COACHING

Self Leadership: Pengertian Serta Manfaatnya

By greatnusa12 Februari 2023

Bagikan Artikel

Self Leadership: Pengertian Serta Manfaatnya

Self leadership adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya tanpa kepemimpinan diri yang baik, orang tidak akan bisa mengejar mimpi-mimpi mereka. Bisa dibilang self leadership ini menjadi faktor penentu bagaimana seseorang akan menjalani hidup mereka. 

Oleh karena itu pastikan kamu sudah memahami dan mengaplikasikan konsep self leadership dalam kehidupan. Simak baik-baik informasi di bawah ini untuk tahu bagaimana cara menerapkan self leadership yang baik. 

Apa Itu Self Leadership?

Self leadership adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri dengan cara mengembangkan visi, tujuan, dan strategi untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan pribadi maupun profesional. 

Konsep ini mengusung gagasan bahwa seseorang tidak perlu menunggu instruksi dari orang lain untuk mencapai kesuksesan karena setiap individu memiliki kemampuan untuk mengambil inisiatif serta mengatur diri sendiri.

Self leadership melibatkan beberapa keterampilan penting seperti kemampuan untuk memotivasi diri, mengelola waktu dengan efektif, mengidentifikasi sekaligus mengejar tujuan, dan lain sebagainya. Konsep ini juga melibatkan kemampuan untuk mengenali dan mengatasi kelemahan diri sendiri sehingga tujuan dapat tercapai.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Etos Kerja yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Apa Saja Manfaat Self Leadership?

Seseorang yang mampu memimpin dirinya sendiri memperlihatkan banyak manfaat berguna bagi kehidupan mereka sekarang maupun pada masa yang akan datang. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan ialah sebagai berikut. 

1. Mengembangkan Keterampilan Diri

Melalui kepemimpinan yang baik, seseorang dapat mempelajari berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Keterampilan yang dimaksud bisa berupa apa saja, baik soft skill, interpersonal, maupun olahraga.

2. Menjadi Lebih Mandiri

Kepemimpinan dalam diri seseorang akan membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan dapat mengambil inisiatif secara independen. Hal ini meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengejar tujuan mereka tanpa bergantung pada orang lain.

3. Meningkatkan Produktivitas

Percaya atau tidak, saat seseorang mampu memimpin diri mereka sendiri maka tujuan jadi dapat tersusun dengan lebih jelas dan terukur. Mereka jadi lebih sadar tugas apa saja yang bisa atau tidak bisa dilakukan sehingga penyelesaiannya dapat diatur dalam waktu yang singkat.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Self leadership membantu seseorang untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri sekaligus memperkuat kepercayaan diri. Ketika seseorang bisa menyelesaikan tugas yang sulit atau mengejar tujuan yang lebih besar maka hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

5. Meningkatkan Kebahagiaan

Self leadership bahkan bisa menciptakan rasa bahagia dalam diri seseorang. Pasalnya setiap orang jadi memiliki kendali atas hidup mereka sendiri dan mengarahkannya kepada tujuan yang lebih bermakna. Hal inilah yang akan meningkatkan kepuasan hidup dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Servant Leadership: Pengertian, Ciri, Kelebihan, dan Tugasnya

Apa Saja Karakteristik Self Leadership? 

Orang-orang dengan kepemimpinan diri memiliki karakter yang serupa yakni time management, kemandirian, mampu mengatasi rintangan, berani mengambil risiko, dan masih banyak lagi. Perhatikan penjelasannya masing-masing berikut ini. 

1. Keterampilan Time Management

Seseorang yang memiliki kepemimpinan baik pasti mampu mengatur waktu sesuai jadwal dan kepentingannya masing-masing. Sesederhana menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sudah termasuk dalam time management yang baik. 

2. Kemampuan untuk Mengatasi Rintangan

Rintangan pasti akan selalu ada dalam hidup. Namun biasanya ada 2 respons yang diberikan ketika rintangan datang, yaitu berusaha mengatasinya atau menghindarinya. Jika kamu memilih untuk menghadapinya maka bisa diartikan bahwa kepemimpinan diri sendiri sudah terbangun. 

3. Pemahaman Diri yang Kuat

Tidak semua orang memahami siapa diri mereka yang sesungguhnya. Padahal dengan mengetahui diri sendirilah kamu baru bisa memimpin. 

4. Berani Ambil Risiko

Seseorang yang bisa memimpin dirinya sendiri harus mampu mengambil risiko dalam pengambilan keputusan. Mereka tidak akan menghindar dan selalu bertindak sesuai dengan kepercayaan dirinya.

5. Kemampuan Belajar

Orang yang mampu memimpin hidupnya sendiri juga sadar bahwa belajar secara terus-menerus merupakan hal berguna. Bukan lagi disuruh tetapi karena dirinya tahu bahwa dengan belajar akan tersedia ide serta pandangan baru yang akan menyelamatkan mereka saat bertemu tantangan dalam hidup.

6. Berorientasi pada Tujuan

Seseorang yang mampu memimpin dirinya pasti berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai. Mereka akan mulai membuat rencana serta mempertimbangkan cara terbaik untuk mengeksekusinya. Mereka akan memastikan diri tidak kehilangan arah di tengah banyaknya jalan yang bisa ditempuh dalam pekerjaan maupun kehidupan. 

7. Kemandirian

Kepemimpinan terhadap diri sendiri juga terlihat dari adanya sifat kemandirian dalam pekerjaan serta kehidupan. Namun bukan berarti mereka tidak bisa bekerja dalam tim. Justru mereka akan menonjol dan berusaha memberikan yang terbaik dalam segala situasi atau lingkungan kerja yang berbeda.

Baca Juga: Strategic Leadership: Pengertian, Ciri, dan Cara Menerapkannya

Bagaimana Cara Mengembangkan Self Leadership?

Jangan sedih kalau kamu merasa belum bisa memimpin diri dengan baik. Masih ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan self leadership. Tentunya tidak ada kata terlambat dalam mengembangkan self leadership. Asal ada kemauan maka kamu pasti bisa memimpin diri sendiri. Ikuti cara-caranya di bawah ini! 

1. Refleksi Diri

Mengembangkan self leadership dimulai dengan mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Melakukan refleksi diri dapat membantu seseorang memahami nilai-nilai dan tujuan hidup, serta membantu menentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapainya.

2. Menetapkan Tujuan dan Rencana

Tujuan hidup perlu ditentukan supaya kamu tidak kehilangan arah ketika sudah mulai mencoba mengatur diri sendiri. Namun jangan berhenti sampai tujuan, mulailah buat rencana yang terstruktur agar kamu bisa berjalan pada arah yang tepat. 

3. Meningkatkan Kemampuan

Kemampuan yang dimaksudkan di sini bisa berupa kemampuan teknis ataupun soft skill. Peningkatan kemampuan berguna untuk menjadikan seseorang lebih kompeten sehingga pada akhirnya mereka bisa menghadapi tugas yang besar dan kompleks pada masa mendatang.

4. Mengelola Waktu

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengembangkan self leadership ialah melalui pengelolaan waktu yang baik. Mengatur waktu akan membantumu menjadi orang yang lebih produktif dan efisien dalam melakukan berbagai macam tugas.

5. Mempertahankan Konsistensi

Semua cara yang sudah disebutkan di atas tidak akan berhasil membuatmu memimpin diri sendiri kalau tidak ada konsistensi. Ingat bahwa lebih sulit untuk mempertahankan daripada mencapai tujuan. Jadi percuma saja kalau kamu hanya bisa mencapai tujuan satu kali. 

Dari sini apakah kamu paham mengapa kepemimpinan diri sendiri sangat dibutuhkan dalam kehidupan? Memang tidak bisa dimungkiri kalau self leadership adalah bagian krusial yang harus dikuasai oleh setiap individu. 

Ketika kamu bisa memimpin diri sendiri dengan baik maka apa pun tujuan yang dibuat pasti akan bisa tercapai. Mulailah mempraktikkan cara-cara mengembangkan self leadership yang sudah dijelaskan di atas supaya hidupmu lebih berkembang. 

Membutuhkan materi lain untuk mengembangkannya? GreatNusa punya kursus self leadership  yang dapat membantumu mencapai potensi terbaik dalam karier maupun kehidupan. Temukan semua topik yang kamu butuhkan hanya di GreatNusa

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok