CAREERS

Sales Marketing Adalah: Pengertian, Tugas dan Skillnya

By greatnusa28 April 2023

Bagikan Artikel

Sales Marketing Adalah: Pengertian, Tugas dan Skillnya

Sales marketing adalah profesi yang sangat populer, semakin berkembang dan dikenal serta dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Era digital yang pertumbuhannya makin pesat, tentu mendorong perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan merevolusi binisinya dari analog ke digital.

Dalam perjalanannya, perusahaan membutuhkan seorang yang ahli dalam memasarkan produk mereka kepada konsumen potensial yang akan membawa keuntungan. Tetapi menjalankannya butuh strategi yang tepat dan tidak hanya menjalankannya  begitu saja. Perhatikan penjelasan lengkap di bawah ini beserta caranya.

Pengertian Sales Marketing

Sales marketing adalah upaya untuk menjual produk kepada konsumen potensial dengan cara mempromosikannya menggunakan deskripsi yang jelas agar mereka tertarik. Jelas seorang sales marketing harus memiliki kemampuan public speaking yang sangat baik untuk menunjangnya dalam bekerja.

Baca Juga : Sales Force: Pengertian, Tujuan, serta Tugasnya

Tugas Sales Marketing

Tugas mereka adalah untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan kepada konsumen yang potensial. Berikut adalah tugas-tugas sales marketing.

1. Menganalisis Target Pasar dan Tren

Menganalisis target pasar dan tren efektif untuk mengembangkan strategi mereka. Sales marketing harus memahami siapa yang menjadi target mereka dan menentukan target yang spesifik sangat penting. Selain itu, mengetahui preferensi, tren yang berkembang membantu dalam menjalankan strategi.

2. Menganalisa Kompetitor

Dalam menjalankan bisnis, menganalisis kompetitor termasuk, prodknya, solusi yang ditawarkan oleh mereka sama baiknya untuk mengembangkan produk, solusi dan strategi yang lebih baik dari kompetitor. Sehingga sebuah perusahaan dapat menawarkan nilai lebih dari kompetitor mereka.

3. Menyusun Strategi Penjualan Produk

Strategi adalah sebuah cara untuk menempatkan sebuah produk atau layanan sebuah perusahaan dikenal, diingat, dan membuat mereka tertarik sehingga mulai melihat manfaat dari produk tersebut. Cara ini harus dilakukan secara konsisten dan memerhatikan kebutuhan pasar, preferensi konsumen, serta memberikan nilai lebih pada produk atau jasa, dan menggunakan media yang tepat untuk mempromosikannya.

4. Rutin Mencari Target Customer

Ketika mereka rutin mencari target, tentu aktivitas ini dapat meningkatkan kinerja dari tim. Mereka juga mampu untuk mengevaluasi kampanye yang telah dilakukan dan melihat tingkat keberhasilannya. Kampanye yang makin baik akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan sebuah produk atau jasa.

5. Menawarkan Produk

Dalam menawarkan produk, harus dengan etika bisnis yang baik dan benar. Meminta waktu pertemuan, atau mempromosikan lewat email, telepon, atau bertemu secara langsung. Inilah yang dilakukan oleh sales marketing, mempresentasikan produk dan berikan informasi yang jelas sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

6. Merekap Hasil Penjualan

Mereka harus mampu untuk merekap hasil penjualan. Dari data penjualan, sales marketing juga bisa mengetahui produk apa yang paling banyak disukai oleh konsumen. Mereka bahkan bisa mencoba memasarkan produk baru karena produk sebelumnya telah memiliki pasarnya sendiri.

Baca Juga : 8 Tips Meningkatkan Penjualan Online dengan Pasti

Skill yang Harus Dimiliki Oleh Sales Marketing

Selain memiliki tugas yang sudah disebutkan, sales marketing juga harus menguasai beberapa skill di bawah ini untuk menunjangnya dalam bekerja.

1. Pengetahuan Produk

Pengetahuan tentang sebuah produk adalah sebuah dasar yang harus dimiliki oleh sales marketing. Karena aktivitas mereka banyak bersinggungan dengan konsumen. Mengetahui dengan baik apa saja keunggulan dan kelemahan akan membantunya dalam mempresentasikan dan memberikan kesan yang positif terhadap produk yang dia sampaikan. Kemampuan ini juga akan membantu konsumen untuk lebih jelas memahami dan mereka akan lebih yakin untuk membeli produk yang ditawarkan.

2. Communication Skill

Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu dalam mempromosikan produk. Sales marketing dapat menjelaskan secara singkat, jelas, padat dan tidak membuat konsumen kebingungan dalam menangkap pesan apa yang mereka sampaikan. Kemampuan komunikasi ini juga membuat mereka bisa beradaptasi dengan lawan bicara mereka dan memberikan rasa nyaman dalam berkomunikasi.

3. Pendengar yang Baik dan Empati

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik memang sangat perlu, tetapi seorang sales marketing juga harus bisa menjadi pendengar yang baik dan membiarkan konsumen menceritakan apa yang sebenarnya mereka inginkan. 

Jika terlalu dominan dan menjelaskan produk terlalu bersemangat, kamu bisa saja lupa bahwa mereka sebagai konsumen ingin memiliki waktu untuk berbicara dan sampaikan yang mereka inginkan.Dengarkan mereka dengan baik dan meskipun begitu kamu bisa mengatur kapan mendengar dan kapan harus berbicara tanpa memotong konsumen yang sedang berbicara. 

4. Manajemen Waktu

Mereka harus pandai untuk mengatur waktu dan memahami dengan baik konsumen mana yang butuh waktu serta tenaga yang lebih banyak dan mana yang tidak membutuhkan keduanya. Mereka kadang bisa salah untuk menentukan hal tersebut. Maka menjadi sales marketing harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Sehingga mereka bisa memaksimalkan waktunya untuk pekerjaan yang lebih menguntungkan. 

5. Mampu Mengatasi Penolakan

Tidak jarang produk yang ditawarkan oleh sales marketing ditolak oleh konsumen entah karena tidak membutuhkan atau hal lainnya. Bahkan ada beberapa sales yang masih menghubungi konsumen yang sama padahal tidak memiliki minat untuk membeli sama sekali. Penolakan adalah hal yang biasa dan mereka yang berprofesi sebagai sales marketing harus bisa mengatasi penolakan tersebut.

Mereka perlu mencari tahu apa yang menyebabkan konsumen mengatakan “hubungi saya kembali di bulan depan” apakah konsumen sudah berminat tetapi cara penyampaian yang salah atau karena kurang menggali kebutuhannya lebih dalam. Ini merupakan tantangan bagi mereka yang menjalankan profesi sales marketing.

Baca Juga : Marketing Communication Adalah: Definisi, Bentuk dan Manfaatnya

Gaji Seorang Sales Marketing

Gaji seorang sales marketing rata-rata berkisar antara Rp 4 juta sampai dengan Rp 8 juta per bulan. Angka ini tergantung juga pada jabatan, wilayah kerja, UMR, dan kebijakan perusahaan. Angka ini belum termasuk bonus dan tunjangan dari pekerjaan yang dilakukan.

Sales marketing memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Mereka berusaha untuk membangun hubungan yang kuat antara produk dengan konsumen, kemudian mendorong agar konsumen melakukan pembelian.

Sebelum melakukan sales, sangat penting untuk menganalisis pasar untuk memahami kebutuhan konsumen dan tren yang berkembang, serta memahami kekuatan maupun kelemahan kompetitor dan menyusun strategi yang tepat.

Memiliki kemampuan yang memadai seperti pengetahuan akan produk, kemampuan komunikasi yang baik, menjadi pendengar yang baik, dapat memanajemen waktu, dan mampu mengatasi penolakan akan menunjang dalam menjalani profesi sales marketing.

Sales marketing adalah serangkaian proses yang berperan penting dalam perusahaan. Mereka mengenali konsumen, dan kebutuhannya, mempertahankan serta mengevaluasi proses kampanye hingga memastikan kampanye mencapai target.
Sales bukan hanya mencari target dan menjual produk. Kamu bisa memahami banyak hal yang mendukung supaya berhasil dalam sales. Itulah mengapa GreatNusa menyediakan cara bagaimana  memimpin tim sales untuk berhasil. Dapatkan sekarang, jangan tunda lagi.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok