CAREERS

Omni Channel Adalah: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

By greatnusa28 April 2023

Bagikan Artikel

Omni Channel Adalah: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Omni channel adalah dukungan yang memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan hingga mereka merasa puas. Era digital saat ini konsep omni channel tentu memungkinkan interaksi antara bisnis dan pelanggan mereka melalui berbagai platform dengan saluran yang terpadu. Pelanggan dengan mudah dapat mengakses semua informasi bisnis melalui berbagai saluran seperti toko fisik, website, aplikasi mobile, dan media sosial.

Interaksi pelanggan sifatnya ingin praktis dan cepat. Adanya omni channel secara konsisten akan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di mana mereka tetap terkoordinasi dan meskipun mereka menggunakan saluran apa pun kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi dengan cara yang seragam.

Cara Kerja Omni Channel

Cara kerja omni channel adalah dengan mengintegrasikan berbagai saluran yang dimiliki oleh bisnis ke dalam satu platform saja sehingga secara konsisten dapat menjawab semua pertanyaan tanpa ada yang terlewatkan. Omni channel memungkinkan staf untuk membuka satu halaman saja dan melihat serta menjawab semua pesan.

Baca Juga : Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Bisnis Kamu

Perbedaan Omni Channel dan Multi Channel

Perbedaan keduanya adalah omni channel menjadikan semuanya terintegrasi dan terpadu sedangkan multi channel semua salurannya berdiri secara mandiri. Perusahaan yang menyatukan semua pendekatan dalam satu platform dan dapat berinteraksi sampai mempromosikan produk ke pelanggan dalam satu platform meskipun pelanggan yang datang menggunakan email, mobile aplikasi, website, dan lain sebagainya.

Multi channel sifatnya mandiri sehingga bisnis dipasarkan melalui banyak channel. Entah itu website, mobile aplikasi, media sosial, tetapi tidak terintegrasi sehingga tidak dapat menjawab atau mempromosikan dengan satu platform saja.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Bisnis Model Canvas dengan Mudah

Manfaat Strategi Omni Channel

Omni channel secara konsisten dan efektif bekerja dalam menyatukan semua saluran dalam satu halaman yang memungkinkan seorang staf dengan mudah mengakses serta menjawab semua pertanyan dalam waktu yang singkat.

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah hal yang penting bagi sebuah perusahaan karena meningkatkan kepercayaan kepada pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dan tentu saja meningkatkan penjualan. Pengalaman belanja dan pelayanan yang konsisten menjadi pertimbangan pelanggan bahwa perusahaan yang melayani dan memenuhi kebutuhannya adalah yang terbaik. Mereka sangat mementingkan pelayanan yang baik, oleh sebab itu omni channel yang menjadikan sistem terintegrasi dapat meningkatkan kepuasan.

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan terbentuk dari konsistensi pelayanan yang baik dan terintegrasi dalam satu sistem. Keterlibatan mereka menjadikan bisnis makin mendapat kesan yang positif dan membawa dampak bagi penjualan.

2. Memperluas Basis Jangkauan Pelanggan

Cara kerja omni channel yang memungkinkan seorang staf menjawab semua pertanyaan dengan cepat melalui satu halaman saja maka membuat komunikasi makin baik. Cara kerja dari omni channel ini membantu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu yang singkat. Interaksi yang nyaman dan baik bagi pelanggan dapat menjadi hal positif bagi perusahaan, mereka bisa menangkap tren dan juga kebutuhan pelanggan. Keterlibatan makin tinggi dan pelanggan lebih mudah di jangkau.

3. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Kerja

Menggunakan omni channel efisiensi kerja dan produktivitas kerja dari staf lebih baik dan meningkat. Manfaat lainnya adalah semua aktivitas tercatat melalui sistem dan jika terjadi masalah dapat ditangani lebih cepat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

4. Dapat Menyediakan Wawasan dan Sumber Informasi yang Lebih Baik

Omni channel membantu memberikan informasi yang lebih baik. Pelanggan dengan mudah dapat memahami setiap informasi dari bisnis tersebut dengan sangat baik dan mudah untuk dipahami. Mereka merasa telah dipenuhi kebutuhannya. Bahkan informasi yang baik dan benar serta konsisten juga merupakan kebutuhan bagi pelanggan.

Jenis-jenis Omni Channel

Omni channel bekerja dalam satu sistem yang menyatukan banyak saluran untuk mendapatkan pengalaman pelayanan yang lebih baik. Jenis-jenis omni channel terbagi dalam tiga kategori yakni omni channel media sosial, omni channel call center, omni channel e-commerce.

1. Omni Channel Media Sosial

Merupakan sebuah layanan pelanggan berbasis chat yang menggunakan dan menerapkan pendekatan omni channel dalam pelayanan pelanggan dalam berbagai sosial media. Di mana media sosial dapat diintegrasikan dalam satu platform atau sistem sehingga memudahkan untuk memberikan pengalaman pelayanan yang maksimal dan efisien. Selain sisi kemudahan yang diberikan, omni channel juga merekam dan menyimpan semua riwayat percakapan antara bisnis  dan pelanggan.

2. Omni Channel Call Center

Berikutnya adalah omni channel call center. Merupakan pusat layanan telepon yang menggunakan pendekatan omni channel ketika memberikan pelayanan pelanggan. Pelanggan dapat menggunakan akses seperti telepon untuk menghubungi bisnis agar mendapatkan sebuah informasi yang mereka butuhkan.

3. Omni Channel E-Commerce

Bagian terakhir adalah omni channel e-commerce yang menggabungkan saluran komunikasi pada setiap e-commerce dan memudahkan pelanggan serta memberikan informasi yang dibutuhkan. Menggunakan omni channel juga dapat meningkatkan bisnis secara signifikan melalui cara yang konsisten dalam melayani pelanggan.

Di era digital pelanggan menghendaki pengalaman belanja dan pelayanan yang sama baiknya. Mereka inginkan hal yang praktis dan juga informatif. Omni channel dapat membantu bisnis untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Bahkan pelanggan merasa puas dengan bisnis yang menerapkan pendekatan ini.

Omni channel pada dasarnya berbeda dengan multi channel. Di mana omni channel menggabungkan atau mengintegrasikan semua fungsi dalam satu sistem untuk kemudahan pelayanan, sedangkan multi channel berdiri secara terpisah dan tidak terintegrasi.

Manfaat dari omni channel dapat dirasakan oleh bisnis, di mana mereka secara signifikan dan konsisten memberikan pelayanan yang meningkatkan kepuasan pelanggan mereka dan memperluas jangkauan bisnis. Hal ini akan mempengaruhi efektivitas kerja staf dan informasi yang konsisten dengan cara yang seragam.
Selain itu, bisnis di era digital saat ini membutuhkan strategi yang tepat dan andal. Kamu ingin bisnis kamu bertumbuh dan makin maju. Maka sangat tepat untuk mempelajari strategi bisnis digital bersama GreatNusa dan capai tujuan bisnismu dengan perkembangan yang signifikan sekarang.

Bagikan Artikel


user-avatar-default

GreatNusa

Digital lifelong learning platform for Indonesia’ future leaders. We believe that every citizen has the rights to earn qualified education.

facebook
linkedin
instagram
youtube
tiktok