, perusahaan bisa berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. 
  5. Membaca dan memprediksi kemampuan perusahaan di masa depan lewat gambaran kondisi finansial perusahaan terkini.
  6. Menelusuri berbagai informasi penting dalam pengelolaan perusahaan, seperti catatan penggajian, pembayaran bunga, dan pembayaran pinjaman. 
  7. Menampilkan data keuangan yang diperlukan untuk pengajuan dan pembayaran pajak perusahaan. 

Proses dalam Akuntansi

Apa yang dimaksud akuntansi sudah diuraikan di atas, yaitu proses yang berhubungan dengan keuangan suatu bisnis maupun organisasi. Proses ini terdiri atas empat tahap, yaitu mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data, yang akan dijelaskan sebagai berikut. 

1. Mencatat

Sering disebut pembukuan sehingga membuat akuntansi begitu identik dengan mengidentifikasi transaksi dan memasukkannya ke dalam catatan. Namun, pembukuan hanya berhubungan dengan pencatatan. Proses ini harus dilakukan secara rinci, cermat, dan teliti karena menjadi dasar bagi proses akuntansi selanjutnya hingga menjadi laporan keuangan.

2. Meringkas

Akuntansi mengenal tahap meringkas, yaitu bagaimana menggunakan data mentah, mengelompokkan sesuai kategori, dan menerjemahkan agar bisa memiliki nilai informasi penting. Jadi, data mentah berupa catatan transaksi akan diringkas sesuai Standar Akuntansi Keuangan sehingga dapat dilaporkan dan dianalisis.

3. Melaporkan

Hasil meringkas data keuangan tadi kemudian diolah agar dapat dilaporkan kepada pihak terkait. Manajemen harus melaporkan kondisi keuangan perusahan sesuai data yang ada kepada pemilik bisnis, kreditor, investor, maupun regulator. 

Hal ini penting dilakukan untuk menilai bagaimana perusahaan menggunakan uang secara tepat dalam setiap kegiatan perusahaan. Proses pelaporan dilakukan secara berkala, biasanya bulanan untuk laporan rutin dan tahunan yang merangkum kinerja perusahaan dalam suatu periode. 

4. Menganalisis

Proses menganalisis menjadi tahap akhir sekaligus terpenting dalam akuntansi. Dari hasil pelaporan yang sudah dilakukan, manajemen perlu menilai, menganalisis, dan mengevaluasi kinerja perusahaan. Manajemen akan memeriksa poin negatif dan positif dari laporan yang disajikan. 

Akuntansi menghadirkan konsep perbandingan sehingga manajemen dapat membandingkan laba rugi, penjualan, ekuitas, maupun elemen lainnya. Kemudian, hasil perbandingan tersebut dapat digunakan untuk menganalisis kinerja perusahaan dan sebagai dasar pengambilan keputusan. 

Mengapa Akuntabilitas Penting?

Akuntansi mengenal prinsip akuntabilitas, yaitu pertanggungjawaban. Ketika proses akuntansi dilakukan secara tepat dan benar, risiko seperti kebocoran anggaran, penipuan, atau kecurangan lain dapat ditekan seminimal mungkin. Untuk mengetahui lebih detil kualitas apa saja yang harus dipenuhi oleh laporan akuntansi, kamu bisa membaca artikel berikut ini: Kenali 11 Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi yang Penting

Akuntansi juga menjadi bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada berbagai pihak terkait. Misalnya, investor, kreditor, dan pemerintah. Jadi, ketika proses audit dilakukan terhadap perusahaan, pencatatan akuntansi yang baik akan membantu perusahaan melewati proses tersebut dengan baik. 

Selain itu, akuntansi menunjukkan bagaimana semua aspek keuangan terukur dan tertulis secara rinci. Tentu ini juga mempermudah penelusuran berbagai catatan keuangan masa lampau ketika dibutuhkan sewaktu-waktu. 

Siapa yang Berhak Menangani Akuntansi Perusahaan?

Lantas, siapa yang berhak dan bertanggung jawab menangani akuntansi perusahaan? Tepat tidaknya jawaban yang diberikan akan bergantung pada skala bisnis yang dimaksud. Pada bisnis skala kecil, pemilik kerap turun tangan menjalankan tugas ini.

Jika pemilik usaha merasa kurang mampu menangani sendiri, ia dapat mempekerjakan akuntan atau menyewa akuntan eksternal paruh waktu. Tugas yang ditangani biasanya meliputi penanganan faktur dan menjaga akun tetap diperbarui secara berkala.

Namun, pada bisnis skala menengah dan besar, akuntansi perusahaan melibatkan peran beberapa pihak. Apalagi, jika perusahaan tersebut sudah berstatus perusahaan publik. Contoh, perusahaan publik yang mempunyai beberapa korporasi menempatkan Chief Financial Officer (CFO) atau kepala pejabat keuangan sebagai penanggung jawab keuangan perusahaan. 

Pejabat keuangan akan membawahi beberapa staf internal perusahaan yang berlatar pendidikan akuntansi atau sejenisnya. Dengan penugasan spesifik tentang siapa yang menangani akuntansi perusahaan, tentu akan membuat penerapan proses akuntansi berjalan lebih mudah, akurat, dan sesuai Standar Akuntansi Keuangan. 

Penjelasan di atas sudah menjawab dengan ringkas apa yang dimaksud akuntansi, mulai dari pengertian, fungsi, dan manfaatnya bagi bisnis. Bagi pelaku bisnis skala kecil penting untuk memahami pengertian akuntansi untuk mendukung penerapannya dalam menjalankan usaha. 

Selain mempelajari akuntansi secara mandiri, kamu bisa menempuh cara lain, seperti mengikuti kursus Bisnis dan Ekonomi di GreatNusa. Dengan pendampingan tenaga pengajar dan praktisi berpengalaman, kamu akan mendalami bagaimana mengelola keuangan bisnis yang sesuai dengan prinsip akuntansi. 

Tunggu apa lagi, daftar ke GreatNusa sekarang, yuk!

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok