CAREERS

Collateral Definition Marketing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

By greatnusa28 April 2023

Bagikan Artikel

Collateral Definition Marketing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Collateral definition marketing adalah strategi untuk mempromosikan sebuah merek, produk, layanan, maupun perusahaan tertentu melalui berbagai media yang tersedia. Mereka secara masif melakukan pendekatan kepada konsumen melalui media tertentu dengan menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk membangun merek.

Pentingnya strategi ini adalah untuk menguasai pasar dengan media tertentu agar sebuah merek makin kuat dan dekat dalam ingatan konsumen. Selain itu, perusahaan yang menggunakan cara ini memiliki tujuan agar merek mereka makin dikenal dan makin luas menjangkau konsumen.

Pengertian Collateral Definition Marketing

Collateral definition marketing dapat diartikan sebagai jenis pemasaran yang menggunakan media digital maupun cetak untuk menjangkau konsumen dan mengkomunikasikan tujuan, maupun mempromosikan merek, produk, serta layanan mereka. Dalam melakukan pemasaran tersebut perusahaan menggunakan beberapa media seperti video, e-book, brosur, poster, dan berbagai media lainnya.

1. Definisi Collateral Definition Marketing

Definisi dari collateral definition marketing adalah berbagai macam format media iklan, brosur, poster, dan lainnya yang digunakan untuk mempromosikan sebuah merek untuk meningkatkan konversi serta membangun hubungan dan loyalitas antara merek dengan konsumen. Media seperti e-book biasanya digunakan untuk memancing dan merangsang konsumen untuk mempertimbangkan merek perusahaan. Sedangkan iklan, posting blog, posting sosial media untuk membangun kesadaran merek.

2. Peran Collateral Definition Marketing dalam Membangun Brand

Collateral definition marketing sebagai media komunikasi baik untuk mengarahkan agar mereka mau mempertimbangkan sebuah merek maupun membangun kesadaran merek. Semua langkah-langkah ini harus merepresentasikan merek dengan jelas secara visual dan membawa identitas merek secara konsisten. Sehingga pesan dan tujuannya tersampaikan dan konsumen merasa sebuah mereka dapat memberikan solusi serta memiliki fitur yang bermanfaat bagi mereka.

Baca Juga : 8 Contoh Strategi Pemasaran Produk Online

Jenis-Jenis Collateral dalam Collateral Definition Marketing

Secara kolektif collateral definition marketing hadir untuk membantu dalam melakukan pemasaran dan penjualan. Mereka juga memperkuat merek di pandangan konsumen sehingga mengubah ketertarikan menjadi sebuah prospek yang menjanjikan dan berkualitas.

Sebentar lagi kita akan mengetahui bagaimana jenis-jenis collateral dalam collateral definition marketing bekerja. Pada dasarnya mereka setiap collateral bekerja dengan tujuan yang berbeda tergantung terhadap seberapa jauh prospek itu telah berlangsung. Berikut adalah jenis-jenis dari collateral dalam collateral definition marketing.

1. Print Collateral

Print collateral di era digital, apakah masih relevan? Bahkan dengan biaya yang lebih mahal dan akan berakhir pada tempat daur ulang, beberapa perusahaan masih menggunakan print collateral. Hal ini karena nilai dan manfaat yang ditawarkan masih memberikan impak yang besar bagi perusahaan.

Print collateral adalah bentuk pemasaran dengan cara offline atau cetak yang digunakan untuk mempromosikan merek tertentu dengan tujuan tertentu pula. Format media dalam print collateral adalah majalah, brosur, selebaran, banner, dan poster.

Print collateral bekerja sebagai pendukung untuk melengkapi aktivitas pemasaran secara digital. Selain itu pesan dan ajakan untuk bertindak terhadap suatu produk dapat mendorong konsumen untuk mengakses informasi digital sebuah merek. Mereka juga bekerja untuk membangun kesadaran dan menjangkau lebih luas konsumen melalui pesan yang jelas dan konsisten.

2. Digital Collateral

Digital collateral merujuk pada semua konten digital yang digunakan untuk melakukan pemasaran atau mempromosikan merek. Mereka meluncurkan kampanye dan berkomunikasi secara intens dengan konsumen agar makin dikenal dan memperkuat merek. Format dalam melakukan promosi berupa posting video, infografis, posting image, e-book, dan materi pemasaran lainnya yang dibuat secara khusus untuk mempromosikan merek. 

Media sosial sangat efektif untuk meluncurkan segala aksi kampanye. Mereka telah berjasa untuk membantu merek dalam memperluas jangkauan dan berjalan dengan biaya yang rendah. Sehingga sangat efektif untuk melakukan promosi secara teratur dan membantu konsumen untuk mempelajari produk maupun layanan sampai akhirnya mereka tergerak untuk melakukan sebuah tindakan.

3. Sales Collateral

Sales collateral menjadi kunci yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas penjualan dengan mengarahkan prospek dan mengubah tindakan mereka sampai akhirnya menjadi pembeli. Sebelum prospek dapat dikonversi, perlu sekali dukungan konten yang berharga dan memiliki nilai dalam promosi dan relevan dengan konsumen. Semua itu dapat dimulai dari poster klasik sampai sebuah posting di media sosial, mereka adalah bagian dari sales collateral yang ditujukan untuk membagi informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Baca Juga : 7 Jenis-Jenis Pemasaran Online yang Patut Dicoba

Fungsi dan Manfaat dari Collateral Definition Marketing

Collateral definition marketing memiliki manfaat untuk membangun kredibilitas merek dan menjaga agar pesan dapat tersampaikan secara konsisten sehingga promosi merek dapat merepresentasikan keunggulan produk dan layanan. Lebih luas mengenai fungsi dan manfaat dapat dijelaskan sebagai berikut. 

1. Memperkuat Citra dan Identitas Brand

Collateral definition marketing juga bekerja untuk memperkuat citra merek dengan memberikan kesan positif secara konsisten dan profesional untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas sehingga konsumen menjadi loyal terhadap merek tersebut.

Identitas brand diperkuat melalui berbagai jenis objek promosi seperti katalog, brosur, kartu nama, posting video, infografis, dan lain-lain. Perusahan dengan mudah melakukan pendekatan dan promosi merek kepada target pasar dengan objek promosi yang menarik dan informatif sehingga membuat calon konsumen menjadi tertarik dan mempelajari tentang merek dan produk yang perusahaan tawarkan.

2. Meningkatkan Kesadaran dan Minat Konsumen terhadap Produk

Collateral definition marketing juga berfungsi untuk membangun kesadaran merek dan menarik minat konsumen. Objek promosi memuat semua hal yang unik dan menarik tentang merek dan produk sehingga konsumen lebih banyak diajak untuk berkomunikasi. Merek makin dikenal secara luas dan dekat dengan ingatan mereka, hal ini juga dapat menarik minat terhadap produk yang mereka pelajari.

3. Memudahkan Tim Pemasaran dalam Menjual Produk

Objek promosi yang digunakan mulai dari poster klasik sampai dengan posting media sosial semuanya membantu tim pemasaran untuk menjual produk. Hal ini karena merek sudah dikenal sangat luas dan reputasinya juga baik. Merek secara konsisten telah membangun rasa kepercayaan konsumen sehingga mudah untuk mendorong mereka membeli sebuah produk.

4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen terhadap Brand

Perusahaan dapat menjelaskan tujuan produk dan manfaatnya dan apa yang mereka tawarkan dapat menjadi solusi serta manfaat untuk konsumen. Kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan menghadirkan produk yang sesuai dan memadai untuk konsumen dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek.

Baca Juga : Teknik Digital Marketing untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

Langkah-langkah dalam Membuat Collateral Definition Marketing yang Efektif

Collateral definition marketing memiliki banyak manfaat dalam melakukan pemasaran. Agar menjadi sangat efektif jika memenuhi beberapa cara berikut ini.

1. Menentukan Tujuan dan Target Konsumen

Tujuan sangat penting agar sebuah perusahaan memahami apa target mereka dan bagaimana mencapainya. Sehingga mengetahui tujuan juga membantu perusahaan untuk menentukan akan menggunakan media apa.

2. Memilih Jenis Collateral yang Tepat

Jika tujuan dan target telah ditetapkan maka perusahaan akan menyesuaikan jenis collateral apa yang cocok untuk membantu mereka mencapai tujuan tersebut. Karena tujuan yang berbeda pasti menggunakan jenis collateral yang berbeda pula.

3. Membuat Desain yang Menarik dan Konsisten dengan Identitas Brand

Ciptakan desain yang menarik dengan memasukkan identitas merek secara konsisten dan menyesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Desain yang menarik dan konsisten akan menarik perhatian konsumen serta mereka akan mudah mengenal identitas merek yang dipromosikan.

4. Memastikan Pesan yang Dikomunikasikan Jelas dan Efektif

Selain desain menarik, pesan yang ingin disampaikan juga harus jelas dan dapat dipahami oleh konsumen. Konsumen yang mudah untuk mengerti apa tujuan dan pesan yang ingin disampaikan akan merasa terhubung secara emosional dengan merek tersebut.

Contoh Penerapan Collateral Definition Marketing pada Brand Terkenal

Berikut sebagai contoh bagaimana collateral definition marketing bekerja pada dua merek perusahaan yang terkenal.

1. Studi Kasus Brand A: Meningkatkan Kesadaran Konsumen melalui Digital Collateral

Studi kasus dengan merek Coca-Cola misalnya, di mana tujuan mereka ingin meningkatkan kesadaran konsumen melalui digital collateral. Mereka akan mulai dengan menentukan tujuan kampanye yang akan dibuat untuk memperkenalkan produk baru. Sehingga perusahaan ini harus membuat sebuah pesan menarik yang bisa meningkatkan minat konsumennya.

Pesan dalam kampanye harus jelas dan mudah dipahami. Dalam menjalankan kampanye tersebut mereka akan memilih media untuk menjangkau target dan sesuai dengan tujuan mereka.

Platform digital juga menentukan hasil kampanye mereka, jadi tentu saja merek Coca-Cola akan memilih media seperti  Instagram atau Facebook untuk menyebar luas kampanye. Mereka juga dapat menggunakan situs webnya untuk menampilkan informasi yang lengkap tentang produk yang dipromosikan.

Agar semua tujuan dapat tersampaikan mereka akan mengemasnya dengan konten yang menarik serta informatif. Formatnya bisa video, gambar produk, dan hastag yang menarik. Hasil dari kampanye akan diukur apakah berhasil meningkatkan kesadaran konsumen mereka atau masih belum maksimal. Hasil dapat diketahui melalui trafik ke situs web, jumlah pengikut media sosial yang bertambah atau hasil penjualannya.

2. Studi Kasus Brand B: Memperkuat Citra Brand melalui Print Collateral

Studi kasus dengan merek Wardah misalnya, di mana tujuan mereka ingin memperkuat citra merek melalui print collateral. Wardah ingin supaya merek mereka kuat di mata konsumen mereka sebagai kosmetik yang halal dan memiliki kualitas tinggi.

Tentu saja target mereka adalah wanita muslim yang ingin memiliki kosmetik halal dan berkualitas serta ramah lingkungan dan aman untuk setiap jenis kulit. Mereka akan siapkan desain yang menarik untuk memuat pesan tersebut. Formatnya bisa majalah busana dan kosmetik untuk wanita muslim, serta brosur yang disebar di toko-toko kosmetik yang menyediakan produk Wardah.

Collateral definition marketing dapat membantu untuk melakukan pemasaran dan promosi merek, produk, dan layanan. Sehingga penggunaannya bisa membawa impak positif dan luar biasa bagi perusahaan. Terutama akan meningkatkan minat konsumen hingga meningkatkan penjualan produk tertentu. Menggunakan format atau media yang tepat akan membantu dalam menyebar luas kampanye dan pesan merek.
Kamu juga bisa memilih platform yang tepat untuk memberikan edukasi maksimal tentang digital marketing. GreatNusa adalah wadah edukasi yang tepat untuk membantumu menjadi ahli dalam digital marketing.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok